Facebook Graph Search: Produk Terbaru Dari Facebook

facebook-rilis-graph-search

 

Pada tanggal 15 Januari 2013 (waktu Indonesia) yang lalu Facebook resmi merilis produk terbaru mereka yang mereka namakan Graph Search. Ini adalah produk utama yang pertama kali mereka keluarkan sejak Facebook menggelar IPO pada bulan mei tahun 2012 yang lalu.

Peluncuran Graph search ini sendiri bertujuan untuk membantu para pengguna Facebook dalam mencari informasi langsung melalui akun Facebook mereka. Dengan kata lain para pengguna Facebook dapat mencari informasi tentang orang lain, foto, hal-hal yang mereka sukai, dan lain-lain di dalam Facebook dengan cepat dan mudah.

Walaupun Facebook Graph Search masih dalam tahap Beta, tentu saja produk Facebook ini bisa menjadi sebuah ancaman serius bagi Google yang selama ini telah mendominasi internet dalam hal layanan mesin pencari. Boleh dibilang bahwa saat ini telah terjadi perang terbuka antara Google dan Facebook. Mungkinkah Grap Search ini dapat menyaingi atau bahkan mengalahkan mesin pencari Google? Masih terlalu dini untuk memprediksinya.

Pada Facebook Graph, melakukan pendekatan yang berbeda dengan mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Search engine seperti Google, Yahoo, dan Bing mengatur pencarian berdasarkan algoritma yang disusun sedemikian rupa  dan memberikan hasil pencarian web berdasarkan kata kunci yang diketikkan oleh user di mesin pencari tersebut. Graph search melakukannya dengan cara yang berbeda, hasil pencarian yang diberikan oleh produk Facebook ini adalah berdasarkan pada lingkup kehidupan pengguna Facebook itu sendiri, misalnya; pertemanan, foto, like, lokasi, dan lain-lain. Jika di Google setiap orang akan menemukan hasil pencarian yang sama maka di Facebook akan memberikan hasil pencarian yang berbeda-beda pada setiap penggunanya. Dengan begitu Graph search menawarkan personalisasi pada setiap penggunanya.

Apakah produk baru Facebook ini bisa menyaingi Google? Menurut saya hal itu bisa saja terjadi mengingat pengguna Facebook saat ini sudah sangat banyak di seluruh dunia. Tapi untuk saat ini Saya kira masih sulit untuk menyaingi Google dalam layanan mesin pencari, apalagi Graph Search saat ini masih dalam tahap Beta. Selain itu Google tentunya tidak akan berdiam diri melihat perkembangan pesainganya. Google juga saat ini sedang mengembangkan situs social networknya yaitu Google plus, dimana penggunanya sudah semakin banyak dan terus bertambah. Jadi, siapakah yang akan jadi pemenangnya? Hanya waktu yang bisa menjawab :)










2 total comments on this postSubmit yours
  1. walaupun Facebook Graph Search muncul saya kira belum bisa menyaingi si mbah gugel, meski penggu facebook jutaan, secara si mbah murni mesin pencari, sedangkan orang / pengguna facebook jarang melakukan pencarian menggunakan face, ketika butuh artikel misalnya, pengguna facebook lebih banyak mencarinya di google

    • Setuju bro, kalo utk search engine masih lebih baik google.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud