Beranda General DriveMark, Aplikasi Driver Mobil Agar Mengemudi Lebih Aman

DriveMark, Aplikasi Driver Mobil Agar Mengemudi Lebih Aman

DriveMark Aplikasi Driver Mobil

Mengemudi dengan aman merupakan sesuatu yang sangat penting ketika kita sedang berkendara di jalan raya. Pasalnya, risiko kecelakan di jalan raya bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, meskipun seseorang sudah mahir dan berpengalaman mengendarai mobil.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya insiden kecelakaan ketika mengendarai mobil, seperti; faktor human error, faktor kondisi kendaraan, faktor kondisi jalanan, dan faktor lainnya. Faktanya, faktor penyebab kecelakaan terbanyak adalah disebabkan karena perilaku pengemudi itu sendiri (human error).

Berikut ini beberapa contoh perilaku pengemudi yang dapat membahayakan orang lain:

  • Memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi tanpa memperdulikan situasi di jalan raya.
  • Menyetir kendaraan sambil melakukan aktivitas lain yang dapat mengganggu konsentrasi. Misalnya menyetir sambil melihat pesan masuk di handphone.
  • Mengemudi dalam kondisi mengalami pengaruh minuman keras atau obat-obatan.
  • Mengemudi dalam kondisi tubuh terlalu lelah atau mengantuk.
  • Tidak memperhatikan jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan.
  • Mengemudi dengan ugal-ugalan dan tidak memperdulikan rambu-rambu lalu lintas.

Selain yang disebutkan di atas, masih ada beberapa perilaku berkendara yang berpotensi mengakibatkan insiden berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain. Lalu, bagaimana cara mengetahui bahwa Anda telah berkendara denga baik?

Coba gunakan aplikasi DriveMark, sebuah aplikasi smartphone yang mengajak pengemudi mobil untuk mengemudi dengan lebih aman.

Apa Itu DriveMark?

DriveMark

DriveMark adalah sebuah aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk menilai cara berkendara seorang pengemudi mobil, apakah sudah mengemudi dengan aman.

Tujuan aplikasi ini adalah agar para pengemudi dapat lebih menghargai pengemudi lainnya ketika berada di jalan raya dan menjadi seorang pengemudi yang aman.

Aplikasi ini dapat digunakan sebagai asisten pribadi untuk mengingatkan pengendara agar selalu berkendara dengan aman. Caranya, DriveMark akan memberikan penilaian terhadap cara berkendara seseorang, mulai dari mengukur tingkat kecepatan, akselerasi, cara pengereman, dan kecepatan saat menikung.

Aplikasi ini memberikan penilaian berupa skor antara 0 – 100. Dalam hal ini, skor 0 berarti pengemudi berkendara dengan sangat tidak aman, sedangkan skor 100 berarti pengemudi berkendara dengan sempurna dan aman.

Fitur dan Cara Menggunakan DriveMark

cara kerja Drivemark

Aplikasi ini dirancang khusus untuk pengendara mobil agar dapat berkendara lebih aman. DriveMark menggunakan sensor pada smartphone pengendara mobil dan dapat bekerja tanpa harus terhubung dengan jaringan internet.

Untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Cukup instal dan aktifkan aplikasi DriveMark di smartphone Anda, lalu berkendara seperti biasa. DriveMark akan memberikan penilaian terhadap cara mengemudi Anda.

Dalam memberikan penilaian, DriveMark menggunakan algoritma khusus yang dapat mempertimbangkan lebih dari 40 faktor, dimana faktor utamanya adalah kecepatan mengemudi, akselerasi, cara mengerem, dan kecepatan menikung.

Berikut penjelasan mengenai indikator utama dalam penilaian skor DriveMark:

  1. Kecepatan Berkendara, skor ini disesuaikan dengan standar kecepatan aman saat berkendara.
  2. Akselerasi, yaitu perubahan kecepatan dalam satuan waktu tertentu. Akselerasi berkendara akan mempengaruhi efisiensi bahan bakar dan memungkinkan pengendara lain bereaksi dengan cara berkendara seseorang.
  3. Pengereman, yaitu cara memperlambat atau menghentikan kendaraan. Pengereman dengan cara halus saat memperlambat atau menghentikan kendaraan akan meningkatkan skor pengemudi.
  4. Cara Menikung, yaitu berbelok pada saat kondisi jalan berubah arah. Menikung dengan cara memperlambat laju kendaraan akan memungkinkan pengendara mengontrol situasi. Dengan cara ini, DriveMark akan memberikan skor tinggi kepada pengemudi.

Tantangan DriveMark

Saat ini DriveMark mengadakan kompetisi “DriveMark Challenge” untuk menentukan apakah para pengemudi di Indonesia telah berkendara dengan aman secara konsisten.

Hingga saat ini, kompetisi “DriveMark Challenge” telah diikuti oleh ribuan pengemudi mobil di Indonesia. Selain mengajak para pengemudi agar berkendara dengan aman, DriveMark juga memberikan hadiah dalam bentuk uang jutaan rupiah tanpa diundi kepada para penggunanya.

DriveMark melacak perjalanan para pengemudi dan memberikan skor berdasarkan riwayat perjalanan pengemudi tersebut. Semakin konsisten seorang pengemudi berkendara secara aman, maka semakin tinggi skor yang didapatkannya dan berpeluang untuk mendapatkan hadiah bulanan dari DriveMark.

Tertarik untuk mencobanya? Instal aplikasi DriveMark di smartphone Anda secara gratis melalui Google Play dan App Store.

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan