Cara Menghapus Kontak di MIUI ROM Secara Bulk

Image dari Myhomegadgets.com

Image dari Myhomegadgets.com

MIUI adalah ROM yang dibuat oleh MI yang saat ini lebih dikenal sebagai produsen smartphone dan peralatan pendukungnya yang menggunakan nama XIAOMI. Memang, MI tidak memulai karir sebagai produsen smartphone namun mengawali karir sebagai Software House yang membuat ROM MIUI pada tahun 2010. Setelah ROMnya dikenal luas oleh para pengguna #smartphone, perusahaan ini pun mulai melebarkan sayapnya ke pasaran smartphone dan cukup diterima oleh pasaran.

Smartphone dari XIAOMI memang menarik banyak orang, dengan harga yang lumayan terjangkau namun memiliki spesifikasi yang di atas rata-rata. Maka tidak mengherankan jika produk XIAOMI yang bersistem operasi MIUI menjadi buruan banyak orang. Yang jadi masalah, MIUI memiliki sedikit pengaturan yang agak berbeda dengan Android pada umumnya meskipun base ROM ini adalah #Android. Akibatnya, ada banyak pengguna awal MIUI yang kebingungan untuk memanfaatkan fitur-fitur yang ada, bahkan yang mendasar sekalipun.

Salah satu fitur yang terhitung mendasar namun membingungkan bagi pengguna awam adalah fungsi untuk melakukkan penghapusan kontak secara bulk atau banyak. Jika di ROM Android lain secara umum pengguna tinggal melakukkan tap tahan, maka opsi centang untuk pilihan akan langsung muncul pada daftar kontak.

Cara Menghapus Kontak di MIUI ROM Secara Bulk dengan Mudah

Namun sedikit berbeda dengan MIUI, saat anda melakukkan tap tahan. Menu untuk satu kontak tersebut akan muncul. Memang, di sana terdapat opsi untuk menghapus kontak namun hanya bisa dilakukkan satu persatu dan tidak bersamaan. Untuk cara menghapus kontak di MIUI ROM secara bulk alias bersamaan, silahkan ikuti panduan berikut ini:

1. Silahkan masuk ke aplikasi Phone kemudian pilih Contacts atau Anda bisa langsung masuk ke #aplikasi Contacts. Maka Anda akan dihadapkan pada daftar kontak yang sudah masuk dalam MIUI Anda.




delcontact_1

2. Silahkan mencoba melakukkan tap tahan pada salah satu kontak, maka opsi kontak akan muncul yang salah satunya adalah opsi Delete untuk menghapus kontak. Namun itu hanya bisa dilakukkan satu per satu, per kontak.

delcontact_2

3. Baiklah, saatnya menuju fokus utama. Masih di daftar kontak, silahkan tap dan tahan tombol menu di navigasi (letak di sebelah kiri tombol home) maka opsi kontak seperti pada gambar di bawah ini akan muncul. Tap pada Organise Contacts.

delcontact_3




4. Pada Organise Contacts, silahkan pilih Delete Batch dan Anda akan diarahkan ke daftar kontak dengan masing-masing di sisi kanannya terdapat opsi untuk memberikan centang. Anda bisa memberikan centang pada beberapa kontak yang ingin Anda hapus dan kemudian melakukkan tap pada icon delete (trash) yang berada di bawah.

delcontact_4

delcontact_5

5. Tombol konfirmasi yang berisi jumlah kontak yang akan Anda hapus akan muncul. Tap Delete Contact dan kontak yang anda pilih tadi akan terhapus.

delcontact_6

Jika dibandingkan dengan #sistem operasi Android secara umum, MIUI memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Seperti pada menu managemen kontak ini, Android versi Jelly Bean ke atas memiliki fitur unuk menampilkan data kontak dari akun tertentu yang telah disinkronkan sehingga kita tidak perlu mengatur lewat sinkronisasi di Settings. Sekian untuk artikel kali ini, terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. Walau sepele,tapi sangat berguna,,,thanks

  2. Thanks bgt infonya.

  3. Very nice info.. Sangat membantu sekali.. terimakasiiiihh yaa…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud