Cara Membuat Akun Wechat di Android

aplikasi wechat

Jika kita berbicara mengenai #aplikasi messenger yang tersedia untuk perangkat Android, nampaknya takkan ada habisnya. Saat ini, ada puluhan aplikasi chat atau messenger yang tersedia di google play store dan bisa diunduh secara gratis. Beberapa diantaranya bahkan menjadi aplikasi yang “wajib” diinstall jika anda menggunakan perangkat android.

Beberapa contoh aplikasi messenger yang populer misalnya saja #WhatsApp yang dikenal sebagai salah satu messenger paling banyak digunakan di dunia. Contoh lainnya adalah LINE Messenger dari Naver Jepang yang sangat dikenal berkat promosinya yang cukup gencar. LINE messenger pada penggunaannya tidak terbatas pada penggunaan fitur chat saja tapi juga ID untuk authorisasi saat pengguna akan menggunakan aplikasi dan game dari LINE.

Contoh lainnya adalah aplikasi yang akan kita bahas pada kali ini yaitu Wechat. Wechat adalah aplikasi messenger yang dikembangkan oleh perusahaan Tencent dari China. Wechat memiliki banyak sekali pengguna di Indonesia meskipun jumlah penggunannya tidak melebihi jumlah pengguna di negara asalnya, China. Tidak mengherankan memang mengingat China telah memblokir berbagai layanan jejaring sosial dan chat dari luar negaranya dan lebih menekankan pada penggunaan “karya anak negeri” sendiri seperti Wechat.



Sebagai aplikasi dengan layanan messenger, sejauh yang saya tahu kepopuleran Wechat masih berada di bawah WhatsApp. Namun aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang tidak terdapat pada whatsapp, misalnya saja fitur Look Around yang mengizinkan pengguna untuk mencari pengguna wechat terdekat dari lokasinya (fitur ini sama dengan yang ada di beetalk).

Proses pembuatan akun wechat cukup mudah, anda bisa memilih 2 cara yang ditawarkan oleh wechat yaitu antara cara pendaftaran reguler atau menghubungkan dengan akun #facebook. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti panduan dibawah ini:

Cara Membuat Akun Wechat di Android

1. Download dan install wechat di google play store melalui link berikut ini : Wechat di Google Playstore

2. Buka aplikasi wechat pada #android anda, maka anda akan dihadapkan pada halaman dengan 2 pilihan tombol yaitu tombol login dan tombol Sign Up. Silahkan tap pada Sign Up untuk melakukkan pendaftaran.

wechat_1

3. Pada halaman selanjutnya, anda akan dihadapkan pada form pendaftaran yang terdiri dari beberapa form yakni Nama lengkap, region dan negara, nomor telepon dan password.

wechat_2

4. Setelah menekan Sign Up, jendela konfirmasi pengiriman kode akan muncul. Cukup tap OK dan Wechat akan mulai mengirim kode yang terdiri dari 4 angka ke nomor telepon anda.

wechat_3

5. Proses selanjutnya adalah proses verifikasi nomor telepon menggunakan 4 kode yang dikirim Wechat. Jika nomor tersebut digunakan pada #smartphone yang anda gunakan untuk mendaftar wechat, maka proses verifikasi akan berjalan otomatis. Namun jika nomor berada di perangkat lain, anda perlu memasukkannya pada form yang tersedia dan melakukkan tap pada Next.

wechat_4

6. Proses selanjutnya adalah proses pencarian kontak wechat dari kontak anda yang aktif, anda bisa meng-iyakan atau menolak.

7. Sampai disini, akun wechat anda telah selesai dibuat dan anda akan dihadapkan pada 4 tab yaitu Chats, Contacts, Discover dan Me.

wechat_5

Setelah akun wechat anda selesai dibuat, selanjutnya anda mulai bisa mencari dan melakukkan percakapan dengan teman-teman anda. Jika anda ingin berteman dengan pengguna wechat lain yang lokasinya cukup dekat dengan anda, gunakan fitur Look Around yang terdapat pada aplikasi ini

Untuk proses pencarian yang lebih seru, anda bisa gunakan opsi Shake untuk mencari teman. Caranya cukup mudah, anda tinggal menggoyang-goyangkan perangkat android anda dan wechat akan mulai memproses pencarian pengguna wechat lain yang paling dekat di wilayah anda.

Cara Menggunakan Wechat di PC

Selain bisa menggunakan wechat pada perangkat mobile, anda juga bisa menggunakan wechat pada desktop PC. Pihak wechat menawarkan 2 opsi, yaitu web client atau program yang berdiri sendiri (#windows dan mac). Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut ini : wechat for pc

1. Sebagai contoh saya akan menggunakan program wechat untuk windows. Setelah anda selesai mendownload dan menginstallnya, untuk masuk ke program ini anda harus melakukkan scan QR Code yang terdapat pada aplikasi wechat.

wechatdesk_1

2. Buka aplikasi wechat pada perangkat android anda. Masuk ke Discover > Scan QR Code. Kemudian scan QR Code yang terdapat pada desktop.

3. Halaman konfirmasi pada aplikasi wechat akan muncul dan anda tinggal melakukkan tap pada Enter dan wechat di desktop akan langsung berproses untuk melakukkan logging in.

wechatdesk_2

4. Wechat sudah sukses log in pada Desktop dan siap digunakan.  Contohnya tampak seperti pada gambar dibawah ini :

wechat_desk_1

Sekian untuk artikel tentang cara membuat akun Wechat di Android plus cara menggunakan Wechat via PC. Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan sekalian dan terima kasih sudah membaca.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud