Pengertian, Arti dan Penulisan Contoh NIS

Advertisement-Scroll to Continue

Contoh NIS berikut akan menjelaskan apa saja arti dari semua angka yang ada pada NIS. Tapi sebelumnya, ketahui terlebih dahulu, apakah NIS itu?

Apakah berbeda dengan NISN serta apa saja kegunaannya. Dengan mengetahui contoh dan penjelasannya, kita dapat melihat pendataan siswa dengan cara berbeda.

Memahami bagaimana contoh NIS juga perlu guru ketahui agar nantinya tidak ada keterangan palsu ketika hendak menerima siswa lain yang pindahan dari sekolah lain. Jadi harus hafal format penulisan Nomor Induk Siswa.

Apa Itu NIS?

NIS atau Nomor Induk Siswa merupakan kode pengenal identitas siswa yang dikeluarkan oleh sekolah. Tidak ada siswa yang memiliki nomor NIS yang sama.

NIS

NIS bertujuan untuk membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di satu sekolah. Pemakaiannya sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Bisa untuk memantau jumlah siswa yang masuk dan keluar. Bisa juga untuk kebutuhan lainnya. Nomor Induk Siswa (NIS) adalah salah satu elemen kunci dalam administrasi pendidikan di setiap sekolah.

Di bawah ini akan diuraikan kode unik yang diberikan pada setiap siswa sebagai identitas resmi mereka di sekolah tersebut. NIS memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola data siswa.

Dengan demikian, operasi sekolah berjalan lancar. Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci tentang contoh, urgensi dan fungsi NIS dalam konteks pendidikan.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan SMA dan SMK, Mau Pilih yang Mana?

Contoh NIS dan Cara Penulisannya

Nomor Induk Sekolah adalah identitas unik di lingkungan sekolah. NIS digunakan dalam sistem pengelolaan data pendidikan.

Pemakaian utamanya adalah untuk aplikasi EMIS (Educational Management Information System). Aplikasi tersebut menaruh semua data siswa dalam satu sistem.

Beda NIS dan NISN

EMIS mendokumentasi lalu melacak informasi siswa. Hal ini termasuk informasi pribadi, akademis, dan administratif.

Untuk menulis NIS ada komposisi tertentu. Ada angka-angka yang merepresentasikan sesuatu. Hal ini bisa berupa nomor dari sekolah, nomor absen dan lain sebagainya.

1. NSS (Nomor Statistik Sekolah)

Ini yang berupa kode unik yang diberikan kepada setiap sekolah. NSS terdiri dari 12 digit dan dipakai untuk mengidentifikasi secara unik setiap lembaga pendidikan.

Jadi, tidak akan ada nomor NIS yang sama. Karena, dari nomor sekolah saja sudah beda.

2. Tahun Masuk Siswa

Bagian ini terdiri dari 2 digit yang menunjukkan tahun masuknya siswa ke sekolah. Misalnya, jika seorang siswa masuk pada tahun 2021, maka digit ini akan menampilkan “21”.

Kita bisa mengetahui tahun berapa anak masuk dan juga info lain yang terkait. Masks penulisan NIS sangat rapi dan teratur.

contoh NIS

3. Nomor Urut Siswa Berdasarkan Buku Induk

Setelah NSS dan tahun masuk, Anda perlu 4 digit dari nomor urut siswa berdasarkan tahun masuknya. Setiap siswa memiliki nomor urut yang berbeda sesuai dengan urutan pendaftaran mereka di sekolah.

4. Contoh NIS dan Penulisannya

Sebagai contoh, mari kita ambil NIS untuk dua siswa yang masuk pada tahun 2021 di Sekolah dengan NSS 123456789012:

Siswa pertama: NSM 123456789012, Tahun Masuk Siswa 21, Nomor Urut Siswa 0001.

Maka NIS adalah: 123456789012210001

Siswa kedua: NSM 123456789012, Tahun Masuk Siswa 21, Nomor Urut Siswa 0002.

Maka NIS adalah: 123456789012210002

Dengan penggunaan NIS sesuai standar, informasi mengenai identitas siswa dapat terdokumentasi secara rapi dan terstruktur dalam sistem EMIS.

Hal ini memudahkan pengelolaan data pendidikan di sekolah, membantu dalam pelacakan prestasi siswa, dan memfasilitasi berbagai program pendidikan.

Urgensi NIS

Sekolah yang diakui oleh negara harus mendata siswa dengan benar. Bukan hanya itu, sekolah juga perlu memantau perkembangan siswa.

Sekolah sangat bertumpu jumlah siswa dan cara membuktikannya. Jadi, sekolah senantiasa memerlukan data tersebut sesuai keperluan sekolah.

Nomor Induk Siswa

Ini adalah beberapa informasi tambahan. Apa saja urgensi NIS sehingga tiap siswa harus memilikinya. Berikut adalah penjelasan singkatnya.

1. Identifikasi Siswa

NIS memastikan bahwa setiap siswa memiliki identitas tercatat dengan jelas dalam sistem sekolah. Hal ini penting untuk membedakan satu siswa dari yang lain.

Khususnya untuk sekolah dengan jumlah siswa yang besar. Kadang ada yang memiliki nama yang sama. Kala sudah demikian, pendataan harus lebih detail.

2. Kepatuhan Administratif

Setiap siswa membutuhkan identifikasi yang jelas dalam hal administratif, seperti pengisian formulir pendaftaran, pencatatan akademis, dan lain sebagainya.

NIS memastikan bahwa proses administrasi berjalan dengan lancar dan akurat. Kalau sudah ada NIS, berarti posisi sudah aman dan terdaftar.

3. Pelacakan Prestasi

Dengan NIS, sekolah dapat melacak prestasi siswa secara individu. Ini mencakup pencatatan nilai, partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan penghargaan lainnya.

Informasi ini krusial dalam mengevaluasi kinerja siswa. Bukan hanya itu, Anda juga tidak perlu merancang program pendidikan. Sudah ada NIS dan datanya akan sesuai.

4. Manajemen Keuangan

Contoh NIS berikut berperan dalam manajemen keuangan sekolah. Ini membantu dalam pelacakan pembayaran uang sekolah, bantuan keuangan, dan lain-lain.

Dengan NIS, sekolah dapat melakukan pelaporan keuangan dengan lebih akurat dan efisien. Oleh karena itu, nomor NIS harus sesuai dan tepat.

5. Pengambilan Keputusan

Informasi terkait dengan NIS dapat jadi data bermanfaat. Anda bisa memakainya untuk mengambil keputusan. Untuk skala Sekolah pemakaian NIS cukup signitif

Pengambilan Olx Putusan Beragam. Mulai dari penerimaan beasiswa, promosi, penerimaan beasiswa, dan penentuan program pendidikan lanjutan.

NIS memastikan data sekolah yang diperlukan, tersusun rapi. Bukan hanya itu, data NIS juga bisa Anda pakai untuk pengambilan keputusan yang terpercaya.

6. Pengelolaan Data Siswa

NIS memfasilitasi pengelolaan data siswa. Hal ini termasuk informasi pribadi, catatan akademis, kehadiran, dan lain-lain.

NIS membantu sekolah dalam membuat profil lengkap untuk setiap siswa. Dengan demikian pengajar akan mengenal siswa lebih baik.

7. Pelacakan Kehadiran

Dengan NIS, sekolah dapat dengan mudah melacak kehadiran siswa. Ini memungkinkan untuk mendeteksi pola absensi atau kehadiran yang tidak teratur dan mengambil tindakan yang sesuai.

8. Laporan dan Analisis

Informasi yang terkait NIS digunakan untuk membuat laporan dan analisis tentang kinerja siswa. Hal ini dikaitkan dengan efektivitas program pendidikan.

Nomor NIS dapat membantu sekolah dalam mengevaluasi keberhasilan dari apa yang sudah dijalani. Kemudian, mereka dan membuat perubahan yang diperlukan.

apa itu NIS

9. Integrasi Sistem

Contoh NIS berikut akan memperlihatkan terintegrasi dengan sistem manajemen sekolah yang lebih luas. Jadi terhubung dengan sistem informasi sekolah (SIS) atau sistem manajemen siswa (SMS).

10. Syarat Pindah Sekolah

Hal yang sering terabaikan dari NIS yaitu fungsinya dalam menjadi dokumen resmi kepindahan sekolah. Jika Anda berencana memindahkan sekolah anak, maka mintalah surat pengantar atau dokumen NIS ini kepada sekolah lama.

Agar nantinya saat registrasi ke sekolah baru tidak dipersulit. Sebab kini aturan untuk mendaftar sekolah ke sekolah baru manapun yaitu siswa/siswi tersebut memiliki NIS.

Baca Juga: Pelajari Cara Mendapatkan Nomor Kosong Tanpa Aplikasi

Dengan demikian, NIS adalah elemen kunci dalam administrasi pendidikan. Kemudian data diolah untuk pengelolaan data siswa, pelacakan prestasi, manajemen keuangan, pengambilan keputusan, dan evaluasi kinerja sekolah secara keseluruhan.

Kalau ada NIS, sekolah dapat meningkatkan efisiensi operasional. Pada saat yang sama, mereka dan meningkatkan pengalaman pendidikan bagi siswa.

Advertisement
M Zam

Leave a Comment