Ingin Menyeimbangkan Pendidikan dan Pekerjaan? Lakukanlah Hal Ini!

Ingin Menyeimbangkan Pendidikan dan Pekerjaan? Lakukanlah Hal Ini!

pendidikan dan pekerjaan

Betapa beruntungnya bila kita bisa menyelesaikan jenjang pendidikan tanpa harus memikirkan pekerjaan atau bisnis terlebih dahulu. Karena hal tersebut pasti membuat kita menjadi lebih fokus dalam menyelesaikan pendidikan dengan usaha yang maksimal. Akan tetapi sebenarnya menjalankan pendidikan seiring dengan pekerjaan juga bukanlah hal yang buruk. Sebab banyak pelajaran nyata yang bisa kita peroleh melalui dunia kerja.

Banyak orang yang dihadapkan dengan kebingungan dalam menyeimbangkan #pendidikan dan pekerjaan. Padahal kalau hal ini terjadi secara berlarut-larut, tentu saja hal ini bisa mengakibatkan penurunan kualitas baik dalam bekerja atau menyelesaikan pendidikan.

Agar bisa menjalankan pekerjaan dengan baik sekaligus fokus menuntut ilmu, kita bisa melakukan beberapa hal ini :

1. Utamakan Pendidikan

Pekerjaan atau bisnis yang memberikan pendapatan memang sangat menggiurkan. Tetapi sebaiknya kita tidak lupa kalau pendidikan merupakan prioritas utama. Dengan menyelesaian pendidikan, berarti kita sudah memperoleh pengakuan resmi terhadap ilmu dan kompetensi yang telah kita dapatkan selama menuntut ilmu.

Pendidikan yang diselesaikan dengan baik bisa menjadi modal utama untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih berkualitas dan lebih menjanjikan masa depan yang cerah.

Artikel lain: 5 Cara Berfikir Pengusaha yang Wajib Ditanamkan Sejak Membangun Karir

2. Membagi Waktu Antara Pendidikan dan Pekerjaan

Jangan biarkan pekerjaan atau bisnis yang belum diselesaikan malah mengganggu kegiatan pendidikan yang harus kita jalankan. Berusahalah membagi waktu dengan baik supaya kita bisa menyeimbangkan kehidupan pekerjaan dan pendidikan. Bila kita bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, maka waktu yang dibutuhkan untuk menamatkan pendidikan bisa terorganisir dengan baik.

Sebaiknya kita tidak mengambil waktu lembur saat bekerja atau berbisnis karena hal tersebut bisa mempengaruhi kualitas kesehatan dan fokus kita terhadap pendidikan yang sedang kita tempuh.

3. Memanfaatkan Waktu Senggang dengan Bijak

Ketika orang yang hanya bekerja atau hanya kuliah punya waktu senggang untuk bersenang-senang, maka kita justru harus memanfaatkan waktu senggang tersebut dengan bijak. Bukan hanya harus selalu mengurus pekerjaan atau pendidikan, waktu senggang bisa dimanfaatkan secara bijak untuk beristirahat.

Memiliki waktu istirahat yang cukup akan membuat tubuh kita fit dan kita pun siap untuk menyelesaikan segudang rutinitas pekerjaan dan rutinitas belajar yang menyita waktu serta tenaga. Saran lain dalam memanfaatkan waktu luang adalah membiasakan berfikir dan menyusun target baik dalam hal pendidikan dan pekerjaan.

4. Pertimbangkan Lokasi Tempat Kerja dan Lokasi Kampus

Lokasi tempat kerja dan lokasi kampus yang berdekatan membuat kita tidak perlu membuang waktu saat harus bergegas ke kantor atau ke kampus dengan memanfaatkan jeda waktu yang sempit. Selain hemat waktu, lokasi tempat kerja dan lokasi kampus yang berdekatan juga tidak membuat kita kelelahan saat harus berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

5. Berbicaralah dengan Atasan

Kita tidak perlu ragu memberi tahu atasan kita bahwa kita sedang menjalankan pekerjaan sambil menyelesaikan jenjang pendidikan. Dengan demikian, atasan maupun rekan kerja lainnya tentu bisa lebih memaklumi batasan yang kita buat sewaktu mengerjakan pekerjaan karena kita juga harus bertanggungjawab pada pendidikan yang sedang kita tempuh.

Baca juga: Stop! Jangan Lakukan Ini, Jika Anda Ingin Meraih Sukses

6. Berkonsultasi dengan Dosen

Selain harus berbicara dengan atasan dan rekan kerja, kita juga butuh dukungan dosen untuk menyeimbangkan aktivitas pekerjaan dan pendidikan. Semua solusi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan bisa diatasi dengan baik bila kita menjalin hubungan yang baik dengan dosen. Sehingga dosen kita juga tidak keberatan jika harus membantu pelajaran yang tertinggal atau melakukan bimbingan di luar jam kantor.

Menjalankan kehidupan pekerjaan dan pendidikan secara bersamaan memang bukan suatu hal yang mudah. Tapi hal tersebut akan menempa kita menjadi pribadi yang lebih disiplin dan kuat di kemudian hari karena kita sudah terbiasa untuk hidup mandiri dan serba sibuk. Mari menyiapkan masa depan yang cerah dengan menjalankan aktivitas pekerjaan dan pendidikan sebaik mungkin hari ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan