David Karp ~ Pemuda yg Mempelopori Situs Micro Blogging Tumblr

David-Karp

Familiar dengan Tumblr? Tumblr merupakan salah satu platform penyedia layanan microblog sekaligus situs #media sosial yang dipelopori oleh perusahaan Tumblr Inc. Layanan yang difasilitasi Tumblr memungkinkan para penggunanya untuk mengirimkan file multimedia dalam bentuk blog singkat. Tak hanya itu saja, Tumblr juga memungkinkan para penggunanya untuk mengatur privasi blog pribadi serta mem-follow blog pengguna lainnya.

Kesuksesan Tumblr yang berhasil merebut perhatian para pengguna teknologi tentu tak lepas dari sosok penting yang berada dibelakangnya. Tumblr memang lahir dari kreativitas seorang pemuda bernama David Karp.

Siapakah Sosok David Karp?

Pria kelahiran 6 Juli 1986 tersebut berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja. David kecil menghabiskan masa kanak-kanaknya di daerah Manhattan, New York. Ayah David adalah seorang komposer musik film dan televisis sedangkan ibunya merupakan salah satu staf pengajar sains. Sejak berumur 3 tahun, David sudah terbiasa diajak sang Ibu yang hendak mengajar di Calhoun School, Manhattan.

Pengalaman masa kecil tersebut kemudian menumbuhkan kecintaan David pada dunia sains. Sejak usia 11 tahun, David bahkan sudah tertarik untuk mempelajari internet dan bahasa pemrograman hingga kemudian ia berhasil membuat website untuk sebuah perusahaan yang berlokadi di Manhattan.



Artikel lain: Robin Li, Sosok Pencetus Mesin Pencari Baidu.com

Walaupun sempat mengenyam pendidikan di Bronx Science (sekolah khusus sains), David hanya bertahan selama 1 tahun dan memilih keluar sekolah pada usia 15 tahun. Kala itu David berkenalan dengan salah satu orang tua murid bernama Fred Seibert. Fred merupakan pemilik Frederator Studio yang memproduksi film-film kartun seperti Nickelodeon, Cartoon Network dan beberapa jenis kartun lainnya. Fred pun mengizinkan David untuk berkunjung ke studionya. Karena takjub dengan kecanggihan studio animasi tersebut, David akhirnya memutuskan untuk berhenti sekolah dan mengambil jalur pendidikan homeschooling, agar bisa berkunjung ke Frederator Studio setiap hari.

Menempuh pendidikan homeschooling tak membuat kecintaan David pada dunia sains berkurang. Ia berupaya untuk giat belajar dan pernah bertemu tutor matematika yang mengajaknya bekerjasama membuat software untuk memenangkan judi BlackJack. Suatu hari ketika salah seorang pebisnis yang mengelola situs Urban Baby bernama John Malone mencari teknisi, salah seorang karyawan Frederator Studio segera merekomendasikan lowongan pekerjaan tersebut untuk David Karp. Akhirnya Karp diterima sebagai teknisi dan mulai bekerja untuk Urban Baby Parenting.

Mulai Merintis Tumblr

Setelah Urban Baby dijual pada CNet pada tahun 2006, David memperoleh bagian dari penjualan saham tersebut. Hasil penjualan tersebut digunakan David untuk membuka perusahaan konsultan software bernama Davidville. Namun rupanya perusahaan pertama David tersebut kurang berhasil untuk dikembangkan.

Ditengah kesibukan mengembangkan perusahaan, David sempat memiliki ide untuk mewujudkan konsep blog yang sangat sederhana. Konsep tersebut kemudian mulai diwujudkan David dalam bentuk fasilitas bernama Tumbleog. Pengguna Tumbleog dapat membuat posting singkat dengan mengunggah 7 jenis file seperti teks, foto, quotes, audio, link, dialog, dan video. Akhirnya pada tahun 2007, David berhasil merilis situs microblog resmi yang diberi nama Tumblr.

Salah satu momentum kesuksesan Tumblr terjadi pada tahun 2012 ketika bencana topan sandy melanda Amerika Serikat. Kala itu beberapa perusahaan media seperti Huffington Post, BuzzFeed dan Gawker mengalami kendala teknis sehingga meminta Tumblr untuk menayangkan edisi berita sementara.

Tumblr dan David Karp Kini

Pencapaian yang dilakukan oleh David Karp membuatnya banyak dianugerahi penghargaan, misalnya penghargaan sebagai Best Young Tech Entrepreneur 2009 dari BusinessWeek dan Top 35 Innovator Under the Age 35 dari MIT Technology Reviews.

Hingga tahun 2014, Tumblr telah memfasilitasi lebih dari 165 juta blog dan memperoleh sedikitnya 50 milyar pageviews setiap bulan. Kini David Karp sedang menikmati kesuksesannya setelah melepas Tumblr yang diakuisisi Yahoo dengan nilai fantastis mencapai $1.3 milyar dan dibayarkan secara tunai. Hingga kini kita tentu masih menantikan inovasi teknologi lainnya dari David Karp.

Baca juga: Juny Maimun, Hacker Yang Mempelopori Situs Indowebster

Sosok David Karp yang masih muda dan sukses tentu menginsipirasi semua orang untuk mencapai kesuksesan yang sama bahkan lebih baik lagi. Semoga dunia akan kembali dikejutkan dengan munculnya sosok-sosok inspiratif lain yang berkontribusi besar terhadap kemajuan dunia teknologi.






Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud