12 Aplikasi Browser Tercepat dan Terbaik untuk Berselancar di PC dan Android

Aplikasi Browser Tercepat

Bicara tentang aplikasi browser, pada umumnya pengguna internet lebih memilih menggunakan browser tercepat untuk diinstal di perangkat mereka.

Alasannya sederhana, Anda ingin mendapatkan pengalaman berselancer di internet dengan yang membuat nyaman saat berselancar di internet, misalnya kecepatan loading dan keamanan peramban web. Right?

Meskipun saat ini ada banyak sekali jenis aplikasi browser, baik untuk PC maupun Smartphone, tetap saja sebagian orang tidak punya gambaran jelas mengenai web browser terbaik yang bisa mereka miliki. Dan tak jarang pula pengguna PC dan Smartphone justru menggunakan aplikasi peramban web yang tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Sebelum menginstal aplikasi penjelajah web di PC atau Smartphone, sebaiknya pastikan dulu browser tersebut sesuai dengan kebutuhan dan dapat mendukung aktivitas yang biasa Anda lakukan karena setiap browser memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Browser Tercepat dan Terbaik untuk Browsing

Pada dasarnya web browser adalah suatu aplikasi atau software yang dapat membantu penggunanya untuk menjelajahi, menyajikan konten, dan mengambil konten yang ada di berbagai sumber informasi di jaringan internet.

Dari sekian banyak pilihan aplikasi peramban web, berikut ini adalah beberapa browser tercepat dan terbaik yang wajib Anda pertimbangkan:

1. Google Chrome, Browser Tercepat nan Ringan

Google Chrome, Browser Tercepat

Download Google Chrome: PC/ Laptop atau Smartphone

Jika Anda sering berselancar di internet untuk mencari informasi dan membutuhkan kecepatan loading, keamanan saat browsing, pengaturan sederhana, dan tampilan minimalis, maka Google Chrome adalah browser terbaik yang bisa Anda gunakan.

Fitur utama dari peramban web ini adalah teknologi mesin rendering WebKit yang mendukung platform di berbagai perangkat seperti; Windows, MacOS, Linux, iOS, Android, dan Chrome OS.

Fitur Google Chrome memungkinkan penggunanya untuk menyimpan riwayat internet, riwayat unduhan, mengelola bookmark, mode penyamaran, mengelola profil, dan lain-lain.

Selain cepat, penjelajah web ini juga memiliki fitur bandwidth saving yang dapat menghemat penggunaan paket data smartphone Anda. Itulah sebabnya mengapa sebagian besar pengguna komputer/ laptop memilih menggunakan peramban ini.

Namun, browser ini menggunakan RAM komputer dalam operasinya sehingga spesifikasi RAM komputer harus cukup tinggi. Selain itu, data pengguna browser Google Chrome tersimpan di server Google untuk keperluan iklan dan lainnya.

Kelebihan dan kekurangan Google Chrome:

No Kelebihan  Kekurangan
1 Desain yang ramping Adanya masalah privasi dengan pelacakan Google
2 Peramban web dengan kecepatan tinggi Penggunaan memori dan CPU komputer yang tinggi
3 Aman dan nyaman digunakan Mengubah browser default di komputer (Google)
4 Peramban web lintas platform Kustomisasi dan opsi terbatas
5 Mudah disinkronisasi di seluruh perangkat
6 Memiliki banyak basis ekstensi
7 Terintegrasi dengan Google Apps
8 Memiliki konsol pengembang yang kuat
9 Memiliki manajemen tab yang baik
10 Memiliki fitur inbuilt yang kuat
11 Mudah diinstal maupun dihapus

2. Mozilla Firefox, Peramban Dengan Banyak Fitur

Firefox, Browser Terbaik

Download Mozilla Firefox: PC/ Laptop atau Smartphone

Mozilla Firefox merupakan salah satu browser terbaik yang pernah ada, apalagi fiturnya yang lebih lengkap. Update terbaru dari Mozilla Firefox yang disebut dengan Firefox Quantum bahkan lebih cepat ketimbang versi sebelumnya.

Firefox memiliki cukup banyak fitur dan tampilannya sedikit lebih ‘ramai’ dibanding Google Chrome. Adapun beberapa fitur Mozilla Firefox di antaranya; reading mode, pembaca PDF, add-ons, sinkronisasi, web notification, bookmarks, dan lainnya.

Meskipun tidak secepat Google Chrome, Firefox menjadi pilihan utama bagi sebagian pengguna internet karena fiturnya yang keren. Untuk versi mobile-nya, pengguna Firefox dapat memblokir iklan secara otomatis dan mendapatkan perlindungan pelacakan pada peramban pribadi.

Kekurangan Mozilla Firefox yang langsung saya rasakan adalah pada proses loading pertama kali yang cukup lambat. Selain itu, browser ini memerlukan add on agar bekerja secara maksimal.

Kelebihan dan kekurangan Mozilla Firefox:

No Kelebihan  Kekurangan
1 Mudah disesuaikan, baik itu tema, ekstensi tambahan, dan plugin. Memiliki masalah kompabilitas pada beberapa situs web
2 Memiliki fitur keamanan tingkat tinggi bagi penggunanya. Tidak jarang memperlambat proses pengunduhan laman web karena menjalankan banyak Aplikasi Plug-in.
3 Memiliki fitur multi-tab sehingga pengguna bisa multitasking. Menggunakan banyak sumber daya RAM pada saat digunakan untuk browsing.
4 Mudah untuk diinstal, diupdate, dan dihapus. Kustomisasi dan opsi terbatas
5 Memiliki antar muka yang mudah dan banyak add-on untuk penjelajahan khusus
6 Memungkinkan penggunanya untuk menjelajahi internet tanpa merekam riwayat atau cookie

3. Opera, Peramban Web nan Minimalis

"<yoastmark

Download Opera: PC/ Laptop atau Smartphone

Opera merupakan salah satu browser tercepat dan ringan bagi semua perangkat, baik itu PC/ Laptop maupun Smartphone. Browser Opera memiliki beberapa fitur yang cukup mumpuni sehingga banyak digunakan untuk berselancar di internet.

Opera memiliki desain tampilan yang sederhana dengan sidebar di bagian kiri untuk memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan Opera. Adapun beberapa fitur Opera adalah; fitur pilihan bahasa, fitur keamanan, fitur speed dial, fitur restore session, dan lainnya.

Kelemahan Opera yang saya rasakan, penjelajah web ini tidak dapat membaca halaman web tertentu secara utuh karena melakukan kompres pada file javascript. Selain itu, browser ini menjadi agak lambat ketika kita membuka banyak tab.

Kelebihan dan kekurangan Opera:

No Kelebihan  Kekurangan
1 Merupakan perambah web yang cepat dan responsif Terdapat masalah kompabilitas pada beberapa situs web
2 Memiliki fitur keamanan yang canggih dan selalu up to date. Membutuhkan kesesuaian yang sangat ketat pada pengkodean agar dapat beroperasi dengan benar.
3 Memiliki fitur VPN sehingga pengguna dapat membuat website yang diblokir. Ekstensi yang ada di Opera agak sulit untuk ditemukan.
4 Mudah untuk diinstal, diupdate, dan dihapus. Kustomisasi dan opsi terbatas
5 Proses pengunduhan halaman web lebih cepat, dan aman. Terkadang browser ini menawarkan terlalu banyak pilihan kepada penggunanya.
6 Ringan dan tidak memakan banyak sumber daya pada hard drive komputer.

4. Vivaldi, Menawarkan Fitur Unik

Vivaldi, Browser Terbaru

Download Vivaldi

Vivaldi merupakan aplikasi browser terbaru yang dirilis pada tahun 2017. Peramban web ini diciptakan oleh salah satu developer Opera di mana di dalamnya terdapat beberapa fitur yang unik dan tidak terdapat pada browser lain.

Adapun beberapa fitur Vivaldi diantaranya; fitur tab (atas, bawah, kiri, kanan), tab group, mengambil screen shoot dengan memo, dapat menyimpan sesi browser yang bisa di-reload, dan lainnya.

Kelebihan dan kekurangan Vivaldi:

No Kelebihan  Kekurangan
1 Browser ini sangat cepat dan responsif saat browsing. Secara default memiliki ruang layar yang agak kecil.
2 Dapat menggunakan semua ekstensi Chrome. Bookmark tidak dapat diekspor.
3 Memiliki fungsi panel web sehingga pengguna bisa melihat halaman web yang disematkan.
4 Memiliki pengelolaan memori yang sangat baik sehinga tidak mudah crash.
5 Memiliki editor notepad/ teks bawaan.

5. Microsoft Edge, Browser Terbaik untuk Microsoft 10

"<yoastmark

Download Microsoft Edge: Komputer dan Smartphone

Microsoft Edge merupakan peramban web yang dirilis oleh Microsoft untuk menggantikan Internet Explorer. Bagi pengguna PC/ Laptop dengan OS Windows, perangkat Anda harus terinstal Windows 10 agar dapat menggunakan browser ini.

Browser ini juga sudah tersedia bagi pengguna Android dan iOS. Beberapa fitur keren Microsoft Edge diantaranya; dapat memblokir iklan, tab browser baru, akses ke bookmark, riwayat internet, unduhan, dan lainnya.

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Edge:

No Kelebihan  Kekurangan
1 Peramban ini sangat cepat dan responsif saat browsing. Tidak memiliki dukungan ekstensi
2 Memiliki mode Daftar Bacaan rapi yang terselip di UI minimalis Tidak ada opsi kustomisasi antarmuka sehingga tidak bisa mengatur banyak hal pada peramban ini.
3 Memiliki fitur transmisi ke perangkat lain, misalnya Televisi. Peramban web ini menyimpan data pribadi pengguna saat menjelajah, meskipun dalam Mode InPrivate.
4 Menawarkan keamanan tingkat tinggi kepada penggunanya. Tidak ada riwayat tab yang baru ditutup dan tidak ada grup tab.
5 Pengguna dapat menambah catatan, anotasi, dan gambar ke halaman web yang dilihat. Terkadang browser ini menawarkan terlalu banyak pilihan kepada penggunanya.
6 Hanya menampilkan fitur dan opsi yang paling diperlukan sehingga tidak membingungkan penggunanya. Terdapat masalah kompabilitas pada beberapa situs web

6. UC Browser, Tercepat untuk Download

"<yoastmark

Download UC Browser: PC/ Laptop atau Android

UC Browser cukup populer di kalangan pengguna Android dan iOS karena termasuk salah satu browser paling cepat untuk perangkat mobile dengan beragam fitur di dalamnya. Selain untuk perangkat mobile, browser ini juga tersedia untuk perangkat PC/ Laptop.

Meskipun tidak sepopuler Chrome dan Firefox, peramban web ini cukup banyak dipakai untuk perangkat PC/ Laptop. Beberapa fitur yang terdapat pada UC Browser diantaranya; fast download, cloud sync, data compresion, dan lainnya.

Kelebihan dan kekurangan UC Browser:

No Kelebihan  Kekurangan
1 Aplikasi browser ini memiliki kecepatan tinggi, bahkan pada kecepatan internet rendah. Halaman antarmuka kurang nyaman, khususnya bagi pengguna baru.
2 Menu yang nyaman, secara intuitif mudah dimengerti, dan semua fungsi utama terlihat. Penggunaan aktif RAM yang dapat menyebabkan penangguhan pengoperasian paralel. Browser ini akan mengalami freez dan lambat ketika kekurangan RAM komputer.
3 Memiliki fitur transmisi ke perangkat lain, misalnya Televisi. Dapat menghabiskan daya baterai dengan cepat salam beroperasi.
4 Menggunakan algoritma kompresi data unik yang unik. Integrasi tidak berfungsi dengan beberapa aplikasi (seperti koneksi YouTube tidak akan terbuka di aplikasi YouTube)
5 Memiliki mode penyamaran yang memungkinkan pengguna mengunjungi situs secara anonim tanpa menyimpan data kunjungan di riwayat peramban. Terkadang browser ini menawarkan terlalu banyak pilihan kepada penggunanya.
6 Dapat melakukan sinkronisasi dengan perangkat seluler menggunakan penyimpanan cloud. Membutuhkan lebih banyak ruang dibandingkan dengan browser umum lainnya.

7. Maxthon, Peramban Web Mobile

Maxthon, Aplikasi Peramban Web

Download Maxthon

Maxthon Browser adalah salah satu aplikasi browser paling cepat untuk perangkat mobile dengan fitur yang lengkap. Bahkan browser ini dinobatkan sebagai browser terbaik oleh Dotdash.com (sebelumnya About.com) selama 3 tahun berturut-turut.

Beberapa fitur pada browser ini diantaranya; opsi blokir iklan, pilihan bahasa, pilihan modus malam, sinkronisasi dengan perangkat lain, akses cepat, flash video playback, integrasi cloud service, dan lainnya.

Kelebihan dan kekurangan Maxthon:

No Kelebihan  Kekurangan
1 Memiliki Mesin Rendering Ganda (Webkit & Trident) untuk memuat halaman web Super Cepat Tidak memiliki banyak pilihan ekstensi yang bagus.
2 Mode Penyamaran untuk Penjelajahan Pribadi & sepenuhnya bebas cookie Tidak ada fitur tambahan, seperti perintah interaksi suara.
3 Dapat bekerja dengan baik di berbagai platform dan perangkat, baik itu Windows, iOS, MAC OS, dan Android. Pengaturan kata sandi dan spoofing email masih agak kasar.
4 Dapat digunakan untuk mengunduh video dengan lancar di web, dan menonton secara offline kapan saja Integrasi tidak berfungsi dengan beberapa aplikasi (seperti koneksi YouTube tidak akan terbuka di aplikasi YouTube)
5 Pencadangan cloud berkinerja tinggi, sinkronisasi file, dan kemampuan berbagi dengan enkripsi tingkat lanjut untuk memastikan keamanan data pengguna
6 Dapat menyimpan catatan teks dan menyinkronkan dengan perangkat lain yang digunakan.

8. Torch Browser

Torch

Download Torch Web Browser

Torch merupakan browser web berbasis Chromium dan internet suite dari Torch Media Inc. Peramban web ini memiliki fitur Seret dan Lepas yang dapat membantu pengguna berselancar di web dengan cepat.

Torch merupakan solusi bagi pengguna internet yang menginginkan proses pengunduhan super cepat, video streaming, dan pengalaman bermain game.

Kelebihan dan kekurangan Torch Browser:

No Kelebihan  Kekurangan
1 Manajer torrent bawaan untuk mengunduh file torrent sederhana, tidak perlu perangkat lunak lain. Terdapat masalah stabilitas untuk membuka tool Torrent dan Musik.
2 Fitur Player menakjubkan yang ada di dalam Torch Browser, dan juga memiliki pemutar musik gratis Torch. Instalasi toolbar search engine Ask merupakan hal wajib.
3 Personalisasi Facebook Anda dengan mengubah latar belakang, font, warna, dan lainnya dengan Torch Facelift.

9. Dolphin Browser

Dolphin Aplikasi Peramban Web

Download Dolphin Browser

Dolphin merupakan salah satu aplikasi browser tercepat dan terpopuler di perangkat Android. Peramban web ini mengalami beberapa perbaikan, terutama pada kecepatan pemuatan halaman website.

Dolphin Browser memiliki mesin Ganda dengan Webkit dan Dolphin Jetpack (berdasarkan Webkit) yang menjadikannya alternatif terbaik untuk platform Android dan mendukung gerakan multi-sentuh.

Peramban web Dolphin memiliki beberapa fitur andalan, di antaranya; opsi blokir iklan, pemutar video HTML5, tab bar, flash player, incognito browsing, dan lainnya.

Kelebihan dan kekurangan Dolphin Browser:

No Kelebihan  Kekurangan
1 Dapat menggunakan banyak tab untuk penjelajahan all-in-one Agak lambat saat startup
2 Dukungan Flash drive (khusus Android) Bisa mengalami hang saat melakukan remote sistem file jarak jauh
3 Terdapat opsi membagikan dan sinkronkan tautan dengan mudah menggunakan Facebook, Evernote, Box, dan platform lainnya.
4 Memiliki Sonar cerdas untuk pencarian suara.
5 Dapat disesuaikan dengan pustaka add-on pihak ketiga.
6 Dapat dikustomisasi dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

10. Aloha Browser

Download Aloha Browser

Aloha Browser merupakan peramban untuk pengguna smartphone yang menginginkan privasi dan keamanan. Peramban web ini dapat digunakan untuk perangkat Android, iPad, dan iOS.

Aloha memiliki layanan VPN tak terbatas sehingga penggunanya bisa membuka situs-situs yang diblokir oleh pemerintah. Selain itu, konon peramban web ini disebut-sebut lebih cepat dibandingkan dengan peramban seluler lainnya.

Kelebihan dan kekurangan Aloha:

No Kelebihan  Kekurangan
1 Sangat mudah digunakan, bahkan pemula dapat menggunakannya dengan mudah. Terdapat masalah yang sangat mengganggu pada pemutar video saat pemberitahuan layar muncul.
2 Dapat digunakan untuk browsing dengan kecepatan tinggi karena menggunakan mesin rendering yang dioptimalkan.
3 Terintegrasi dengan VPN gratis tanpa batas.
4 Opsi untuk menonaktifkan iklan yang mengganggu.
5 Pemutar media dengan fitur lengkap dan Virtual Reality.
6 Fitur kunci folder dengan kata sandi atau sidik jari.

11. CM Browser

"CM

Download CM Browser

Ketika kita bicara tentang software peramban web yang sederhana, cepat, dan aman, maka CM browser adalah pilihan terbaik. Peramban web yang satu ini dikembangkan oleh Cheetah Mobile Inc yang mengedepankan keamanan dengan aplikasi CM Security nya.

Ukuran file aplikasi penjelajah web ini hanya sebesar 2 MB sehingga sangat ringan bagi perangkat mobile. Selain ringan, proses loading halaman website sangat cepat menggunakan browser ini.

Peramban web ini juga dilengkapi dengan fitur peringatan atau notifikasi ketika suatu file yang hendak diunduh terindikasi sebagai file berbahaya.

12. Flynx Browser

Flynx Aplikasi Peramban Web

Download Flynx

Flynx merupakan salah satu browser tercepat dan terbaik untuk kegiatan browsing internet di perangkat Android. Fitur kecepatan dalam memuat web apapun menjadi fitur unggulan dari aplikasi broser ini.

Flynx memiliki beberapa fitur lain yang menjadi andalannya, di antaranya; pilihan bahasa, kemudahan berbagi, kemudahan membaca, save offline, dan lainnya.

Baca juga: Cara Mempercepat Koneksi Internet

Pilih Peramban Web Terbaik

Di atas tadi adalah beberapa aplikasi browser tercepat yang bisa Anda gunakan untuk berselancar di internet, baik melalui komputer atau smartphone.

Setiap peramban web tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Terbaik untuk saya belum tentu terbaik untuk orang lain.

Pilihlah peramban web yang paling sesuai dengan kebutuhan mu agar kegiatan berselancar di internet menjadi lebih produktif.

Jonathan

Jonathan adalah content writer di Maxmanroe.com. Menyukai topik media sosial dan internet, memiliki prinsip bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang belum saatnya.

73 pemikiran pada “12 Aplikasi Browser Tercepat dan Terbaik untuk Berselancar di PC dan Android”

  1. Browser Chrome memang paling baik menurut saya. Bukan hanya di PC, tapi di mobile juga seperti Android browser paling stabil ketika digunakan …

    Balas
  2. crome setelah banyak update sekarang banyak ngadat kayak lag. download foto aja lama. mau pake uc bebannya aduuh ampun dah. maklum hp butut wkwkwk

    Balas
  3. Google Chrome 2020 banyak untuk di cari tahun ini. Chrome memiliki koleksi ekspansi yang cukup besar untuk membantu Anda menyesuaikan pengalaman browser dan memiliki desain minimal efisien yang memberi Anda semua detail dan kinerja yang Anda butuhkan.

    Balas
  4. Saya pribadi sangat setuju kalau google chrome yang paling atas, karena simple dan efisien. Chrome di hp dan pc juga bisa sinkron kalo pakai satu akun google jadi dapat menyimpan user dan password otomatis

    Balas
  5. Kalau saya tetap memilih google mas, karena memang lebih cepat, update dan pengguna juga banyak.. apalagi sekarang google lebih canggih..

    Balas
  6. iya lebih suka pakai crome sama opera yang lainnya sepertinya banyak yang baru dan gak familiar gitu

    Balas
  7. Selain browser terkenal seperti artikel di atas, saya merekomendasikan salah satu browser yang cukup cepat menurut saya, yaitu chameleon browser. Karena browser ini tidak menyimpan data riwayat penjelajahan anda.

    Balas
  8. Opera jadi andalan browser aku, mudah di atur dan minimalis. dulu sih pernah coba pakai UC browser, sekarang UC terlihat seperi sedikit lemot saat mengakses lamam web.

    Balas
  9. Saya dari dulu sampai sekarang masih memakai Google Chrome untuk browsing, baik itu di PC maupun di Smartphone. Kecepatannya memang nggak ada tandingannya dibandingkan aplikasi Browser lainnya.

    Balas
  10. saya menggunakan operamini sejak jaman hp symbian, sekarang lebih enak chrome, tapi itu menurutku sih..

    Balas
  11. Gw mah sering pake chrome kalo lagi ada tugas.. jg pake uc kalo lagi iseng, dingin, you knowlah aowkwk

    Balas
  12. CM Browser menurut saya cukup memuaskan. Selain cepat, aplikasi ini juga dilengkapi search trends yang real-time. Sampai saat ini masih jadi aplikasi mobile browser pilihan pertama saya.

    Balas
  13. Dulu pernah pake opera mini tahun 2011, masih pake hp nokia , sekarang aplikasi broweser yang saya gunakan google chrome lebih cepat dan uniknya lagi kalo lagi offline bisa main game dinosaurus mini wkwkwk

    Balas
  14. Dulu, aku suka pakai Mozilla. Kini, saya suka pakai chrome. Lebih lancar dan lebin cepat. Prosesnya simpel.

    Balas
  15. aku pakai browser chrome mau itu di pc atau android, mungkin sudah kebiasaan dan enaknya pake browser chrome dari dulu, pilihan yang kedua mungkin uc browser. Ternyata masih ada beberapa nama browser lain yang belum aku kenal dan terdengar aneh :D

    Balas
  16. Sudah terbiasa pakai chrome, ya itu aja. Tak ingin ganti. Pakai chrome juga lancar dan nyaman.

    Balas
  17. Saya sendiri lebih enak pakai chrome, pernah coba browser TOR tapi kurang betah,

    Balas
  18. Pernah pake bebrap aplikasi sperti operamini, uc, namun sekarang lebih nyaman di google chrome, klo lagi offline bisa min game wkwkwkk

    Balas
  19. kalau saya lebih suka menggunakan browser chrome untuk melakukan browsing,
    tapi kalau unduk mendownload saya selalu menggunakan uc browser karena ada penambahan speed download nya jadi download semakin kenceng

    Balas
  20. Dari banyaknya browser yang tersedia, saya masih setia menggunakan Mozila dan google chrome, karena sangat mudah digunakan.

    Balas
  21. Dari awal kenal perangkat, dua browser yang menjad favorit yatiu untuk PC Chrome, sedangkan ponsel menggunakan UC Browser.

    Balas
  22. Selama saya menggunakan Google Chrome ternyata masih google chrome yang saya rasakan enak dan lancar browsingnya, web apapun itu terasa ringan dibuat google chrome, dan satu lagi saya juga gunakan Maxthon. :)

    Balas
  23. Chrome ringan dari mana? Datanya saja hampir 500MB. Coba edit kembali deh bandingkan dengan browser UC mini atau lainnya

    Balas
    • Chrome emang ringan mas, browser default di laptop saya itu. Emang sampean pakai chrome versi apa kog bisa sampai 500 MB? :)

      Balas
  24. Sejak pertama kenal chrome belum pernah pindah ke lain browser. Mau lewat hp, PC ato laptop, semua data bisa sinkron. Cocok buat yang doyan browsing cari bahan buat ngeblog, jadi g repot klo kudu gonta-ganti perangkat kerja.

    Balas
  25. Wah, kalau saya masih setia dengan Chrome dan Mozila.. Memang keduanya laik digunakan, selain ringan juga tampilannya nyaman.

    Balas
  26. apa benar google memata-matai penggunanya menggunakan browser google chrome? soalnya saya pernah menyimak diskusi di salah satu media sosial tentang bahasan tersebut

    Balas
    • Bukan me-matai-matai tetapi browser google menggunakan cokie yang berfungsi sebagai perekam penggunanya. Contohnya kalau kita bikin akun gmail, otomatis data, alamat, minat dan riwayat jelajah kita dapat terekam semua oleh google. Itu sudah otomatis bro..
      Dan sebenarnya, google juga sudah memberi tahu kepada penggunanya atas perekaman itu..biasanya pemberitahuan itu dilakukan tanpa kita sadari seperti contoh waktu kita “hampir selesai” bikin gmail..pasti akan ada persyaratan yang tertulis ” dengan menggunakan layanan gmail dari google berarti anda SETUJU…blablabla..” kira2 begitu…

      Balas
  27. apa benar kalau google memata-matai penggunanya menggunakan browser google chrome? soalnya saya pernah membaca diskusi di grup salah satu media sosial tentang bahasan tersebut

    Balas
  28. saya pribadi lebih menyukai browser BRAVE, ia selain cepat tidak ada iklan yang mengganggu, dan enaknya lagi tak perlu install plugin khusus untuk blokir iklan, sejauh ini saya sangat senang sekali setelah mengenal browser BRAVE ini.

    Balas

Tinggalkan Balasan

) -->