Cara Bijak Menanggapi Kritik di Media Sosial

Keberadaan media sosial sudah berkembang menjadi sebuah media komunikasi yang juga dijadikan tempat menyampaikan pendapat. Para pengguna sosial media di seluruh penjuru dunia dapat bebas mengemukakan pendapat mereka melalui sosial media.

Siapapun dan apapun profesi Anda, sosial media bisa menjadi wadah untuk menyalurkan aspirasi dan menyampaikan pendapat mengenai berbagai tren dan kondisi sosial di masyarakat dunia.

Fungsi media sosial sebagai sarana penyampaian pendapat kadangkala membuat tokoh masyarakat dan pebisnis kewalahan. Tidak jarang juga kritik, komentar, atau pendapat masyarakat di media sosial berdampak terhadap bisnis seseorang.

Sebagai contoh, berikut salah satu komentar pengguna media sosial dalam menanggapi postingan Instagram seorang tokoh masyarakat,

Image via Kumparan

Jadi, tak selamanya penggunaan media sosial sebagai sarana promosi dan pengembangan bisnis akan berjalan mulus. Akan ada komentar-komentar pedas, kritik yang terkesan kasar, atau bahkan pendapat orang yang membandingkan-bandingkan Anda dengan orang lain.

Bagaimana Cara Menanggapi Kritik di Media Sosial?

Seseorang yang berjiwa besar dan berkomitmen untuk mengembangkan bisnis tentu harus berkepala dingin dalam menghadapi setiap kritik pedas, saran atau komentar dari para pengguna sosial media.

Beberapa tips berikut ini mungkin dapat membantu Anda untuk bersikap bijak dalam menangani kritik di media sosial:

1. Meningkatkan Kualitas Kesabaran

Cara menanggapi komentar dan kritik di media sosial menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi seorang tokoh atau pebisnis. Itu sebabnya dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi dalam bersosialisasi dengan netizen, khususnya di Indonesia.

Anda mungkin tidak bisa mengubah pendapat masyarakat yang tidak menyukai Anda atau bisnis yang Anda kelola. Namun kesabaran dan sikap bijak yang Anda perlihatkan dapat membuat pengguna media sosial lainnya memberikan respek yang positif bagi keberadaan bisnis Anda.

Jadi, tak ada ruginya bila Anda selalu sabar, bersikap tenang, dan bijak di sosial media.

2. Berusahalah Bersikap Netral

Sebaiknya selalu bersikap senetral mungkin bila Anda terjebak dalam suatu situasi diskusi atau debat di sosial media. Bantulah kedua pihak yang terlibat dalam perdebatan untuk berusaha mengoreksi diri dan menilai kembali perspektif masing-masing pihak.

Memberikan saran berupa win-win solution akan menjadi nilai tambah bagi diri Anda sendiri. Jadi, jangan pernah berpihak pada pihak mana pun, tapi cobalah memberi solusi terbaik bagi perdebatan yang sedang terjadi.

3. Tetap Fokus Pada Masalah

Tetap fokus pada masalah dan tujuan Anda dalam menggunakan media sosial. Ini akan membuat Anda lebih berkonsentrasi untuk menyajikan berbagai data, inovasi atau fakta menarik seputar hal-hal yang berkaitan dengan bisnis Anda.

4. Hargailah waktu Orang Lain

Penggunaan media sosial memang akan memudahkan kita untuk membagikan beragam konten dan informasi dari mana pun dan kapan pun. Namun, kita perlu mengingat bahwa pengguna media sosial juga memiliki aktivitas lainnya selain memperhatikan sosial media.

Jadi, mulailah mencoba menghargai waktu orang lain. Bagikan konten dan informasi bermanfaat di waktu-waktu prime time.

Hindari posting konten yang terlalu panjang karena hal ini dapat membuat pengguna sosial media lainnya merasa malas dan akhirnya mengkritik tindakan tersebut.

Daripada menyajikan konten yang terlampau panjang dan membosankan, konten-konten singkat, padat dan menarik biasanya menjadi suatu bentuk konten yang digemari banyak orang.

5. Cobalah Membuat Percakapan Langsung di Dunia Nyata

Bila Anda terlibat dalam suatu konflik panas di sosial media, coba pikirkan apakah konflik tersebut memang layak untuk diselesaikan di kehidupan nyata.

Bila konflik tersebut memang sangat mengganggu kinerja dan kredibilitas bisnis Anda, ada baiknya bila Anda menghubungi orang yang bersangkutan untuk menyelesaikan masalah secara bijak di kehidupan nyata.

Namun bila masalah tersebut masih dapat diselesaikan dengan perantaraan sosial media, cobalah untuk meminta maaf dan menetapkan solusi yang terbaik.

6. Bersikap Tegas Menyikapi Komentar Kasar

Bila Anda terlanjur merasa tak nyaman dengan perilaku pengguna sosial media lainnya yang menyerang dan mengganggu Anda secara kasar, mem-block merupakan salah satu jalan keluar terakhir yang harus dilakukan.

Mem-block akun orang lain mungkin akan terkesan ekstrim dan kasar, namun ini adalah satu-satunya jalan terbaik bila pengguna sosial media tersebut tidak dapat diajak bernegosiasi dan menyelesaikan permasalahan secara bijak.

Agar Anda lebih fokus dan tidak merasa risih di media sosial, cobalah untuk mem-block akun yang sering mengganggu Anda dengan serangan-serangan kasar.

Setelah membaca beberapa tips di atas, kita dapat belajar untuk menahan diri dan bersikap bijak dalam menggunakan sosial media. Bersabar dan bersikap bijak itu perlu, namun ketegasan juga tetap diperlukan untuk melindungi diri Anda dari serangan membabi buta yang memanfaatkan sarana sosial media.

Stay wise, stay polite, stay smart!

Marikxon

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

3 pemikiran pada “Cara Bijak Menanggapi Kritik di Media Sosial”

  1. Sebenarnya saya jg sering kena kritik di social media.. tapi ku cuekin aja.. lah gimana di tanggapi malah di ajak debat..

    terima kasih artikelnya bagus sebagai referensi saya nantinya…

    Balas
  2. Untung saya belum cukup terkenal jadi belum ada yang mengkritik sayaa.. hehehe :) thanks banget nih informasinya :D

    Balas

Tinggalkan Balasan

) -->