Ingin Sukses Jalankan Strategi Branding? Tips Dari Donald Trump Berikut Bisa Membantu

Image dari Jezebel.com

Image dari Jezebel.com

Dari sekian banyak ilmu dalam dunia bisnis, startegi branding mungkin menjadi salah satu yang paling getol menuntut kreatifitas kita sebagai pebisnis. Bagaimana tidak, karena dalam bidang yang satu ini tak jarang dibutuhkan hal baru yang lebih segar sehingga konsumen bisa tertarik dengan produk kita.

Sebelumnya kita mungkin sudah banyak membahas tentang strategi branding, dan pada artikel kali ini sebagai penambah referensi bisnis, akan kami sajikan ulasan tentang strategi branding dari tokoh besar dunia bisnis Amerika, Donald Trump. Bagi sosok yang mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat pada pemilihan berikutnya tersebut, ternyata strategi #branding yang ia terapkan tidak terlalu sulit.

Yang dibutuhkan adalah konsistensi dan lagi-lagi kreatifitas seperti saya sampaikan sebelumnya. Selengkapnya berikut ulasan tentang strategi branding ala Donald Trump berikut ini.

1. Tonjolkan Sisi yang Berbeda

Poin pertama yang harus diperhatikan adalah selalu berusaha menjadi berbeda dengan yang sudah ada. Menonjolkan sisi yang berbeda dalam sebuah produk yang sudah ada mungkin bukan hal yang sulit. Kita tinggal lihat seperti apa pola branding yang sudah banyak diterapkan pesaing kita, selanjutnya kita muncul dengan tampilan beda yang diharapkan  bisa menarik perhatian konsumen.

Nah disinilah letak permasalahannya, ketika kita mengambil jalur anti-mainstream, tak jarang kita akan mendapat tentangan dari beberapa pihak atau bahkan kelompok konsumen yang tidak suka dengan konsep yang kita bawa. Pertanyaannya adalah apakah kita bisa bertahan dari tantangan  tersebut? jika tetap bisa, maka perlahan akan ada kelompok konsumen yang mulai melirik keunikan bisnis Anda, dan bukan tak mungkin kesuksesan branding bisa diraih setelahnya.

Artikel lain: 6 Rahasia Sukes Jack Ma, Bos Raksasa Ecommerce Alibaba

Inilah yang bisa kita pelajari dari strategi branding bisnis milik Donald Trump. Tak jarang ia mengambil langkah yang cukup ekstrim bahkan menimbulkan kontroversi. Namun disadari atau tidak, justru diantara kontroversi tersebutlah, brand kita akan meledak lebih cepat dibanding jika kita main di jalur aman.

2. Selalu Jaga Brand Positioning Bisnis Anda

Brand positioning dapat diartikan arah atau fokus sebuah bisnis menempati sebuah ranah bisnis tertentu. Detail ini pula yang tak pernah luput dari pemikiran Trump ketika menjalankan strategi branding. Ia tidak pernah melepas fokusnya akan brand positioning tersebut. Ketika di awal ia sudah menentukan akan bergerak di bidang atau target market tertentu, maka ia akan terus menjalankannya hingga berhasil.

Hal ini sangat tercermin dari kebiasaan Donald Trump ketika di wawancarai atau dalam sebuah diskusi publik. Dalam berbagai kesempatan pria paruh baya tersebut tidak pernah goyah mempertahankan konsep bisnis yang sudah ia rancang sebelumnya. Seakan ia ingin menunjukkan bahwa bisnisnya selalu menjadi yang nomor satu dan akan selalu seperti itu.

Dalam menjalankan strategi branding ala Donald Trump  seperti ini, dibutuhkan komitmen dan keyakinan yang sangat besar tentang masa depan bisnis kita. Kita tidak boleh sekalipun memupuk rasa pesimistis sedikit apapun dalam benak kita.




3. Jangan Takut untuk Terbuka

Dan strategi branding yang terakhir adalah jangan pernah takut untuk terbuka dengan dunia luar. Ini menjadi salah satu pembeda yang paling mencolok dari seorang Donald Trump, ia tidak pernah takut untuk membuka kondisi bisnisnya kepada publik.

Tidak seperti kebanyakan bisnis yang justru menutup rapat kondisi perusahaannya, ia justru memandang transparansi merupakan salah satu senjata dalam upaya branding bisnis. Ia yakin bahwa publik perlu mengetahui seperti apa wajah bisnisnya yang sesungguhnya sebelum mereka memberikan kepercayaan pada bisnis taipan bisnis yang satu ini.

Baca juga: Walt Disney ~ Bapak Animasi dan Pendiri Disneyland

Dalam perjalanan bisnis Donald Trump yang sangat panjang, tentu ia juga pernah mengalami masa suram dengan beberapa masalah besar. Kala itu, keterbukaan yang sudah dibangun sejak awal nyatanya bisa menjadi penolong. Banyak media yang mulai meliput dan dengan langkah cerdas, ia mulai mencari solusi dari pihak-pihak yang bisa membantu nya menyelesaikan masalah tersebut.

Tiga tips menjalankan strategi branding ala Donald Trump di atas mungkin terdengar cukup “keras”. Namun memang itulah karakter dari Donald Trump, keras namun konsisten dalam menjalankan bisnis. Dan sebagai buktinya, rekan-rekan bisa lihat seberapa besar kerajaan bisnis yang berhasil ia bangun.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud