Cara Menggunakan BBM di PC (Tanpa Emulator)

Cara Menggunakan BBM di PC (Tanpa Emulator)

Cara Menggunakan BBM di PC
Image dari appsforpcmero.com

Blackberry Messenger alias BBM merupakan salah satu aplikasi chatting favorit bagi pengguna #android. Pada masa perilisannya, aplikasi ini berhasil memecahkan rekor download tercepat setelah rilis yaitu 1 juta download dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. BBM dulu dikenal sebagai salah satu aplikasi ekslusif dari Blackberry, yang kemudian tersedia untuk beberapa platform mobile.

Bicara soal aplikasi chatting, kebanyakan orang pasti mengharapkan ketersediaan aplikasi desktop untuk aplikasi yang bersangkutan. Beberapa #aplikasi mobile yang memiliki versi desktop misalnya saja LINE dari Naver, Telegram, dan Kakao Talk. Contoh lain yang menyediakan client desktop adalah Whatsapp meskipun pengguna harus mengakses chrome terlebih dahulu.

Lalu bagaimana dengan BBM, apakah ada cara menggunakan BBM di PC? Jawabannya bisa, meskipun bukan menggunakan program resmi dari Blackberry. Di tutorial ini, kita tidak akan menggunakan android emulator seperti Windronye atau Bluestacks untuk menjalankan BBM, namun kita akan menggunaan program dari pihak ketiga yang bernama Pushbullet.

Pushbullet sendiri adalah program yang berfungsi untuk menghubungkan desktop dengan perangkat mobile. Dengan Pushbullet, kedua perangkat anda bisa terhubung sehingga anda bisa mengakses beberapa layanan dari perangkat mobile menggunakan #komputer. Misalnya saja, mengirim pesan dari desktop, melihat notifikasi yang masuk ke perangkat mobile, termasuk juga menggunakan aplikasi messenger seperti Whatsapp dan BBM.

Cara Menggunakan BBM di PC Dengan Aplikasi Pushbullet

Pada tutorial kali ini, saya akan menggunakan #Windows sebagai perangkat demonstrasi. Untuk sistem operasi lainnya, silahkan menyesuaikan dan download softwarenya di situs official Pushbullet. Panduan selengkapnya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Silahkan unduh CCleaner untuk android dan komputer secara gratis melalui link berikut ini:

2. Buka Pushbullet desktop kemudian silahkan login menggunakan salah satu dari 2 opsi yang digunakan. Saya sendiri lebih memilih menggunakan akun #facebook untuk login. Saat pertama kali login, jendela untuk authorisasi akan muncul. Cukup klik Allow untuk melanjutkan.

pushbullet1

3. Setelah anda berhasil login, maka anda akan diarahkan pada situs resmi Pushbullet. Anda bisa mengabaikan situs tersebut dan fokus pada program Pushbullet yang sudah terinstall di desktop. Di sana anda akan menemukan status bahwa anda berhasil login dengan beberapa menu. Arahkan pada Devices maka anda akan menemukan nama komputer anda sudah termasuk dalam daftar.

pushbullet2

4. Beralih ke android, saya asumsikan anda sudah mendownload aplikasi Pushbullet untuk android. Buka aplikasi Pushbullet kemudian silahkan login menggunakan akun yang anda gunakan untuk login di desktop. Jika anda login menggunakan facebook pada desktop silahkan gunakan facebook, dan jika anda login menggunakan #google plus pada desktop silahkan gunakan google plus.

pushbulletandro1

5. Pushbullet akan mengenali akun #media sosial anda dan langsung diarahkan pada tampilan dengan beberapa menu di sisi kanan.

pushbulletandro2

6. Buka Pushbullet pada desktop dan anda akan menemukan perangkat android anda sudah masuk dalam daftar perangkat aktif.

pushbullet3

7. Pada android, masuk ke Menu > Mirroring. Aktifkan bagian Show my notifications on my PC, nantinya anda akan diarahkan kedalam Settings untuk memberikan izin akses kepada Pushbullet secara manual. Untuk opsi lainnya, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

pushbulletandro3

9. Jika anda melakukkan semua pengaturan dengan benar, jika anda mendapatkan pesan masuk ke android maka anda akan mendapatkan notifikasi secara langsung di desktop dan bisa langsung membalasnya.

pushbullet4

Dari tutorial diatas, bisa disimpulkan bahwa Pushbullet tidak terbatas digunakan hanya untuk akses BBM melalui desktop. Tapi anda juga bisa mengakses aplikasi-aplikasi messenger lain seperti LINE dan WhatsApp.

Selain itu, anda juga bisa mengirim file antar perangkat desktop dan mobile, serta fitur yang paling saya sukai yaitu mengirim SMS melalui desktop. Untuk fitur lainnya, anda bisa mengecek di situs resmi Pushbullet. Sekian dan terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca.

6 KOMENTAR

  1. mas saya suddah sukses tp untuk replay kok ndak ada gmn cra agar bisa replay dari pc

  2. masi bingung, kalo utuk sms udh bisa… tpi untuk bbm gmna yah? biar bisa d gunakan d pc…

  3. Androidnya minimal 4.3 ya??? Sedih

  4. Mas, kalau antara desktop dan hp blackberry bisa tidak? kalau bisa caranya bagaimana?

  5. mas kalau handphonenya mati ttp bisa tidak?

Tinggalkan Balasan