Cara Membuat Paspor Online Dengan Mudah dan Murah

Cara Membuat Paspor Online

“Editor’s Note:  artikel cara membuat paspor online ini dibuat berdasarkan pengalaman sewaktu mengurus paspor pada bulan September 2012. Saat ini ada perubahan mengenai proses pembayaran.

Awal bulan September 2012 lalu (tepatnya tanggal 1 – 8 September 2012) saya liburan ke Malaysia dan Singapura. Itulah pertamakali saya liburan ke luar negeri hehehe. Untuk bisa masuk ke negara lain tentunya kita harus punya paspor sebagai identitas global. Nah, saya mau sharing sedikit tentang pengalaman saya sewaktu membuat paspor di Kanim Kelas I Jakarta Selatan.

Pada awalnya saya disarankan oleh seorang teman untuk membuat paspor dengan bantuan calo. Setelah saya tanya kemana-mana, ternyata biaya membuat paspor dengan bantuan calo bisa mencapai Rp 500ribu – Rp 800ribu. Bukannya pelit, tapi menurut saya tidak worth it mengeluarkan uang sebanyak itu untuk membuat paspor. Padahal kalau kita mengurus sendiri hanya dikenakan biaya sebesar Rp 255.000,-. Akhirnya saya tidak jadi pakai jasa calo, dan memutuskan untuk mengurus sendiri saja.

Untuk cara membuat paspor, kita bisa mengurusnya di Kantor Imigrasi di mana saja, tidak harus di Kantor Imigrasi yang sesuai dengan alamat KTP. Waktu itu saya mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Selatan yang berlokasi di Jl. Warung Buncit Raya No. 207 (Mampang Prapatan). Sebelum saya ke Kantor Imigrasi, saya sudah terlebih dahulu mengurusnya via online melalui website Imigrasi Indonesia.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat paspor online via situs Ditjen Imigrasi Indonesia:

I. Submit Data Via Website Ditjen Imigrasi RI

1. Langkah pertama adalah menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mengurus paspor via online, diantaranya; copy KTP, Copy Kartu Keluarga, Salah satu dari copy akte lahir/ ijazah/ surat nikah. Karena kita akan submit via online maka berkas-berkas tersebut harus di scan terlebih dahulu menjadi file gambar Jpeg, dan file gambar harus hitam putih atau grayscale, tidak boleh berwarna.

2. Langkah selanjutnya adalah membuka situs Ditjen Imigrasi Indonesia di www.imigrasi.go.id. Setelah itu, lihat menu di bagian atas website tersebut, arahkan kursor mouse ke Layanan Publik > Layanan Online > Layanan Paspor Online. Klik link Layanan Paspor Online tersebut, nanti akan diarahkan ke halaman baru. Lihat gambar di bawah.

[spoiler]

cara-membuat-paspor-online[/spoiler]

3. Pada halaman baru tersebut kita bisa memilih menu yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Karena kita ingin membuat paspor baru, maka Anda bisa memilih menu Pra Permohonan Personal. Klik link Pra Permohonan Personal tersebut, nanti akan muncul halaman baru. Lihat gambar di bawah.

[spoiler]

membuat-paspor

[/spoiler]

4. Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir online yang sudah di sediakan. Pada bagian kolom “Jenis permohonan”, pilih paspor biasa, atau sesuai dengan kebutuhan Anda. Sedangkan pada bagian “Jenis paspor”, pilih saja yang 48H perorangan.

Jenis paspor 48 Halaman adalah untuk paspor UMUM untuk perorangan, sedangkan paspor 24H perorangan adalah untuk paspor KHUSUS untuk keperluan umroh atau untuk para tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri dan untuk keperluan tugas tertentu ke luar negeri masa berlaku 3 tahun.

Pada bagian kolom identitas diri, sebaiknya isi sesuai dengan KTP Anda, seperti Nama, tempat/ tgl lahir, No. KTP, dan lain-lain. Setelah formulir tersebut diisi dengan benar, klik tombol “Lanjut”, nanti akan diarahkan ke halaman lainnya.

Penjelasan lebih jauh tentang perbedaan Paspor 48 halaman dengan Paspor 24 Halaman bisa dibaca di artikel di Intisari Online

Lihat gambar,

[spoiler]

membuat-paspor-online

[/spoiler]

5. Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk meng-upload berkas pendukung seperti, copy KTP, copy kartu keluarga, dan salah satu copy dari akte lahir/ ijazah/ surat nikah. Perhatikan urutan untuk meng-upload file pendukung tersebut, urutannya adalah copy KTP, copy kartu keluarga, dan salah satu copy dari akte lahir/ ijazah/ surat nikah.

Upload file tersebut satu persatu, setelah itu klik tombol “Lanjut” yang ada di bagian bawah halaman tersebut. Lihat gambar.

[spoiler]

membuat-paspor-baru
[/spoiler]

6. Pada halaman berikutnya Anda diminta untuk memilih kantor Imigrasi tempat Anda akan mengurus paspor, dan juga tanggal pengurusan. Penting untuk diperhatikan mengenai tempat dan tanggal mengurus paspor Anda, jangan sampai salah memilih.

Pilihlah kantor Imigrasi yang terdekat dari rumah Anda, dan pilih tanggal yang Anda kehendaki untuk mengurus paspor Anda tersebut. Setelah itu, klik tombol “Lanjut”. Lihat gambar.

[spoiler]

paspor-online
[/spoiler]

7. Langkah selanjutnya adalah proses verifikasi. Silahkan masukkan kode gambar yang Anda lihat pada halaman tersebut ke dalam kolom yang telah disediakan. Lalu klik tombol “OK”. Lihat gambar

[spoiler]

verifikasi
[/spoiler]

8. Pada halaman selanjutnya akan muncul tampilan gambar seperti di bawah ini. Yang perlu Anda lakukan adalah meng-Klik link “Bukti Permohonan”, nanti akan muncul halaman “Tanda Terima Pra Permohonan”. Anda harus print halaman Tanda Terima Pra Permohonan tersebut dan dibawa pada saat mengurus paspor ke kantor Imigrasi.

[spoiler]konfirmasi

[/spoiler]

[spoiler]
paspor-baru[/spoiler]

II. Proses Verifikasi Data, Foto, Wawancara & Pembayaran

“Update info: Sejak bulan November 2013, proses pembayaran pembuatan paspor online dilakukan melalui Bank BNI. Bawa bukti pra permohonan ke Bank BNI terdekat, serahkan bukti pra permohonan tersebut ke CS Bank, lalu membayar biaya pembuatan paspor. Bukti pembayaran diserahkan ke KANIM untuk proses selanjutnya.

Setelah melakukan submit data melalui situs Ditjen Imigrasi RI, langkah selanjutnya adalah datang ke kantor Imigrasi RI. Datanglah ke Kantor Imigrasi sesuai waktu yang tertera di “Tanda Terima Pra Permohonan”, kalau lewat dari waktu yang ditentukan maka tanda terima permohonan tersebut akan dianggap hangus dan Anda harus submit ulang. Mungkin Anda bertanya, apa untungnya dong submit via online dibanding mengurus manual, toh sama-sama harus ke kantor Imigrasi juga.

Submit data via online lebih menguntungkan karena kita hanya perlu datang dua kali ke Kantor Imigrasi. Kedatangan pertama untuk proses verifikasi data, pembayaran, foto dan wawancara. Dan kedatangan yang ke dua adalah untuk pengambilan paspor. Sedangkan bila kita mengurus secara manual, Anda harus datang ke Kantor Imigrasi sampai 3 kali.

Tips #1

Pada saat datang ke Kantor Imigrasi, jangan lupa untuk membawa berkas-berkas ASLI, seperti KTP, kartu keluarga, dan salah satu dari akte lahir/ ijazah/ surat nikah. Selain membawa berkas yang asli, saya sangat menyarankan Anda untuk membawa fotocopy nya juga karena akan dibutuhkan. Bisa saja Anda fotocopy di sana tapi akan sangat memakan waktu karena akan banyak sekali antrian.

Tips #2

Pada saat kedatangan pertama, datanglah pagi-pagi sekali untuk mendapatkan nomor antrian yang lebih awal. Saya sendiri waktu itu datang jam 6 pagi di Kanim Jakarta Selatan, dan langsung mengambil posisi antrian paling depan untuk mengambil nomor antrian. Datang kesiangan akan membuat Anda mengantri lebih lama, belum lagi kalau quota pengurusan paspor hari itu sudah penuh.

Kita tidak perlu membeli formulir karena diberikan secara gratis oleh pihak Kantor Imigrasi. Setelah mendapat nomor antrian, kita tinggal menunggu nomor antrian kita dipanggil oleh operator. Penyerahan berkas-berkas Asli untuk verifikasi di lakukan di Loket 2, setelah itu Anda harus membayar biaya pembuatan paspor sebesar Rp 255.000,- di loket pembayaran.

Tips #3

Setelah melakukan pembayaran, proses pengambilan foto dan wawancara yang dilakukan diruangan lain di kantor Imigrasi tersebut. Pastikan Anda memakai pakaian yang rapih dan pantas. Saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan kemeja.

Setelah pengambilan foto dan wawancara, nanti pihak kantor Imigrasi akan menentukan waktu pengambilan paspor. Pastikan Anda mengambil paspor di hari yang telah ditentukan oleh pihak Kantor Imigrasi, jangan terlambat terlalu lama karena bila terlambat lebih dari 30 hari maka paspor Anda akan digunting alias dimusnahkan.

III. Pengambilan Paspor

Pengalaman saya, paspor bisa diambil setelah 3 hari, terhitung dari mulai proses pengajuan di kantor KANIM, nanti pihak KANIM akan memberitahukan tanggal pengambilannya. Pada saat pengambilan paspor, kita bisa sedikit lebih santai dan tidak perlu terlalu terburu-buru, tapi jangan kesiangan juga. Jangan lupa untuk membawa kuitansi bukti pembayaran atau tanda terima pengajuan paspor.

Ketika Anda sampai di kantor Imigrasi untuk mengambil paspor, Anda tidak perlu mengantri lagi, langsung saja serahkan bukti pembayaran ke loket pengambilan paspor. Dan tidak lama, nama Anda akan dipanggil oleh bagian loket pengambilan paspor.

Demikianlah penjelasan singkat cara membuat paspor online. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang sedang membuat paspor baru. Terimakasih sudah membaca artikel saya :)

VI. Informasi tambahan dari pengalaman pembaca, silahkan buka spoiler

1. Berdasarkan pengalaman Yoshi
[spoiler]

Tambahan info masalah kebijakan baru KANIM utk melakukan pembayaran ke bank. Sebenarnya tetap saja untuk melakukan pembayarannya harus verifikasi dulu ke kantor KANIM-nya. Setelah itu baru bisa melakukan pembayaran ke bank (jadi setelah kita print surat permohonannya, kita tetap tidak bisa langsung bayar ke bank karena dari bank pun minta bukti verifikasi dr kanim. Ini berdasarkan pengalaman saya pada saat ke bank dan akhir ny pun sy ke kanim untuk menanyakan masalah pembayaran yg tertera pd catatan permohonanan). Ini berdasar kan pengalaman sy awal bulan januari 2014 (Kanim 1 Bandung).

  • Jadiny saya melakukan pembayaran di hari H kedatangan kita. Meskipun tertulis catatan di permohonannya untk melakukan pembayaran sebelum hari kedatangan ke kanim. (Dan dari pegawai ktr imigran di tempat sy pun menyarankan dilakukan pas hr H saja. Biar sekalian katanya jd tidak masalah. Yg membedakan ny stlh kita verifikasi langsung melakukan pembayarannya di bank terdekat. Memang menurut saya menjadi tambah repot krn tidk bs lgsg byr di kanimnya)
  • Saran sy lebih baik byr di hari h sesuai di kertas permohonan.
  • Dengan begitu jadi kita tidak usah dtg 3x ke kantor kanim seperti sy, sudah terlanjur
  • Semoga bermanfaat, saya hanya bebagi info saja.

[/spoiler]
2. Berdasarkan pengalaman Mey
[spoiler]
1. Pertanyaan dari DwintaMas mau nanya dong, bayarnya kan melalui bni, itu ditransfer apa gimana mas?

Jawaban dari Mey:

Untuk mba Dwinta, berdasarkan pengalaman saya, yang bayar di BNI itu hanya yang apply paspor via online saja. Itu memang harus melalui Bank BNI cabang mana saja, pembayaran harus dilakukan sebelum kedatangan kita ke KANIM, soalnya bukti pembayarannya harus disertakan pada saat kita ke kanim.

Waktu kita apply paspor via online kan ada form registrasinya 2 lembar, 1 lembar utk kanim dan 1 lembar untuk pembayaran ke BNI sesuai petunjuk di pojok kanan atas pada form. Kita cuma menyerahkan form tersebut ke teller dan kita menyerahkan pmbayaran sebesar 255.000 utk paspor dan 5000 untuk admin bank. Setelah itu, kita dikasih bukti pembyaran 3 lembar yang sterusnya dilampirkan untuk KANIM,dan yang 1 lembar bukti pembayaran asli utk file kita. Semoga penjelasan saya bisa membantu.

2. Pertanyaan dari Purnama: kalau pengambilan paspor bisa diwakilkan gak mas?

Jawaban dari Meyboleh diwakilkan tapi memakai surat kuasa dan syarat yg mengambil harus anggota keluarga yg terdaftar di Kartu Keluarga.

3. Pertanyaan dari FarahMas.. buka web nya susah banget, sampe berandanya masih bisa, tapi pas masuk ke passport onlinenya aji gile. Sampe 30x nih gagal terus.

Jawaban dari MeySaran saya jangan mencoba apply paspor pada saat jam kerja karena dipastikan koneksi akan berjalan sangat lambat, bahkan terjadi beberapa kali gagal. Coba pada pukul 23 ke atas atau pada hari sabtu atau minggu diluar hari kerja, dijamin lancar hehehe. Semoga membantu.

[/spoiler]
3. Berdasarkan Pengalaman Elvry Saragih
[spoiler]

Halo semua, saya mau berbagi pengalaman mengurus paspor online. Awalnya saya tdk tahu kl sdh bs mengurus paspor online. Sy dtg ke kanim terdekat jam 11 siang dan pd saat itu nomor antrian sdh habis. Sampai akhirnya saya lihat di pengumuman kl sdh bs membuat permohonan paspor online melalui situs imigrasi. Saya cek situs tsb. Jujur, pd saat itu saya mencoba meng- upload berkas lebih dari 5x krn gagal terus. Saya mencoba dr jam 9 pagi sampe jam 2 siang. Akhirnya sy inisiatif mencoba upload sekitar jam 5 sore dan puji Tuhan proses upload berjalan lancar.

Kemudian proses verifikasi akan dikirim ke email dan kemudian kita hrs mencetak bukti pra- permohonan yg dikirim ke email kita untuk proses pembayaran ke bank BNI terdekat. Keesokan harinya sy ke bank BNI membawa bukti pra permohonan dan membayar, kemudian pihak BNI akn menyerahkan 2 slip asli yg nanti akn kita tunjukkan ke pihak kanom sb bukti. Dan sy mau infoin,proses pemilihan tanggal untuk datang ke kanim sesuai jadwal tanggal yang kita pilih, itu sdh tdk berlaku.

Kemarin sy sempat bingung sampai akhirnya sy tlp pihak kanim terdekat tempat saya mengurus paspor dan mereka mengatakan langsung datang saja. Keesokan harinya sy dtg jam 6 pagi dan kemudian menunggu di loket antrian online utk dilakukan proses selanjutnya. Mudah bukan? Ga sulit kok. Dan untuk menggunakan jasa calo, saya rasa ga worth it banget dgn biaya 500-800rb. Mending duitnya kita buat untuk beli tas, baju atau makan ditempat enak hihi. Semoga bermanfaat.

[/spoiler]
4. Berdasarkan Pengalaman Nugroho
[spoiler]

Bagi pengalaman online.
1. Scan foto KTP hrs di crop. 2. Semua scan hrs resize jadi sekitar 250-275 KB. Jadi kalau terlalu kecil ya besarkan. 3. Saat menentukan hari utk dtg, hrs sabar. Utk percobaan pertama, saya berhasil setelah klik 30x. Utk yg kedua, 60 x. Tapi bisa kok. Kalau putus asa disini, kamu akan antri panjang utk proses manual. 4. Utk org Jakarta, boleh pilih kabin mana saja. Timur, barat, utara dll. Semoga ada org imigrasi yg baca ini dan memperbaiki sistem komputernya. Tapi secara umum sdh bagus lah. Jempol.

[/spoiler]
5. Berdasarkan Pengalaman Tri H
[spoiler]

Saya ingin berbagi pengalaman saya.

Saya mengikuti prosedur pembuatan pasport online berdasarkan informasi yg saya dapat dr web ini. Saat saya melakukan upload tidaklah sulit, asalkan data nya tidak melebihi kapasitas yang di sarankan. Pada saat itu saya melakukan upload sore hari . Jenis file yang diupload pun dalam bentuk JPEG.
Setelah itu saya mendapatkan email konfirmasi dari pihak imigrasi sesuai dengan jadwal yang saya pilih di kanim bogor yaitu hari senin kemarin tanggal 10 Februari 2014.

Saya datang ke kanim bogor pada pukul 07.00 pagi dan kanim sudah didatangi oleh banyak orang. Jadi sebaiknya memang datang ke kanim pagi-pagi sebelum jam 08.00. Menghindari banyaknya antrian lain yang bakal datang ke kanim. Jam 11 pun pendaftaran langsung ke kanim sudah di tutup. (Kalau saya sndiri s lebih baik daftar online saja ) ^_^

Untuk yang sudah mendapat jadwal foto dan wawancara dari pendaftaran sebelumnya dipanggil terlebih dahulu oleh bagian security. Kemudian, untuk pendaftar online pun melakukan foto dan wawancara pada hari itu juga. Saya di panggil pada pukul 08.30 oleh security dan langsung menuju bagian informasi.

DI bagian informasi saya menyerahkan bukti pembayaran via bni beserta fotokopi persyaratan sesudai yang saya upload. Kemudian saya langsung diminta ke bagian foto dan wawancara untuk mengambil nomer antrian foto dan wawancara.

Prosesnya tidak begitu lama kurang lebih pukul 10.00 saya sudah selesai foto dan wawancara.
Menurut saya mengurus pasport online jauh lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu.
Untuk pembayaran di BNI pun boleh diwakili oleh orang lain.

Pasport saya jadi 3 hari setelah hari kemarin, jadi tanggal 13 besok saya bisa mengambil pasport saya. Untuk di wilayah Bogor informasi yang saya dapat dari pegawai kanim Bogor. pengambilan pasport bisa dilakukan oleh orang lain tetapi harus menggunakan surat kuasa dan tanda bukti pembayaran. Untuk pengambilan pasport dari keluarga sesuai yang tercantum pada KK kita tidak perlu menggunakan surat kuasa cukup KTP dan bukti pembayaran saja.

Demikian informasi yang bisa saya ceritakan. Tidak sabar tanggal 13 mau ambil paspor :)
Terima kasih mas atas informasi nyaa sangat membantu saya dalam pembuatan pasport kemarin.
[/spoiler]

6. Berdasarkan Pengalaman June (dari Jambi), terimakasih mba June :)

[spoiler]

Sekedar berbagi pengalaman semuanya, pada awalnya saya ragu ketika akan mengurus paspor. Saya orangnya males repot, maunya simpel saja hehe…makanya saya berpikir enakan pake calo aja kali ya. tapi setelah baca blognya mas saya jadi “tertantang” untuk membuat paspor secara online. kelihatannya mudah sih. akhirnya sayapun bertekad membuat sendiri, sebelumnya mendaftar dahulu secara online. dan ternyata memang mudah..!!!

Tidak dipersulit tidak diperumit asalkan data diri lengkap dan tidak ada perbedaan antara ktp, akta kelahiran dan kk. Saya mengurus paspor di kantor imigrasi propinsi jambi pada 12 Agustus 2014. sebelumnya saya mendaftar online pada hari jumat, 8 Agustus 2014 dan membayar jasa pembuatan paspor lewat BNI senilai Rp 355.000 pada hari senin dan hari selasa saya ke kantor imigrasi, langsung konfirmasi berkas, wawancara, pengambilan sidik jari dan foto.

Oh iya, ada perbedaan dalam pendaftaran online yang berdasarkan pengalaman saya tidak perlu meng-upload scan berkas seperti ktp,kk dan akta kelahiran. Cukup mengisi data pada form yang disediakan dan konfirmasi tanggal kedatangan saja, Mudah kan? Jadi jangan ragu mengurus paspor sendiri, tidak perlu calo segala macam. Sekedar note, kalau ke kantor imigrasi jangan memakai kaos ataupun baju berwarna putih, dan bawa materai trus jangan lupa fotokopi ktp nya diperbesar satu halaman untuk ktp depan belakang. terima kasih.

[/spoiler]

Marikxon

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

1.044 pemikiran pada “Cara Membuat Paspor Online Dengan Mudah dan Murah”

  1. Pengen tanya. Saya tinggal di kalsel. Td kami sdh buat paspor. Tp anak sy yg pertama tdk ada ditempat lg liburan ke jkt.rencananya kami semua mau ke makasar tp anak sy yg 1 liburan dulu ke jkt br nanti kami ketemu di makasar. Masalahnya setelah dr makasar kami rencana mau lanjut ke singapur. Nah gimana ni mau bikinkan paspor anak sy yg 1 berkas aslikan ada di kalsel apa bisa kl tanpa berkas asli. Kl bikin di jkt berkas asli tdk ada. Tp kl di makasar bisa kami bawakan berkas aslinya. Mohon infonya ya trimakasih

    Balas
  2. Malam pak,,mohon info.sy punya paspor yg 48H,sy da niat umroh itu paspor 24H.itu bgm klanjutannya sy hrs urus ulang kah.ato melanjutkan.mhn info.trmksh..

    Balas
  3. Kalau saya mau buat passport 1 keluarga (4 orang: saya, istri, 2 anak), apa bisa untuk cek administrasi nya, saya wakili sendiri, sebab anak2 saya lagi sekolah.
    dan nanti pada saat photo baru semua saya ajak ke kantor KANIM nya…? mohon info nya ?

    Balas
  4. Mau tanya :
    Kalo baru resi ktp ( karna e ktp belum selesai ) , bisa ga ngurus paspornya..?

    Lalu kalo nama saya cuma satu suku kata ( Karyadi ) , bisa ga diproses..?
    Paspor lama saya tertera nama : Karyadi Rejono ( Rejono Nama orang tua )
    Sedang kan peraturan yang baru katanya harus tiga suku kata …

    Thanks

    Karyadi

    Balas
    • betul mass, saya juga begitu. sudah 2 hari ini akses gagal mulu alias time out. knp yaaaaa

      Balas
  5. Assalamaualaikum

    selamat malam

    mohon bapak/ ibu bantuannya, saya baru saja ingin membuat pasport, saya mengikuti alur cara pembutan pasport online, web imigrasi dapat di buka, tapi setelah saya klik untuk pengajuan pembuatan online, halamannya tidak tersedia, lalu saya harus bagaimanapak/bu ?
    mohon tanggapannya

    wassalam

    Balas
  6. saya mo nanya pk. pas kemaren aq daftar bikin paspor ada masalah.. lalu aq batalin.. klo aq mau bikin lg msih bisa gk pk

    Balas
  7. pak saya mau tanya, nama saya di akta kelahiran dan ktp pudjianti tetapi di kk ayah saya malah menulis fujiyanti. bermasalah juga ga pak ya kira2?

    Balas
  8. Mas saya mau nanya, kenapa saat buka website nya muncul tampilan clock error. Sudah di set berkali-kali tapi tetap saja muncul tampilan yang sama (clock error), saya juga sudah coba melalui smartphone android, tapi tampilan yang muncul tetap clock error. Gimana cara ngatasinnya ya mas?

    Balas
  9. Selamat pagi pak. sebelum ini sy pernah buat paspor untuk tki menggunakan jasa agen/calo. Paspor masih berlaku sampai tahun 2018. Sekarang saya mau mengurus paspor pelancong pak,yg jadi masalah nya tahun kelahiran di ktp dengan di paspor itu berbeda pak. Bagaimana kira2 cara mengatasinya pak.
    Apa akan jadi masalah atau bagaimana?
    Terimakasih respon nya.

    Balas
    • Bisa jadi masalah itu nantinya. Sebaiknya tahun kelahirannya diperbaiki pak, pihak kantor imigrasi hanya memproses pengajuan paspor yang datanya sudah sesuai semua.

      Balas
  10. Maaf mau tanya, kalau mau membuat paspor online dengan nama 3 sukukata bagaimana? Nama saya cuman 2 sukukata,
    Apa ditulis diidentitas atau bagaimana?

    Balas
  11. Mau nanya, kalau mau ngurus untuk anak di bawah 17 thn gmn? Dia blom ada ktpa. Kartu tanda pelajar jg belom terbit. Berkas apa aj yg perlu disediakan? Terima kasih.

    Balas
  12. mau tanya pak…kalo tuk ngurus paspor bisa dimana saja kantor imigrasi yg di tunjukkan?? maksudnya tidak sesuai dengan alamat ktp dan kk..saya ktp jakarta tapi sedang ada kerjaan di batam,apakah saya bisa urus paspor di imigrasi batam??
    trimaksih infonya

    Balas
  13. maaf sblmnya,saya mendapat kesulitan untuk mengisi formulir secara online.dimana saya bisa buka web untuk isi formulir online.saya sudah coba di http://www.imigrasi.go.id tp saya tidak menemukan formulir itu.terima kasih

    Balas
    • Website imigrasi.go.id memang sering banget bermasalah, susah sekali membuka website ini di jam-jam kerja, mungkin karena trafiknya padat. Coba buka websitenya malam hari atau subuh, mungkin saat pengunjungnya tidak terlalu banyak maka load websitenya lebih cepat dan bisa membuka semua halaman dengan lebih cepat.

      Balas
  14. Hi, mau sharing pengalaman aja, krn ada update tata cara utk pengajuan by online.

    Bagi pendaftar online, kita udh ngga usah upload berkas lagi, cukup mengisi kolom2 yg disediakan, dan data tersebut dicocokan saat interview aja. Jadi lumayan membantu krn server mereka kalo jam kerja sering lemot bgt.

    Dan untuk pembayaran sekarang bisa di semua bank (di spanduk di kanim depok yg saya lihat sih gitu, tp ngga rinci bank-bank mana aja, tp intinya ngga cuma di BNI aja). Oia dan untuk yang punya account BNI, pembayaran ngga harus di teller, bisa di ATM dan utk E-banking katanya masih proses development.

    Balas
  15. Mau nnya mas…bayar d bank itu sebelum verifikasi ke kanim,atau pas d kanim baru bayar??makasih…

    Balas
  16. pak…
    saya mohon bantuannya.
    kemarin saya daftarkan anak saya dua untuk pembuatan online paspor. satu sudah selesai tiggal pembayaran. yang satu saya salah, karena memasukkan alamat email yang sama dengan anak pertama, sehingga anak kedua tidak bisa diproses. ketika saya ajukan pra permohonan kembali jawabannya adalah terjadi kesalahan…
    nah saya harus bagaimana…
    bingung nih…
    please sarannya.
    terimakasih

    Balas
  17. maaf kak mau tanya, pas verifikasi data berkas asli yg harus dibawa bener cuma KTP asli, KK asli, Ijazah/Akte asli kan? sebelumnya aku cerita dulu, aku udh sempet ngurus walk-in tp ribet banget, aku udh bawa lengkap KTP asli, KK asli, Ijazah asli, Akte asli, surat pernyataan orang tua, buku nikah orang tua, KTP Ayah (tiri), udh isi formulir juga. tp di tolak. karena katanya saya harus atas izin ibu kandung, KTP Ibu kandung bukan ayah tiri, surat cerai, sedangkan KTP ibu saya hilang kalo ngurus lama dan saya mau ke Bangkok awal september. jd saya berniat daftar online aja kalo misal yg dibutuhin dibawa cuma KTP asli saya, KK asli, Ijazah asli, dan Akte Lahir asli. terimakasih kak

    Balas
  18. Selamat sore Bapak/Ibu
    Saya ingin menanyakan, kan saya sudah daftar online saat saya ingin membayar ke bank, tapi teller sudah tutup sementara format online sudah saya masukkan. apakah nanti saya masuk ke situsnya masukkan datanya lagi langsung ke permohonan pendaftar atau ada solusi ?
    mohon infonya
    terima kasih
    salam

    Balas
    • Halo ibu Jeddah

      Kalau jadwalnya yang ibu input di website ternyata sudah lewat (misalnya pembayaran telat karena teller sudah tutup), maka perlu memasukkan data lagi bu dari awal. Saran saya, jadwalnya jangan dibuat terlalu mepet. Sesuaikan dengan waktu senggang ibu.

      Balas
  19. isi data menemui kesulitan untuk mengisi tanggal berlakunya ID (ktp)
    Padahal harus diisi tanggal berlakunya, sedang di KTP saya berlakunya SEUMUR HIDUP.
    Ada pencerahan buat saya mas-mas dan mbak-mbak.
    Terima kasih

    Balas
  20. Just info, saya baru saja mengurus paspor via online dan biaya total skrg adalah 360 rb (355 biaya paspor + 5rb biaya admin bank)

    Balas
  21. Saya mau tax. Saya sudah daftr online. Kemudian. Berkas saya seperti ktp dn akte sudah ada. Namun kk saya yang asli dikampung. Dan hanya ada kopian yang dilegalisir capil. Apa bisa mengurus paspor ya??

    Balas
  22. Maaf mau tanya, untuk ktp yang masa berlakunya sudah seumur hidup bagaimana ya isi masa berlaku ktp pada saat pengajuan online.
    Terima kasih

    Balas
  23. Pak saya tanya , di (Tips#1) di jelaskan bahwa “Pada saat datang ke Kantor Imigrasi, jangan lupa untuk membawa berkas-berkas ASLI, seperti KTP, kartu keluarga, dan salah satu dari akte lahir/ ijazah/ surat nikah” .Kalau saja berkas yang saya bawa KTP(Asli) Ijazah(Asli) KK(Fotocopy) ,Apakah sama pihak kantor imigrasi tetap tidak mau memprosesnya? Terimakasih

    Balas
  24. May Tanya sama siapa sja yg tau, klo scan berkas nya yg asli bisa gk yah…..!!?

    Balas
  25. Thanks banget y k..setelah aq bc recom kk aq cb2 eh lgsg tanggapi baik dan aq jg sdh foto&wawancara tinggal tunggu ambil pasport siap2 go international dech hehehehe

    Balas
    • pak mau tanya kalau yg asli nya di kampung tapi di kirim via whatsap terus saya print , itu bisa ngak yaa di proses pa di tolak ma imigrasi nya thank you all tolong pengarahan nya

      Balas
  26. Terima kasih banyak atas artikel cara membuat paspor.. kebetulan minggu depan saua mau urus paspor.. terima kasih

    Balas
  27. Bagaimana cara membuat pasport kalau tidak punya ktp. Apakah boleh menggunakan kartu pelajar dan pada saat ke luar negeri menggunakan kartu pelajar apakah boleh ?

    Balas
  28. Waktu saya sementara ngisi data pribadi sya. Saya ditanya “batas waktu berlakunya ktp” saya sedangkan ktp saya sudah berlaku semumur hidup, trus di kolomnya hrs diisi dgn angka tdk boleh dgn kata “seumur hidup” jdi sy hrs mengisi apa utk kolom itu?

    Balas
  29. Maaf mas, mw tanya diantara syarat akte, ijazah dan buku nikah itu salah satu nya aja atau harus ada semua nya?
    Saya mw urus paspor tapi akte lahirnya hilang…
    Makasih yaa

    Balas
  30. Malam..
    Saya sudah pernah buat paspor tahun 2008 sampai proses sidik jari & foto. Tapi pada saat wawancara ternyata ada data yang salah (nama orang tua di KK & akte berbeda). Saat ini data sudah diperbaiki..apakah data di imigrasi masih ada? Atau saya harus buat paspor dengan pengajuan baru?

    Mohon informasinya

    Balas
  31. Kk mau tanya kalau syaratny2 masih domisili kampung terus mau buat passpor di jakarta selatan apa bisa…..terus kk sama ijasah nama ayah purwoto di kk nama ayah agus suliono ayah tiri bagaimana kk mohon pencerahanya kk makasih

    Balas
  32. Pak saya mau tanya di ktp saya lahir di malang terus mau buat passpor di jakarta selatan apakah bisa pakpak….

    Balas
  33. maaf mohon balas pertanyaan saya ini saya sungguh2 mau mengurus paspor bagai mana sulusi nya ini…

    Balas
  34. Permisi gan Marikxon saya mau tanya dong masalah biaya pembuatan paspor baru yg biasa, kalau yg disebutkan di beranda paspor 24H 155k dan 48H 355k, apakah itu sudah nett atau ada tambahan biaya lainnya ? jika ada kira2 berapa persen dr harga itu, terima kasih atas tanggapannya :)

    Balas
    • Kalau untuk bikin paspornya tidak ada biaya tambahan lain. Ada tambahan biaya ongkos taksi menuju kantor imigrasi dan biaya makan siang, selain itu ga ada.

      Balas
  35. maaf Pak mau tanya peraturan membikin paspor yang benar bagai mana….? soalnya saya kemaren daftar melalui on line, tapi kenapa prosedur tidak sesuai apa kah peraturan nya berobah…? kemaren saya di suruh bayar dulu di Bank BNI sebesar Rp 355 000, padahal saya belum mengirimkan data2 saya ke kantor Imigrasi, dan apa kah wawancara bisa gagal….? apa bila gagal uang Rp 355 000, hilang/tidak Pak mohon penjelasan nya…terima kasih sebelum nya….

    Balas
  36. Gan mau tanya prapermohonan itu harus di print lagi atau bisa langsung tunjukan dari hp soal pembayaran ke bank??

    Balas
  37. tanya donk pak, klo pasport expired 02.2014 itu harus perpanjang atau bikin baru lagi y pak?? trimakasih

    Balas
    • Penggantian Paspor Biasa dilakukan jika:
      – Masa berlakunya habis;
      – Halaman penuh;
      – Hilang; atau
      – Rusak pada saat: proses penerbitan; atau diluar proses penerbitan, sehingga keterangan di dalamnya menjadi tidak jelas atau memberi kesan yang tidak pantas lagi sebagai dokumen resmi.

      jadi walau paspor kita udh habis masa berlaku 1 th atau lebih pengajuan kita tetap “PENGGANTIAN PASPOR” jika kita apply “BUAT BARU” dan telah melakukan proses pembayaran maka pembayaran tersebut HANGUS, tidak bisa di pindah peruntukannya untuk PENGGANTIAN PASPOR. demikian informasi dari IMIGRASI JAMBI

      Balas
  38. ask. jika dokumen aslinyahanya KTP saja yang bisa di bawa bagaimana ya? mengingat sy kuliah di jawa timur, sedangkan asal sy dr jawa barat, jd dokumen spt KK, dan akta kelahiran hanya ada foto copy saja.

    Balas
  39. Mau tanya pak, saya pnya KK nama ayah tiri sdngkan d ijazah ayah kandung, ayah sm ibu saya sdah pisah 20 tahun yg lalu, jadi saya dapat surat keterangan dari kantor kelurahan bisa ngak?
    Karena KUA ngak bsa mngeluarkan karena ayah sm ibu saya tdk bercerai reami, mksh mohon keterangannya

    Balas
      • pak, saya kan gak ada akta kelahiran tapi ada KTP , di KK ada nama ibu dan di ijazah ada nama ayah kandung tapi ayah saya WNA , dan diurus urus urus , gak bisa katanya ibu saya ayah kandung harus yang urus akta kelahirannya, sekarang ibu saya sedang di turki , itu solusinya bagaimana? , apa saya harus pindah negara juga hanya karena gara gara akta kelahiran atau ada cara lain ? soalnya saya butuh ke singapura mbak buat cari pengalaman gitu , bisa jawab saya salut pak hehe

        Balas
  40. pagi pak,
    mau tanya
    kalau misalkan ktp saya tidak sama kota yang saya tinggal sekarang
    apakah harus membuat surat pindah?

    Balas
  41. sore pak marikson…saya baca tadi persyaratan pasport akte lahir/ijazah/akte nikah….itu yg dibutuhkan salah satu aja atau ketiganya pak?

    Balas
  42. Saya mau tanya , ap foto copy akte di harus kan jika tidak pnya akte kelahiran gmn ?!!
    Trimakasih

    Balas
  43. Maaf saya mau tanya… misalnya saya daftar online hari ini terus bayar besok tapi tanggal kedatangannya bulan maret tidak masalah kah? Terima kasih

    Balas
  44. Saya bikin paspor secara online om. Daftar online hari senin (kirim fotocopy dokumen secara online ke web imigrasi) dan languns bayar di BNI, atur jadwal kedatangan hari jumat, wawancara trus foto dan hari rabu minggu berikutnya paspor saya sekeluarga sudah jadi.

    Pembuatan paspor terbilang cukup cepat dan mudah, hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat pembuatan paspor secara online yaitu : lampirkan bukti pembayaran dan jadwal kedatangan yang telah dikonfirmasikan melalui email yang bersangkutan.

    Balas
  45. Apakah untuk membuat paspor ini harus punya npwp? Soalnya saya dengar kalo npwp dibutuhkan dalam pembuatan paspor.

    Balas
  46. Saya mau tanya, apakah pembayarannya hanya melalui BNI? atau bisa melalui Bank lain? Mohon infonya ya. :)

    Balas
  47. Mau tanya pak, saya pnya KK nama ayah tiri sdngkan d ijazah ayah kandung, ayah sm ibu saya sdah pisah 20 tahun yg lalu, jadi saya dapat surat keterangan dari kantor kelurahan bisa ngak?
    Karena KUA ngak bsa mngeluarkan karena ayah sm ibu saya tdk bercerai reami, mksh mohon keterangannya

    Balas
  48. Maaf saya mau tanya untuk persyaratan akta lahir ijazah surat nikah itu harus ada semua atau hanya salah 1 saja??karena dari sarat tersebut ada salah satu punya saya yg hilang. Terima kasih

    Balas
  49. Maaf mau tanya untuk syarat yg berupa akta lahir ijazah sama surat nikah itu harus semua apa hanya salah satu ya??? Terima kasih

    Balas
  50. Bagai mana dan apa saja syarat untuk membuat paspor untuk anak yg ber usia 9 th ?????? Terimakasih

    Balas
    • Membuat paspor anak caranya sama saja seperti membuat paspor orang dewasa. Paspor anak bisa diurus oleh orang tuanya langsung, harus ada akte lahir si anak dan data orang tuanya.

      Balas
  51. Bagai mana cara mengurus pasport untuk anak?
    Dan apa saja yg menjadi syaratnya?
    Terimakasih sebelumnya

    Balas
  52. M’f om say krang paham… maksud dari KANIM d atas apa y.. sbuah kantor jga kah..?
    Trims

    Balas
  53. maaf mas,biasanya pas wawacara yang di tanyakannya apa mas…mohon jawabannya

    Balas
  54. Maaf agan2 mau minta saran nih :(
    identitas sy belibet banget ni. Saya mau bikin paspor (pertama kali bikin) info yg agan tulis udh sy baca. Saya perlu masukan2 yg mungkin agan2 lebih tau dan bisa cepat. Renacana saya mau ke korea tgl 2 desember 2015 berhubung identitas kacau semua mungkin jadi telat.
    # akta lahir asli ada, ktp asli ada tp belum jg e ktp (blm di urus2) :(, kk asli ada. Yang jadi masalah soal IJAZAH yg asli HILANG (lupa simpan dimana karena pindah2 tempat)
    Ijazah SMP ada, SMA ASLI HILANG, masuk univercity ga kelar udh smt 7 (fotocopy an ijazah SMA mungkin msh ada di kampus.. biar lebih cepet lebih baik gimana ya gan :(
    :pake ijazah SMP dulu sementara? :'(
    :minta copyan ijazah SMA ke kampus? (mungkin msh ada) – 2009
    :urus ijazah SMA dulu ke SMA asal buat lagi yg asli?

    Nb: skr tgl di tangerang (serpong), SMA di semarang, kampus dl di cianjur. Menurut agan2 gimana ya, cara biar cepet bln desember berangkat, butuh masukan.. terus minta info lagi masalah visa… Sory panjang lebar yg males baca karena belibet maaf jangan misoh2 ya :( :D. Makasih^^

    Balas
    • Akta lahir + KTP Asli + Ijazah SMP, bisa kog mas. Langsung aja bikin, ntar telat lho ke Korea nya… mau ikut audisi KPOP ya hehehe

      Balas
  55. Ini kan ktp saya seumur hidup
    Trus gimana cara nya ngisi (berlaku hingga nya) ?
    Tolong di bantu yah soalnya butuh
    Dan waktu libur gak ada

    Terima kasih sebelum nya

    Balas
  56. Selamat siang kak Max…
    Sebelumnya terima kasih banyak karena telah meluangkan waktunya untuk menjelaskan seberapa rumitnya pembuatan paspor. Dengan adanya tulisan kakak ini benar-benar membantu Saya.
    Tadinya Saya hanya ingin mencari informasi tentang pembuatan paspor, yang saya tahu pembuatan paspor hanya bisa dilakukan langsung lewat kantor transmigrasi tetapi ternyata tidak, dengan adanya informasi ini Saya jadi tahu jika ada pembuatan paspor melalui online beserta tata caranya.
    Saya berencana keluar negeri, jadi Saya akan mencoba saran Kak Max.

    Balas
  57. Kalo untuk anak smp bikin paspor sendiri bisa ga ya? Soalnya kan blm punya KTP

    Balas
  58. selamat sore, saya mau bertanya,
    apakah kantor imigrasi hanya buka senin-jumat?
    Terimakasih banyak atas informasinya,

    Balas
  59. Saya baru saja membuat paspor via online,
    Skrg nampaknya lebih mudah karena saya tidak perlu mengupload data datanya via online, cujup isi form online saja yg isinya berupa data pribadi di website imigrasi, kemudian kita akan diberikan Nomor pembayaran,
    Pembayaran langsung saya lakukan hari itu juga di kantor cabang BNI terdekat, disana cukup katakan ingin membayar paspor Dan berikan Nomor pembayaran yg diperoleh saat online tadi ke tellernya.
    Yak kemudian dikenakan biaya Rp 355.000 (passport 48hal) Dan biaya admin + Rp 5000

    Setelah itu kita diberikan print bukti pembayaran dari Bank BNI,
    Setelah itu kembali online dan masukkan No Jurnal Bank yg tertera di bukti pembayaran.
    Setelah itu pilih KANIM dan tanggal kedatangan kita.
    Setelah berhasil kita akan diinformasikan via email Surat yg berisi data pribadi, jadwal kedatangan dan tempatnya ,juga disertakan barcode pada email tsb, yg nantinya harus diprint kemudian dibawa ke KANIM beserta dokumen asli&fotocopy KTP, KK, Ijazah, print bukti pembayaran BNI.

    Sisanya sama seperti proses biasa, datang, antri, verifikasi data, wawancara dan photo.
    Oh iya, bagi yg belum pernah memiliki passport sebelumnya nanti juga harus membawa/mengisi Surat Pernyataan karena sy tidak tahu, saya ditawari untuk membeli Surat tersebut seharaga Rp 8.000 (sudah beserta materai) di koperasi KANIM tsb.
    Saya di wilayah Cirebon.

    Passport akan selesai setelah 3 hari kerja.
    Sekian

    Balas
  60. no permohonan dapetnya dari mna ko masukin 24H salah trus…… tolong di bantu ya

    Balas
  61. dear Bang Max, sangat bermanfaat skali sharingnya..

    saya berencana membuatkan passport baru untuk anak saya yang masih berusia 14 bulan sekalian perpanjangan passport istrinya.

    Barangkali Bang Max tahu, kira2 apakah proses ini bisa dilaksanakan online ya? terutama passport baru untuk bayi?

    terima kasih

    Andit

    Balas
  62. Thanks bang Marikxon. Sangat membantu sekali. Kebetulan akan buat passpor jadi tidak perlu datang berkali-kali ke kanim. Hehehe

    Balas
  63. Mba mega, kok begitu ya??
    Padahal kan aktenya sah dikeluarkan catatn sipil.

    Berarti memang harus ada 1 dokumen asli lama? Cape deh

    Balas
  64. Mas terima kasih atas informasinya. Saya mahasiswa yang berdomisili di Jakarta. Yang ingin Saya tanyakan. Apakah waktu melakukan proses wawancara DIWAJIBKAN membawa Berkas-Berkas yang asli atau hanya membawa copy-an sudah cukup?

    Balas
  65. btw mau nanya donk klo buat paspor ini bisa ga di tmpt domisili skrg bkn ditmpat asal domisili seblumnya dgn ktp asal domisi sblumnya tp sudah i-ktp?

    Balas
    • Kan sudah dijelaskan mba Mega, kita bisa bikin paspor di mana saja, tidak harus sesuai dengan alamat di KTP. Misalnya alamat di KTP di Jakarta, mau bikin paspor di Bandung, bisa mba.

      Balas
  66. Jadi itu bayar atau engga ya? Saya sedikit terkecoh dengan kata-kata “Kita tidak perlu membeli formulir karena diberikan secara gratis oleh pihak Kantor Imigrasi” dan “setelah itu Anda harus membayar biaya pembuatan paspor sebesar Rp 255.000,- di loket pembayaran” . Jadi nanti kalau suruh bayar itu wajar atau engga? Hehe maaf kalo berkesan bodoh atau gimana, soalnya saya belum pernah mengurus beginian,trimss..

    Balas
    • Bikin paspor ya pasti bayar bu hehehe. Map dan Formulir isiannya yang gratis, perlu saya beritahu karena ada beberapa orang yang bertanya mengenai hal itu.

      Balas
  67. Saya tadi buat manual. Ditolak. Karena akta kelahiran saya baru bikin. Sebab, ijazah sd dan smp hilang T.T saya kira menggunakan akta baru masih bisa buat tapi ternyata nggak bisa juga :( padahal. Ntah kenapa rasanya sulit sekali atau emang birokratnya yg mempersulit:( sekian pengalaman. Kalau lewat online sama saja pasti bakal ulang karena datanya sama saja saat pemeriksaan berkas :(

    Balas
  68. @aya : mba, masih butuh KK dan AKTA LAHIR yang asli ga ya buat bikin paspornya? Thx, please dijawab yaa

    Balas
  69. Info baru nih, hari ini (22/09/2015) saya membuat passpor secara online dan prosesnya sangat mudah, khususnya bagi yang sudah memiiki e-KTP. Kita hanya tinggal memasukkan data pribadi dan orang tua, lalu langsung dapat verifikasi dan ke Kanim-nya langsung.

    Balas
  70. Ktp saya purworejo tetapi saya kuliah fi bandung dan mau bikin pasport lewat kantor imigran bandung boleh tidak?terimakasih

    Balas
  71. bagaimana jika ktp saya belum jadi tapi saya mempunyai biodata yg dibersertakan nik dari kecamatan. apa saya bisa membuat paspor?

    Balas
  72. terimakasih ya informasi beserta tips nya, sebab saya tertarik untuk pergi ke luar negeri dan kurasa ini sangat berguna bagi saya.. tks. salam

    Balas
  73. bagaimana jika ktp saya jakarta selatan, tapi saya mengurus permohonannya di Bandung karena saya kerja di bandung. apakah bisa?

    Balas
  74. assallamualaikum, bapak atau ibu saya mau tanya bagaimana pembuatan pasport to perusahaan atau gabungan … terimakasih

    Balas
  75. setidaknya sya sdh memahami cara bkin paspornya Min, Thanks ya… mskipun blum ada rencana untuk ke negeri Asing :D

    Balas
  76. Assalammualaikum,ma’af bpk ibu saya mo tanya kalo memperpanjang passport gimana?dan mo tanya saya pemegang pasport thun 2012 dulu saya tki ke negara timur tengah tpi skrang mau coba kerja ke negara asia apakah saya harus buat pasport yang baru apa cukup memperpanjang aja?mhon jawabanya,terimakasih…

    Balas
  77. artikel nya sngat bermanafat mas…izin share juga di blog sya ya..terima kasih

    Balas
  78. apak mau buat passort mesti pakai surt keterangan kelakuan baik mas? saya kok di minta gitu jawa barat

    Balas
  79. kemaren waktu ke singapur ajah jadinya 1 bulan,,, mesti bayar duit jalan dulun kalau mau cepet,,, aaiihhh capedeeee bikin passport indo -_- semuanya duit2

    Balas
  80. Terima kasih banyak mas informasinya, kebetulan saya ingin mengurus passpor ke Malaysia untuk kelanjutan study saya disana..

    Balas
  81. Mas, ktp-ku dalam bentuk surat keterangan, soalnya yg e-ktp gak bisa dibikin, katanya gak ada bahannya gitu.. apa bisa diajuin online KTP berbentuk surat keterangan, Mas?
    terima kasih.

    Balas
  82. Saya sudah punya paspor 24 halaman, bikin tahun 2009 paspor TKI dan sekarang saya mau umroh, kemarin saya bikin paspor untuk umroh malah di tolok ya??

    Balas
  83. info yang bermanfaat, namun sayangnya secara real pembuatannya tetap saja dianjurkan datang. :D

    Balas
  84. info terbaru, paspor 24h sudah sama dengan 48h. Hanya beda di tarif dan jumlah halaman saja. Ada yang pengalaman daftar online paspor 24h? kenapa pilihannya tidak ada ya? Saya telpon kantor imigrasi, tidak diangkat. Saya email, belum dibalas…

    Balas
    • oo.. pas sudah dibalas email saya barusan:

      Yth, Ibu Melia

      Saat ini layanan paspor 24 halaman untuk seluruh kantor imigrasi di Indonesia ditutup sementara sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan. Ini adalah kebijakan dari pemerintah dengan bertimbangan berbagai hal.

      Hormat Kami,
      Imigrasi Jakarta Timur

      Balas
  85. hai, mau tanya kalau kita sudah daftar online, dan sudah dijadwalkan, apa bisa kita datang lebih cepat dr tanggal yg sudah ditentukan? karena buru2 nih huhuhu

    Balas
  86. seumur-umur belum pernah buat passport ,, sampai2 ada yang online ternyata.. mau keluar negeri masih jadi impian.. tapi lumayan agak ngerti tentang passport

    Balas
  87. Dear admin,
    Mau menanyakan kalau kita datang ke kanim tapi lebih cepat dari jadwal yang tersedia sesuai yang tertera di pra permohonan online,apakah bisa? Karena saya butuh paspor cepat, trm kasih.

    Balas
  88. Bapak/ibu saya mau bertanya
    Kalau misalnya kita sudah mencetak pra permohonan, menentukan jadwal dan sudah membayar ke bank bni
    Tetapi pada tanggal tersebut kita mendadak tidak bisa hadir, apakah uang yang kita bayar ke bni itu juga hangus?
    Mohon jawabannya
    Terimakasih

    Balas
  89. kok setelah saya lakukan langkah 4, tapi tidak muncul langkah 5 (upload file JPEG) ? maupun langkah 6.
    tapi ada kolom utk mengisi ttg alamat, nama ayah, ibu, suami/istri, no hp/tlp, tempat tanggal lahir ayah/ibu/suami/istri. setelah saya coba isi dan klik lanjut. Langsung menuju langkah 7, masukkan kode gambar utk proses veriviaksi.
    terus kolom upload nya dimana ya ?
    ada yg bisa bantu jawb ?

    Balas
  90. Mas/ mba.. Setelah kita dapet paspor.. Trus gimana lagi biar kita lancar k knagara tujuan.. Mksd saya perlu k kantor Kedutaan Negara yg qt tuju atau ngga.. Mksh

    Balas
  91. Mas dan Mbak, saya mau nanya, kalo misalnya verifiaksi paspor online untuk memilih hari kedatangan apakah bisa dilakukan hari sabtu/minggu juga? terimakasih

    Balas
  92. Kalau ank umur 5th mau ikut liburan ke singapur,org tuanya udah cerai n ikut mamanya,dia udah punya akte tp belum punya kk. gimana syarat bikin paspornya ya?

    Balas
  93. kalo tanda terima pra permohonan belum di print trs hilang, bagaimana mendapatkannya kembali?terimakasih

    Balas
  94. wah senang nih dapat tutorialnua punya rencana keliling dunia sih klo dah sukses blogging

    Balas
  95. Mas, kalau data tempat lahir di ktp berbeda dgn yg tertera di akte kelahiran/ijazah bagaimana?

    Balas
  96. servernya bosok,masa’ pemerintah servernya kalah dengan yg public free,padahal mereka dibayar rakyat,masa’ ga bisa beli server yg joss,negara macam apa ini,pemerintahan cuma buat mainan,hanya sarana untuk meraup uang,bajingan semua

    Balas
  97. Update info

    Saat ini permohonan paspor online tidak upload dokumen.

    Paspor 24 halaman bukan paspor khusus TKI, paspor 24 halaman memiliki fungsi dan derajat yang sama dengan paspor 48 halaman. Hanya beda jumlah halaman dan biaya yang harus dibayar. Sehingga masyarakat umum dapat membuat paspor 24 halaman.

    Saya sendiri pemegang paspor 24 halaman dan Saya bukan TKI :)

    Balas
  98. saya sudah coba daftar online dan keesokan harinya saya setor ke BNI, semua lancar lancar saja. Tinggal menunggu datang ke kanim Klp Gading tgl. 21 mei 2015 nanti. Untuk yg mencoba daftar online sebaiknya bersabar, saya kemarin ketika memasukkan jurnal bank 3 kali error…tapi memang harus bersabar.

    Balas
  99. kalo gak ada akte kelahiran gimana ya??
    tapi saya punya ijazah, saya binngung banget ne
    kalo harus buat akte kelahiran dullu, pasti waktu nya sangat lama sekali, mohon penjelasan yaa

    Balas
  100. dulu, online memang lbh ok dan cepat tapi sekarang..
    pengalaman d sub khusus 1.. yang nda online & online antrian ambil nomor nya jadi 1 ( jadi sama aja panjang krn yg non-online uda pada ngantri mulai jam 6 pagi..) verifikasi non-online nya lgs slesai hari itu juga.. dan pengalaman hari ini urus paspor, lebih cepat yang non-online selesai nya dah(asal dtg pagi & uda lengkap dokumen syart nya).. :((

    Balas
  101. saya daftar via online tgl 27 April 2015, tp kok saya ga di minta upload dokumen ya?
    mohon pencerahannya..

    Balas
  102. saya coba buat paspor lewat online sudah isi data dan dikirim email dari SPRI dan saya juga sdh bayar lewat BNI sebanyak 355rb+ adm 5000 dan hendak melanjutkan ternyata layanan paspor online ada masalah

    Ada Masalah!
    Maaf, Aplikasi Layanan Paspor Online (Pra-Permohonan) saat ini tidak dapat diakses.
    Silahkan mencoba beberapa saat lagi.
    Copyright � 2014 Ditjen Imigrasi Republik Indonesia.
    All Right Reserved.

    trus saya datang ke kantor imigrasi cilacap menayakan hal tsb tp tdk ada respon disuruh melanjutkan lewat online dan harus lengkap. trus gmn mau melanjutkan kalau layanan paspor online nya saja tdk bisa, saya coba dari pagi sampai malam tetep tdk bisa. ini gmn coba?. saya sms ke sms center blm ada jawaban saya telp tidak diangkat. layanan seperti apa ini? katanya lebih dimudahkan lewat online tp ternyata malah ribet.

    Balas
  103. thank you banget buat infonya. berguna banget buat saya yang hampir menggunakan jasa calo. mending uangnya buat kita makan enak. HEHE

    Balas
  104. terima kasih, sangat membantu…
    tapi selama ini saya langsung saja mengurusnya ke kantor imigrasi, mungkin nanti kalau mau perpanjang bisa coba dengan online :D

    Balas
  105. mav mo nanya,klo anak 10 tahun identitas buat ke luar negeri apa ya,apa bikin paspor jg…???
    sblm dan sesudah’a sy ucapkan terima kasih…

    Balas
  106. Mau numpang ksh info, kl daftar ol ternyata hanya bs dilakukan jam tertentu, yaitu jam 6-8 pagi aj. Selain jam itu kebanyakan eror.
    Aku sudah coba n berhasil.
    Selamat mencoba.

    Balas
  107. Katanya sekarang ini gak bisa lagi apply passport online,
    apa bener?
    keluar tulisan ini

    “Ada Masalah!
    Maaf, Aplikasi Layanan Paspor Online (Pra-Permohonan) saat ini tidak dapat diakses.
    Silahkan mencoba beberapa saat lagi.
    Copyright � 2014 Ditjen Imigrasi Republik Indonesia.
    All Right Reserved.”

    Balas
  108. Saya coba melakukan perpanjangan pasport lewat online
    asli ribet dan tak sesimple yang di janjikan
    saya sudah coba berkali2..tapi pada saat form pertama sudah muncul dan saya sudah isi, tapi kenapa form untuk pengisian / upload file ktp dan file2 lainnya gak ada muncul….
    baiknya sebelum buat, mesti perhatikan dulu apa benar2 sudah efective cara buatnya…

    bukan mempermudah tapi meribetkan…

    Balas
      • mas mau nanya kok setelah saya melakukan langkah” ampe ke 4 terus ke 5’a ga bisa
        harusnya kan ada upload ktp.kk.dan ijazah
        tolong jawabannya mas

        Balas
        • Apa mungkin sudah ada perubahan dari websitenya ya? Tutorial ini saya buat tahun 2012, kemungkinan sudah ada perubahan mas

          Balas
  109. permisi,mau tanya mas.paspor yg digunakn utk calon mahasiswa di luar negeri apakh sama dengan TKI yaitu mnggunakn jenis 48H

    Balas
  110. Mas saya uda masuk di website nya neh , kan saya rencana mau ambil yang di banjarmasin besok
    sudah masuk web memang saya maunya passport biasa
    tapi klik dimana ya formulirnya?

    Makasih ya Mas,sebelumnya saya 2x pake calo
    kali ini saya gamau pake calo
    saya mau sendiri

    thank you info nya

    Balas
  111. Mas, saya stress nih.. setelah bayar kan saya klik lanjut dan masukin no jurnal pembayaran. setelah pilih tanggal kemudian OK dan tahap selanjutnya sampai selesai seharusnya saya menerima email tanda terima permohonan kan? masalahnya sampai sekarang saya belum menerima email itu. Padahal dokumen tersebut salah satu dokumen yang mesti dibawa nanti, Gimana donk Mas? :(

    Balas
  112. Saya senang membaca web ini – karena memang lagi butuh info untuk ganti ke passport online – terimakasih semuanya -semoga saya pun bisa lancar mengurusnya.

    salam

    Balas
  113. Agan, status per hari ini saat klik di Layanan Online > Layanan Passport online ada notifikasi sbb :

    Ada Masalah!

    Maaf, Aplikasi Layanan Paspor Online (Pra-Permohonan) saat ini tidak dapat diakses.
    Silahkan mencoba beberapa saat lagi.
    Copyright � 2014 Ditjen Imigrasi Republik Indonesia.
    All Right Reserved.

    Apakah ini sifatnya sementara dan atau memang sedang dan atau sering tidak bisa proses online sekarang ?

    salam, Erna

    Balas
  114. Mau ty mas.ane kan ktp sumatera trus ikut suami ke jakarta.mau bkn paspor dijakarta apa boleh pk ktp sumatera ga tp kk pake kk abg sy yg tgl dijaksel.apa harus ganti ktp dan bt kk sm suami.ngikut tempat suami.biasa ya di pasporkan tdk ada sttus menikah atau tdk mohon dijawab

    Balas
  115. maaf mas numpang tanya. Saya kan KTPnya dari Pati, Jawa Tengah. Sekarang kuliah di Jogja. Berarti bisa bikin paspor di kantor imigrasi Jogja ya ? Terima kasih

    Balas
  116. mas kalau misalkan KTP AKTE dll nya itu di foto bukan discan itu bisa nggak ya? terima kasih

    Balas
  117. mas mau tanya dong, itu kan salah satu dari persyaratan ada akta lahir/ijazah/surat nikah, itu boleh pilih salah satu kan ? ga harus semuanya?

    Balas
  118. hi pak salam kenal, pak saya ingin menanyakan saya sdh mendaftar paspor online ,dan sudah melakukan pembayaran via bni dan mendpat jadwal foto dan wwcr pertengahan april, apakah saya bisa datang sebelum waktu yang ditentukan

    Balas
  119. Untuk pembuatan paspor online hanya untuk paspor biasa ya? Tidak bisa untuk paspor elektronik? Hari ini saya lihat tidak ada pilihan untuk paspor elektronik. Hanya ada yg biasa.

    Balas
  120. mohon maaf saya mau tanya
    rencanay saya mau berkunjung ke rmh keluarga saya yg di malaysia
    sekitar 1 bulanan saya di sana, apa saya memerlukan visa juga utk pergi ke sana selama 1 bulan ?? mohon informasinya, terima kasih

    Balas
  121. Apakah bs diperkirakan jeda waktu antara daftar online dgn dtg ke kanim. Jadi saya mau daftar online dikota yg tdk ada kanim lalu saat libur dtg ke kota yg ada kanim. Mohon bantuannya. Trimakasih

    Balas
  122. Apakah bs memperkirakan jeda waktu antara daftar online dgn saat dipanggil ke kanim..jadi saya mw daftar online dikota yg tdk ada kanim lalu saat libur kerja dtg ke kota lain yg ada kanim. Mohon bantuannya. Trimakasih

    Balas
  123. mau nanya nih, kn klau mau ke LN harus ada visanya gtu
    misalnya visa kunjungan ke Malaysia untuk 1 minggu/ 1 bln, itu kira2 harganya berapa ya?
    makasih jwbnnya :)

    Balas
    • Setau saya tidak perlu visa kalau mau ke Malaysia. Saya pernah ke Malaysia selama satu minggu, tidak pakai visa cukup hanya paspor saja.

      Balas
  124. Saya mau tanya,apakah benar kita harus membawa/menyertakan surat pengantar dr RT/RW atau dari lurah setempat?
    Soalnya teman waktu itu ada yang mengurus pasport,dia bilang sama saya harus ada surat pengantar dari pemerintah setempat.
    Mohon infonya ya.
    Makasih.

    Balas
  125. Saya coba online dari mulai cobain di pagi, siang sampai malam hari, tapi selalu GAGAL, kenapa yaa? katanya “website error, not available….”

    Balas
  126. mas…bagaimana caranya untuk membuatkan paspor orang lain?
    sementara saya sering mendampingi para calon jama’ah umroh apalagi yg usianya sudah uzur/tua

    Balas
  127. Terima kasoh gan informasinya. Dengan adanya artikel ini dengan mudah saya mengurua pasport. Rencana sih ingin ke negara tetangga malaysia sama singapure. Tanks gan

    Balas
  128. pada saat ditentukan harus ambil paspor, tapi pada hari itu kebetulan berhalangan untuk dapat mengambilnya. apakah tidak masalah diambil dihari berikutnya? dan berapa hari batas pengambilannya sejak paspor jadi?

    Balas
  129. Saya ngurus pasport baru tapi koq disuruh transfer ke bank bni padahal saya blm upload berkas apa benar ya

    Balas
    • Sebenarnya bisa saja, nanti tinggal kasi copy berkas ke KANIM. Itu cara manual, kalau punya waktu banyak bisa dilakukan.

      Balas
  130. permisi, sy mau tanya donk. kmrn sy daftar online paspor untuk suami dan udah tahap finish, tinggal datang pada tgl yg pilih untuk foto dan wawancara. nah, pas daftar paspor itu aq gak nyantumin nama ibu dan bapak serta alamat soalnya ortu suami udh gak ada, jd di kk tinggal nama suami sy aja. apa di tolak sama kanimnya, trus betulinnya gmn?
    makasih jawabannya

    Balas
  131. enak sekarang mah, mbikin paspor bisa online dari rumah…… saya mbikin paspor ofline sampi bolak balik 3 kali baru jadi…. trus lebih mahal juga

    Balas
  132. Info mas, jika ktp Jakarta tetapi mengurus pembayaran dan mengurus ke kanim di luar Jakarta apa tidak bisa?

    Balas
  133. wah sekarang udah serba canggih, enak banget yang pada mau buat sekarang. dulu pas buatnya masih offline repot banget, harus ini itu rempong deh. tapi ini suatu bentuk kemajuan, semoga menjadikan masyarakat lebih terbantu.

    Balas
  134. Saya input data ID KTP berkaku SEUMUR HIDUP kok jadi Warna kuning berarti bermaslah terus utk diisi apa KTP YG SEUMUR HIDUP YA?.

    Balas
  135. Mas, masa berlakunya brp th yaa? Trus kalo mengenai visa gmn tuuh? Soalnya aq masih blm ngerti
    Terima kasih…

    Balas
  136. Saya input di kolom pekerjaan sebagai “Pejabat Menteri” padahal saya seharusnya inputnya sebagai Karyawan Swasta, apakah akan bermasalah nanti pada saat saya akan datang ke KANIM? Sy baru input pengajuan hari ini dan sudah bayar juga dan sukses , tinggal datang hari selasa tanggal 17-02-2015…

    Balas
  137. Trmksh infonya,.saya mw nanya klo PNS , butuh surat keterangan dari pimpinan di kantor?

    Balas
    • Kalau bikin paspornya untuk urusan pekerjaan, pasti perlu surat pengantar dari kantor. Tapi kalau untuk urusan pribadi ya tidak perlu surat keterangan dari kantor. Saya dulu bikin paspor untuk keperluan pribadi, tidak pakai surat pengantar.

      Balas
  138. siang semua,barusan aq abis daftar pra permohonan paspor online,sekarang makin mudah ya cuma isi data diri dengan benar dan gak perlu upload dok seperti KTP,KK,IJAZAH.
    langsung dapet email konfirmasi untuk melakukan pembayaran.

    Balas
  139. Kalau buat bikin passpord untuk yang belum 17 tahun gimana tuh ngisi data no identitasnya (KTP)?

    Balas
  140. upload dokumen pendukung KTP. KK, Ijazah dan lain itu di kantor imigrasi k gan…. saya mau upload dokument tp g tw link onlinenya..
    thanks

    Balas
  141. Yes i know because i’m a bit knows indonesian . i’m indonesian bloodline and i have indonesian citizenship . I haven’t passport yet and just now i wanna create my own . I wanna ask does we must uploaded all of files in JPEG form. ? and then which passport should i got ? 24H or 48h ? and where i can did the payment for the passport … and by the way how many times i’d go to immigrant office ?

    Balas
  142. Yes i know i’m a bit knows indonesian because i have indonesian citizenship . But sorry i just more often to speak english . i live in indonesian now and i’m young man and i wanna going to italy and i want to know that did all of my files must be uploaded in imigration website ? in JPEG form. and then which passport i must to choose 24h or 48 h ? and where i can did its payment ?

    Balas
    • I created this article is based on my experience while making a passport in 2012.

      In the past, I am required to upload all my files to Indonesian immigration website in jpeg form, and a jpeg image file should be grayscale.

      However, some friends who make a passport in 2014 saying that at this time we do not need to upload the file to Indonesian immigration website. Just register only.

      If you frequently travel abroad, you should choose a 48h passport. But if you are traveling abroad only at certain times (eg pilgrimage, or a migrant worker) You can choose a 24h passport.

      For payment, I used to pay directly at the immigration office where I make a passport. But it’s different now, you can pay the cost of the passport in Bank Negara Indonesia (BNI).

      Hopefully my answer helps

      Balas
  143. hei sir … can i ask ? does we must to scan
    any private file we have and upload on their website ? Does must be need in JPEG format (not taken by handphone) and where we can did the payment ? Please i need help because i have friend in italy and maybe i will be work and please suggest me which passport i must to choose …

    Balas
  144. Mba, Saya salah menisi bagian ke cabang imigrasi mana yang saya tuju, dan saya sudah membayar nya, bisakah datang ke kantor imigrasi yg lain yang saya tuju?
    terimakasih

    Balas
  145. Maaf mau tanya…paspor saya khusus untuk TKI dan expired 2011 lalu, klo mau bikin lagi apa prosesnya sama dengan paspor umum atau beda???

    Balas
  146. bagaimana caranya mengisi tanggal id dikluarkan dan id berlaku sampai kapan mohon jawabanya

    Balas
  147. Mau nanya KTP saya warga kalsel, namun say ingin membuat Passport di jakarta bisa ga? 087815947726

    Balas
  148. Mas klo di Ktp nama saya cuma masita gmn ?
    Krn sy dengar hrs pake 2 atau 3 nama…
    Mohon penjelasan..
    Thank u mas

    Balas
    • Saya pernah mendengar ada orang bikin paspor tapi namanya cuma satu. Sebut saja namanya Bunga, nah waktu itu nama di paspornya jadi Ibu Bunga, saya kurang tahu juga pastinya soal ini. Lebih baik bila menanyakan langsung ke kantor Imigrasi mba.

      Balas
      • Kalau nama cuma satu kata, misalnya hanya bung… bisa tambah nama orang tua, sampai kakek juga bisa.

        misalnya nama bunga
        nama bapaknya muhammad amin
        nama kakeknya abdul kadir..
        Namanya bisa BUNGA MUHAMMAD AMIN
        atau BUNGA MUHAMMAD AMIN KADIR..
        emang sih jadi agak aneh buat org Indonesia tapi tidak untuk org yg biasa melihat nama org Malaysia atau Arab… namanya panjang sampai kakeknya

        Balas
  149. Klo di KTP nama cuma “masita” aja…ga ada tambahan lain…apa bs ya ?
    Krn sy dengar harus 2 atau 3 nama..
    Mohon penjelasan
    Thank u

    Balas
  150. Permisi mas, saya mau tanya kira kira waktu pengambilan paspor paling cepat berapa hari ya ? Trimakasi

    Balas
  151. mas, mw nanya barusan saya daftar online kok ga ada minta upload persyaratan yah ?

    Balas
    • Sepertinya sudah ada perubahan mba Diane. Artikel ini saya buat tahun 2012. Dulu masih harus mengupload copy berkas ke websitenya.

      Balas
    • Lho apa sudah menanyakan hal ini ke pihak KANIM dan bank BNI nya? Biasanya dikasi tanda terima pembayaran untuk diproses ke kantor imigrasinya

      Balas
  152. Berapa sih sebenarnya biaya pembuatan paspor via online ataupun manual datang langsung ke Kantor Imigrasi,

    terimakasih atas penjelasannya.

    Balas
    • Sudah dijelaskan di artikel tapi tetap saja bertanya hal yang sama. Mudah-mudahan pertanyaan ini bukan cuma mau nyari link dari blog Maxmanroe.com, karena kalau IYA… You Do It Wrong pak Budi :)

      Balas
  153. Halo Pak.
    Klo kita submit data online, bisa byr di kantor imigrasi ngga Pak? Thanks.

    Balas
  154. siang mas, mw nanya barusan saya daftar online kok ga ada minta upload persyaratan yah? ty

    Balas
  155. Mas Bro….
    kalo Ketrangan kelahirannya bukan yg asli (Hilang). hanya pengganti dari kelurahan bisa gak? sya gak bisa pake Ijazah coz di tahan sama perusahaan dan mau minjem ribet sekali persyartannya,…

    Balas
  156. Malam mas

    Sorry mengganggu waktu istirahatnya…Mas maaf mau tanya sekalian sya mau minta solusi…gmna ya kalo penulisan huruf/nama di ktp dengan akte lahir berbeda. Kondisinya penulisan huruf/nama diktp,kartu keluarga dan akte nikah itu sama…sementara akte lahir penulisan huruf namanya sama dengan semua ijazah saya.mana yg bisa saya pakai buat persyaratan pengajuannya?atau sya harus gmna. Thx sebelumnya. Semoga mas sekeluarga diberkahi.

    Balas
    • Harus ada surat keterangan dari pemerintah setempat mas, menyatakan bahwa terjadi kesalahan pada penulisan nama (misalnya di akte atau di KTP)

      Balas
  157. mas mau nanya, untuk paspor yg 24 halaman apa benar untuk TKI?? bukannya dipublikasikan bahwa paspor 24 hal dengan 48 hal punya derajat dan fungsi yang sama, hanya berbeda di banyak halaman saja?? jadi jika yang ingin pergi mungki hanya setahun sekali tidak perlu buat yang 48 hal, tolong petunjuknya

    Balas
  158. Mas mau nanya , kalau ktp luar daerah bisa bikin paspor di jakarta ga ? contoh ktp lombok , bisa ga bikin paspor di jakarta ?

    Balas
  159. Mas,mau tanya kalo KTP Bali tapi mau bikin pasport di Jakarta bisa gak?

    Balas
  160. Pak Bro..

    Kalau daerah Bogor.. ngurusnya ke KANIM mana ya??
    Yang di Mampang (Jak Sel) itu bisa??

    Mksh

    Balas
  161. Tulisan-tulisan om max manroe memang Jozz.. Lengkap.. Padat… Jelas… Dan rajin pula balas comment.. Seru om.. Apalagi paspor dan sgala macam masalah tetek bengekny, detail banget jelasinnya. Tq om

    Balas
  162. ma’af pak, saya terlalu tergesa-gesa, soalnya liat fotonya kayak gitu sih, ma’af y, hehe… jawabannhya?

    Balas
  163. Ma’af mba, klo biaya dengan online berapa ya? klo pas ke KANIM bawa yg hasil scan tapi yang asli, bisa ga? terus klo file yg di uplod berwarna apa bisa?

    Balas
  164. mau nanya, misalnya ktp saya domisili aceh, tapi buat paspornya di kantor imigrasi medan,apa bisa?

    Balas
    • Pada saat saya mengajukan aplikasi “penggantian – habis berlaku” juga tidak diminta upload dokumen. Sekarang passport baru sudah jadi.
      Apakah anda juga mengajukan penggantian? Atau passport baru? Mungkin menunya berbeda.

      Balas
  165. baru saja saya daftar secara online dan bayar ke BNI.
    waktu terima konfirmasi via email saya baru sadar saya salah input tempat tanggal lahir.
    apa bisa di edit di kanim atau bagaimana ya ?
    trims

    Balas
  166. Halo

    Mau nanya, saya seminggu lalu bikin paspor, trus petugasnya suru ambil minggu depan, berarti mestinya kemaren kaan, tapi saya lupaaa bangeet huhuu.. Kalo gini gimana ya?? Apakah harus bikin lagi dari awal atau masi bisa diambil aja?

    Thank u :)

    Balas
    • Ya tinggal diambil mba, telat ngambil ga masalah. Asal jangan telat sampai sebulan, karena kalau telat sebulan biasanya paspor nya dimusnahkan.

      Balas
  167. Mas saya kan daftar onlinenya via hp boleh gak berkas2nya; foto kopian ktp, kartu keluarga, dan akte lahir yg saya kirim berupa foto dr hp saja. Jadi foto kopian berkas saya foto kemudian saya kirim.

    Balas
      • kalau cuma kasih lihat dari hp, mungkin nanpi passpor-nya juga cuma dikasih yg .jpg saja, he he he ….becanda ya!

        Balas
  168. Mas, Kalau kartu gak bawa kartu keluarga yang asli gimana? pake yang fotocopy waktu ke kantor imigrasi. terus petugasnya galak2 gak mas?

    Balas
    • Hi Binar,

      Bantu jawab yah. Kalau sudah di Imigrasi, kartu keluarga yang dibawa harus asli dan bukan foto copy-an. Kalau dibawa hanya FC gak akan di urusin dan harus pulang lagi. Petugas hoki-hokian sih. Kalau lagi dapet petugas yang bener mah enak. Terkadang kalau udah siang petugas muka nya masam semua. Jadi pastiin dengan detil semua kelengkapan kamu. Tanya dengan jelas ke petugas kalo agak kurang ngerti biarpun terkadang judes cuekin aja.

      Balas
  169. pak mau tanya :1.pd th 1996 sy pernah punya paspor tp tdk diperpanjang.pertanyaan apakah pd saat akan buat lg paspor lama hrs dibawa? . 2. kk sy yg asli blm ketemu tp ada copynya bisa gak ya?.tks atas infonya

    Balas
    • Kalau Paspor kadaluarsa terlalu lama, harus membuat Paspor baru, tidak harus bawa paspor lama. Berkas-berkas harus asli.

      Balas
  170. mas saya belum punya ktp karna masih dibawah 17, kalo nomor identitasnya dikosongin kenapa gak bisa ya, harus diisi pake no identitas orang tua?

    Balas
  171. Ktp saya jawa timur,posisi sekarang di pekanbaru,apakah bisa membuat paspor secara online

    Balas
  172. Salam. Saya mau bikin pasport tp kata bpk emigresennya gk bisa bikin sbb sya pernah buat pasport tp saya blik ke indonesia mnggunakan pasport tendang. Mohon bntuannya.

    Balas
  173. Terimakasih, informasi teman2 sangat membantu saya, semoga dilancarkan urusan saya nanti Pagi di Kanim 1 Denpasar :)

    Balas
  174. mas kalau yang di upload itu scan dari dokumen asli bukan copy boleh ga? atau bener2 harus copy.. thx

    Balas
  175. Mas Max,

    maaf mau tanya nih, jika buat paspor utk anak dibawah 10 thn apakah bisa lewat online juga ya…

    terima kasih.

    Balas
  176. bang, ini lagi nyoba buat paspor online. kok gk bsa yah, udah isi data lengkap udah sampai di informasi pembayaran dan konfirmasi pembayaran trus ada code udah di klik malah muncul pra-permohonan. tidak ada tanggapan server. kode:-1
    itu gimana bang ? saya jadi bingung. tpi gk ada petunjuk uploud kk ktp dan akta

    Balas
  177. Selamat siang.
    Saya ingin bertanya, saat saya daftar online, saya selalu stuck pada poin ke 6 “pilih tanggal”. selalu tertera “terjadi kesalahan” .saya sudah coba selama 3 hari dan selalu seperti itu.kira kira apa ya sebabnya? saya ucapkan terimakasih :)

    Balas
  178. Mas maaf mau tnya,diditu dilampir persyaratan harus ada akte/ijazah/srt nikah..apakah ke 3 harus dibawa atau boleh salah satu,karena sya hnya ada srt nikah,terimakasih,mohon pnjelasanya..

    Balas
  179. proses apply online lancar
    pembayaran lancar
    nah stl konfirmasi pembayaran, pilih tanggal kedatangan… eh diujungnya kok ga muncul itu : “Tanda terima Permohonan”
    kira2 harus gmn? Apa nekat datang aja sesuai hari yg dipilih?
    mohon sarannya. makasih

    Balas
    • Coba cek email, biasanya Tanda terima Permohonan dikirim juga ke email, tinggal di download dan print. Tapi kalaupun tidak ada, sebenarnya data sudah masuk, sepertinya ga masalah datang tanpa tanda terima itu, yang penting jangan lewat tanggalnya.

      Balas
  180. Ass kak. kak mau nanya kk yang asli mutlak ya tuk dibawa ?? soanya yang aslinya ada sama orang tua dan saya jauh dariorang tua,,

    terimakasih ..

    Balas
    • harus kak, kemarin saya juga ga bawa KK yang asli dan uda ngantri 1 jam akhirnya harus pulang lagi karena ga diterima berkasnya gara gara kurang satu persyartan itu dan akhirnyaaaa KK aslinya dari kampung halaman di kirim paket hhehe :D

      Balas
  181. Bang Max, sy hari ini baru daftar permohonan paspor baru online, bsk sy mau melakukan pembayaran ke bni, bisa ga ya selesai dari bank langsung ke KANIM nya utk verifikasi data dan proses lain2 nya biar cepet jd paspor nya, krn hari kamis sy sdh hrs berangkat.. Mohon pencerahan bang, tks

    Balas
  182. Mas Max atau kawan-kawan yang tahu pertanyaan ku ini mohon di bantu jawab hehe
    aku baru isi form online, sudah berbeda ya ngga ada upload dokumen.
    aku mau tanya :
    1. No Rekening BNI nya berapa ya? aku lupa catet pas di step 3
    2. di konfirmasi email pembayaran nya bisa melalui atm/teller, jika melalui atm apakah menu khusus untuk layanan paspor online?
    3. saya tidak ada pilihan untuk memilih hari datang ke imigrasi nya, ada list hari nya selama seminggu tapi tidak bisa memilih hari apa yang saya inginkan, apakah bisa kapan saja selagi sudah mendaftar dan membayar?

    Terimakasih

    Balas
  183. Sekarang sistemnya beda dgn yg dijelaskan yah.
    Ndak ada upload2 dokumen dulu. Mesti bayar dulu.. Ditanya nama ortu dan pasangan juga hmm..

    Balas
  184. Wah, saya pengen ngurus juga tapi ada kendala sedikit tentang dokumennya. Kalo gak punya dokumen asli gak bisa banget ya? Gak ada toleransi gitu (cuma fotocopy doang) Soalnya kampung saya jauh dan kemahalan kalo cuma ke sana buat ngambil dokumen aslinya.

    Saya di Solo dan dokumen aslinya ada di Maluku Tenggara. *sedih*

    Balas
    • hai mas,,boleh urun komentar..
      kalau ada fotokopian yang dilegalisir mungkin bisa dicoba mas. kalau di kantor imigrasi banjarmasin bisa soalnya

      Balas
  185. Mas Max, mau nanya nih …
    KTP saya Jakarta Selatan, tapi saya berdomisili di kota Bogor, karena memang kerjanya di Bogor,,,,,
    Apa saya bisa membuat paspornya di Kanim Bogor ??
    Mohon bantuan infonya :)

    Balas
  186. mau nanya, akta saya hilang tapi saya punya fotokopiannya. kalo pakai fotokopiannya gimana?
    pertanyaan kedua, kalo ga pakai akta kan bisa pakai ijazah, nah ijazah saya adanya yg smp padahal saya mahasiswa. kira kira boleh ga ya? mohon bantuannya

    Balas
    • Harus berkas asli… diurus saja dulu berkas-berkasnya. Bisa pakai ijazah SMP, tp kalu udah kuliah harusnya ada ijazah SMA.

      Balas
  187. saya dari NTB, saya mau buat pasport online, apakah saya harus ke Jakarta membuatnya atau cukup dari NTB saja

    Balas
  188. kemaren tanggal 2 des saya ngurus paspor langsung ke kanim, trus kan udah tuh tinggal bayar aja, nah yag saya binggunin itu, di kertas permohonan ada tulisan >> 1. pemohon datang kembali 3 hari setelah pembayaran di bank.
    2. harap melakukan pembayaran di booth di kanim. <<
    nah itu maksudnya saya trasfer dulu abis itu datang ke kanim lagi, harus bayar lagi atau gimana ya ato cuman konfirmasi aja.?, saya masi bingung.

    Balas
    • Setahu saya sekarang sistem pembayarannya melalui bank BNI. Bayar dulu di bank BNI setelah itu baru ke kantor Imigrasi mba Rere. Kalau dulu saya bayar di kantor Imigrasinya, tapi banyak teman-teman yang bilang sudah ada perubahan tentang tata cara pembayarannya. Saya sarankan banyak bertanya ke orang bank BNI nya atau orang di kantor Imigrasinya.

      Balas
  189. mas kalo paspor umrah dgn paspor 48h (maksudx paspor biasa) sama yah? trus kalo anak2 kelas 6 sd syarat n berkas apa yg harus dilengkapi. thans

    Balas
  190. Mas, ada 2 hal yg perlu saya tanyakan :

    1. Pembayaran hanya bisa dilakukan melalui Bank BNI saja ya? atau bisa juga melalui Bank lain?
    2. Mengenai masa berlaku paspor (apabila sudah expired kira-kira 5thn lbh) apakah ini masih bs di sebut perpanjang online atau mesti buat baru lagi yah?

    Balas
    • 1. Setahu saya saat ini bayarnya lewat BNI saja.
      2. Sudah kadaluarsa terlalu lama, itu sama saja membuat paspor baru mas :)

      Balas
  191. Mas mau tanya nih, kalo pas ke kntor kanimnya setelah mmbuat permohonan apa kita harus memperlihatkan berkas yang asli sperti KK asli? Soalnya saya di Bogor dan saya pnya ftokopiannya saja yg aslinya ada di Bandung, mohon bantuannya ya terima kasih..

    Balas
    • Berdasarkan pengalaman saya, kita harus memperlihatkan berkas aslinya mas. Kalau kita ga bisa memperlihatkan berkas aslinya, pihak KANIM tidak mau memproses pengajuan paspor kita.

      Balas
  192. Mas saya mau ganti paspor TKI tuk jadi paspor pribadi kirax habis berapa ya mas ?..sblumnya makasih atas pertlnganya

    Balas
  193. mas, saya mau bertanya
    akta kelahiran saya hilang, tetapi copyannya ada
    yang dimaksud dari copy akte lahir/ ijazah/ surat nikah. itu salah satu saja atau harus semuanya ya? terima kasih

    Balas
  194. mas kalo tidak punya printer di rumah, apkah berkas yg harus dicetak bisa dimasukkan ke flashdisk untuk di print di luar?

    Balas
    • Lho berkasnya kan tinggal di Foto Copy mba, di-print di luar maksudnya gimana? Yang diprint cuma bukti Bukti Permohonan, bisa diprint di mana saja.

      Balas
  195. Mas, saya sudah pernah membuat pasport di kota tanjung pinang kepriau dengan KTP setempat, tapi sudah expayart, sekarang saya mau sambung lagi/ buat lagi di kota Batam dengan KTP batam, karena saya sudah ganti domisili di Batam, gimana yah cara dan sharan nya, thanks lot mas..

    Balas
    • Kalau udah expired, mendingan bikin paspor baru. Bikinnya bisa di kantor imigrasi Batam mas Agus, sesuai dengan KTP terbaru.

      Balas
  196. Pak KTP saya sidoarjo tp saya skrg domisili di solo. Saya pengajuannya ke kanim di solo bisa?

    Balas
  197. Mau tanya mas.. kan di sby sekarang imigrasi buka di mall. apakah ada syarat tertentu mana yang bisa di mall mana yang harus di kantor imigrasi kelas 1 surabaya. saya sudah apply aplikasi secara online untuk perpanjangan e paspor rencana selasa besok ke imigrasi. terima kasih

    Balas
  198. Mau tanya dong mas marikxon
    Setelah kta pegang tanda terima pra permohonan, itu kan di suru bayar ke bank bni
    Itu kta bayar dl ke bank bni nya trs bru ke imigrasi atau kta ke kantor imigrasi dl bru di bayar??
    mohon info nya

    Balas
  199. saya mau tanya mas Max..
    itu berlaku gak untuk daerah terpencil seperti di NTB gitu,,
    soalnya ngurus paspor dsini ribet banget,,,

    Balas
  200. Halo, nama saya ghaida. Saya kemarin mengajukan surat permohonan paspor online. Sudah melakukan pembayaran ke BNI. Namun terjadi kesalahan, saya memilih jenis paspor 24 H. Sedangkan jenis paspor yang saya ingin ajukan adalah 48H. Jadwal kunjungan saya ke kantor imigrasi hari rabu. Bagaimana tindak lanjutnya? Ada yang berpengalaman? Mohon bantuannya. Terimakasih.

    Balas
  201. Dan kalo belum dapet kartu pelajar dari sekolah yang sekarang, smk, boleh pake yang smp nya?

    Balas
  202. saya berada di saudi arabi dan saya mau pulang ke indonesia karena saya akan mengurus surat nikah dengan suami saya , apakah saya bisa bikin pasport baru atas nama lengkap saya? karena pasport yg aq pakai bukan nama asli saya , tolong jawabannya terima kasih

    Balas
  203. thanks sangat membantu.

    Yang mau saya tanyakan apakah beda satu huruf tidak masalah, contoh :

    KTP dan KK saya : DANI ACHMAD tapi
    AKTA KELAHIRAN : DANI AHMAD.

    trims.

    Balas
  204. Terima kasih agan, informasi ini perlu banget soalnya lebih praktis, ternyata membuat paspor pake daftar online dulu lebih cepet ketimbang bolak balik ke imigrasi.. terima kasih atas informasinya mas :)

    Balas
  205. mas kan waktu penentuan tgnya saya lupa mengkli tgl kpn saya bisa ke kantor imigrasi… di pembayaran ke bank BNI nya pun gak ada gmn,,, bs tau tgl brp saya bs kesana… tktnya ini tanda terima tidak brlaku lagi,,,,??? tlong infonya ya mas,,,, trims…

    Balas
  206. Halo mas mau nanya nih apa benar diharuskan membuat paspor online juga yang biayanya 600rb?

    Balas
  207. Maaf mas mau tanya, klo utk kanim bdg kan itu katanya bayar pas hari H, nah itu konfirmasi yg via email gmn ya? Diabaikan saja?

    Balas
  208. Assalamu’alaikum.. Selamat Pagi… Mas, klu alamat saya skrg berbedaa dg KTP itu bermasalah ga kalau ngurus visa-nya entar. Dulu alamat saya Tebet, skrg di cempaka putih, tp KTP saya blm ganti. Terimakasih utk infonya..

    Balas
    • Ini cara membuat paspor bukan visa. Tidak masalah beda alamat ktp dan domisili, yang penting berkas aslinya lengkap dan sesuai dengan nama asli

      Balas
  209. Terimakasih info nya. Berkat anda, saya lancar2 jaya melakukan segala proses pembuatan paspor secara online ini hingga proses foto dan pengamblan sidiq jari sampai pengambilan paspor. Ga ribet, mudah, antrian d bedain antra pemohon online dan non online.

    Balas
  210. hi hari ini saya baru saja mendaftarkan paspor online untuk Ibu saya, ya kali ini kita diwajibkan untuk membayar via BNI sebesar 355 ribu, dan sudah pilih tanggal wawancara untuk lusa. Tapi kok saya tidak menemukan field untuk upload document, atau mungkin sekarang ada perubahan sistem ya? Identitas ibu saya yang diminta hanyalah alamat nomor KTP serta identitas salah satu pihak keluarga yang ada di dalam 1 KK yaitu ayah saya.

    selain keganjilan tersebut sih lainnya lancar2 saja, sejauh ini sih ibu saya sudah membayarnya via BNI dan sudah melanjutkan registrasi serta menentukan tanggal wawancara. Nanti kalo udah wawancara update lagi deh biar makin lengkap info buat netizen yang mau bikin paspor online juga :D

    Balas
  211. Bro nanya nih untuk kunjungan foto setelah daftar via online,berapa hari ya
    Sama estimasi waktu dari awal s/d selesai berapa hari juga broo
    tks untuk infonya,ditunggu

    Balas
  212. hi mas selamat sore. saya mau tanya nih,saya mau buat passport tapi tidak ada akte kelahiran soalnya akte tsb ada d office dan ribet sekali pengambilannya. nah bisa d ganti sama ijazah/surat nikah kan? itu maksudnya surat nikah bapak/ibu ato bagaimana? ijazah pun tidak harus ijazah terakhir kan?
    terimakasih ~

    Balas
    • . klo anda ga akte lahir bisa diganti ijazah/ surat nikah bila sudah menikah. salah satu saja,….. dan ijazah boleh sd, smp, sma, atau perguruan tinggi.

      Balas
  213. Tx banget mas atas infonya.. saya sdh coba, tapi kok utk buat paspor anak dibawah 12 tahun susah sekali ya input datanya.. kan kalo anak2 NIK nya yg ada di KK aja..lha KK kan g ada masa berlakunya…masak dikosongin g bisa next jadinya.. apakah ada info mengenai ini? Tx be4

    Balas
  214. Mas mau tanya, ini berlaku juga untuk penduduk yang tinggal diluar daerah. contohnya saya, dari sulawesi dan saat ini tinggal di Batu Malang, apakah untuk pengajuan dan pengambilan saya bisa datang ke kantor imigrasi di malang, menurut beberapa orang saya harus pergi ke Palu lagi untuk mengurusnya. Trimakasih, mohon tanggapannya

    Balas
  215. Apakah pasport 24 bisa di pkai untuk mlancong?
    Dan kalau tidak bisa bgaimna cara merubah pasport 24 ke pasport 48? Mohon informasinya

    Balas
  216. makasih bro infonya
    bulan depan ane mau liburan k luar negri untuk pertama kalinya

    Balas
  217. kalau dari luar yah, asalku bandung tapi aku lg kuliah di semarang. nah mau buat paspor online di smrg, apakah sewaktu verifikasi harus bawa yg asli ? trims

    Balas
  218. ini info penting yang perlu diketahui banyak orang….thanks infromasinya semoga bisa update terus dan kita bisa banyak belajar dari sini

    Balas
  219. Habis bayar ke bni, suruh masukin no jurnal bank. Itu yang mana ya? Giliran diisi no bukti pembayaran sama chapta kok mau cek tanggal ga bisa terus ya? Mohon bantuannya plissss 355rb melayang nanti…

    Balas
  220. thanks infonya mas,

    mas ada yg mw sy tanyakan, itu untuk yg 24h sama 48h bedanya apa? di tulisan mas yg 24h untuk TKI tp di web imigrasi itu tulisannya yg membedakan hanya jumlah halaman dan tarif, jadi kalau kita mw pakai pasport buat jalan2 aja bisa pakai yg 24h atw tidak yah?

    terimakasih sebelumnya mas

    Balas
  221. Seandainya KK gak ada , bisa dgantikan berkas lain gak bang? Masalahnya KK asli hilang yang ada fotocopyan. Ada alternatif lain selain mengurus KK lagi? Terimakasih

    Balas
  222. Terima kasih buat arahan baik nya pak..
    Sekedar menanyakan info lebih real nya lagi.
    Untuk jumlah nominal pembayaran pembuatan paspor baru seperti yg bapak jelaskan diatas,apakah berlaku untuk semua KANIM di seluruh NKRI atau kah hanya berlaku pada masing” Provinsi saja??
    Izin petunjuk nya pak..

    Balas
  223. Duh maaf om nanya mulu. Bayar ke bni bisa di wakilin gak ya? Btw sekarang ngurus sendiri 355rb hehe

    Balas
  224. kak.. qu dari plbng..
    mw tanya kalau pke online di keluar kan biaya ampe akhir kira-kira brp y?
    klu bleh minta no tlpon n pin bb nya kak.. biar bsa qu tanya lebih jelas ny..

    Balas
    • Halo mba Sri,
      Di artikel kan sudah dijelasin, bikin paspor itu biayanya Rp 255.000,- (kalau ngurus sendiri). Kalau minta tolong sama calo bisa sampe Rp 800 ribu (di Jakarta). Kirim pesan via email saja mba, di halaman kontak ada email saya :)

      Balas
  225. Om mau tanya lagi hehe. Saya daftar online tanggal 13-10-14, tapi sampai saat ini belum sempet bayar ke BNI. Ada tempo waktu buat bayar ke BNI nya ga yatempo setelah daftar online? Thx

    Balas
    • Ya ada, kan waktu daftar online ditentukan kapan akan datang ke KANIM dan KANIM cabang mana. Kalau lewat dari tgl yang sudah ditentukan lebih baik daftar ulang saja.

      Balas
  226. pagi mas..

    setelah pendaftaran via online, kmarin saya sudah bayar biaya pasport ke BNI (15 okt).
    lalu saat saya akan konfirmasi online tanggal kedatangan ke KANIM ternyata kuota sudah penuh sampai beberapa hari kedepan.

    Yang ingin saya tanyakan, apakah pembayaran saya akan dianggap hangus??
    soalnya pada Bukti Pengantar ke Bank tertulis: Jika dalam 5 hari … maka permohonan otomatis dihapus dan pembayaran tidak dapat dikembalikan (no refund).

    Terimakasih..

    Balas
  227. Saya hari ini sudah melakukan permohonan paspor baru, namun tidak ada intrupsi untuk mengupload dokumen spt yang disebutkan diatas, namun langsung keluar BUKTI PENGANTAR KE BANK, ingin mengulang proses registrasi yang sudah saya lakukan, namun no ID KTP saya dikatakan “sudah tedaftar”. Apakah proses yang update nya memang spt ini? Atau saya yang salah?

    Balas
    • pliss help saya juga begini, ngga ada upload document lgsg trf tp trf kmna ga ada nmr rekening jg

      Balas
  228. Slmt pagi,
    Mau tanya klo untuk tki ,,itu memakai yg brp halaman ???
    trimakasih.

    Balas
  229. Makasih infonya mas, sangat berguna!
    Tetapi sayan mau bertanya, kalo perpanjangan paspor gimana ya? Bisa online juga? Karena paspor saya sudah expired bulan 4 kemarin

    Balas
  230. salam,
    Terima kasih untuk penjelasannya, namun ada yang ingin saya tanyakan jika pada tahap 1 – 4 sama dengan yang di jelaskan. namun pada tahap yang ke 5 tidak ada peng-upload JPG dan langsung keluar tanda bukti pengantar ke BANK. apakah sudah sesuai ataukan masih mengulang ?…
    Terima kasih sebelumnya

    Balas
  231. siang,

    sorry mau nanya, kan ini saya udah dapet tanda terima permohonan,
    dan disitu tertulis tanggal kedatangan hari ini. hanya saja mendadak big bos datang
    jadi gak bisa ijin. apa datang besok masih boleh ? atau apa yah yang harus saya lakukan..

    thanks before

    Balas
    • Submit yang baru aja mba Lenny. Saya tidak punya pengalaman seperti itu, tapi buat jaga-jaga aja siapa tahu sudah tidak bisa kalau datang terlambat.

      Balas
  232. Hi there,

    makasih utk infonya, berguna sekali. Mas saya mau tanya, kalo saya mau buat passpor online utk anak saya yg tentunya blm punya KTP, bisa diganti dgn ID apa ya?

    Balas
  233. Salam Pak,
    Sangat membantu sekali untuk penjelasannya. Cuman ada yg ingin saya tanyakan. Jika alamat di KTP (jakarta) dan alamat yg di KK (daerah) berbeda karena sy pendatang dan menggunakn ktp jkt. apakah tidak masalah? ..

    Sebelumnya Terima kasih.

    Balas
  234. aslmkum,,, mau tanya, kkan saya mw buat paspor tapi gak ada akte kelahiran, bisa gak lw pakai ijajah atau surat kelahiran, mohon balasannya, terimakasih.

    Balas
  235. Mas, saya mau tanya.. untuk syarat KTP tsb apakah harus e-KTP atau msh bisa memakai KTP yg lama? Trima kasih..

    Balas
  236. makasih…..
    ini sangat membantu sekali buat saya yg mau bikin pasport tapi bingung. tapi sayang nya tulisan sama background hampir sama warna jadi agak susah baca nya. hehehehee

    Balas
  237. mas, saya mau tanya, nama saya di akte dan ijazah SMA adalah Sandi Prawito
    sedangkan di akte dan ktp saya adalah Sandi Prawito Sudianto (sudianto adalah nama keluarga ayah saya, hadi sudianto)

    apakah bisa langsung mengurus bikin passport tanpa hambatan? ataukah saya perlu SKL untuk mengurus nama mana yang akan dipakai?

    thx atas jawabannya

    Balas
    • Bisa langsung ke Kanim mas, nanti di Kanim disuruh ngisi formulir khusus untuk pernyataan nama berbeda di KTP dan Ijazah. Saya dulu juga begitu kog :)

      Balas
  238. Mas, untuk pembuatan biasanya yang 24 atau 48 lembar ? kemudian saya pilih 24 biasanya untuk TKI (diketerangannya), dan biayanya hanya Rp.155.000 ya?

    Kemudian, untuk Kantor Imigrasi Kelas II Jakarta selatan itu ngga ada di pilihannya ya…? saya sekitar depok – fatmawati lebih prefer dimana ya?

    Balas
  239. mau tanya, pemilihan kantor imigrasinya harus yang terdekat dari rumah atau bisa di mana saja?

    Balas
      • ganti jadwal kedatangan bisa ga ya?
        saya sudah pencet tgl 21 datang, ternyata istri saya tidak ada pilihan di tgl. 21 bisanya 22,23 kalau saya datang di tgl 22 / 23 bisa ga ya?

        Balas
  240. Om abis berhasil daftar online, kan bayar ke bni. Nah pas mau ngambil passport di imigrasi kok bayar lagi? Jadi bayarnya 2 kali gitu? Thx

    Balas
    • Lho bayarnya cuma sekali lho, pas pengambilan paspor tidak usah bayar lagi. Bayarnya di BNI sebelum mengurus ke KANIM, ada perubahan dari kantor Imigrasinya. Baca spoiler pengalaman dari teman-teman yang lain :)

      Balas
  241. Saya daftar paspor on line tgl.05-10-2014 jam 20.00,disuruh ke bank bni,untuk bayar, saya ke bank BNI Tgl.06-10-2014 Jam 08.00.ternyata di Bank belum ada data saya,yang saya tanyakan : berapa lama data baru masuk ke bank setelah kita daftar on line,Terima kasih

    Balas