Cara Hemat Kuota dan RAM Untuk Facebook di Android

Image dari Androidcentral.com

Image dari Androidcentral.com

Facebook merupakan media sosial paling banyak digunakan di dunia saat ini, melebihi beberapa media sosial lain seperti #Twitter dan Google Plus. Tidak mengherankan jika hampir setiap orang memiliki akun facebook, dan untuk pengguna perangkat Android akan menginstall aplikasi official Facebook untuk android yang tersedia di Google Play.

Yang cukup menjadi masalah, aplikasi facebook kadang menjadikan perangkat android menjadi sangat lambat mengingat aplikasi ini memakan cukup banyak RAM. Selain itu, data aplikasi ini juga memiliki ukuran cukup besar sehingga cepat memakan space di memori internal dan juga lebih cepat menghabiskan kuota Android anda.

Masalah seperti konsumsi RAM yang cukup besar mungkin tidak akan menjadi masalah untuk perangkat #android yang memiliki RAM berukuran 1GB keatas, tapi bisa menjadi masalah serius untuk android dengan RAM berukuran dibawah 1GB seperti 512 atau 256MB yang biasanya bersistem operasi android 4.0 ice cream sandwich ke bawah.

Facebook Lite, Alternatif Cara Hemat Kuota dan RAM Untuk Facebook di Android

Untuk mengatasi hal itu, di sini saya akan memberikan rekomendasi sebuah aplikasi resmi lain dari #facebook. Nama aplikasi ini adalah Facebook Lite dan resmi dirilis oleh facebook untuk para penggunanya yang menginginkan pengoperasian facebook dengan lebih ringan, hemat kuota, cepat, dan tidak memberatkan perangkat Android.

Artikel lain: Cara Mematikan AutoPlay Video di Facebook (Desktop dan Mobile)

Membawa nama “LITE”, #aplikasi ini memiliki size kurang dari 1MB, bisa digunakan di semua perangkat android, bisa lebih menghemat penggunaan data.

Untuk penggunaan, perbandingan dengan facebook versi umum dan beberapa hal lainnya bisa anda baca di bawah ini:

1. Silahkan download dan install Facebook LITE untuk android melalui link berikut ini: Facebook Lite for Android

2. Buka aplikasi Facebook LITE, silahkan login menggunakan #email dan password akun facebook anda.
fblite 4
3. Setelah login berhasil, anda akan dihadapkan pada tampilan aplikasi facebook yang cukup familiar. Dimulai dari beranda di sisi paling kiri, daftar permintaan teman, pesan, pemberitahuan, kotak pencarian dan dropdown yang berisi beberapa menu lain termasuk link profile.
fblite 5
Untuk berpindah dari satu tab ke tab lain, anda tidak bisa melakukkan swipe atau geser kiri kanan secara langsung seperti aplikasi facebook pada umumnya namun anda harus melakukkan tap langsung pada tab yang ingin anda buka. Jika anda menggunakan swipe atau geser, maka yang akan terbuka adalah daftar chat yang sedang aktif.

4. Untuk bagian perbandingan, saya menggunakan konsumsi RAM saat kedua aplikasi sedang berjalan dan juga ukuran aplikasi beserta data. Untuk konsumsi RAM (perhatikan yang berada di kotak merah), facebook LITE hanya “memakan” RAM sebesar 4.5MB sedangkan facebook yang versi normal menggunakan RAM sekitar 91MB dan terkadang bisa lebih dari itu.
fblite 3
5. Untuk ukuran aplikasi beserta datanya, jelas bisa dipastikan bahwa Facebook LITE memiliki ukuran aplikasi dan data yang lebih kecil. Kalaupun datanya di-reset, ukuran kedua aplikasi masih sangat jauh berbeda.
fblite 2




fblite 1
Pada dasarnya aplikasi Facebook Lite dibuat khusus untuk pengguna yang sering mendapatkan jaringan kurang bagus seperti 2G agar mereka bisa tetap terhubung dengan teman-teman mereka di Facebook.

Namun jika anda menginginkan akses Facebook yang lebih hemat kuota dan juga cepat, anda juga bisa menginstallnya untuk perangkat android kesayangan anda. Sekian untuk artikel kali ini dan terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud