6 Cara Membentuk Pola Pikir Wirausaha agar Lebih Fokus Berbisnis

Cara Membentuk Pola Pikir Wirausaha

Banyak wirausahawan yang gagal dalam menjalankan bisnisnya karena kurang fokus dalam memetakan bisnisnya. Betapa pentingnya pola pikir seseorang dalam membangun sebuah bisnis, sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis yang Anda jalankan ke depan.

Selain bisa meningkatkan performa dalam sebuah bisnis, fokus mindset juga sangat membantu Anda dalam meningkatkan kualitas diri.

Pertumbuhan sebuah bisnis yang signifikan tidak bisa terlepas dari kemampuan Anda dalam memetakan sebuah konsep. Kekuatan konsep dalam berbisnis mutlak dibutuhkan dalam menjalankan bisnis.

Masalah yang sering timbul adalah bagaimana cara membentuk pola pikir wirausaha dalam diri Anda lebih fokus atau bahkan kalau memungkinkan bisa meningkatkannya.

Di rangkum dari berbagai sumber, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kita memiliki pola pikir yang benar dan lebih fokus dalam berwirausaha. Simak ulasannya berikut ini.

1. Stop Berfikir Bahwa Anda Cerdas

Sedikit agak kasar memang, namun jika Anda melakukan hal ini percayalah bahwa akan ada peningkatan yang signifikan. Sama persis seperti yang teori yang disampaikan oleh Almarhum Bob Sadino. Beliau selalu mengatakan jadilah orang yang bodoh untuk bisa menjalankan bisnis Anda.

Beliau juga menyebutkan selalu menggoblokkan diri atau mengosongkan gelas ketika bertemu dengan pebisnis atau siapapun yang bergelut di bidang bisnis. Dengan Anda berfikir bodoh atau dengan kata lain tidak berfikir cerdas, otomatis pola pikir dalam otak Anda akan menyerap apapun ilmu yang  bisa Anda dapatkan dari siapapun.

Sama seperti kutipan dari pernyataan Steve Jobs, pendiri Apple Stay Hungry, Stay Foolish”.

Artikel lain: Ini “Warisan Bob Sadino untuk Pebisnis Indonesia

2. Persiapkan Diri untuk Mendapatkan Penolakan

Kata “tidak” atau penolakan dalam perjalanan bisnis akan sering Anda alami. Hal itu semakin sering terjadi ketika bisnis Anda semakin bertumbuh dan berkembang menjadi besar. Hal itu bisa terjadi pada kondisi tertentu yang mungkin tidak bisa Anda hindarkan.

Misalnya ketika Anda melakukan penawaran pada investor atau klien, Anda sampaikan beberapa ide yang akan Anda kerjakan. Meskipun ide dan presentasi Anda sangat bagus, penolakan atau kata “tidak” akan sangat mungkin terjadi.

Oleh karena itu, persiapkan diri Anda sedini mungkin dalam menghadapi kata “tidak” ini akan sangat membantu Anda bertahan. Tetap tenang dan fokus dan dengarkan apa yang diinginkan oleh investor.

3. Jangan Berhenti Berfikir Tentang Bisnis

Bayangkan Anda seperti seorang musisi, ketika musisi berhenti berlatih atau tidak mau lagi bermain musik, yang terjadi kemudian adalah kemunduran dalam skill, atau kemampuan dalam bermusiknya akan menurun. Demikian halnya Anda, otak Anda adalah ibarat alat musik dan Andalah musisinya.

Jika Anda stop berfikir ke depan, maka otak Anda pun akan tumpul. Kepekaan dalam mendapatkan sebuah ide pun juga akan melemah dan ini sangat menghambat pertumbuhan bisnis Anda.

Artikel lain: 12 Pola Pikir Pengusaha yang Harus Ditiru

4. Terus Berinovasi atau Mati

Sangat berkaitan erat dengan nomor tiga, inovasi adalah harga mati dalam menopang perkembangan bisnis yang Anda jalani. Inovasi dapat diibaratkan sebagai nyawa dalam sebuah bisnis. Selalu lakukan inovasi dan jangan pernah berhenti melakukannya.

Inovasi dalam bisnis juga bisa diartikan sebagai kesehatan dalam sebuah bisnis. Ketika Anda berhenti dalam berinovasi, maka saat itulah awal dari kemunduran bisnis Anda dimulai.

5. Selalu Bersikap Optimis

Selalu optimis dalam melakukan sesuatu, itu kunci sukses di semua hal. Sikap pesimis hanya akan menghabiskan energi Anda dengan sia-sia. Percayalah bahwa di depan selalu akan ada peluang yang bisa Anda ambil. Sikap optimis tidak bisa dipisahkan dari seorang pebisnis.

Jika Anda merasa belum mempunyainya, Ubahlah dan mulai dari sekarang apapun yang Anda lakukan, kerjakan dengan penuh rasa optimis. Sikap yang selalu optimis bisa Anda andalkan untuk menghadapi masalah yang mungkin akan Anda temui di masa yang akan datang.

6. Berani Mengambil Resiko

Sikap berani dalam berbisnis harus Anda punyai. Berani bisa Anda aplikasikan dalam berbagai situasi dan kondisi. Berani mengambil keputusan, berani mengambil resiko dan berani mengambil peluang adalah contoh yang sangat nyata dalam dunia bisnis.

Bisa Anda bayangkan jika Anda selalu takut dan ragu dalam segala hal, apalagi dalam dunia bisnis yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusan. So, sikap berani harus Anda punyai sejak sekarang.

Bagaimana Anda mengembangkan bisnis Anda tergantung bagaimana Anda bisa menata konsep dan mindset wirausaha Anda dengan benar. Coba Anda amati diri Anda sendiri sudahkah Anda menjalankan pemetaan yang tepat dalam menjalankan sebiah bisnis.

M Majid

Mochamad Majid adalah content writer sekaligus editor di Maxmanroe.com. Menyukai dunia digital media dan fotografi.

4 pemikiran pada “6 Cara Membentuk Pola Pikir Wirausaha agar Lebih Fokus Berbisnis”

  1. Artikel yang anda posting ada yang salah. Harusnya tidak ada tulisan “inovasi atau mati”. Harusnya ditambahkan juga kalau inovasi itu tidak mutlak perlu, yang diperlukan adalah ketekunan dan kegigihan.

    Balas
  2. harus tetap berinovasi lebih baik dan mengambil resiko itu sudah biasa ..,makan /minum saja beresiko tersedak , jalan juga beresiko tersandung…resiko adalah bagian dari kehidupan

    Balas
  3. benar banget mas untuk tips selalu kosongkan gelas, karena kita g tahu apa kelebihan orang dibanding kita.. menuntut ilmu tidak harus dari orang yang lebih pintar… bahkan bisa juga dari anak kecil..

    Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: