Diakses 100 Juta User per Hari, UC Browser Pimpin Persaingan Aplikasi Peramban Indonesia

UC-Browser-Aplikasi-Peramban

Dewasa ini internet telah menjadi bagian hidup yang tidak terpisahkan dari masyarakat urban. Tidak hanya sekedar sebagai media pencari informasi, internet juga menjadi alat komunikasi bahkan sarana bisnis digital yang kian potensial. Perkembangan internet juga tak lepas dari semakin mudahnya menggunakan perangkat mobile seperti #smartphone ataupun tablet. Dan sebagai ujung tombak akses dunia maya, aplikasi peramban dengan kualitas yang mumpuni pun menjadi keharusan.

Jika berbicara mengenai aplikasi peramban atau browser untuk perangkat komputer, mungkin nama Google Crome dan Firefox menjadi dua yang terdepan. Namun bagaimana dengan browser untuk perangkat mobile? Rekomendasi terbaik saat ini adalah UC Browser.

UC Browser memang masih tergolong baru dalam persaingan aplikasi peramban. Namun fakta membuktikan, dengan total akses 100 juta pengguna aktif per hari menjadi bukti bahwa aplikasi besutan developer UC Web yang satu ini layak diposisikan dalam jajaran browser teratas.

Browser Dengan Market Share Tertinggi

Belum lama ini pihak pengembang UC Browser, UCWeb merilis pencapaian 100 juta pengguna aktif perhari sebagai tanda terima kasih terhadap loyalitas pengguna di seluruh dunia. Pencapaian tersebut secara umum telah menempatkan UC Browser sebagai salah satu peramban dengan market sharing tertinggi di dunia untuk kategori Third-Party Mobile Browser.

Third-Party Mobile Browser sendiri merupakan aplikasi peramban yang tidak terikat atau menjadi default browser sebuah brand perangkat mobile. Ini menjadi penanda bahwa kepercayaan pengguna perangkat mobile baik Android, iOs maupun sistem operasi lain, sangat tinggi terhadap UC Browser.

Dari data yang dikeluarkan website analisa, StatCounter, UC Browser mendapatkan 11,1% dari total market share global untuk aplikasi peramban. Aplikasi peramban ini hanya terpaut angka dari 3 #browser mobile teratas yakni Chrome, Safari, dan Android Browser. Namun harus digaris bawahi untuk browser mobile pihak ketiga, UC Browser terbukti mengungguli beberapa brand terkemuka lain salah satunya yakni Opera.




Saat ini UC Browser telah menjadi peramban mobile nomer wahid di dua negara yakni China dan India. Di India sendiri, UC Browser pertama membuka kantor lokal pada tahun 2011. Dan hanya butuh dua tahun untuk meraup 41.23 % dari total pengguna browser mobile di negeri Bollywood tersebut. Kedepan, pihak UCWeb telah mematok visi menjadi aplikasi peramban terbaik di beberapa negara lain. Salah satunya tentu Indonesia sebagai pasar bisnis digital paling besar di kawasan Asia Tenggara.

UC Browser Menjadi Favorit Pengguna Indonesia

Hingga awal tahun 2015 ini jika kita melihat list aplikasi gratis di Google Playstore Indonesia, UC Browser kokoh menempati posisi dua teratas. Dan khusus untuk aplikasi browser, UC Browser terbukti mengungguli beberapa aplikasi serupa dan menjadi yang paling banyak diunduh pengguna Android di Indonesia.

Sejak pertama dilepas versi lokalnya, UC Browser terus menunjukkan perkembangan signifikan di pasar digital Indonesia. Tercatat dari data StatCounter, pertumbuhan market share UC Browser untuk aplikasi peramban mobile di Indonesia naik 7 % menjadi 19.7 % hingga akhir tahun 2014. Dan untuk persaingan browser secara umum, aplikasi berlogo “Tupai Oranye” tersebut menempati posisi kedua sebagai yang paling banyak di gunakan di Indonesia.

Total unduhan yang terus meninggi juga mengindikasikan UC Browser telah diterima dengan baik oleh pengguna lokal. Angka tersebut dapat diraih tentu bukan tanpa alasan. Yang menjadikan UC Browser banyak diminati pengguna mobile internet nusantara adalah dibenamkannya beberapa fitur lokalilasi yang sangat membantu kita.

Fitur UC Browser “Khas” Indonesia

Banyak masukan serta upaya yang dilakukan tim UCWeb untuk memberikan versi lokal Indonesia yang benar-benar sesuai dengan karakter netizen kita.




Yang menjadi salah satu alasan utama kepopuleran UC Browser di Indonesia adalah dari sisi kecepatan akses yang ditawarkan. Utamanya bagi negara dengan utilitas internet yang terus berkembang seperti Indonesia, kecepatan akses tentu menjadi hal yang sangat penting. Bukan rahasia lagi adanya gap kualitas akses internet antara daerah kota dan pedesaan di Indonesia. Salah satu keunggulan UC Browser adalah mampu meminimalkan konsumsi data dan meringankan proses loading saat mengakses internet. Hal tersebut dapat dilakukan berkat pengembangan teknologi dedicated server dan akselerasi cloud yang dimiliki UC Browser.

Selain itu yang menarik, UC Browser juga mempunyai 3 versi berbeda yakni Standar, Mini dan HD. Untuk pengguna lokal yang masih mempunyai keterbatasan baik dalam kecepatan internet atau kualitas perangkat, bisa memilih versi UC Browser Mini. Versi ini dapat bekerja lebih ringan meski dengan spesifikasi akses internet rendah. Sedangkan versi HD atau High Definition memang difokuskan bagi pengguna yang menginginkan kualitas browsing premium dengan layar lebih lebar seperti lewat tablet atau IPad.

Disamping itu, UC Browser juga faham betul bahwa netizen Indonesia sangat gemar bersosial media. Dengan  fitur sinkroniasi akun #media sosial yakni Facebook membuat aktifitas social networking kita pun akan terasa lebih cepat dan mudah.

Ke depan, tentunya target UC Browser masih sangat besar untuk menjadi aplikasi peramban terbaik di Indonesia. Berbagai upaya akan terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan browser yang cepat, mudah dan tentunya tetap tanpa biaya. Bagi rekan-rekan yang belum mencoba kualitas UC Browser, sangat direkomendasikan deh untuk segera download via link di bawah ini.

Infographic UC Browser

Indonesia 100DAU




4 total comments on this postSubmit yours
  1. kok saya tiap browsing pakai uc agak lama, hp jadi lelet ya, beda dg opera, emang sih cepet uc awal2

  2. Memang kemajuan yang cukup seknifikan untuk UC BROWSER, penggunaan UC Browser di smartphone lebih ringan dibandingan aplikasi lainya..

  3. Wah gak nyangka ternyata browser kesayangan ane di android sudah menjadi sepopuloer ini, pantas saja semuanya juga pada pake si Uc Browser ini

  4. iya mas saya udah tahu tuh tentang UC Browser
    cuman udah jatuh cinta banget nih ama Google Chrome ;-)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud