Cara Memainkan Game PSP di Android

Cara Memainkan Game PSP di Android

Image dari Google.com

Dari tahun ke tahun, perangkat #Android menjadi semakin canggih baik itu dalam hal hardware maupun software. Dalam hal gaming juga, perkembangan spesifikasi android membuat perangkat besutan Google ini mampu memainkan game-game yang terbilang berat yang berasal dari platform lain.

Game PSP (PlayStation Portable) adalah salah satu game yang cukup populer pada masanya dan dengan adanya aplikasi emulator yang tersedia di Android, Anda bisa memainkan game PSP kesayangan Anda di perangkat android. Sebagai catatan, performa dari #game PSP yang dimainkan tergantung pada spesifikasi perangkat Android Anda. Sebagian perangkat mungkin akan agak berat dalam memainkan game PSP dengan emulator.

Cara Memainkan Game PSP di Android Dengan PSP Emulator

Di Google Play Store,ada banyak sekali emulator PSP yang tersedia. Namun Anda harus jeli dalam memilih karena tidak semuanya bagus. Sejauh ini dari yang sudah saya coba, saya merekomendasikan PPSSPP PSP Emulator yang juga akan kita gunakan pada tutorial kali ini.

PPSSPP PSP Emulator tersedia secara gratis di Google Play Store. Perbedaan dengan versi berbayar hanya terdapat pada keberadaan iklan dan gold coin. Untuk menggunakan #aplikasi ini, versi Android minimal yang dibutuhkan adalah 2.3 Gingerbread atau yang lebih tinggi. Untuk PPSSPP PSP Emulator, silahkan unduh melalui link berikut ini: PPSSPP PSP Emulator di Google Play Store.

Mengunduh File .ISO Game PSP

Untuk memainkan game PSP di Android, Anda akan membutuhkan file game yang ingin dimainkan dalam format .ISO. Silahkan unduh di situs-situs penyedia file .ISO kesayangan Anda, setelah itu simpan file game berformat .ISO tersebut di SD Card perangkat Android Anda.




Menggunakan PPSSPP PSP Emulator

1. Setelah Anda menginstall PPSSPP PSP Emulator dan mempersiapkan file .ISO yang akan Anda mainkan, silahkan buka aplikasi PPSSPP PSP Emulator kemudian tap pada tab Games.

ppsspp 1

2. Disana Anda akan dihadapkan pada daftar folder yang terdapat di perangkat Anda. Silahkan browse ke lokasi file .ISO yang sudah Anda simpan.

ppsspp 2

3. Tap pada game PSP yang tersedia (biasanya disertai dengan logo), maka game akan langsung berjalan dan Anda bisa langsung memainkannya.




ppsspp 3

4. Untuk kontrolnya, Anda akan menemui tombol-tombol di layar seperti arah atas,bawah,kanan,kiri, dan beberapa tombol lainnya. Memang agak sulit pada awalnya karena tidak adanya tombol fisik seperti PSP, namun semakin lama Anda akan semakin terbiasa.

ppsspp 4

Pengaturan di PPSSPP PSP Emulator

Jika Anda menginginkan performa yang lebih baik, Anda bisa melakukan beberapa tweak di bagian pengaturan. Silahkan buka Settings yang terletak di interface depan aplikasi ini, di sana Anda akan menemukan berbagai bagian yang bisa anda atur untuk meningkatkan performa PPSSPP. Rekomendasi pengaturan silahkan lihat di sini: forum ppsspp.

ppsspp 5

Sebagai catatan, performa dari game yang Anda mainkan bisa lancar atau lambat tergantung pada spesifikasi perangkat Android yang Anda gunakan. Rekomendasi dari saya, gunakan Android dengan RAM minimal 1GB untuk menggunakan PPSSPP. Sekian untuk artikel kali ini, terima kasih sudah berkunjung dan menyempatkan waktu untuk membaca.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud