Bisnis Game Online di Indonesia: Peluang dan Tips Cara Memulainya

Bisnis Game Online di Indonesia

Saat ini bisnis game online merupakan salah satu sektor bisnis yang sangat pesat perkembangannya di Indonesia. Bukan tanpa alasan. Pasalnya para pecinta game online berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Game online ada banyak sekali jenisnya, baik itu game konsol, mobile, maupun dengan komputer. Misalnya game di Plays.org yang bisa dimainkan secara gratis di komputer dengan hanya menggunakan browser internet.

Kemajuan teknologi internet, komputer, dan gadget turut mendukung perkembangan industri game online. Selain itu, kualitas game yang semakin baik dan menarik juga menjadi faktor yang membuat semakin banyak orang suka bermain game online.

Seperti kita ketahui, semakin banyak peminat game online maka semakin besar pula potensi dan peluang usaha yang bisa dimanfaatkan. Sebut saja beberapa diantaranya; warnet game online, jual-beli voucher game online, menjual karakter game, menjual souvenir game, dan lain-lain.

Nah, di artikel ini saya akan membahas secara ringkas mengenai bisnis game online, mulai dari peluang bisnisnya hingga cara untuk memulainya.

Peluang Bisnis Game Online di Indonesia

Pesatnya industri game online di Indonesia membuka berbagai peluang usaha yang cukup menjanjikan. Pengusaha game online yang bisa mengoptimalkan bisnisnya tentu akan memperoleh keuntungan.

Pada dasarnya ada banyak sekali potensi dan peluang bisnis di industri game online. Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis yang bisa dijalankan dari maraknya game online.

1. Menjadi YouTuber Gamer

Apakah Anda seorang gamer? Sering diomelin orang tua karena terlalu sering main game? Jangan berkecil hati guys, karena sebenarnya sekarang menjadi gamer itu sudah menjadi salah satu profesi yang menjanjikan dan bisa menghasilkan uang.

Profesi YouTuber Gamer bukanlah hal yang aneh di Indonesia. Ada banyak gamer yang mendulang uang dari video bermain game yang diposting ke YouTube. Sebut saja beberapa YouTuber gamer yang populer asal Indonesia, seperti; Jess No Limit, Dyland Pros, MiawAug, Frost Diamond, Rendy Rangers, dan lain-lain.

Lalu dari mana uang yang didapatkan oleh para YouTuber gamer? Umumnya mereka mendapatkan penghasilan dari Iklan Google Adsense, Penjualan merchandise, dan jasa endorsement. Namun, tidak menutup kemungkinan mereka bisa mendapatkan penghasilan dari sumber lainnya dari videonya di YouTube.

2. Membuka Jasa Top Up Voucher Game Online

Seperti kita ketahui, ada banyak game online yang membutuhkan voucher untuk membeli item-item premium atau fitur keren lainnya. Nah, ini merupakan potensi bisnis yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu dengan membuka jasa top up voucher game online.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah ada beberapa situs website yang menjual jasa top up voucher game online. Misalnya Unipin.com, situs ini Menjual credit dan voucher berbagai game online.

3. Jasa Pengisian Game

Seperti kita ketahui, sat ini semua perangkat game konsol sudah menggunakan cara digital untuk menambahkan game ke dalam perangkatnya.

Biasanya gamer membeli game-game tertentu dengan membelinya dengan cara pembayaran via kartu kredit atau ATM.

Namun, sebagian gamer lebih memilih menggunakan jasa pengisian game karena dianggap lebih mudah. Nah, inilah peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan.

4. Toko Perlengkapan Game

Pada umumnya game online bisa dibeli secara online melalui beberapa platform. Namun, ternyata cukup banyak juga gamer yang memilih membeli game resmi dari toko-toko game.

Game yang ukurannya besar biasanya akan memakan waktu lama untuk didownload secara online. Nah, game-game tersebut bisa dibeli dari toko perlengkapan game tersebut.

Namun, pebisnis toko game harus menjual game resmi dan original dari developernya. Hal ini harus dilakukan agar tidak terjadi pelanggaran hak cipta.

5. Jasa Rental Game Konsol

Game konsol masih menjadi pilihan utama bagi beberapa gamer meskipun game mobile sudah populer. Alasannya, game konsol lebih memberikan pengalaman yang nyata dan lebih seru ketimbang game mobile.

Hingga saat ini, game konsol seperti PlayStation, XBox, dan Nintendo masih menjadi pilihan bagi sebagian besar gamer. Meskipun banyak penggemarnya, namun tidak semua gamer bisa memiliki perangkatnya karena terhitung mahal.

Nah, inilah peluang yang bisa dimanfaatkan yaitu dengan membuka bisnis jasa penyewaan game konsol. Misalnya, Anda bisa membuka rental PlayStation 5 dengan berbagai paket.

Tips Memulai Bisnis Game Online

Peluang bisnis yang potensial harus dimulai dengan persiapan yang baik. Jika Anda ingin memulai bisnis game online, coba terapkan beberapa tips untuk memulai dan menjalankannya:

1. Lokasi Usaha Harus Strategis

Ada pepatah yang mengatakan “lokasi menentukan prestasi”. Ini bukan sekedar kata-kata, tapi memang sudah terbukti bahwa lokasi usaha sangat menentukan kemajuan sebuah bisnis, termasuk bisnis game online.

Jika Anda membuka bisnis warnet game online, jasa top up game online, toko game, atau rental game konsol, maka lokasi usaha yang strategis adalah sebuah keharusan.

Tujuannya agar tempat usaha dapat dilihat banyak orang dan dijangkau dengan mudah. Semakin mudah diakses maka usaha Anda lebih berpotensi untuk mendapatkan banyak pengguna atau konsumen.

2. Perangkat yang Mumpuni

Ini tergantung bisnis game online apa yang Anda geluti. Misalnya Anda menjalankan bisnis jasa penyewaan game konsol, maka Anda harus punya perangkat yang mumpuni.

Atau jika Anda punya usaha warnet game online maka perangkat komputer yang digunakan harus memenuhi spesifikasi minimum. Perhatikan kebutuhan RAM, memori, kartu grafis, dan hal lainnya.

Intinya, produk dan perangkat game online harus membuat si gamer merasa nyaman ketika bermain. Dengan begitu, maka kemungkinan besar ia akan kembali lagi terus menerus untuk main game di tempat Anda.

3. Produk Original dan Uptodate

Apapun bisnisnya, pastikan produk yang Anda tawarkan original dan up to date. Ini menyangkut kepuasan pelanggan dan kelanggengan bisnis Anda di masa depan.

Misalnya Anda menjalankan usaha warnet game online, pastikan game yang Anda instal adalah original. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan game apa saja yang banyak dimainkan oleh gamer. Dengan begitu, pelanggan akan tetap kembali untuk memainkan game kesukaan mereka.

4. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Namanya game online berarti menggunakan koneksi internet untuk bermain game. Semakin cepat dan stabil koneksi internet maka pelanggan dapat bermain game online dengan lebih nyaman.

Kenyamanan selama bermain game online akan membuat pelanggan merasa beta dan akan kembali lagi. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan provider yang memberikan jaminan koneksi internet yang cepat dan stabil.

5. Menyiapkan Ruangan yang Nyaman

Selain internet cepat dan stabil, kenyamanan ruangan juga menjadi faktor penting agar membuat si gamer betah.

Kenyamanan ruangan tersebut misalnya, suhu udara yang sejuk, meja dan kursi yang nyaman, pencahayaan ruangan yang baik, toilet yang bersih, dan lain sebagainya.

Ruangan yang nyaman dan fasilitas yang memadai akan semakin membuat si gamer betah berlama-lama dalam bermain game di tempat Anda.

6. Menjual Kebutuhan Lainnya

Biasanya seorang gamer bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk bermain game. Tentunya dia akan membutuhkan makanan, minuman, dan keperluan lainnya.

Oleh karena itu, jangan hanya fokus pada bisnis utama. Anda perlu mempertimbangkan untuk menjual makanan, minuman, atau kebutuhan lainnya yang sering dicari oleh pelanggan.

Selain dapat memenuhi kebutuhan para gamer, Anda juga mendapatkan pemasukan tambahan dari penjulan makanan dan minuman tersebut.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa perkembangan game online di Indonesia sangat pesat dan telah membuka banyak peluang bisnis yang sangat potensial.

Beberapa peluang usaha yang bisa dijalankan seperti; warnet gaming, toko perlengkapan game, usaha jasa top up, usaha penyewaan game konsol, dan lain-lain.

Bisnis ini sangat cocok untuk mereka yang punya minat besar di dunia gaming, khususnya game online. Selain bisa menjalankan hobi, Anda juga bisa mendulang uang dari bisnis ini.

Jadi, apakah Anda tertarik menjalankan bisnis game online?

M Majid

Mochamad Majid adalah content writer sekaligus editor di Maxmanroe.com. Menyukai dunia digital media dan fotografi.

Tinggalkan Balasan

) -->