Bizzy.co.id ~ Memasuki Persaingan E-commerce Lokal Berbekal Konsep B2B

bizzy co id

Perkembangan model bisnis B2B (business to business) #e-commerce di Indonesia memang belum terlalu pesat. Saat ini perkembangan e-commerce lebih berfokus pada penjualan secara retail. Padahal di tingkat global, model bisnis B2B ini sudah menjadi salah satu proses e-commerce besar yang dilirik oleh sejumlah perusahaan e-commerce kelas dunia.

Kalau di Thailand dan Korea Selatan bisa memperoleh omset bisnis e-commerce senilai 50% dan 91% dari model bisnis B2B, maka Indonesia hanya mampu memperoleh persentase sebesar 11% saja. Hal inilah yang kemudian mendukung pertumbuhan bisnis e-commerce dengan konsep B2B di Indonesia.

Latar Belakang Dibentuknya Bizzy.co.id

Bizzy.co.id adalah sebuah bisnis e-commerce berkonsep marketplace yang akan membantu perusahaan dari berbagai tingkatan (kecil, menengah dan besar) untuk memperoleh suplai produk maupun jasa secara mudah. Melalui kehadiran Bizzy.co.id, maka diharapkan repeat order terhadap suplai produk atau jasa yang dibutuhkan menjadi lebih mudah dan nyaman untuk dilakukan.

Menurut CEO dan co-founder Bizzy.co.id, Peter Goldsworthy, Indonesia memang masih kekurangan terobosan dalam hal pengadaan suplai dan jasa bagi kebutuhan bisnis. Hasil riset yang sempat dilakukan oleh Bizzy.co.id juga menyatakan kalau ternyata banyak sekali pemasok atau distributor yang kesusahan menemukan dan menjalin hubungan dengan pelanggan B2B.

Artikel lain: SiKumis, Startup Situs E-Commerce Penyedia Produk Industri Asal Bekasi

Masalah ini kemudian melatarbelakangi dibentuknya B2B untuk memfasilitasi proses jual beli produk dan jasa B2B secara online serta membantu proses pengangkutan melalui sistem crossdocking.




Ragam Produk dan Pelayanan Di Bizzy.co.id

Hingga pertengahan Juli 2015, Bizzy.co.id memiliki 5 kategori produk umum yaitu Office Supplies, Electronics, Cleaning, Pantries dan Services. Dengan desain situs yang sederhana dan tampilan menarik, kita bisa berbelanja dengan cepat dan menyenangkan melalui situs ini. Proses belanja di Bizzy.co.id juga tergolong cukup mudah, Kita hanya perlu melakukan registrasi sebelum memilih dan memasukkan produk yang kita inginkan ke dalam keranjang belanjaan.

Selanjutnya, konfirmasi cara pembayaran serta alamat pengiriman harus diisi dengan jelas untuk memudahkan proses pengangkutan barang. Bizzy.co.id menyediakan beberapa cara pembayaran yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita mulai dari transfer antar bank, pembayaran berjangka hingga sistem COD (Cash On Delivery).

Fasilitas spesial untuk para pelanggan Bizzy.co.id juga sudah direncanakan dengan matang salah satunya dengan pengadaan kartu keanggotaan grosir. Kalau kita menggunakan fasilitas kartu tersebut, maka kita bisa menikmati produk dengan harga grosir tanpa jumlah minimal pembelian selama 1 tahun. Pelayanan khusus berupa kartu keanggotaan grosir tersebut diperuntukkan bagi beberapa organisasi yang menjadi pelanggan Bizzy.co.id seperti rumah sakit, yayasan, lembaga pendidikan dan #startup.

Proses pengiriman produk akan dilakukan secara cepat dan akurat untuk memastikan kiriman produk tersebut benar-benar sampai ke tangan kita. Bahkan untuk pembelian minimal Rp 500.000 untuk area pengiriman Jadetabek, Bizzy.co.id sudah menyiapkan layanan gratis ongkos kirim untuk kita.

Perkembangan Bizzy.co.id Di Indonesia

Berhasil memperoleh kepercayaan dari berbagai startup seperti Traveloka, Dompet Dhuafa, Grabbike dan sejumlah startup lainnya membuat perkembangan Bizzy.co.id terbilang cukup pesat dalam beberapa waktu belakangan ini.




Bukan hanya itu saja, perkembangan tersebut juga didukung oleh pelayanan pengiriman yang mencakup 33 propinsi di Indonesia secara cepat, aman dan akurat. Kemajuan inilah yang membuat Ardent Capital yang sudah memberikan bantuan dana sebesar 2.5 juta dollar kepada Bizzy.co.id percaya bahwa perkembangan startup ini memang menjanjikan dan memiliki prospek yang baik.

Baca juga: 5 Situs E-Commerce Yang Sedang Mendominasi Market Online Indonesia

Dikenal sebagai salah satu perusahaan penanam modal bagi sejumlah startup teknologi di kawasan Asia Tenggara, Ardent Capital optimis bahwa perkembangan Bizzy.co.id bisa menjadi salah satu jalan bagi pengembangan model bisnis B2B berbasis e-commerce di Indonesia. Pasar Indonesia yang begitu besar akan membuat kekuatan B2B e-commcerce mampu menyaingi negara lain yang sudah lebih dahulu berkembang seperti Thailand, Korea Selatan dan China.

Apakah kita mempunyai startup atau perusahaan yang sedang berkembang dan membutuhkan pengadaan logistik secara cepat dan memadai? Mungkin sudah saatnya bagi kita untuk mulai melirik Bizzy.co.id sebagai salah satu solusi B2B e-commerce di Indonesia.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud