Cara Mengambil File APK di Android (Tanpa Root)

Cara Mengambil File APK di Android (Tanpa Root)

Cara-Mengambil-File-APK-di-Android

File APK adalah file installer aplikasi untuk #android, sama halnya dengan format file .exe untuk windows atau .ipa untuk Apple iOS. File apk bisa digunakan untuk menginstall aplikasi android tanpa harus mengunduh terlebih dahulu dari Google Play Store.

Cara paling mudah untuk mendapatkan file berekstensi APK adalah dengan mengunduh file apk dari situs downloader APK, namun tidak ada jaminan bahwa file yang anda unduh tidak bebas malware atau adware mengingat tidak semua penyedia layanan download itu “bersih”. Cara lainnya adalah mengambil atau “mengekstrak” file apk dari perangkat android yang sudah memiliki aplikasi yang dibutuhkan.

Dengan mengambil file apk dari perangkat android, anda tidak perlu khawatir tentang ke valid-an atau malware mengingat file apk diambil langsung dari aplikasi yang sudah ada. Untuk pengguna perangkat android yang sudah root, pengambilan apk bisa dilakukkan dengan cara sangat mudah. Pengguna cukup menggunakan file manager yang mendukung akses ke system android kemudian melakukkan copy file dari system/app atau data /app dan kemudian meletakkan hasil kopian ke SD card.

Dan untuk perangkat android yang belum root, untuk melakukkan proses ekstrak dan mengambil file APK kita akan menggunakan sebuah aplikasi android yang tersedia secara gratis dan bisa diunduh di Google Play Store. Nama aplikasi ini adalah APK Extractor. Logika dari proses mengambil file apk dengan apk extractor, aplikasi tersebut akan melakukkan back up aplikasi dan mengetahui lokasi file apk tersebut sehingga anda bisa menggunakannya kembali.

Untuk panduan selengkapnya menggunakan APK Extractor untuk mengambil file APK dari perangkat android, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Silahkan download dan install aplikasi APK Extractor melalui link berikut ini: APK Extractor di Google Play Store.

2. Buka aplikasi APK Extractor, maka aplikasi akan melakukkan loading selama beberapa detik untuk melakukkan scanning aplikasi yang ada. Kemudian anda akan dihadapkan pada daftar aplikasi yang berada dalam perangkat android anda, disertai dengan nama paket aplikasi.

apk_1
3. Silahkan tentukan aplikasi yang ingin anda ekstrak kemudian lakukkan tap pada aplikasi tersebut maka proses ekstrak file apk akan berjalan diikuti dengan pemberitahuan lokasi penyimpanan file. Sebagai contoh dibawah ini saya akan memilih file apk dari Hungry Shark Evolution.

apk_2
4. Jika anda melakukkan tap pada tanda panah kebawah yang terletak di sebelah kanan aplikasi, anda akan dihadapkan pada 2 pilihan lain yaitu Share dan Info. Share akan mengarahkan anda pada opsi share melalui beberapa jalur seperti share di BBM, WhatsApp, Drive, dan beberapa aplikasi social dan cloud yang terdapat di perangkat android anda.
apk_3
Info akan mengarahkan anda pada detail aplikasi yang terdapat pada Settings Android.
apk_4
5. Semua file hasil ekstrak akan disimpan di folder ExtractedApks yang berada di memori internal.
apk_5
6. Buka folder ExtractedApks dengan aplikasi file manager kesayangan anda, maka anda akan menemukan aplikasi-aplikasi yang sudah anda ekstrak menggunakan APK Extractor.
apk_6
Tutorial mengekstrak file apk dari perangkat android sudah selesai dan anda sudah mendapatkan file apk yang anda inginkan. Setelah itu anda bisa menggunakan file apk sesuka hati anda seperti menstransfer file apk ke teman anda, membagikannya di sosial media, dll.

Baca juga: Cara Menjalankan Aplikasi dan Game Android di PC Komputer

Catatan tambahan, anda perlu mencentang bagian Unknown Sources yang terdapat pada Settings > Security jika anda ingin menginstall aplikasi melalui installer. Sekian untuk informasi kali ini, dan terima kasih sudah membaca.

1 KOMENTAR

  1. sayangnye apk extractor versi 4.0.1 belom support nama aplikasi yang menggunakan bahasa jepang (huruf hiragana, katakana, kanji)

Tinggalkan Balasan