Beranda General Daya Tarik Alun-Alun Kota Ciamis yang Kini Terus Berbenah

Daya Tarik Alun-Alun Kota Ciamis yang Kini Terus Berbenah

Alun Alun Ciamis
Ilustrasi gambar rencana revitalisasi Alun-alun Ciamis

Alun-alun Ciamis merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di pusat kota Ciamis, Jawa Barat, yang selalu padat dengan pengunjung. Banyak orang yang memanfaatkan area ini untuk sekedar berekreasi dengan keluarga, bersantai hingga berolahraga. Selain itu tiap malam minggu biasanya ada hiburan berupa pertunjukkan pentas seni dan music.

Revitalisasi Alun-Alun Ciamis akan Makin Megah

Dikutip dari harapanrakyat.com, sebagai ikon yang terkenal di Ciamis, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis sudah merencanakan penataan ulang atau revitalisasi area alun-alun ini. Tujuannya untuk mengubah wajah pusat kota Ciamis supaya semakin cantik dan tertata. Bahkan rencananya alun-alun ini akan dibuat semakin megah dengan dana yang bisa dikatakan tidak sedikit.

Beberapa rencana yang akan direalisasikan antara lain pembangunan kawasan kuliner dan penataan taman yang dibangun sangat megah. Selain itu, untuk menambah keramaian kota, juga akan dibangun pusat perbelanjaan di atas lahan bekas Bioskop Swadaya atau berada di sampaing Alun-alun Ciamis.

Untuk merealisasikan rencana revitalisasi Alun-alun Ciamis, diperkirakan butuh dana sekitar Rp 21 miliar. Namun, pembangunannya akan dilakukan secara bertahap. Sementara pembangunan pusat belanja yang akan dinamai ‘Ciamis Square’ dibutuhkan anggaran kurang lebih Rp 100 miliar. Karena dananya cukup besar, maka untuk investasi Ciamis Square akan diberikan kepada pihak swasta.

Konsep Alun-Alun Kota Ciamis yang Baru

Pemerintah setempat juga telah memberikan gambaran seperti apa nantinya wajah baru alun-alun Ciamis setelah ditata dan dibangun ulang. Hal tersebut dipresentasikan ke dalam sebuah gambar ilustrasi yang diedarkan oleh Pemkab Ciamis.

Menurut ilustrasi gambar yang ada, nantinya jalan yang ada di tengah alun-alun akan ditutup dan akan jadi satu dengan area Taman Raflesia. Namun, ini baru perencanaan dan masih ada kemungkinan untuk berubah jika mengganggu lalu lintas.

Selain soal jalan, rencananya area alun-alun ini juga akan dibangun sebuah food court untuk menampung para pedagang kaki lima (PKL), serta ada penambahan untuk tempat parkir yang lumayan luas. Area food court ini direncanakan akan dibangun di ujung bekas area Taman Raflesia. Bangunan food court akan dibuat menjadi 3 lantai dengan lantai pertama dan kedua untuk tempat parkir mobil, sedangkan lantai ketiga untuk food court.

Sementara pembangunan Ciamis Square atau pusat perbelanjaan yang akan memanfaat kawasan bekas Bioskop Swadaya, akan dibangun 5 lantai. Di lantai 1 dan 2 sebagai lahan parkir.

Sedangkan lantai 3 hingga lantai 5 akan dijadikan pusat perbelanjaan. Dengan melihat rencana pembangunan ini, maka bisa jadi kawasan Alun-alun Ciamis akan menjadi pusat kuliner dan belanja terbesar di wilayah Priangan Timur Jawa Barat.

Pembangunan dan revitalisasi alun-alun ini direncanakan akan selesai dalam beberapa tahun ke depan. Untuk konsepnya sendiri menurut Pemkab masih perlu banyak masukan. Yang pasti, dengan adanya revitalisasi, warga Ciamis akan memiliki kawasan perkotaan dengan fasilitas wisata taman yang dipadukan dengan pusat perbelanjaan. Tentunya hal ini juga akan mempengaruhi identitas Ciamis serta mengubah ikon kota yang sebelumnya kerap disebut kota pensiun.

Daya Tarik Alun-Alun Kota Ciamis Selama Ini

Alun-Alun Kota Ciamis
Alun-Alun Kota Ciamis via Koropak.co.id

Sebelum dilakukan perencanaan revitalisasi, sebetulnya alun-alun di pusat kota Ciamis ini sudah sering dimanfaatkan oleh warga dan wisatawan yang datang. Kini, beberapa daya tariknya antara lain seperti:

  • Area olahraga

Karena areanya yang memang terbilang luas dengan jalanan yang panjang, maka tidak mengherankan kalau tiap pagi atau sorenya, banyak orang yang datang berkunjung untuk sekedar melakukan aktivitas olahraga.

  • Rekreasi

Di sini juga sering didatangi oleh keluarga yang melakukan rekreasi bersama-sama. Entah sambil duduk-duduk santai, bermain bersama, hingga makan bekal bersama. Apalagi area ini dekat dengan pusat kota yang mudah diakses dan dikunjungi.

  • Hiburan

Pada hari-hari tertentu, biasanya Alun-alun Ciamis sering dijadikan sebagai arena pertunjukan, mulai dari pentas seni musik sampai konser besar di atas panggung sering diadakan di sini yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

  • Taman Raflesia yang baru

Setelah sempat sebelumnya ditutup lama, kini Taman Raflesia yang ada sudah dibuka kembali dan bahkan lebih cantik dari sebelumnya. Dan wisatawan yang datang berkunjung dapat mengakses taman ini secara bebas. Selain menikmati pemandangan yang ada, banyak juga yang memakai kesempatan ini untuk berfoto ria.

  • Wisata kuliner

Di lokasi alun-alun banyak sekali para pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai macam makanan dan minuman. Mereka yang mau bersantap ria bersama atau datang untuk wisata kuliner dapat jajan di sana.

  • Fasilitas cukup lengkap

Alun-alun ini juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, seperti tempat ibadah/ mushola, toilet/ kamar mandi, lahan parkir kendaraan, dan sebagainya. Di dekat alun-alun ini juga terdapat beberapa penginapan bagi wisatawan yang datang dari luar kota dan ingin menginap.

Sambil menunggu penataan ulang dan penambahan bangunan, warga setempat atau yang dari luar masih dapat melakukan banyak aktivitas di alun-alun Ciamis ini.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Travel Online

4 KOMENTAR

  1. Saya ingat betul ke ciamis pada tahun 2015, dan sudah lumayan bagus, tapi entah tahu 2019 ini alun2 ciamis seperti apa

  2. Sudah lama tidak ke ciamis… kalau ke alun alun sering terganggu oleh banyaknya sampah… tolong di bantu bersihkan buat para pedagang yang suka sembarangan

  3. Memang jos. Setiap mudik lebaran saya selalu lewat sini dan penataan kotanya memang luar biasa. Bisa dibilang Ciamis merupakan kota paling keren di jalur mudik selatan versi saya.

  4. kebetulan saya juga dari ciamis bang, sebelumnya saya ucapkan terima kasih karna sudah membuat artikel tentang tempat kelahiran saya ini bang, saya bangga karena ciamis kini banyak perubahan dari waktu ke waktu seiring bergantinya tahun, memang benar daya tarik dari kota ciamis ini adalah alun – alunnya, di alun – alun kota ciamis sering di jadikan tempat ajang bersilaturahmi berkumpulnya komunitas-komunitas yang ada di kota ciamis, selain itu kini di ciamis banyak tempat tongkrongan untuk kawula muda mudi ciamis.

Tinggalkan Balasan