Fashion Nation ~ Ketika Keindahan Busana Berbalut Kemajuan Teknologi

Fashion Nation

Image dari Liputan6.com

Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak inovasi yang tercipta semenjak hadirnya beragam teknologi mutakhir lewat tangan para ahli. Dari berbagai inovasi tersebut, tujuan utama yang ingin dibawa oleh para kreator tentunya adalah menghadirkan solusi dan juga kemudahan yang bisa mendukung kehidupan manusia.

Inilah yang kemudian mendorong banyak penggiat #teknologi untuk terus menggali ide dalam menciptakan inovasi baru. Salah satunya yakni lewat berkolaborasi dengan bidang yang lain. Lewat kolaborasi dua dunia berbeda, diharapkan akan tercipta sebuah kreasi baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Seperti salah satunya, yang belum lama ini dilakukan oleh produsen teknologi tingkat dunia Intel, dengan seorang desainer ternama asal Indonesia Rinaldy A. Yunardi. Lewat ajang bertajuk Fashion Nation, Intel menyuntikkan beragam teknologi mutakhirnya ke dalam balutan busana Karya Rinaldy. Hasil dari kolaborasi tersebut, inovasi fungsional berhasil diwujudkan lewat keindahan busana yang berbalut kemajuan teknologi.

Mengangkat Kolaborasi Unik

Acara Fashion Nation yang dimotori oleh Intel dan designer kenamaan Rinaldy A. Yunardi, merupakan sebuah event pameran #fashion yang dipadukan dengan beragam teknologi dari Intel. Mengambil tempat di Senayan City, Jakarta 15 April 2016 lalu, Rinaldy mengungkapkan optimisme tinggi atas terselenggaranya event Fashion Nation tersebut.

Menurut Rinaldy saat ini Intel telah berada di jajaran produsen teknologi terbaik di dunia. Dengan bukti nyata beragam produk dan terobosan teknologi yang luar biasa, Rinaldy yakin bahwa kolaborasi antara fashion dan teknologi adalah salah satu wujud bagaimana Intel selalu berupaya menjadi yang terdepan.

Di lain pihak Rini F. Hasbi selaku Direktur Pemasaran Intel Indonesia, ingin terus melanjutkan kemajuan teknologi lewat kolaborasi event Fashion Nation ini. Selain itu, tujuan diadakannya acara fashion Nation yakni untuk mendorong inovasi teknologi lokal di Indonesia. Salah satu caranya yakni diraih lewat kolaborasi dengan fashion designer di Indonesia.

Lebih lanjut Rini menyebut bahwa saat ini industri fashion di Indonesia yang menjadi bagian dari bisnis kreatif sudah mengambil peranan yang sangat vital. Disebutkan tak kurang dari 50% perkembangan bisnis kreatif di Indonesia, diisi oleh geliat industri fashion.

“Kami berharap bahwa kolaborasi teknologi dalam industri fashion akan mendorong industri kreatif di Indonesia, dimana industri fashion dan kerajinan menyumbangkan kontribusi lebih dari 50% dari industri kreatif,” lanjutnya.

Memperkenalkan 4 Segmen Fashion Teknologi

Dalam acara Fashion Nation, kolaborasi antara Intel dan designer Rinaldy A. Yunardi menghasilkan 4 segmen berbeda yakni Virtual Dressing Room, Bedazzle Moving Gems, Blooming Garden serta Lady Warrior Mask.

Segmen pertama Virtual Dressing Room merupakan sebuah teknologi fitting room dimana pengguna tidak perlu memakai baju yang ingin dicobanya secara langsung. Dengan bantuan teknologi #kamera Intel Real Sense S300, Intel Real Sense SDK dan PC Intel Core i5 dengan 4GB RAM, pencitraan dari baju yang dipilih bisa langsung tampil di layar kaca, seakan kita seperti menggunakan busana tersebut secara langsung.




Berikutnya teknologi Bedazzle Moving Gems memungkinkan pengguna untuk mencoba beragam aksesoris kreasi dari Rinaldy hanya dengan menatap sebuah cermin khusus. Cermin yang ditenagai dengan teknologi PC Intel Core i3 dengan 2GB RAM dapat mencitrakan sebuah animasi dari beragam aksesoris tersebut secara nyata.

Dan untuk segmen ketiga yakni Blooming Garden, Intel menanamkan teknologi Intel Galileo yang bisa menampilkan tiara konseptual dengan input sensor gerak. Dari situ pengguna, bisa membuat sebuah bunga terlihat mekar hanya dengan mendekati perangkat tersebut. Yang terakhir dan tidak kalah menarik yakni segmen Lady Warrior Mask. Fitur cahaya UV ini disematkan pada beragam karya busana Rinaldy, sehingga membuat tampilan busana terlihat lebih memukau.

Rinaldi menyampaikan, dengan adanya kolaborasi ini diharapkan menjadi sebuah pemicu bagi para desainer muda di Indonesia untuk semakin meningkatkan penggunaan teknologi terhadap produk fashion karyanya. Dia yakin bahwa teknologi dapat membawa sebuah industri maju pada tingkat yang lebih tinggi, terutama untuk industri kreatif.

“Sebuah kolaborasi antara perusahaan teknologi dan desainer seperti saya tentunya adalah kunci untuk masa depan implementasi teknologi di industri fashion. Karena teknologi adalah keniscayaan yang akan mewarnai kehidupan kita sehari-hari,” ucap Rinaldy.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Menakjubkan sekali kostum fashion yang disertai teknologi ini. Perkembangan zman membuat semuanya jadi serba keren dan mudah. Rinaldy A. Yunardi telah membanggakan Indonesia dengan karyanya yang bagus. klo gak salah ini pas di senayan itu pamerannya, sayang gak bisa ke sana lihat,,haha..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud