Cara Membagi dan Menggabungkan File Menggunakan HJSplit

Cara Membagi dan Menggabungkan File Menggunakan HJSplit

split1

Mengirim file melalui #internet adalah hal yang biasa dilakukkan di era yang serba online seperti sekarang ini. Pengiriman file bisa dilakukkan melalui banyak jalan, mulai dari email, media sosial sampai dengan penyimpanan cloud.

Untuk pengiriman file berukuran kecil, #email dan chat media sosial seperti facebook masih menjadi andalan. Dan untuk melakukkan pengiriman atau berbagi file berukuran besar, penyimpanan cloud seperti Google Drive dan Dropbox bisa menjadi pilihan.

Namun, bagaimana jika anda ingin mengirim file berukuran sangat besar. Dalam hal ini, anggap saja anda ingin berbagi file #video dengan ukuran 1GB atau file installer game PC yang memiliki ukuran 4GB. Tentunya anda akan kesulitan untuk menguploadnya di penyimpanan cloud. Selain karena membutuhkan waktu lama, sebagian besar penyimpanan cloud juga memberikan batasan untuk ukuran maksimal sebuah file yang diupload.

Untuk mengatasi hal yang saya jelaskan di atas, anda bisa mengakalinya dengan menggunakan sebuah software bernama HJSplit. HJSplit adalah sebuah #software yang berfungsi untuk melakukkan “splitting” atau membagi sebuah file menjadi beberapa bagian yang memiliki ukuran lebih kecil. Software ini sifatnya portable sehingga anda tidak perlu melakukkan instalasi, selain itu HJSplit juga mendukung banyak OS mulai dari Windows, Linux, Mac, BSD, dll.

Untuk penjelasan mengenai cara membagi dan menggabungkan file menggunakan HJSplit. Sebagai contoh anda memiliki sebuah file video berukuran 1GB dan dengan menggunakan HJSplit anda bisa membagi file menjadi 5 file berukuran 200MB. Dengan begitu, anda bisa mengupload file satu-persatu jika ingin membagikan file anda melalui penyimpanan cloud. Dan bagi penerima atau pengunduh file, bisa melakukkan “joining” atau penggabungan file-file yang sudah terbagi tadi juga menggunakan HJSplit.

Dalam panduan menggunakan HJSplit untuk menggabungkan dan membagi file berukuran besar, saya akan mendemonstrasikannya menggunakan sistem operasi windows 8.1. Untuk sistem operasi lainnya bisa menyesuaikan karena caranya hampir tidak berbeda. Untuk penjelasan selengkapnya silahkan simak panduan di bawah ini:

Cara Membagi File Dengan HJSplit

1. Siapkan file berukuran besar yang ingin anda split. Selain itu, unduh dan buka HJSplit terlebih dahulu.
split1
2. Klik pada Join maka jendela baru berisi 2 tombol yaitu Input dan Output akan muncul.
split2
3. Klik pada Input, kemudian pilih file berukuran besar yang ingin anda split. Anda juga bisa menentukan folder penyimpanan file hasil split menggunakan bagian Output.
split3
4. Silahkan atur ukuran file hasil pembagian melalui bagian yang berada dalam kotak merah seperti pada gambar. Anda bisa menyesuaikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan anda. Pada contoh, file yang akan saya split berukuran 920MB dan saya memilih ukuran per file 200MB sehingga nantinya akan ada 5 file hasil pembagian.
split4
5. Setelah anda menentukan ukuran file, klik pada Start dan proses “splitting” file akan berjalan. Proses “splitting” bisa berjalan cepat atau lambat tergantung ukuran file yang anda eksekusi.
split5
6. Setelah proses “splitting” selesai, pop up kecil dengan pemberitahuan akan muncul dan anda bisa menemukan beberapa file hasil splitting di folder yang anda gunakan sebagai target Output tadi.
split6

Cara Menggabungkan File Dengan HJSplit

Untuk cara menggabungkan file menggunakan HJSplit, caranya hampir sama dengan proses melakukkan split. Hal pertama yang harus anda pastikan adalah, anda harus memiliki semua bagian file yang akan dijoinkan. Jika part file sudah siap, klik pada Join dan pada input silahkan arahkan lokasi pada folder tempat penyimpanan part file.

join1

Anda hanya akan melihat file dengan ekstensi .001, namun memang begitulah adanya. Klik pada file tersebut dan untuk proses selanjutnya kurang lebih sama dengan proses splitting file. Sekian untuk artikel kali ini, terima kasih sudah membaca.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan