Cara Membuat Installer Windows 8.1 di Flashdisk

windows 8.1

Ada banyak sekali alasan untuk melakukkan fresh install windows, mulai dari laptop yang terasa berat, keinginan untuk pindah dari 32bit ke 64bit, sampai dengan ingin mencoba versi lain di windows atau setidaknya itulah yang sering penulis alami dengan teman-teman di sekitar penulis yang sering meminta bantuan untuk install #windows.

Bicara soal menginstall windows, biasanya para pengguna langsung terpikir pada penggunaan CD/DVD untuk melakukkan instalasi. Tapi bagaimana dengan pengguna yang laptopnya tidak memiliki DVD-ROM? Ada 2 solusi untuk mengatasi masalah ini. Yang pertama adalah membeli DVD-ROM eksternal yang harganya berkisar di angka 200ribuan, dan solusi yang lebih murah adalah membuat installer windows 8.1 menggunakan flash disk.

Pada pembahasan kali ini, penulis akan membahas tentang cara membuat installer windows 8.1 di flashdisk. Meskipun begitu, tutorial ini tidak hanya terbatas pada windows 8.1 dan bisa juga digunakan pada windows 7 dan windows 8 selama anda memiliki file iso yang diperlukan.

Lalu kenapa memilih windows 8.1 sebagai topik utama? Alasannya adalah karena versi windows ini sedang “booming” mengingat sebagian user sudah mulai meninggalkan windows 7 dan mencoba versi terbarunya, dan windows 8.1 juga adalah versi pembaharuan dari windows 8.

Sebelum memulai tutorial cara membuat installer windows 8.1 di flashdisk kali ini, ada 3 hal yang perlu kita persiapkan antara lain :

  • #Software wintoflash untuk membuat installer yang bisa didapatkan di http://wintoflash.com/download/en/
  • Flash disk berkapasitas minimal 4GB karena ukuran file windows sangat besar, harus diformat terlebih dahulu.
  • File .iso windows 8.1, silahkan ekstrak terlebih dahulu karena akan memakan cukup lama mengingat ukurannya berkisar di angka 2.7GB.

Cara Membuat Installer Windows 8.1 di Flashdisk

Baiklah, setelah ketiga hal diatas sudah anda siapkan. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Wintoflash yang sudah anda download berekstensi zip, silahkan ekstrak terlebih dahulu dan anda akan menemukan folder yang berisi beberapa file termasuk file bernama WinToFlash.exe.
WintoFlash 2

2. Klik pada WinToFlash.exe, klik Yes pada saat windows meminta hak administrator untuk membuka #aplikasi. Setelah itu tunggu sampai wintoflash terbuka, tampilannya akan seperti ini:
WintoFlash 3

3. Kita akan fokus pada tab Wizard Mode, klik pada tanda centang warna hijau yang berada di sisi kiri tulisan Windows Setup Transfer Wizard dan window WintoFlash Wizard akan terbuka:
WintoFlash 4

4. Klik Next dan window yang berisi lokasi untuk file windows 8.1 dan lokasi flashdisk, tampilannya sebagai berikut:
WintoFlash 5




5. Arahkan Windows File Path (bagian atas) pada lokasi folder hasil ekstrak file .iso windows yang sudah anda persiapkan tadi.
WintoFlash 6
6. Arahkan USB Drive (bagian bawah) pada lokasi drive flash disk anda.
WintoFlash 7
7. Sebagai contoh, file windows 8.1 penulis berlokasi di D:\Installer\File ISO\Windows 8.1 dan Flashdisk di E:\

8. Klik Next dan windows license agreement akan muncul. Setelah itu, jendela warning akan muncul, klik Continue. Dari sini yang perlu anda lakukkan hanya menunggu sampai proses pembuatan installer selesai.
WintoFlash 9

WintoFlash 10

9. Setelah proses mencapai 100%, anda bisa mengeklik Next dan Exit dari WintoFlash. Semua proses selesai dan anda sudah bisa menggunakan flashdisk anda untuk menginstall windows 8.1
WintoFlash 8

Sebagai catatan, kadangkala setelah melakukkan klik Continue pada proses nomor 8 bisa saja proses pembuatan instalasi gagal. Hal ini dikarenakan flash anda masih digunakan pada proses lain, jadi silahkan tutup semua aktivitas yang berhubungan dengan flash anda saat melakukkan pembuatan installer windows 8.1. Selama proses nomor 8 berjalan, wintoflash akan menampilkan iklan jika anda sedang dalam keadaan online. Namun jika anda sedang dalam keadaan offline, jendela instalasi hanya akan menampilkan tulisan error loading ad.

Sekian untuk tutorial kali ini. Jika anda masih bingung dengan salah satu proses diatas, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kotak komentar di bawah. Terima kasih :)



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud