Cara Menyembunyikan File di Android Dengan Mudah

Image dari Guidingtech.com

Image dari Guidingtech.com

Menyembunyikan file di Android baik itu yang berbentuk file media sepetrti gambar dan video maupun file berupa dokumen ataupun yang lainnya memang bukan hal yang sulit dilakukkan. Tentunya sebagian pengguna Android memiliki file-file khusus yang tidak ingin ditunjukkan pada orang lain dan Android memiliki fitur yang dibutuhkan untuk itu.

Jika ingin cara praktis, pengguna Android yang ingin menyembunyikan filenya bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang bertebaran di Google Play Store. Fitur keamanan untuk mengunci dan menyembunyikan file yang Anda inginkan pun beragam, mulai dari yang menggunakan fingerprint (sidik jari), password atau kode keamanan, sampai dengan enkripsi.

Namun jika Anda menggunakan #aplikasi untuk menyembunyikan file di Android, maka dengan melihat keberadaan aplikasi pengaman tersebut orang malah akan curiga bahwa Anda menyembunyikan sesuatu. Poin lainnya adalah, tidak menutup kemungkinan jika suatu saat anda lupa password dari file yang anda sembunyikan (jika anda menggunakan aplikasi dengan password pengunci). Semua kemungkinan bisa terjadi bukan?

Dengan sedikit trik, sebenarnya mengenai cara menyembunyikan file di #Android dengan mudah, pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi pengaman dengan berbagai macam fitur keamanannya. Yang anda perlukan dalam hal ini hanyalah aplikasi file manager atau file explorer yang sudah umum dan sering anda gunakan. Karena tidak semua aplikasi file manager bisa digunakan untuk tutorial ini. Sebagai contoh pada tutorial kali ini, saya akan menggunakan aplikasi bernama Root Browser.

Cara Menyembunyikan File di Android Dengan Mudah Lewat Aplikasi Root Browser

Meskipun menggunakan nama “Root”, perangkat Android Anda tidak perlu di root terlebih dahulu selama anda tidak melakukkan apapun di file system Android karena pada kali ini fokus kita hanya ada di internal memori dan SD Card. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:




1. Silahkan download dan install aplikasi Root Browser terlebih dahulu melalui link berikut ini: Root Browser di Google Play Store.

2. Pada panduan ini, kita akan membuat sebuah folder yang nantinya akan digunakan sebagai “tempat menyembunyikan” atau “folder tersembunyi”. Jadi silahkan anda masuk ke dalam folder yang anda inginkan untuk membuat sub folder “tersembunyi”.

Sebagai contoh saya akan membuat folder di sub direktori storage/sdcard1/Download:

hidden_1

3. Silahkan buat folder dengan cara melakukkan tap pada tanda + (warna biru) kemudian tap pada New Folder. Triknya adalah di sini, silahkan letakkan tanda titik (.) sebelum nama folder yang akan anda buat. Sebagai contoh saya akan membuat folder dengan nama .rahasia.




hidden_2

Setelah anda menentukan nama folder, klik OK dan folder akan langsung dibuat.

4.  Tutorial selesai sampai di sini, selanjutnya yang perlu anda lakukkan adalah meletakkan file-file yang ingin Anda sembunyikan pada folder yang anda buat tadi (pada contoh : .rahasia).

hidden_3

Setelah Anda meletakkan file yang ingin Anda sembunyikan baik itu file media seperti foto dan #video, anda bisa mengeceknya pada aplikasi gallery atau media player. File-file tadi telah tersembunyi dan tidak akan muncul, kecuali anda membukanya langsung dari aplikasi Root Browser di folder rahasia tadi. Sekian untuk artikel kali ini, terima kasih tela menyempatkan waktu untuk membaca.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud