Ini Alasan Mengapa Google Menjadi Perusahaan Impian Banyak Orang

Ini Alasan Mengapa Google Menjadi Perusahaan Impian Banyak Orang

Mengapa-Google-Menjadi-Perusahaan-Impian
Image dari Officesnapshots.com

Perusahaan teknologi raksasa Google kembali mengamankan title sebagai perusahaan yang paling diminati sejagat tahun 2014 versi majalah bisnis, Fortune. Predikat bergengsi tersebut melengkapi rentetan 3 tahun berturut-turut yang #Google peroleh mulai tahun 2012, 2013 dan kini 2014.

Lantas bagaimanakah perusahaan binaan Larry Page dan Sergey Brin tersebut mampu berturut-turut mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan paling diminati di dunia? Sebagai ilustrasi saja, untuk menjamin setiap karyawanya dapat bekerja dengan perasaan yang nyaman dan bersemangat Google menyediakan area khusus yang luasnya mencapai 7 hektar dan berisi fasilitas rekreasi olahraga serta kebugaran. Area tersebut bebas digunakan setiap karyawan Google ketika mempunyai waktu luang kerja.

Namun selain fasiltas tersebut nyatanya Google masih menyimpan beberapa hal menarik lain yang bakal membuat setiap pencari kerja ‘ngidam berat‘ ingin bergabung ke tim Googlers (sebutan pegawai Google). Berikut ini 5 alasan utama mengapa Google menjadi perusahaan yang paling diminati di dunia.

Artikel lain: 5 Proyek “Gila” yang Gagal Diwujudkan Google

1. Gaji Sangat Menggiurkan

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar tak mengherankan jika Google memberikan taraf gaji yang tinggi bagi para pegawainya. Pun diulas oleh lembaga riset Payscale menyatakan bahwa kini Google masih menjadi perusahaan di bidang riset dan teknologi dengan gaji pegawai tertinggi. Pada tahun 2011 saja, rata-rata pegawai Google mendapatkan penghasilan tak kurang dari USD 141.000 atau sama setara dengan Rp 1,3 miliar per tahun dengan kurs saat itu.

Lebih khusus, posisi software engineer atau insinyur pembuatan software Google mendapatkan gaji tertinggi di dunia jika dibandingkan gaji posisi tersebut di perusahaan lain. Gaji insinyur software Google rata-rata mencapai USD 128.336 atau sekitar Rp 1,2 miliar per tahun.

2. Tunjangan Profesi

Tidak hanya gaji yang tinggi, para Googler masih mendapatkan keuntungan lain berupa tunjangan kesehatan dan keluarga. Google mempuyai perhatian besar terhadap kesehatan para pegawainya. Hal tersebut diwujudkan dalam beberapa kebijakan perusahaan, seperti diantaranya tidak membiarkan pegawai yang baru mendapatkan kecelakan atau mempunyai penyakit serius untuk bekerja sebelum benar-benar dinyatakan kembali fit untuk bekerja.

Khusus untuk tunjangan keluarga, jika terdapat seorang pegawai yang meninggal Google akan memberikan santuanan uang kepada keluarga yang ditinggalkan. Besarannya yakni 50% dari total gaji pegawai tersebut dan diberikan selama 10 bulan berturut-turut plus USD 1000 untuk setiap anak pegawai tersebut. Selain itu bagi pegawai yang baru mempunyai anak boleh mengajukan cuti selama 4,5 bulan untuk pegawai wanita dan 1,5 bulan untuk pegawai pria.

3. Lingkungan Kerja Anti  Stress

Untuk mewujudkan perasaan yang nyaman saat bekerja,Google memberikan fokus lebih terhadap tempat kerja pada pegawainya. Desain interior menarik dan tak monoton bisa menjadi pemacu semangat dan menghilangkan rasa penat bekerja. Hasilnya pun rasa tegang yang biasa dirasakan pekerja pada umumnya tidak akan menjangkiti para pegawai perusahaan search engine terbesar tersebut. Jika memang sedang penat bekerja, kita bisa memilih alternatif pelepas ketenganan antara lain bermain game, olahraga ringan hingga tidur sejenak untuk memulihkan konsentrasi.

Selain itu, para pegawai Google biasa menjadi tester untuk produk teknologi terbaru. Sebagai contoh ketika Google sedang mencoba produk Google Glass terbarunya, para pegawainya lah yang mendapatkan kesempatan mencoba produk serba canggih tersebut. Menyenangkan bukan?

4. Beragam Fasilitas Menarik

Ibarat kata, mungkin banyak pegawai Google yang rela lebih lama berada di kawasan perusahaan ketimbang pulang. Bagaimana tidak hampir semua kebutuhan hidup terdapat di kantor induk yang terletak di kawasan San Fransisco tersebut.

Untuk transportasi Google menyediakan bis jemputan gratis bagi para pegawainya. Selain itu untuk mengisi waktu senggang, para Googler juga dimanjakan dengan fasilitas mewah seperti spa serta pelatihan yoga. Menariknya Google hingga menyediakan fasilitas cukup rambut jika pegawainya ingin tampil lebih stylish.

5. Tempat Mengembangkan Diri

Jika para pegawai di perusahaan lain hanya akan terfokus mengurusi berbagai tugas kantor, tidak dengan pegawai Google. Selama jam kerja, mereka diberikan waktu khusus sebesar 20% untuk mengembangkan ide pribadi mereka diluar tugas kantor.

Bersama dengan pegawai-pegawai lain, mereka bisa membuat proyek pribadi. Dan tak jarang ide besar justru lahir melalui proyek pribadi tersebut. Selain itu berkumpul dengan pegawai lain yang mempunyai skill tinggi dibidangnya masing-masing tentunya dapat meningkatkan pengetahuan kita secara tidak langsung.

Saat ini perusaah Google memang berhasil menciptakan ruang kerja yang sempurna untuk para pegawainya. Namun untuk membangun atmosfir kerja yang sesempurna itu, tentunya dibutuhkan waktu serta usaha yang tidak mudah dari para eksekutifnya.

Baca juga: Google Calico, Inovasi Google Menembus Batas Usia Manusia

Terus berinovasi serta memperhatikan mulai dari hal kecil bisa menjadi langkah awal kita menciptakan usaha, bahkan hingga sebesar Google. Tonton video tentang suasana kerja di Google New York.

1 KOMENTAR

  1. Wahh enak banget ya ternyata pegawai google, gaji segitu mau buat apa ya??hee
    Tapi pastinya gaji sesuai dengan pekerjaanya pastinya.

Tinggalkan Balasan