Game Pokemon Go Capai Kesuksesan, Ini 4 Pelajaran yang Bisa Kita Ambil

Pokemon Go

Image dari a1.am

Sebuah capaian keberhasilan atau kesuksesan seseorang atau bisnis memang selalu memicu pembicaraan dan inspirasi bagi yang lainnya. Keadaan ini memang sangat wajar dan hal yang lumrah, karena kesuksesan akan selalu menjadi bahan pembelajaran bagi orang lain yang juga ingin sukses. Dalam dunia #game, beberapa pencapaian yang ada memang sudah bisa kita lihat di permukaan.

Dengan semakin pesatnya dunia game dan banyaknya peminatnya maka akan muncul beberapa game populer dan game yang tidak populer. Dan salah satu game sukses yang telah populer dan  memiliki banyak pengguna adalah Pokemon Go. Ya, game kreasi dari Pokemon Company, Nintendo dan Niantic ini memang sangat sangatlah fenomenal.

Bagaimana tidak hanya dalam hitungan hari dari peluncurannya bulan Juli 2016, game berkonsep augmented-reality ini sangat booming dan menjadi sangat viral dimainkan masyarakat dunia. Lalu bagaimana bisa game Pokemon Go ini begitu sangat suksesnya? Inilah 4 pelajaran bisnis yang bisa kita petik dari kesuksesan Pokemon Go tersebut.

1. Mewujudkan Mimpi Konsumen Anda

Pelajaran bisnis pertama yang bisa kita ambil dari kesuksesan game Pokemon Go adalah keinginan yang kuat untuk mewujudkan mimpi konsumen. Ya, sebelum muncul game ini, permintaan publik agar imajinasi seorang Pokemon trainer yang bertualang mengumpulkan berbagai Pokemon dan menjadi seorang Pokemon Master bisa terwujud.

Munculnya game Pokomon Go memang berkaitan dengan waralaba induknya, Pokemon yang juga populer di tahun 1990-an. Pada permulaan bisnis waralaba Pokemon ini penciptanya yaitu Satoshi Tajiri dari Jepang mengawalinya dari platform game video, yang kemudian berkembang ke bidang lainnya seperti anime (film kartun Jepang), trading card game, mainan, dan sebagainya. Nah dari imajinasi publik pada konsep bermain yang mencari monster Pokemon inilah maka kemudian memicu Pokemon Company, Nintendo dan Niantic untuk mewujudkannya.




Artikel lain: Mengenal John Hanke, Orang Dibalik Pembuat Game Pokemon Go

Nah dari sinilah kemudian muncullah game Pokemon Go. Munculnya game Pokemon Go memang dianggap sebagai perwujudan impian dari para konsumen yang kemudian menuai kesuksesan yang besar. Jadi pelajaran pertama yang bisa kita petik dari game Pokemon Go adalah jangan takut untuk mewujudkan mimpi-mimpi dari konsumen Anda.

2. Gunakan Inovasi Dan Kreativitas

Berikutnya, pelajaran bisnis yang bisa kita ambil dari kesuksesan game Pokemon Go adalah penggunaan inovasi dan kreativitas yang semaksimal mungkin. Ya, tanpa inovasi dan kreativitas sangat mustahil game ini muncul. Game ini memang dibuat dengan penuh inovasi dan kreativitas. Hal ini bisa dilihat dari fitur Augmented Reality yang sangat menarik dan berbeda dari game-game biasanya. Nah dari inovasi dan kreativitas inilah maka game ini mampu memikat siapa saja untuk mencoba dan memainkannya hingga waktu yang cukup lama.

Ya, sesuatu yang menarik dan tercipta dari sebuah inovasi dan kreativitas memang kebanyakan akan disambut dan direspon dengan baik oleh publik. Hal ini sudah terbukti saat diluncurkan, game ini langsung disambung dengan sangat luar biasa oleh berbagai kalangan di seluruh dunia hingga membuat Pokemon Go sukses besar.

3. Dengarkan Suara Konsumen

Selanjutnya, pelajaran bisnis yang bisa kita ambil dari kesuksesan game Pokemon Go yaitu mendengarkan suara konsumen. Ya, untuk membuat produk bisnis bisa disukai dan disenangi pasar memang seorang produsen wajib mendengarkan keinginan dan kebutuhan pasar itu sendiri. Maka dari itu Niantic Labs sebelum membuat Pokemon Go melakukan jajak pendapat dan menggelar beta test terhadap sejumlah calon konsumennya. Dari sini Niantic Labs mendapatkan beberapa masukan dari kekurangan yang ada.




Nah dari sinilah, Niantic Labs kemudian memperbaiki kekurangan-kekurangan yang disampaikan oleh konsumennya tersebut sebelum resmi diluncurkan ke publik. Nah karena telah diperbaiki kekurangannnya yang berasal dari keluhan konsumennya maka tak ayal bila kemudian game Pokemon Go jadi sangat disukai pasar.

Baca juga: Pokemon Go ~  Sensasi Jadi “Penjinak” Pokemon di Dunia Nyata

4. Jangan Berhenti Berkembang

Terakhir, pelajaran bisnis yang bisa kita ambil dari kesuksesan game Pokemon Go adalah jangan berhenti untuk berkembang. Ya, game Pokemon Go memang bukanlah produk instan yang langsung sukses. Namun game ini sendiri merupakan game yang dikembangkan dari game sebelumnya yaitu Ingress.

Nah dari game Ingress inilah kemudian John Hanke sebagai kreator Pokemon Go, terus mengembangkannya  dengan segala keahlian yang dimiliki hingga kemudian muncullah game Pokemon Go.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud