Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline di Android

Image dari PCworld.com

Image dari PCworld.com

Siapa sih yang tidak tahu Google Maps, layanan peta dari #Google yang merupakan layanan peta terbaik di dunia dengan jangkauan yang luas dan hampir mencakup seluruh dunia. Saya sendiri juga termasuk sering menggunakan Google Maps, terutama saat sedang bepergian di wilayah yang saya tidak terlalu hafal jalan dan arahnya.

Hal yang cukup menyusahkan dari Google Maps adalah layanan ini dalam perangkat apapun membutuhkan koneksi #internet untuk beroperasi mulai dari meloading wilayah dalam peta, menentukan navigasi, dll. Sampai akhirnya Google merilis fitur baru untuk pengguna yang memungkinkan Anda menggunakan layanan peta ini secara offline.

Sejauh yang saya tahu, penggunaan peta offline ini sudah tersedia untuk 2 sistem operasi mobile dengan pengguna terbanyak yaitu Apple iOS dan #Android. Pada penggunaannya, cara operasi di kedua sistem operasi hampir sama sehingga meskipun tutorial ini diperuntukkan untuk pengguna Android. Bagi anda yang pengguna iOS masih bisa menyesuaikan.

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline di Android

Tidak seperti peta offline dari Nokia Here Maps yang mana Anda bisa langsung mengunduh dan menggunakan peta dengan satu wilayah yang luas, satu negara misalnya. Di Google Maps, wilayah yang bisa anda “offline” kan diberikan batasan tertentu yaitu 50 kilometer persegi untuk iOS dan 120.000 kilometer persegi untuk android. Selain itu, peta offline yang Anda gunakan memiliki tanggal kadaluarsa (perlu diupdate di tanggal yang ditentukan).

Untuk panduan lebih jelasnya tentang cara menggunakan Google Maps secara offline di Android, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:




1. Silahkan buka #aplikasi Google Maps di perangkat Android anda dengan catatan anda sudah terhubung ke koneksi internet yang stabil.

2. Cari wilayah yang ingin anda jadikan offline. Sebagai contoh saya akan mencari wilayah Yogyakarta seperti pada gambar dibawah ini:

offlinemaps_1

3. Silahkan tap pada tanda wilayah yang berwarna merah maka anda akan dibawa ke halaman yang berisi detail wilayah seperti navigasi, foto, dan deskripsi.

offlinemaps_2




4. Pada halaman tersebut, tap pada tombol daftar menu berbentuk tiga titik yang terletak di pojok kanan atas (disamping tanda pencarian) kemudian pilih Download Offline Area.

offlinemaps_3

5. Selajutnya, anda harus memilih jangkauan wilayah yang ingin anda unduh dengan cara zoom in dan zoom out. Di bawah kotak jangkauan, tertera informasi mengenai besaran maps yang akan Anda unduh beserta dengan space yang tersedia di memori perangkat anda.

offlinemaps_4

Ingat, jangkauan maksimal adalah 50 kilometer persegi untuk iOS dan 120.000 kilometer persegi untuk Android. Jika wilayah yang anda targetkan (di dalam kotak) lebih dari batasan yang Anda, maka Maps akan memberikan notifikasi pada Anda untuk memperkecil wilayah dalam kotak.

6. Setelah anda menentukan area yang ingin anda unduh, tap Download > Masukkan nama wilayah offline > Simpan.

offlinemaps_5

7. Selanjutnya anda bisa mengecek progres unduhan maps di Menu > Offline Maps. Silahkan tunggu sampai proses download selesai.

offlinemaps_6

8. Setelah download selesai, anda bisa mematikan koneksi internet dan mencoba menggunakan Google Maps secara offline. Sebagai contoh, saya mencari lokasi Mall Malioboro di Maps dan kemudian mengambil arah dari lokasi terakhir saya yang dideteksi Google Maps, hasilnya seperti yang tampak pada gambar dibawah ini :

offlinemaps_7

Fitur peta offline di Google Maps adalah salah satu fitur yang ditunggu oleh pengguna Maps. Dengan fitur ini, pengguna tetap bisa menggunakan Google Maps meskipun sedang dalam keadaan koneksi internet yang sulit, atau bahkan offline sekalipun. Karena fitur ini terhitung masih baru, tentunya masih akan dikembangkan dengan hasil yang lebih bagus.

Harapan pribadi saya sebagai pengguna, semoga ke depannya Google Maps memberikan fitur download wilayah offline secara menyeluruh yang dibagi per negara seperti Nokia Here Maps. Sekian untuk artikel kali ini, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Makin friendly buat yang sering habis kuota, yang koneksinya lelet

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud