Mau Menjalankan Bisnis Batu Akik, Perhatikan 7 Hal Ini

Mau Menjalankan Bisnis Batu Akik, Perhatikan 7 Hal Ini

Bisnis Batu Akik

Bisnis Batu Akik – Tren bisnis batu perhiasan atau batu mulia khususnya batu akik saat ini tengah booming. Tren batu akik juga banyak  membuka peluang usaha baru di daerah. Peluang usaha batu akik tidak hanya ada pada penjual atau pedagang batu akik itu sendiri, tapi juga ada penambang, pengasah batu akik sampai dengan perajin  batu akik.

Karena begitu menjanjikannya bisnis batu akik ini, menjadikan peluang usaha ini begitu ‘seksi’ untuk digeluti. Betapa tidak, batu kecil yang seperti tidak ada harganya itu, ketika sudah dipajang di showroom akan memiliki nilai yang sangat mahal sekali.

Untuk harga sebuah batu akik, bisa mencapai jutaan bahkan sampai dengan ratusan juta rupiah. Itulah yang membuat bisnis ini menjadi sangat menggiurkan. Nah, jika Anda minat ingin berbisnis batu akik, perhatikan hal ini:

1. Belajar Tentang Bisnis Batu Akik

Sebelum Anda putuskan untuk terjun ke bisnis batu akik, pelajari dahulu dengan seksama batu akik itu sendiri. Hal ini sangat penting karena begitu banyaknya jenis dari batu mulia tersebut. Sangat riskan bila Anda buta terhadap batu ini lalu Anda paksakan untuk berbisnis karena tergiur untung yang begitu besar.

Pelajari jenis batu ini, karakter batu, serta asal batu, karena dari masing – masing daerah di Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri.

Artikel lain: 4 Contoh Usaha Kecil Potensial Yang Ada di Sekitar Kita

2. Menentukan Segmen Pasar

Segmen mana yang Anda pilih akan sangat membantu fokus dalam bisnis batu akik Anda. Karena perlu Anda ketahui bahwa banyak segmen pasar yang bisa Anda kerjakan dalam menggeluti batu akik ini. Dalam menentukan segmen yang akan Anda kerjakan, bisa Anda tentukan dari keahlian yang Anda kuasai. Baik itu kemampuan memoles batu, kemampuan menghias bingkai maupun juga kemampuan marketing atau pemasaran Anda.

Sangat sulit menjalankan semuanya sendiri. Solusi yang paling tepat adalah dengan membuat sebuah tim dengan mengakomodasi seluruh kemampuan di atas dengan konsekuensi, harus ada pembagian kuentungan.

3. Perhatikan Modal Usaha

Untuk modal awal usahakan tidak terlalu besar. Gunakan dana yang save, atau dan yang jika terjadi sesuatu terhadap bisnis Anda tidak akan berpengaruh terhadap kesehatan keuangan Anda. Karena mengingat bisnis ini adalah termasuk bisnis musiman yang artinya bisnis yang bukan berbasis pada kebutuhan masyarakat.

Jadi, di sini Anda harus tetap memperhitungkan dengan seksama segala kemungkinan yang akan terjadi ke depan.

4. Survey Lokasi Produk

Ini harus Anda lakukan untuk bisa mendapatkan produk yang baik dan banyak diminati oleh para konsumen. Jika Anda masih dalam tahap memulai, bisa dilakukan di daerah sekitar Anda dulu. Survey bisa dilakukan pada kota-kota terdekat di sekitar lokasi Anda.

Jika skala pangsa pasar Anda sudah besar, Anda juga harus melebarkan daerah survey Anda. Hampir semua kepulauan di Indonesia memiliki batu mulia batu akik yang unik.

5. Survey Harga

Sangat penting Anda lakukan untuk mengetahui harga terbaru di pasaran. Karena bisnis seperti ini kemungkinan perubahan harga di pasar sangatlah besar. Jadi semakin sering Anda melakukan survey harga akan sangat baik untuk perkembangan bisnis batu akik Anda. Ini bisa Anda lakukan dengan mencoba memasuki pusat – pusat perdagangan batu mulia di sekitar Anda.

Selain cara di atas, bisa juga dengan cara online dengan memasuki grup facebook, beberapa forum dan berbagai media sosial maupun toko online yang berkaitan dengan penjualan batu akik. Di situ Anda akan banyak mendapatkan informasi mengenai harga terbaru batu akik.

Baca juga: Sukses Berbisnis Dengan Berbekal Ilmu “Nilai Tambah” dan “ATM”

7. Inovasi Bisnis Batu Akik

Inovasi sangat penting keberadaanya dalam bisnis ini untuk menghindari kejenuhan dari konsumen. Selain untuk menghindari kejenuhan dari konsumen, inovasi sangat disarankan juga untuk meningkatkan nilai dari batu akik itu sendiri.

Bagi pengrajin atau penghias batu akik, jika ingin bertahan lama dalam menjalankan bisnis batu akik, mau tidak mau harus selalu melakukan terobosan. Inovasi bisa menjadi faktor pembeda diantara para pebisnis batu akik. Seberapa besar inovasi yang Anda buat, akan sangat menentukan keberlangsungan bisnis Anda di bidang batu mulia ini.

Itulah beberapa hal yang bisa kami sampaikan sebagai persiapan dalam membuka usaha atau bisnis batu akik. Semoga membantu Anda untuk segera merealisasikan gagasan dan ide Anda.

9 KOMENTAR

  1. Bisnis batu akik bisa bertahan kalau kita memahami seluk beluk ilmu perbatuan, ditambah dengan relasi / kenalan yg banyak, karena harus diakui bisnis batu akik ini musiman dan semakin lama hanya kalangan / segelintir org saja yg nantinya menjadi kolektor atau peminat sejati dr batu akik. Dan tentu mereka / konsumen akan membeli dari orang-orang yg mereka percaya saja.

  2. Batu akik sama hal juga dengan arloji.
    Arloji untuk mengingatkan kita pada pentingnya melihat waktu.
    Walau sampai saat ini sebagai pengingat waktu sudah ada di ponsel, gantungan kunci, televisi. Dll.
    Tetapi pabrik pembuatan jam, seperti alba, citizen, seiko, dll, terus saja memproduksi.
    Belum lagi pengeluaran untuk gaji karyawan.

    Apakah pabrik-pabrik jam tersebut takut barang produknya tidak laku terjual, atau bahkan merugi?

    Janganlah takut disaat memulai suatu usaha.
    Untung dan rugi dalam sebuah bisnis hal biasa.
    Hal yang sangat luar biasa jika kita ketakutan untuk memulai suatu bisnis.

    Jangan kalah sebelum berperang!!.
    Jangan menyerah sebelum bertarung!!

  3. yakinlah bahwa rezeki kita dtgnya dr Allah.. ini hanyalah asbab
    yg penting mau berusaha. hasilnya biar Allah yg tentukan :)

  4. Saat ini sedang berlangsung jakarta pir.
    Ditempat tersebut juga sedang digelar pasar batu akik.

    Dari liputan reporter sctv omset para pedagang terjadi peningkatan dari pada menjual ditempat lapak biasa.

    Dari beberapa wawancara reporter sctv pada beberapa lapak pedagang disana, rata-rata jenis batu giok dan kecubung wulung yang banyak diminati oleh para konsumen di jakarta.

    Saat ini perayaan pekan jakarta sedang berlangsung.
    Rata-rata para pedagang menyewa lapak disana 2500:000:

    untuk mencari pansa pasar di dalam menggeluti batu akik, memang kata harus mempunyai akses pada perajin dan para pedagang.
    Kalau untuk pasar ekspor tidak perlu dikaji lebih jauh.
    Jika memang dapat jodoh, pasti nanti akan tercantol.
    Kalaupun tidak ketemu, tidak perlu kecil hati, nusantara ini masih luas.
    Jika memang sudah rezeki kita, tidak akan lari kemana-mana

  5. Batu Akik Lombok

    Saya ragu mau memulai bisnis batu akik ini, karena berapa lama trend batu akik ini bisa bertahan, kalau Mas Max bilang di artikelnya tergantung pada inovasinya, karena ini batu jadi agak bingung mau membuat inovasi seperti apa lagi, karena paling inovasinya ada dua kalau ga jadi batu cincin paling jadi kalung. Selain itu juga tidak ada harga pasaran yang standar dari harga batu, seperti emas itu ada standar bakunya, kalau batu akik hemat saya standar harga hanya dari selera, kalau orang suka maka bisa dibeli mahal, tapi kalau orang tidak suka maka bisa-bisa batunya tidak laku. Tapi mungkin kalau jenis batu yang sudah ada nama bisa save seperti jenis bacan.

  6. Memang menarik mas Max,terkadang lupa waktu
    saya dulu pernah ikut ikutan mencari si akik ini,,kemana mana ada tumpukan batu kerikil..trims

  7. Akankah bisnis batu akik akan senasib dengan bisnis bunga anterium jaman dulu?

    • Anthurium, bukan anterium bos

  8. Batu akik memang menjadi idola saat ini, sampai2 saya juga ikutan mengkoleksi batu akik. Sebelumnya saya juga pernah menulis artikel tentang batu kecubung, karena itu yang ada di daerah saya di pontianak….jadi sekarang semakin banyak orang menulis tentang batu akik…..

Tinggalkan Balasan