Ingin Serius Belajar Bisnis Online? Waspadai Pengajar Abal-Abal dan Penipu

Belajar-Bisnis-Online

Dari judul artikel ini sudah jelas bahwa belajar bisnis online itu tidak semudah yang kita bayangkan. Bukan karena materi dan praktek internet marketing-nya yang sulit, tapi ada tantangan lain yang harus diwaspadai oleh para pemula (newbie) yang ingin ‘nyemplung’ ke dunia #bisnis online, yaitu banyaknya pengajar abal-abal atau penipu yang menyamar jadi mentor.

Saya beberapa kali membaca status curhat teman-teman di Facebook atau forum online yang mengatakan bahwa materi belajar internet marketing yang didapatkan tidak sesuai dengan yang dijanjikan oleh si pengajar. Bahkan ada juga beberapa orang yang mengatakan bahwa mereka telah menjadi korban ‘penipuan’ dari si mentor. Saat membaca status curhat sedih teman di Facebook, di situ kadang saya merasa miris.

Di artikel ini saya ingin berbagi opini saya tentang beberapa layanan website atau orang (biasa disebut master atau mastah) yang menjual membership untuk belajar internet marketing, bisnis online, make money online, dan sebagainya. Opini ini adalah murni dari saya pribadi, tidak ada niat untuk ‘mencederai’ perasaan orang lain (baik newbie ataupun mastah), terutama teman-teman yang saat ini baru belajar tentang bisnis online.

Ok, ini dia pendapat saya tentang beberapa layanan website atau orang yang menjual membership belajar internet marketing.

Artikel lain: Sebenarnya, Apa Itu Internet Marketing?

1. Asian Brain (AB)

Asian Brain (AsianBrain.com) adalah salah satu website yang memberikan layanan belajar internet marketing secara online. Di website inilah pertamakali saya mempelajari banyak hal tentang bisnis online dan segala hal yang berhubungan dengan internet marketing. Selain materinya sudah ada dan lengkap, di Asian Brain juga ada semacam forum untuk berdiskusi. Jadi para member bisa belajar lebih intens, berdiskusi, dan saling berbagi informasi seputar bisnis online.

Yang paling saya suka dari Asian Brain (AB), materi awal yang diberikan kepada para membernya adalah membangun mindset yang benar tentang pemasaran online. Menurut saya ini sangat penting, ibarat membangun sebuah rumah, mindset yang benar adalah pondasi kuat untuk bisa sukses di bisnis online. Tidak seperti beberapa website lain yang fokus pada materi ‘bagaimana cara mendapatkan uang dengan cepat’. Itulah sebabnya materi di AB tidak cocok untuk pemula yang ingin cepat kaya dari internet, walaupun sebenarnya cukup banyak member AB yang berhasil dengan cepat.

Sebenarnya materi di AB sangat banyak, mulai dari mindset internet marketing, materi dasar internet marketing, cara membuat website/ blog, affiliate marketing, Google Adsense, email marketing, dan lain-lain. Dulu sewaktu saya belajar di sana saya fokus mempelajari tentang blogging, SEO, dan affiliate Amazon. Hingga saat ini, saya tetap fokus pada apa yang saya sukai, yaitu blogging, SEO, affiliate Amazon. Tentu saja saya juga belajar hal yang baru, misalnya social media marketing, dan email marketing, tapi itu saya pelajari di luar AB.

Jujur, saya sudah lama keluar dari AB (tahun 2010), tapi ilmu yang saya dapatkan dari sana tetap bermanfaat dan selalu saya praktekkan pada bisnis online saya hingga sekarang. Faktanya, AB telah banyak ‘menelurkan’ internet marketer sukses, beberapa nama yang saya kenal diantaranya; Dini Shanti, Edy Sihombing, Rivermaya, dan lainnya.

Buat Anda para pemula ataupun yang ingin memperluas pengetahuan tentang internet marketing, saya sangat merekomendasikan Asian Brain sebagai tempat belajar.

Artikel lain: Anne Ahira – Pendiri Asian Brain Internet Marketing Indonesia




2. Belajar Bisnis Internet (BBI)

Belajar Bisnis Internet (BelajarBisnisInternet.com) adalah sebuah website yang memberikan layanan belajar bisnis berbasis internet. Website ini didirikan oleh dua orang pelaku bisnis online yang cukup terkenal khususnya bisnis affiliate Amazon, yaitu Sukarto Sudjono dan Hianoto Santoso.

Terus terang, saya belum pernah bergabung menjadi member di BBI. Detail mengenai ilmu bisnis online yang diajarkan di website ini tidak pernah saya dapatkan. Namun saya pernah menjadi subscriber di sana, dan beberapa kali menerima informasi tentang BBI. Selain itu, saya juga punya beberapa kenalan yang pernah belajar di sana. Dari obrolan dengan kenalan tersebut saya mengetahui bahwa BBI mengajarkan tentang bagaimana cara berbisnis online khususnya bisnis affiliate Amazon.com (toko online terbesar di dunia).

Salah satu kenalan saya pernah bercerita sedikit tentang materi di BBI. Dari carita tersebut, menurut saya BBI bisa menjadi tempat belajar bisnis online yang cukup recommended. Seperti halnya Asian Brain, BBI mengajarkan tentang mindset pebisnis online, hal-hal teknis yang dilakukan di bisnis online, dan informasi penting yang berhubungan dengan internet marketing.

Beberapa alumni BBI saat ini bahkan sudah memiliki bisnis yang bisa menghasilkan profit ratusan juta rupiah per bulan. Tentunya dasar pengetahuan bisnis online tersebut adalah dari tempat di mana dia belajar, dan juga kerja keras yang dilakukannya. Walaupun saya tidak pernah belajar bisnis online di BBI, saya pikir website ini layak untuk dipertimbangkan sebagai tempat belajar, khususnya bagi para pemula.

3. Republik Tycoon (RT)

Republik Tycoon (RepublikTycoon.com) adalah sebuah website berbasis forum yang disebut-sebut akan menjadi wadah tempat belajar affiliate marketing, khususnya affiliate ClickBank.com. Dulunya website ini digawangi oleh internet marketer Indonesia yang cukup terkenal di dunia maya yang menyebut dirinya sebagai Presiden Tycoon, dan juga beberapa punggawanya yang menyebut diri mereka sebagai menteri. Tidak usah saya sebut nama pemiliknya ya, tapi cukup inisialnya saja, RK.

Dulu, untuk bergabung di RT para calon member harus mengeluarkan uang sebesar Rp 3 juta – Rp 3,5 juta (sekali bayar). Setahu saya itu adalah biaya membership selamanya. Memang saya tidak pernah bergabung di RT, namun cukup banyak cerita dan kisah sedih yang dilontarkan oleh para mantan member yang bergabung di sana. Banyak member yang menganggap bahwa Republik Tycoon adalah salah satu bentuk penipuan, karena untuk biaya membership Rp 3 juta member tidak mendapatkan ilmu internet marketing di RT, bahkan websitenya ditutup tiba-tiba. Informasi lebih lengkap bisa dibaca di thread Forum Ads.id ini.

Website forum ini (RT) sudah lama tidak online, dan cukup banyak member yang kecewa terhadap perlakuan pengelola RT tersebut yang tiba-tiba menutup forum tersebut secara sepihak padahal member sudah membayar mahal. Saya tidak ingin membuka luka lama para member yang dikecewakan, tapi ingin memberikan WARNING kepada para pemula yang mau belajar bisnis online. Berhati-hatilah dalam menyikapi sebuah Sales Page yang menjual membership belajar bisnis online.

Bahasa marketing sebuah Sales Page dan screen shoot penghasilan bisa menghipnotis Anda, bahkan yang tadinya tidak punya dana untuk bergabung akan bela-belain mengutang demi sesuatu yang tidak jelas. Itulah kekuatan sebuah Sales Page, dan itulah yang dulu saya lihat ADA di halaman Sales Page Republik Tycoon. Apakah Republik Tycoon bisa dikategorikan sebagai sebuah penipuan? Anda saja yang menilainya!

4. Premium ClickBank ($1000 per Day Dari ClickBank.com)

Bagi para pelaku bisnis online, khususnya affiliate marketing, pasti sudah mengenal apa itu ClickBank. Menghasilkan uang dari Market Place produk digital ini adalah salah satu program affiliate yang banyak sekali diikuti oleh internet marketer dunia, termasuk dari Indonesia.

Nah, beberapa waktu yang lalu seorang internet marketer asal Indonesia (sebut saja AKP) menyebutkan bahwa dia akan mengajarkan cara menghasilkan $1000 per hari dari affilliasi ClickBank.com melalui program belajar di Premium Clickbank (PremiumCB.com). Bila seseorang menyebutkan bahwa dia akan mengajarkan cara menghasilkan uang $1000 per hari dari ClickBank, itu berarti dia sudah punya blueprint dan strategi yang terbukti berhasil bagi dirinya sendiri.

Dalam sebuah video di Sales Page nya, AKP menunjukkan earningnya yang mencapai $1000 per hari dari ClickBank, bahkan lebih. Tentunya bagi kita yang masih pemula, tampilan earning sebesar itu di sebuah video akan membuat kita percaya bahwa materi Premium ClickBank benar-benar sudah terbukti berhasil. Sayangnya, tampilan earning yang fantastis tersebut sebenarnya hasil editan melalui proses inspect element.

Hal ini terungkap setelah internet marketer lainnya (sebut saja EBNP dan lainnya) melakukan investigasi mendalam ke pihak ClickBank.com dan juga ke AKP perihal earning tersebut. Dan memang benar, AKP akhirnya mengaku bahwa tampilan earning tersebut adalah hasil editan belaka… hadeh. Singkat kata, melalui statusnya di Facebook, AKP meminta maaf kepada publik dan mengatakan bahwa program Premium ClickBank tersebut dibatalkan dengan alasan bahwa data yang ditampilkan tidak akurat. Dan dana para member yang sudah terlanjur ditransfer akan dikembalikan 100%.

Terus terang waktu itu saya sedikit tertarik untuk ikut bergabung. Alasannya sederhana. Sebenarnya menurut saya AKP punya materi internet marketing yang cukup bagus. Saya bisa berkata demikian karena saya pernah ikut membership di SejutaSehari.com, yang juga dikelola oleh AKP sendiri. Waktu itu saya diberikan akses membership gratis oleh AKP karena membantu promosi SejutaSehari, dan saya melihat materi di sana sebenarnya bagus, khususnya bagi para pemula yang ingin menghasilkan uang dari bisnis online.

Mungkin saja (mungkin ya, saya tidak tahu) materi Premium ClickBank yang dia tawarkan sebenarnya juga bagus. Sangat disayangkan dia memberikan data earning yang tidak benar (hasil editan) dan materinya belum terbukti demi untuk menarik perhatian calon membernya. Sesuatu yang sangat disayangkan, kesalahan ini menghancurkan nama baiknya di dunia internet marketing Indonesia. Sebagai tambahan, Anda bisa membaca informasi ini.

Baca juga: Fakta Tentang Bisnis Online Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

5. Premium IM Class

Dulunya IM Class (Imclass.org) adalah website yang menawarkan layanan belajar internet marketing. Walaupun domain tersebut sudah cukup lama expired, tapi kita masih bisa memantau rekam jejaknya melalui Facebook Fans Pagenya di Facebook.com/imclass.org.

Website ini dikelola oleh seseorang yang mengaku sebagai sensei di internet marketing (sebut saja PS atau DW). Namun pada kenyataannya sosok sensei ini banyak sekali tersangkut kasus penipuan di internet. Awalnya saya sama sekali tidak mengenal pribadi PS atau DW ini, namun karena sosok ini tersangkut kasus penipuan berkedok private mentoring bisnis online, akhirnya si sensei semakin terkenal di dunia maya, khususnya di Facebook.

Saya semakin mengenal PS saat ada kasus penipuan kepada beberapa teman pemula yang menjadi membernya. Dan salah satu dari mereka ternyata teman saya di Facebook yang mengeluh melalui status Facebook-nya tentang penipuan yang dialaminya. Setelah membaca ‘curhat’ teman FB tersebut, saya cari nama PS di Facebook. Ternyata PS masuk di dalam friend list saya di Facebook…entah bagaimana bisa.

Dan tidak lama, kasus penipuan private mentoring ini semakin terbongkar, berikut kasus-kasus lainnya yang menyeret nama PS. Bahkan beberapa teman di Facebook sempat melakukan investigasi kepada sosok PS atau DW ini. Banyak yang menganggap bahwa PS dan DW sebenarnya adalah orang yang sama, dan dari investigasi memang terbukti bahwa PS dan DW adalah orang yang sama. Setelah mempelajari urutan kejadian yang menyangkut PS atau DW ini, menurut saya dia adalah seorang penipu yang berkedok sebagai mentor belajar bisnis online. Jika Anda penasaran, bisa membaca urutan kejadiannya di halaman web ini.

Kesimpulan:

Dari tahun ke tahun akan selalu ada pemula-pemula yang bermunculan di dunia internet marketing, dan mereka adalah orang-orang yang ‘haus dan lapar’ akan ilmu bisnis online. Mungkin Anda yang membaca artikel ini adalah salah satu dari antara mereka. Dan di masa mendatang mungkin akan muncul lagi pelatihan-pelatihan, workshop, dan membership abal-abal yang akan mengeruk uang Anda, jika tidak waspada.

Sebaiknya Anda berhati-hati memilih tempat belajar bisnis online, tempat pelatihan, private mentoring, workshop internet marketing, dan lain sebagainya. Seringkali pemula atau bahkan yang sudah lama berkecimpung di bisnis online ‘terhipnotis’ oleh Sales Page yang berisi kata-kata ‘Ajaib’ dan Screen Shoot penghasilan orang lain, sehingga lupa akan logika yang benar tentang bisnis online. Mudah-mudahan Anda tidak termasuk.



11 total comments on this postSubmit yours
  1. Waspada situs abal-abal, apalagi jika melakukan penipuan di dunia maya. coba anda sharing dan berbagi informasi pengalaman atas penipuan yang terjadi dan alami selama ini ke situs laporpolisi.com, supaya masyarakat tahu siapa identitas penipu yang berbahaya tersebut, sehingga semua bisa antisipasi atas semua bentuk penipuan yang terjadi selama ini

  2. Maaf saya orang baru, kalau mau ikut pelatihan di AB bagaimana ya caranya? saya tertarik ingin memulai bisnis online dan masih mencari referensi tempat pelatihan yang benar dan baik. Terima kasih

  3. Makasih gan, bermanfaat banget artikelnya! adminnya juga ramah, suka membalas komentar lain yang kebingungan, salut dah!

  4. Ada tips tidak untuk mengenali kalau dia itu bukan benar-benar seorang mentor yang ahli dalam bidangnya, karena dari 5 deratan tempat belajar online yang bapak kasih tau, tidak ada satu-satu yang masuk namanya, karena saya juga seorang member yang lagi belajar online disalah satu Web.

    • Tips:
      1. Perhatikan websitenya. Mereka yang sudah paham tentang bisnis online pasti mengerti pentingnya halaman website yang baik. Kalau halaman websitenya jelek, perlu dipertanyakan kemampuannya di bisnis online. Tapi, tidak semua website yang tampilannya bagus, isinya bagus juga…kita harus hati-hati juga.
      2. Perhatikan siapa yang akan menjadi mentornya. Rekam jejak dan pengalaman seseorang sangat penting bukan? Tidak ada salahnya kita melakukan riset kecil-kecilan tentang siapa di balik program pelatihan bisnis online yang akan kita ikuti. Sekarang ini banyak yang dianggap ‘master’ menawarkan pelatihan bisnis online… padahal dirinya sendiri juga masih belajar.
      Karena memang, cara mendapatkan uang paling cepat dari internet adalah…. menjual informasi (ebook, video, pelatihan, etc) tentang bagaimana mencari uang dari internet.
      3. Perhatikan sales letternya. Website pelatihan bisnis online yang baik tidak akan berfokus pada uang, uang, dan uang, tapi materi dan pondasi yang kuat dalam berbisnis online. Berbeda dengan sales letter bisnis online abal-abal, biasanya mereka menjanjikan program mereka akan memberikan banyak uang dalam tempo singkat. Intinya, berhati-hatilah dengan sales letter karena bahasa marketing seringkali bisa menghipnotis seseorang… dan itu selalu terjadi setiap waktu.
      4. Minta review dari orang lain. Ini juga penting banget karena orang-orang di bisnis online itu sebenarnya sudah banyak yang saling tahu. Review atau pendapat orang lain yang lebih berpengalaman akan sangat membantu kita agar tidak belajar di pelatihan abal-abal.
      5. Perhatikan biaya pelatihannya. Sebenarnya mahal atau murah itu relatif ya, tapi terkadang kita menganggap biaya pelatihan yang mahal itu lebih bagus. Jika ingin membandingkan, coba bandingkan dengan biaya pelatihan di Asian Brain yang hanya Rp 1,75 juta per tahun… itu saja patokannya.

  5. kalo di daerah kami di lhokseumawe, aceh, indonesia, ada tempat belajarnya,,, sangat membantu para pengangguran di daerah kami, saya salah satu nya yang ikut belajar…. memang harus hati-hati dalam memilih tempat belajar bisnis online, jangan biaya nya yng mahal tapi gak berkualitas

  6. Bisnis online bisa dibilang susah-susah gampang. Ada banyak trik dan cara agar bisa sukses di bisnis online.

    Sebenarnya, cara yang paling ampuh agar sukses di bisnis online adalah dengan menggencarkan promosi. Dengan promosi orang lain akan mengenal produk kita.

    Sebagus apapun bisnis online itu tanpa promosi, sama saja NOL. Dan itu semua butuh kerja keras serta pantang menyerah.

    Namun begitu, tidak ada salahnya belajar bisnis online.

  7. Saya sudah sejak lama mengikuti AB, tapi tidak fokus dalam mengikuti kursusnya karena waktu itu kesibukan kerja dan jaraingan internet lemot akhirnya saya putuskan untuk berhenti. Kini kalau mulai dari awal lagi masih bisan nggak ya?

    • Saya dulu juga putus-putus kog mas belajarnya. Tapi kalau dihitung-hitung, saya belajar di sana sekitar satu tahun. Menurut saya mendingan langsung ngambil paket yang 1 tahun (kalau tidak salah biayanya Rp 1.7 juta), kita bisa langsung mengambil materi yang lebih advance di sana.

      • Saya sebenarnya ingin sekali belajar di AB, karena waktu yang lebih fleksibel. Baiklah kalau memang seperti itu saya akan mempertimbangkan untuk mengambil paket 1 tahun

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud