I Putu Ngurah Sudarma: Kembangkan Bisnis Spa Mulai Dari Nol Hingga Beromzet Rp 3,5 Miliar 

I Putu Ngurah Sudarma

Image dari Swa.co.id

I Putu Ngurah Sudarma – Keinginan seseorang menjalankan bisnis memang seringkali tidak mendapatkan jalan yang mudah untuk merealisasikannya. Ada banyak perkara yang menyebabkan hal itu terjadi, umumnya yang menjadi masalah dalam memulai sebuah bisnis adalah kurang siapnya permodalan yang dimiliki. Baik modal secara finansial ataupun modal lainnya seperti keberanian, kemampuan dan bahkan mungkin kesempatan.

Rupanya keadaan ini juga pernah menimpa I Putu Ngurah Sudarma seorang pengusaha yang kini sukses dengan bisnis Spa nya. Lika-liku perjalanan hidupnya yang membawanya kepada kesuksesan seperti saat ini sangatlah panjang. Penasaran bagaimana kisah sukses nya, simak ulasan di bawah ini.

I Putu Ngurah Sudarma Mengumpulkan Modal untuk Berbisnis

I Putu Ngurah Sudarma memang memiliki keinginan menjadi seorang pengusaha sejak ia masih duduk di bangku kuliah. Namun ia sadar bahwa untuk menjadi seorang pengusaha harus memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis.

Ia pun berpikiran untuk masuk menjadi bagian dari industri kapal pesiar dengan harapan tentunya mempunyai gaji yang besar untuk ia jadikan modal bisnis di kemudian hari. Namun kenyataan berkata lain, semua lamaran yang ia kirimkan tidak satu pun yang mendapatkan balasan. Dan bahkan ia pernah kena tipu, uang senilai Rp.40 juta pun raib.

Artikel lain: Moz5 ~ Peluang Usaha Salon Muslimah Minim Pesaing

Karena keinginannya untuk mengumpulkan modal, singkat cerita, akhirnya Sudarma bekerja di sebuah Spa milik rekannya yang warga Australia. Ia sebenarnya masih berharap untuk mendapat panggilan kerja dari kapal pesiar. Sebelum ia bekerja di Spa milik temannya tersebut, Sudarma juga pernah menjadi seorang pelayan di sebuah kasino di kapal di Singapura. Namun itu tak bertahan lama, karena itu tidak sesuai dengan keinginannya.

Memulai Bisnis Dengan Pinjaman dari Ayah

Tak lama juga bekerja di Spa tersebut, Sudarma lantas memutuskan keluar bersama istrinya yang kebetulan sama-sama bekerja di tempat yang sama. Ia menuturkan bahwa alasan keluarnya dari pekerjaan itu tidak lain karena ide-ide bisnisnya tidak diterima oleh pemilik Spa. Dengan kondisi seperti ini, Sudarma kemudian bertekad untuk mewujudkan mimpi lamanya sebagai seorang pengusaha dengan mendirikan Spa.

Nampaknya permodalan masih menjadi masalah utama baginya, gaji yang ia dapatkan selama bekerja belum cukup untuk membuka sebuah Spa. Di sinilah peran sang Ayah sangat bijaksana, meskipun dulu Ayahnya pernah kehilangan uang karens tertipu, namun masih memberi kepercayaan pada Sudarma dengan meminjami uang sebesar Rp. 60 juta untuk memulai bisnis. Dengan uang itu Ia kemudian membuka bisnis Spa nya di kawasan Ubud. Sangat sederhana, dan bahkan pernah dijuluki dengan spa kandang kuda saking sederhananya.

Tak Kenal Lelah Berjuang Menggapai Sukses

Bisnis yang Ia mulai tidak langsung berjalan dengan sukses. Sang Spa begitu nama spa yang Ia bangun tidak mendapatkan respon yang positif dari konsumen. Bahkan meskipun ia bersama istri terbilang sudah melakukan promosi besar-besaran.

Pada bulan pertama pendiriannya, Sang Spa hanya mendapatkan Rp. 980.000, terhitung sangat kecil di Bali, apa lagi Sudarma juga harus melunasi hutang-hutangnya. Dengan kondisi yang sulit ini, Sudarma terus berjuang dan tak kenal lelah.




Ia terus melakukan promosi dibantu dengan saudaranya pada bulan ke dua Sang Spa mulai menampakkan perkembangan yang positif. Omzetnya meningkat menjadi Rp. 5,2 juta dalam satu bulan. Ini perkembangan yang sangat luar biasa bagi bisnisnya, namun di sisi lain muncul masalah baru. Istrinya mulai tidak tahan dengan keadaan yang terasa sangat menghimpit dengan besaran hutang dan penghasilan yang tak seberapa.

Istri mulai putus asa dan ingin berhenti berbisnis dan kembali mencari pekerjaan lain. Namun Sudarma terus berupaya meyakinkan istri bahwa bisnis Spa yang dikerjakan akan menapaki kesuksesan.

Baca juga: Junius Rahardjo ~ Sukses Antarkan Produk Herbal Lokal Tembus Pasar Internasional

Mulai Mendapatkan Kesuksesan Bisnis

Dengan berbagai usaha, akhirnya pada bulan ke tiga, bisnis Sudarma semakin berkembang dan mampu meraih omzet berkali lipat dari bulan sebelumnya yaitu mencapai Rp. 15 Juta. Karena semakin banyaknya pelanggan, akhirnya Sudarma memutuskan untuk mengambil satu pegawai, dan semenjak itu pula bisnisnya kemudian mengalami kemajuan yang sangat pesat.

Kini Sudarma memiliki tiga Spa dengan mempekerjakan 68 terapis. Setiap hari tak kurang 70 sampai 80 orang yang mendatangi Sang Spa, kebanyakan dari mereka adalah turis asing yang sedang berwisata ke Bali. Omzetnya pun sangat luar biasa, bisnisnya mampu meraih kurang lebih Rp. 3,5 miliar per tahun.




3 total comments on this postSubmit yours
  1. Perjuangan yang gigih untuk menjadi seorang pengusaha…..terkadang dukungn orang terdekat kita seperti Isteri juga memegang peranan penting dalam perjalanan karir dan bisnis kita.

    Salut untuk perjuangannya

    • betul sekali

    • Terima kasih Pak Daniel, segera Sang Spa akan franchise tahun depan.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud