Cara Mudah Mendapatkan Investasi dari Modal Ventura

Cara Mendapatkan Investasi dari Modal Ventura

Cara Mendapatkan Investasi dari Modal Ventura – Sudah pernah dengar investasi dari modal ventura? Modal ventura merupakan sebuah kerjasama dalam bentuk investasi dengan pembiyaan berupa modal ke dalam suatu perusahaan swasta dalam jangka waktu tertentu. Umumya modal ventura ini bermaksud untuk menyerahkan modal secara tunai yang ditukar dengan sejumlah saham pada perusahaan tersebut.

Startups/ perusahaan yang baru berdiri dan belum memenuhi persyaratan (standar berdirinya perusahaan) membutuhkan modal ventura ini sebagai modal pinjaman yang biasanya didapatkan dari sekelompok investor, perseorangan maupun institusi dan bank.

Namun sayangnya karena perusahaan masih baru berdiri, biasanya mereka mengalami kesulitan untuk mendapatkan modal ventura dengan kata lain sulit mendapatkan kepercayaan dari pihak investor.

Meskipun demikian, bisnis baru tidak harus mengalami kegagalan mendapatkan modal. Ada cara mendapatkan investasi dari modal ventura yang profesional supaya proposal diterima calon investor.

Apa Itu Modal Ventura?

“Modal ventura adalah suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha (investee company) untuk jangka waktu tertentu. Pada umumnya investasi ini dilakukan dalam bentuk penyerahan modal secara tunai yang ditukar dengan sejumlah saham pada perusahaan pasangan usaha.

Investasi modal ventura ini biasanya memiliki suatu risiko yang tinggi namun memberikan imbal hasil yang tinggi pula. Kapitalis ventura atau dalam bahasa asing disebut venture capitalist (VC), adalah seorang investor yang berinvestasi pada perusahaan modal ventura.” ~ Wikipedia

Kelebihan dan Kekurangan Modal Ventura

Seringkali perusahaan ventura membidik perusahaan-perusahaan rintisan/ startups yang sedang berkembang dan butuh modal. Berbeda dengan bank, dalam hal pembiayaan, perusahaan modal ventura menjadi pihak yang berperan pada manajemen perusahaan rintisan tersebut.




Kelebihan Modal Ventura:

  1. Kemampuan dalam hal memperluan jaringan bisnis
  2. Memiliki sistem repayment yang murah
  3. Menjadi sumber dana/ modal dan juga membantu monitoring perkembangan bisnis
  4. Peluang untuk mendompleng reputasi perusahaan modal ventura yang memang sudah terkenal

Kekurangan Modal Ventura:

  1. Bila perusahaan rintisan menjadi sukses maka pengembalian pinjaman dana juga ikut besar
  2. Pendiri perusahaan bisa kehilangan kontrol dan juga kehilangan kepemilikan atas usaha yang di rintis karena sebagian besar saham dan manajemen bisnisnya dimiliki oleh perusahaan modal ventura
  3. Seringkali perusahaan modal ventura menolak permintaan modal karena mereka hanya mau memberikan pembiayaan hanya pada perusahaan rintisan yang dianggap bagus

Artikel lain: Mengapa Perusahaan StartUp Cenderung Lebih Sukses Dibanding Perusahaan Besar?

Ini Cara Mendapatkan Investasi dari Modal Ventura

1. Buat Rencana Bisnis (Business Plan)

Untuk mengajukan permohonan modal ventura tentu calon penerima investasi harus memiliki rencana bisnis yang matang baik dalam pemikiran maupun tulisan.

Dalam artian Anda harus membuat rangkuman yang berisi tentang usaha yang sedang dirintis.Bisnis plan ini setidaknya harus mencakup beberapa aspek sebagai berikut:

  • Deskripsi lengkap tentang usaha atau bisnis Anda
  • Latar belakang dan pengalaman tim perusahaan
  • Analisa persaingan bisnis dan solusisolusi kemungkinan adanya permasalahan
  • Transparasi keuangan yang detail
  • Sistem pemasaran

Dokumen-dokumen diatas harus Anda sediakan dan pejalari sebelum bertemu dengan calon investor. Pada intinya sebenarnya investor akan bertanya tentang peluang keberhasilan yang Anda capai. Sehingga segala kemungkinan pertanyaan dan permasalahan yang ditanyakan investor harus bisa dijawab dengan cermat namun tetap berhati – hati.

Suatu kelompok atau institusi penyedia modal ventura biasanya menerima ratusan rencana bisnis setiap tahunnya, namun Anda tidak perlu putus asa.

Jika memang rencana bisnis yang Anda tawarkan sangat meyakinkan mampu memberikan banyak keuntungan bagi Anda dan juga pihak investor, maka tidak menutup kemungkinan bisnis Anda bisa mendapatkan modal. Bahkan jika Anda beruntung, Anda bisa langsung mendapatkan modal tanpa harus melalui tahap-tahap lain.




2. Buatlah Janji Pertemuan

Jika rencana bisnis yang Anda serahkan menarik perhatian dan minat pihak investor, Anda akan melanjutkan ke tahap pertemuan atau perkenalan. Pertemuan bukan berarti sudah bisa mendapatkan modal ventura, namun pertemuan ini dilakukan sebagai bentuk presentasi rencana bisnis Anda.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebelum masuk ke tahap ini, Anda harus benar-benar bisa memahami rencana bisnis Anda dan kemungkinan-kemungkinan permasalahan yang terjadi. Ibaratkan saja Anda sedang menjual ide. Jika bisa menguasai dan sesuai dengan minat investor Anda akan masuk ke tahap Due Diligence.

  • Due diligence

Jika sudah masuk tahap ini, seorang calon penerima modal akan menerima telepon, email, wawancara untuk melakukann evaluasi bisnis. Kalau tak kunjung dihubungi, cobalah untuk bersabar dan tetap menjaga komunikasi yang baik dengan investor supaya segera mendapatkan modal ventura.

  • Dokumen Perjanjian

Ini bagian terpenting dari kerjasama bisnis. Seorang calon penerima modal baiknya mencermati dengan benar setiap isi dokumen perjanjian agar kedepannya tidak merasa dirugikan. Tahap ini adalah tahap diskusi dan mediasi yang umumnya memakan waktu lebih dari 2 minggu untuk memenuhi legalitas dokumen.

Anda bisa melakukan tawar menawar dengan investor terkait bagi hasil keuntungan dan kemungkinan kerugian melalui dokumen perjanjian yang bersifat mengikat. Namun harus tetap menyakinkan bahwa keuntungan bisnis Anda lebih besar daripada peluang kerugian dengan mempertimbangkan kebutuhan pasar.

Baca juga: Apa Itu Growth Hacking dan Fase yang Digunakan

Catatan:

Saat bertemu dengan calon investor, perlu diingat bahwa mereka memberikan invertasi karena mereka memahami bahwa sebuah bisnis membutuhkan dana untuk bertahan dan menyelesaikan permasalahan konsumen dengan produk yang dikembangkan. Timbal baliknya, investor akan mendapatkan saham yang nilainya jauh lebih besar dari investasi yang dikeluarkan.

Umumnya para investor ini akan menanamkan modal pada banyak bisnis atau startup yang baru berkembang. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi apa bila kelak bisnisnya berhenti di tengah jalan. Karena itu, lakukan yang terbaik mulai dari awal hingga tahap presentasi agar mereka yakin kalau bisnis yang dipresentasikan benar-benar memiliki prospek yang jelas.

Cara mendapatkan investasi dari modal ventura (Infografis dari Techinasia.com)

Infografis Cara Mudah Mendapatkan Investasi



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud