Calvin Kizana ~ Sosok Kreatif Indonesia Di Balik Popularitas Aplikasi PicMix

Calvin Kizana

Image dari Gadgetgaul.com

Calvin Kizana – Berangkat dari sebuah karya yang populer, seseorang memang bisa menjadi sosok yang dicari dan dibahas. Mereka yang telah menciptakan prestasi dalam karya-karyanya memang sudah selayaknya dan patut diapresiasi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan mereka telah menggunakan seluruh kemampuannya untuk membuat karya yang bisa berguna dan bermanfaat bagi banyak orang.

Salah satu sosok yang telah menciptakan karya yang bermanfaat itu adalah Calvin Kizana dengan karyanya yakni #aplikasi PicMix yang kini telah digunakan oleh lebih dari 23 Juta pengguna. Lalu siapakah sosok Calvin Kizana yang merupakan putra asli Indonesia ini sebenarnya? Mari simak kisah lengkapnya berikut ini.

Awal Mula Karir Calvin Kizana

Bakat Calvin Kizana memang sudah terlihat sejak remaja. Pria yang menempuh pendidikan SMA di Pusaka Abadi, Jakarta Utara ini suka mengutak-atik komputer. Setelah tamat SMA Calvin harus bekerja bekerja merakit #komputer, peranti lunak, dan memberikan pelatihan untuk bisa membiayai kuliahnya sendiri.



Keadaan orangtuanya yang pas-pasan memang menuntutnya untuk itu. Jika siang ia bekerja maka pada malam harinya Calvin kuliah di Universitas Bina Nusantara, Jakarta. Meski dengan kondisi yang serba melelahkan, Calvin tetap semangat menjalani hari-harinya.

Artikel lain: Listiarso Wastuargo ~ Berkat Talenta Luar Biasa, Ia Berhasil Berkarir Di Facebook

Selepas lulus dari bangku kuliah, Calvin memutuskan bekerja di luar negeri. Beragam pekerjaan seperti programmer, web designer dan desainer grafis pernah ia jalani di perusahaan di Singapura dan Amerika Serikat. Meskipun sudah bisa dibilang sudah nyaman dan mapan dengan pekerjaannya di sana, toh pada akhirnya Calvin memutuskan kembali ke Indonesia tahun 2002.

Membuka Perusahaan Elasitas

Di Indonesia Calvin Kizana pun membuka Elasitas, sebuah perusahaan yang memiliki bergerak dalam pengerjaan proyek-proyek pesanan pembuatan web design dari mantan kliennya di Amerika. Dengan modal awal berupa satu unit komputer dan seorang asisten, pria kelahiran 27 Desember 1973 ini kemudian banyak menarik beberapa perusahaan besar seperti Telkomsel, Mentari, XL, Nokia, Yahoo! Indonesia.

Hal paling menarik saat Calvin menjalankan Elasitas adalah saat ia diminta Nokia untuk dibuatkan sebuah portal WAP Nokia Indonesia sebagai portal gaya hidup, sekaligus media pengenalan teknologi terbaru vendor ponsel ini. Dari sana lahirnya portal www.funkyplaza.com yang dinyatakan Calvin sebagai cikal bakal Flickr dan Youtube.

Dari keberhasilan Calvin Kizana menciptakan situs funkyplaza.com ternyata membuat operator seluler tertarik padanya. Atas bantuan Nokia, Calvin kemudian diperkenalkan ke operator. Kemudian Elasitas mulai merambah dunia mobile. Proyek perdananya dengan operator yaitu pembuatan portal IM3 (Indosat).

Portal IM3 sendiri memiliki formatnya yang mirip dengan Youtube dan Flickr, karena seseorang bisa meng-upload foto dan video ke portal ini. Dari situ, Calvin makin kebanjiran order dari operator lain untuk dibuatkan portal serupa, hingga tercetusnya ide membuat PicMix.

Calvin Kizana Menciptakan Aplikasi PicMix

Selama 12 tahun menjalankan Elasitas, Calvin Kizana merasa sudah terlalu banyak membantu perusahaan lain dengan membuatkan beberapa portal dan aplikasi. Akhirnya ia dengan tujuh temannya yang juga bergerak di bidang TI, yakni Sandy Colondam, Revie Pitono, Vinsen Mego, Yogi, Roberto, Christian, dan Nico memutuskan untuk membuat aplikasi PicMix.

Selain karena kekesalannya karena hanya sekedar membuat karya untuk orang lain, Calvin juga menganggap tren pasar ponsel dengan aplikasi #fotografi sudah semakin besar dan menguntungkan. Peluang dari tren selfie inilah yang membuat Calvin membuat PixMic.

Dengan ide yang sangat sederhana, PicMix menyediakan frame foto yang bisa digunakan oleh orang-orang narsis tersebut agar lebih pede saat sharing ke media sosial. Investasi awal PicMix sendiri sangat kecil, karena aplikasi ini hanya dikerjakan di rumah atau saat Calvin nongkrong di kafe.

Baca juga: Berkenalan Dengan Ryan Gondokusumo, Pendiri Sribu.com

Mendapatkan Respon Positif

Tidak dinyana setelah aplikasi dilaunching ternyatra banyak orang yang menyukainya. Padahal, menurut Calvin, ia bahkan tidak terlalu gencar melakukan #promosi sampai setahun setelah aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2012. Bahkan dalam dua bulan, PicMix menggaet sejuta pengguna di dunia.

Orang-orang di Indonesia sendiri mengira aplikasi yang pertama kali meluncur di paltform BlackBerry ini adalah aplikasi luar negeri, hingga membuat mereka sangat bangga memakainya. Setelah pengguna mencapai 10 juta orang, barulah Calvin Kizana menyatakan bahwa dia adalah orang di balik aplikasi PicMix tersebut.






Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud