Cara Membuat Akun LinkedIn Yang Profesional Guna Mendongkrak Karir Anda

Cara membuat akun LinkedIn yang profesional via LinkedIn

Keinginan untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan tanpa didukung dengan kualitas diri yang baik pastilah sungguh sulit. Selepas dari dunia ‘putih abu-abu’ atau dunia perkualiahan, banyak hal yang akan terasa berbeda, tuntutan untuk lebih mandiri, kreatif, dan kemampuan dalam memecahkan masalah sangat dibutuhkan. Pada rentang waktu inilah saat yang tepat untuk menggapai segala impian yang pernah diukir di angan-angan.

Namun, akankah semudah itu untuk menggapainya? Tentu tidak.

Oleh karena itu guna mendongkrak karir profesional Anda ada satu hal yang perlu dipersiapkan, salah satunya yakni membuat akun profesional #LinkedIn.

Apa itu LinkedIn? Seberapa besar manfaatnya bagi karir seseorang? Berbagai pertanyaan lainnya akan kita jawab ada artikel ini.

Apa itu LinkedIn?

LinkedIn.com adalah media sosial yang ditujukan untuk para profesional. LinkedIn didirikan oleh Reid Hoffman pada tahun 2002, hingga sekarang ini telah ada lebih dari 160 juta pengguna di lebih dari 200 negara.

LinkedIn berbeda dari media sosial lain yang lebih menonjolkan keasikan diri sendiri yang ingin disampaikan pada orang banyak, baik itu curhatan, kemarahan, dan sebagainya. Akan tetapi, di LinkedIn Anda tidak akan menemukan hal tersebut, karena bisa dibilang LinkedIn adalah media sosial guna memperkenalkan dan memasarkan dirimu pada para profesional, baik itu untuk mendapatkan pekerjaan atau membagikan riwayat dan pencapaian apa yang telah Anda dapatkan dalam hal dunia profesional.

Apa Guna LinkedIn Bagi Para Profesional?

Situs ini seringkali dijadikan sebagai tempat untuk saling terhubung bagi para profesional, baik itu di dunia kerja maupun dunia bisnis. Di Indonesia sendiri, biasanya para Head Hunter memanfaatkan LinkedIn untuk menemukan profil seseorang yang sesuai dengan kriteria khusus untuk mengisi posisi tertentu di sebuah perusahaan yang mereka layani.

Selain itu, para pencari kerja juga sering memanfaatkan situs ini untuk memperkenalkan diri secara online kepada para pencari tenaga kerja profesional. Artinya, situs LinkedIn ini sangat diperlukan kedua belah pihak, baik pencari kerja maupun pencari tenaga kerja.

Berikut ini adalah kegunaan LinkedIn bagi para profesional:

Artikel lain: 20 Situs Lowongan Kerja Terbaru dan Terpercaya di Indonesia

1. Membangun Profil Online Profesional

Ya, inilah tujuan dari LinkedIn itu sendiri, dimana Anda dapat membuat dan membangun profesional dengan gratis. Pada situs LinkedIn tersebut Anda dapat memuat data diri, foto, CV (Curriculum Vitae), resume, keahlian, pengalaman, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, publikasi, hingga penghargaan apa yang pernah Anda raih.

Salah satu tujuannya adalah untuk mendapatkan kesan yang lebih baik dari HRD sehingga peluang Anda diterima di pekerjaan yang dilamar lebih besar.

2. Memperluas Koneksi

Layaknya #media sosial lain, dengan LinkedIn Anda dapat berkenalan dengan pengguna LinkedIn lain, sehingga, inilah yang akan memperluas koneksi dan kenalan Anda. Hebatnya lagi, Anda akan menemukan para profesional lain dengan ketertarikan pada bidang yang sama.




3. Memudahkan dalam Melamar Pekerjaan

Fitur hebat lain LinkedIn adalah mudahnya Anda dalam mencari pekerjaan. Hanya dengan beberapa klik saja Anda dapat melihat berbagai lowongan pekerjaan yang tersedia dari berbagai perusahaan. Hal ini tentu akan menghemat waktu dan biaya dalam berburu lowongan kerja di internet.

4. Memperlihatkan Keahlian

Pada bagian akhir suatu laman profil profesional nantinya akan ditemukan bagian yang memberikan apa saja skills dari profesional tersebut yang disertai dukungan profesional lain terhadap skill dari profesional tersebut, misalnya creative marketing, accounting, writing, marketing, digital marketing, design, dan sebagainya. Hal ini juga akan menjadi nilai tambah dalam penerimaan karyawan baru.

Lalu, bagaimana cara membuat akun LinkedIn profesional yang mampu mendongkrak karir saya?

Cara Membuat Akun Linkedin yang Profesional

Membuat akun di LinkedIn memang sangat mudah dan cepat, tapi untuk membuat profil Anda terlihat lebih profesional dan eye catching, tentu ini butuh sedikit upaya. Berikut ini adalah cara membuat akun LinkedIn Anda terlihat lebih profesional:

1. Gunakanlah Foto yang Mudah Dikenali

Foto Anda adalah hal pertama yang dilihat oleh kebanyakan orang, selain nama di akun media sosial, bener kan? Melalui foto tersebut pengguna lain dapat mengenali siapa Anda dan apakah mereka sebelumnya mengenal diri Anda.

Mengenai penggunaan foto profil itu sendiri, Saya pernah diberikan saran oleh salah seorang eksekutif dari sebuah startup, sebaiknya foto yang ada di media sosial merupakan foto yang jelas dan mudah dikenali. Selain itu, diharapkan pose dalam berfoto juga lebih diperhatikan, karena dari gaya Anda berfoto menjadi penilaian bagi yang mengamati.

2. Tulislah Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman, dan Penghargaan Anda

Pendidikan, pengalaman, sertifikasi, dan pengalaman akan sangat menentukan bagaimana pola pikir dan kemampuan Anda dalam memecahkan masalah dalam hal apapun, terutama pekerjaan. Ini akan menjadi bahan pertimbangan para recruiter.

Dengan menampilkan latar belakang pendidikan, pengalaman pekerjaan, pengalaman kursus, sertifikasi, dan penghargaan apa saja yang pernah Anda raih, maka ini akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan dalam menentukan perekrutan karyawan. Sehingga, kesempatan Anda untuk diterima lebih besar.

Bagaimana jika Anda adalah seorang fresh graduate? Jangan minder terhadap hal tersebut, mulai saja dengan membuat apa adanya dan menampilkan apa saja yang pernah Anda dapatkan.

3. Tambahkan Daftar Keahlian Anda

Mungkin pernah terlintas pertanyaan di benak Anda, bagaimana bisa HRD bisa mengetahui keahlian apa yang saya miliki hanya dengan akun media sosial?

Untuk memecahkan ini ada fitur dari LinkedIn yang memungkinkan Anda untuk mengunggah kemampuan, skills, atau kelebihan apa yang Anda miliki pada bidang tertentu, seperti marketing, komunikasi, writing, promosi, design, kepemimpinan, marketing kreatif, dan sebagainya.

Pada setiap poin skills tersebut akan ada jumlah berapa orang yang merekomendasikan terhadap skills yang Anda miliki.

Artikel lain: 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Menggunakan LinkedIn

4. Tulislah Ikhtisar Diri Anda

Pada bagian ini, berikanlah pengenalan siapa diri Anda yang sebenarnya semenarik mungkin. Bagian ini sangat dibutuhkan agar profil LinkedIn Anda lebih sempurna. Berikut ini adalah salah satu contoh dari ikhtisar diri di LinkedIn yang bisa Anda jadikan contoh;

Kesimpulan

LinkedIn adalah media sosial untuk para profesional yang bisa Anda gunakan untuk menambah profesionalisme diri dan media promosi diri dalam mendapatkan karir nan ideal. Ada beragam kegunaan yang dapat Anda dapatkan dengan mengetahui cara membuat akun LinkedIn yang profesional, seperti membangun profil dengan tampilan lebih baik, menambah koneksi, memudahkan dalam melamar pekerjaan, dan memperlihatkan keahlian diri Anda.

Semoga bermanfaat!



1 comment on this postSubmit yours
  1. Beberapa cara di atas, sudah hampir mirip yang sudah saya lakukan semenjak lama, akan tetapi sampai sekarang ini, penggunaannya hanya untuk share artikel saja… :D
    Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa linkedin memang lebih dikhususkan bagi para calon-calon pekerja yang ingin berkarir dan mencari karir melalui social media yaitu linkedin… :D
    Terima kasih sudah berbagai… 
    Salam,

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud