Kisah Ganool, Situs Download Film Gratisan yang Dibenci dan Dicintai

Ganool

Mereka yang sering download film gratisan di internet pasti tahu situs Ganool. Kalau Anda ngga tahu berarti Anda ‘senasib’ dengan saya. Saya juga baru tahu situs ini beberapa waktu yang lalu saat akan donwload film gratisan di internet. Tapi tidak jadi karena alasan tertentu.

Sejak diberlakukannya internet positif, ternyata situs download film gratisan ini sudah masuk ke dalam daftar situs bermasalah di Indonesia, dalam artian DIBLOKIR. Alasannya jelas, karena film yang bisa didownload dari situs ini ternyata melanggar hak cipta orang lain. Mereka tidak punya hak kepemilikan atau hak untuk menyebarkannya.




Sebenarnya saya sangat ketinggalan berita tentang situs terkenal ini. Soalnya dari dulu saya memang kurang suka download film di internet. Kalau saya hobi nonton film pasti tahu situs ini dari dulu.

Lanjut ya

Nah, yang unik dari situs ini adalah popularitasnya yang sangat cepat. Situs ini pasti banyak sekali visitornya, ini bisa kelihatan dari Alexa-nya yang ramping. Populer dan ‘dibutuhkan’ oleh banyak masyarakat Indonesia tapi pada saat yang sama diblokir oleh pemerintah karena melanggar hak cipta orang lain, ini ironis menurut saya.

Ganool.com Diblokir, Muncul Domain Baru

Setelah membaca beberapa artikel, saya tahu informasi bahwa domain situs Ganool pertama kali adalah www.ganool.com. Dan ketika domain ini diblokir oleh Indonesia, Ganool muncul lagi dengan menggunakan beberapa domain baru. Setiap kali fans Ganool tahu tentang domain baru tersebut, saat itu pula pengunjung berdatangan. Trafik pun mengalir deras seperti air bah.

Trafik besar dan stabil, lalu iklan di situsnya adalah situs-situs judi. Saya no comment soal iklannya!

Dulunya Ganool mengunggah berkas film ke Hotfile, Enterupload, Filesonic, Fileserve, Megaupload, dan Mediafire. File ini bisa diunduh oleh para penggunanya. Setelah pihak penyedia file hosting tersebut mengetahui bahwa Ganool.com adalah situs film ilegal, mereka menghapus file-file film tersebut dan menghapus akun Ganool.

Saat domain Ganool.com diblokir, sempat muncul beberapa domain baru. Dari yang saya temukan di internet ada beberapa domain yang pernah digunakan oleh Ganol, bahkan pernah menggunakan sub domain blogspot. Diantara domain tersebut adalah:

  • Ganool.my.id (diblokir)
  • Ganool.ag (parking)
  • Ganool.video (diblokir)
  • Ganool.de (redirect ke Ganool.li)
  • Dan beberapa domain lainnya

Sebenarnya ada banyak sekali situs download film gratis di luaran sana, dan tidak melanggar hak cipta orang lain. Namun karena Ganool sudah terlanjur banyak penggemar dan mereka terbiasa menggunakan situs download film gratisan ini, maka ketika aktif dengan nama domain baru, seketika itu para penggunanya langsung menyerbu situsnya.




Ketika saya membuat artikel ini, saya bisa membuka situs tersebut dengan menggunakan domain Ganool.li. Saya tidak tahu, berapa lama domain ini akan bertahan. Apakah akan diblokir juga?

Pelajaran yang Didapat Dari Kasus Ganool

Setidaknya ada 3 pelajaran yang bisa saya ambil dari diblokirnya situs ini

1. Jangan Melanggar Hak Cipta Orang Lain

Terus terang ini terlintas begita saja di kepala saya, padahal saya tadinya mau download film gratis dari situs ini hahaha. Terkesan munafik tapi memang kenyataan, hak cipta karya orang lain harus dihargai. Saya tahu bagaimana rasanya ketika artikel saya dicopy orang tanpa memberikan kredit link ke blog saya, nah penyebaran film secara ilegal juga demikian.

Saya menyukai sesuatu yang gratis, misalnya download film gratis dari situs Ganool. Tapi pada akhirnya saya sadar hal ini melanggar aturan. Ini pelajaran pertama yang saya dapat dari kasus situs download film gratisan ini.

2. Dicintai dan Dibenci Pada Saat yang Sama

Dicintai oleh tukang download film gratis, tapi dibenci oleh para pemilik hak cipta film. Mungkin bukan hanya Ganool yang tahu bagaimana rasanya dicintai sekaligus dibenci pada saat yang sama. Tapi saya yakin rasanya tidak menyenangkan.

Pelajaran untuk saya pribadi, saya tidak ingin ‘dicintai’ orang lain karena bersedia melakukan pelanggaran. Lebih baik dibenci orang lain karena melakukan hal yang benar ketimbang harus melakukan pelanggaran. Bener ga?

3. Show Must Go on

Sudah diblokir berkali-kali tapi masih terus berusaha untuk tetap online. Menurut saya yang dilakukan oleh situs download film gratisan ini adalah sesuatu yang luar biasa. Untuk yang satu ini, terus terang saya angkat topi. Mungkin di masa mendatang domain mereka akan terus berganti sampai menggunakan semua Top Level Domain hehehe.

Terlepas dari tindakan salah mereka – menyebarkan film secara ilegal – konsistensi dan semangatnya harus diapresiasi. Tidak mudah untuk melakukan hal itu. Tapi sebaiknya konsistensi dan semangat seperti ini dilakukan untuk hal-hal yang lebih positif dan tidak merugikan orang lain.

Artikel lain: 12 Contoh Website Sederhana Tapi Berisi Konten Menarik

***

Sebagai penutup, saya ingin mengajak teman-teman pengguna internet agar lebih perduli dan menghargai hak cipta orang lain. Mungkin selama ini sebagian dari kita tidak sadar sedang menikmati ‘barang’ ilegal (film ilegal).

Nah, kalau kita sudah tahu bahwa itu salah, sebaiknya jangan dilakukan lagi karena kebiasaan memakai barang ilegal bisa membentuk karakter seseoran lho. Atau setidaknya, kita ingat hukum karma lah. Bayangkan bila produk atau karya Anda yang punya hak cipta digunakan oleh orang lain untuk keuntungan pribadi tanpa sepengetahuan atau tanpa seijin Anda. Ga mau kan? Tapi itu kembali lagi kepada masing-masing orang ya.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Sekedar info gan, ganool sekarang yang Asli itu ganol.st

    sedangkan ganool.li yang ts bilang itu ganool palsu…

    ganool.ag setau ane juga palsu dulu…

    • Ganol.st ga bisa dibuka gan, kog bilang itu asli? Apa buktinya? Sekarang satu-satunya yg masih bisa dibuka ya Ganool.li

  2. Ganool !
    Situs film yang dari dulu saya kenal, ya sebenarnya saya tidak hobi nonton film apalagi mau mengunduhnya. Teman-teman saya yang suka nonton dan unduh film dari ganool. Itu situs tenar sekali dulu-dulunya kalau online pakai wifi id pasti saya lihat user yang online nonton film dari situ semua. Ganool ganool selalu saja hadir walau sudah diblokir.

    Masalahnya apakah situs itu dibangung oleh personal ? atau jangan-jangan sudah ada team yang dibangun untuk semuanya itu ? seperti ada yang mengupdate film, ada yang mengupload (link uploadnya lumayan banyak) . Disitu saya bingungnya… pasti orang-orang yang tentunya hobi film yang membangun web ini dan juga tentunya suka melanggar hak cipta. Mudahan saja ada web film yang lebih berkualitas selain ganool sehingga lebih enak nontonnya terutama bagi yang hobi film.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud