Facebook Bocorkan Master Plan Periklanan 10 Tahun Ke Depan, Ini Dia!

iklan-facebook

Image dari Myface.vn

Saat ini media sosial Facebook dikenal sebagai salah satu media terbesar bagi para pemilik bisnis ataupun pengiklan untuk memaksimalkan potensi periklanan mobile, dan berpindah dari periklanan konvensional serta iklan televisi. Hal tersebut sudah diakui oleh semua marketer di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Salah satu alasannya yakni, pengembang Facebook mempunyai visi cerdas untuk melihat potensi yang belum dimanfaatkan oleh platform #media sosial tersebut.

Salah satunya yakni untuk konten video, beberapa waktu belakangan ini Facebook sedang gencar menggodok berbagai fitur berbasis video untuk masuk pada persaingan yang sudah lama dikuasai oleh layanan online lain seperti YouTube ataupun sang “kuda hitam” Snapchat.

Dari situlah pendapatan yang diperoleh oleh pengembang Facebook dari kerjasama periklanan terus mengalami peningkatan. Bahkan kabarnya dalam 10 tahun ke depan, Facebook sudah menyiapkan senjata rahasia untuk menguasai berbagai lini sentral periklanan digital. Seperti apakah rencana Facebook tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Lahirkan Inovasi Di Bidang Konten Video

Saat ini konten #video menjadi alasan mengapa para pemilik bisnis ataupun pengiklan mulai memindahkan aliran dana promosinya dari media televisi ke media online. Konten video yang dibagikan melalui platform digital dinilai memberikan pengalaman yang lebih efektif untuk menarik perhatian konsumen disamping juga menyampaikan sebuah pesan tertentu.

Dan dalam hal ini #Facebook memberikan perhatian yang luar biasa besar dengan hadirnya berbagai fitur baru seperti contohnya yakni fitur video live streaming “Facebook Live” yang belum lama ini telah mulai aktif dan dapat digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Eksekutif Facebook menyatakan bahwa pihaknya ingin menjadi platform sharing video terdepan yang dikombinasikan dengan layanan komunikasi sosial.




Artikel lain: Inilah Bukti Kecerdasan Sistem Periklanan yang Diterapkan Oleh Instagram

Hal ini menjadi rangkaian dari rencana besar perusahaan Facebook yang ingin dicapai dalam 10 tahun ke depan. Disampaikan oleh pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, rencana Facebook untuk 10 tahun ke depan akan di jalankan secara bertahap. Dalam pemaparannya, selama 3 tahun mendatang fokus Facebook masih akan untuk mengembangkan dan meningkatkan kembali basis pengguna layanannya.

Dan yang menjadi sasaran utama Facebook dalam pengembangan basis pengguna tersebut yakni negara berkembang dan juga sejumlah negara lain yang hingga saat ini masih kesulitan untuk mengakses internet. Untuk mendukung tujuan ini, Facebook menjalankan proyek sampingan antara lain seperti teknologi pemancar internet berbasis drone, Aquila, yang sudah dijalankan sejak beberapa waktu lalu.

Rencana Facebook Menggarap Layanan Aplikasi Lain

Dalam rencana 10 tahun ke depan yang telah disiapkan oleh Facebook, dicantumkan pula berapa proyek tertentu yang berkaitan dengan layanan #aplikasi lain milik Facebook. Dalam hal ini kita membicarakan aplikasi chatting Whatsapp dan Messenger yang juga mempunyai potensi besar untuk mendatangkan keuntungan periklanan.

Potensi besar ini nampak dari jumlah pengguna kedua aplikasi yang berjumlah mencapai 1 miliar pengguna di seluruh dunia. Namun hingga saat ini, dalam beberapa tahun ke depan Facebook belum akan menjadikan potensi dari Messenger dan juga WhatsApp sebagai ladang keuntungan. Fokus Facebook adalah, bagaimana meningkatkan keterkaitan dan juga membangun interaksi antara brand bisnis dan juga pengguna pada kedua aplikasi tersebut.




Menurut beberapa pihak alasan mengapa Facebook belum akan menjalankan program periklanan berkaitan dengan aplikasi Whatsapp dan juga Messenger adalah pada faktor kesiapan para pengguna kedua aplikasi ini. Yang ditakutkan, ketika nantinya muncul program periklanan, para pengguna akan cenderung lebih cepat merasa tidak nyaman dan akhirnya meninggalkan layanan tersebut. Dan ini tentu sangat tidak diinginkan oleh pihak pengembang Facebook.

Berbeda dengan kedua aplikasi sebelumnya, Facebook masih mempunyai satu layanan lain yang telah menjadi bagian dari perusahaan besar Facebook pasca kerjasama akuisisi bernilai luar biasa besar. Siapa lagi kalau bukan #Instagram, Instagram memang telah menjadi program investasi Facebook paling menguntungkan. Bagaimana tidak, meski harus dibeli dengan harga yang luar biasa mahal, namun saat ini Facebook sudah mampu menikmati keuntungannya.

Baca juga: Maksimalkan Peran Pengiklan, Facebook Luncurkan Beberapa Fitur Anyar

Dalam catatan sebuah firma bisnis online eMarketer, menyebut bahwa keuntungan yang didapatkan oleh Instagram di tahun ini saja sudah mencapai 1,5 miliar dollar. Hal tersebut belum termasuk keuntungan lain yang mungkin akan muncul di tahun-tahun berikutnya.

Itulah yang menjadi agenda 10 tahun ke depan terkait program periklanan Facebook. Program tersebut tentu bisa menjadi master plan dan membuka jalan Facebook untuk menjadi raksasa layanan #internet mengalahkan para pesaingnya. Kita lihat saja nanti seperti apa hasilnya.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Mungkinkan suatu saat facebook akan meluncurkan program PPC untuk para Blogger seperti halnya Google. :)

    • Sekarang ini Facebook sudah memberikan kesempatan untuk menghasilkan uang lho dari konten kita, belum tau pak Sandi?

      • mau tau donk om, kasih tau saya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud