Ini Ciri-Ciri Batu Akik Asli, Cara Mengetahui Batu Akik Asli atau Palsu

Ciri-Batu-Akik-Asli

Kepopuleran batu akik saat ini bak seorang artis yang tengah naik daun. Tak terbatas dari kalangan tertentu, batu akik menyihir berbagai kalangan, dari rakyat biasa sampai para pejabat pun ikut menyemarakkan hiruk pikuk bisnis #batu akik. Tidak berbanding lurus dengan ramainya bisnis batu akik, masih banyak pelaku bisnis batu mulia ini tidak membekali diri dengan keilmuan yang mumpuni di bidan per akik an.

Hal ini tak jarang menimbulkan masalah yang tidak sedikit. Tak sedikit para konsumen yang merasa dirugikan oleh penjual batu akik. Baik disebabkan karena kurangnya pengetahuan dari konsumen sendiri maupun kekurangtahuan penjual batu itu sendiri. Nah, untuk menghindari masalah nantinya, sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu dengan benar ciri-ciri batu akik asli yang bisa Anda cek dan lihat dengan kasat mata.

1. Periksa Suhu Batu Akik

Batu akik yang asli cenderung memiliki suhu yang dingin (jawa: anyep), untuk mengeceknya bisa Anda coba tempelkan pada pipi, leher atau pada kulit yang sensitif lainnya, jika berasa dingin kemungkinan itu batu asli.

Jadi ketika Anda akan membeli sebuah batu akik jenis apapun, coba tempelkan dulu pada kulit yang sensitif dan rasakan dinginnya. Bukan satu-satunya ciri batu akik asli, namun bisa Anda gunakan untuk cek awal.

Artikel lain: 7 Jenis Batu Akik Yang Paling Banyak Dicari Pecinta Batu Mulia

2. Periksa Berat Batu Akik

Batu akik yang asli lebih berat dari pada batu akik yang terbuat dari plastik atau bahan yang lain. Bisa Anda bandingkan langsung antara akik yang palsu dengan yang asli. Kalau memungkinkan, bawalah batu akik palsu untuk digunakan sebagai pembanding. Jika ada perbedaan berat, Anda bisa menarik kesimpulan dari sini.




3. Perhatikan Serat Batu Akik

Perhatikan serat yang ada di dalam batu akik. Batu akik asli dari alam memiliki serat alami, batu akik dari bahan sintetis atau dari kaca meskipun memiliki serat namun tidak sama dengan serat alami. Untuk akik palsu sering tampak gelembung di dalamnya akibat proses pembuatan yang terdapat udara terperangkap di dalamnya.

4. Perhatikan Struktur Batu Akik

Sebagian besar batu akik yang mempunyai struktur sangat kuat yang ketika digoreskan pada kaca tidak akan mengalami lecet. Jadi kekerasan struktur pada batu akik juga menjadi salah satu ciri batu tersebut asli.

Untuk mengetahui ciri-ciri batu akik asli atau palsu, selain mengamati langsung seperti poin di atas, Anda juga bisa melakukan beberapa percobaan kecil terhadap batu akik yang ingin Anda beli. Lakukan percobaan di bawah ini untuk mengetahui keasliannya.

Cara Mengetahui Batu Akik yang Asli

1. Panaskan Batu Akik

Bakarlah bagian tertentu dari batu akik tersebut, jika batu berubah warna atau gosong bisa dipastikan batu tersebut adalah palsu. Jika batu akik yang akan Anda beli itu asli dari alam pasti tidak akan berubah warna. Batu akik asli jika dibakar akan tampak seperti berminyak, namun akan segera hilang jika dihapus.

Selain itu, batu akik alami jika dibakar meskipun menjadi panas, namun akan segera dingin. Tapi untuk batu akik palsu, panas akan berlangsung lebih lama.




2. Membenturkan Batu Akik

Jika Anda belum mempunyai batu akik sendiri, bisa meminjam batu akik yang asli dari teman ataupun kolega. Coba benturkan batu akik yang hendak Anda beli dengan batu akik yang asli. Jika kedua batu mengeluarkan percikan cahaya, besar kemungkinan batu tersebut adalah asli. Disarankan dilakukan ditempat yang gelap.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Batu Akik Bacan, Si Cantik Dari Maluku Utara

3. Menggigit Batu Akik

Ini untuk batu mulia jenis mutiara. Untuk mengetes keasliannya bisa dengan cara menggigit dengan sekuat tenaga pada batu tersebut. Jika tidak terjadi perubahan, maka batu tersebut bisa dikatakan batu akik yang asli.

Itulah beberapa tritmen yang bisa Anda lakukan untuk membuktikan keaslian batu akik. Jika Anda msih ragu dengan batu tersebut setelah melakukan beberapa cara di atas, sebaiknya Anda langsung berkonsultasi dengan ahli batu akik atau sering disebut gemolog. Akan lebih baik lagi jika sebelum Anda terjun ke bisnis ini, Anda belajar dulu tentang ilmu gemologi yang secara spesifik mempelajari tentang batu mulia.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Batu Akik Asli , tetapi pada waktu Proses Finishing , di Olesin “Resin ” , Penampakan akan Sempuran , Mengkilap , Mulus dan akan Indah.
    Apakah Masih bisa di sebut Batu Akik PALSU.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud