Beranda Pemasaran Beriklan Di Pinterest Lebih Menguntungkan Dibanding Twitter, Ini Alasannya

Beriklan Di Pinterest Lebih Menguntungkan Dibanding Twitter, Ini Alasannya

Beriklan Di Pinterest Lebih Menguntungkan Dibanding Twitter

Ngomong-ngomong soal platform advertising, Anda mungkin jauh lebih familiar dengan Instagram, TikTok, dan Facebook karena tiga sosial media ini selalu berada di jajaran atas.

Apa lagi TikTok yang popularitasnya semakin meroket. Tapi tahukah Anda kalau sebenarnya Pinterest juga punya potensial untuk dipertimbangkan?

Beberapa tahun belakangan ini, Pinterest memiliki user aktif yang sangat besar. Sosial media ini bisa dibilang memiliki konsep seperti Instagram yang berbasis visual, hanya saja mereka fokus pada gambar.

Intinya Pinterest membantu pengguna mendapatkan inspirasi tentang hal apa saja, baik itu resep, furnitur, fashion hingga kerajinan.

Pada situsĀ  Fool.com, Luis Sanchez CFA menulis kalau platform sosial media ini ternyata cukup sering digunakan untuk beriklan bila dibandingkan dengan Twitter dan Facebook.

Jika dibandingkan dengan Twitter sendiri, Pinterest jauh lebih unggul bila kita melihat pada pertumbuhan audience dan ad sales.

Masih menurut laporan Fool.com, data menunjukkan bahwa Pinterest memiliki nilai yang lebih baik dalam hal iklan ketimbang Twitter mengingat dua sosial media ini memiliki jumlah user yang hampir sama.

Dari data ini, Luis Sanchez CFA membuat kesimpulan soal tiga faktor yang membuat Pinterest lebih baik dari Twitter.

1. Audience Pinterest Tumbuh Lebih Cepat Dari Pada Twitter

Alasan utama Pinterest terlihat lebih menarik di mata para advertiser adalah besarnya audience global. Sekarang saja, sosial media ini memiliki setidaknya 440 juta user aktif per bulan di seluruh dunia.

Sebanyak 2/3 pengguna Pinterest adalah wanita. Twitter sendiri pada laporan 2018 memiliki user aktif 326 juta. Twitter mengubah format laporannya ke pengguna harian yang bisa dimonetisasi di tahun 2018.

Jadi lebih sulit bila membandingkannya secara apple-to-apple. Meski demikian, para analis mengatakan kalau Pinterest memiliki pertumbuhan yang lebih cepat.

2. Pengguna Pinterest Punya Lebih Banyak User yang Punya Tujuan Komersil

Pinterst Punya Banyak Pengguna

Hal yang unik dari sosial media ini adalah mudahnya pengguna scrolling konten sesuai dengan keyword yang dicari. Pola hasil pencarian di Pinterest akan menyajikan gambar yang menyarankan user untuk membeli barang yang sedang mereka cari.

Pendek kata, pengguna Pinterest ini punya tujuan komersil karena mereka pada dasarnya mencari gambar sambil mencari produk.

Hal ini berkebalikan dengan Twitter. Twitter sendiriĀ  merupakan platform yang berbasis pada kata-kata yang mana lebih mengarah pada percakapan pengguna.

Jadi informasi yang didapat di sini cenderung berbasis pada kata-kata. Topik yang dibicarakan di Twitter ini bisa bervariasi, mulai dari olahraga, politik, kesehatan, TV show dan masih banyak lagi.

Bahkan kadang-kadang topik yang dibicarakan bisa berupa seputar produk yang mungkin akan dibeli oleh user, bukan produk konsumer.

Jadi, kalau dilihat dari sudut pandang pengiklanan, pengguna Twitter ini memiliki tujuan komersil yang lebih rendah dibanding Pinterest.

Bagi para pengiklan, Pinterest ini lebih memudahkan pengiklan untuk menemukan calon konsumen ketimbang Twitter.

3. Pinterest Jauh Dari Kontroversi

Dalam bisnis kontroversi bisa berakibat kurang baik. Karena Pinterest ini merupakan platform yang didasarkan pada brand, platform ini jadi terkesan lebih adem dan damai.

Twitter dan Facebook sendiri sering jadi sorotan media karena berbagai kontroversi mulai dari gugatan, bullying, sensor dan juga hoax.

Sejauh ini Pinterest belum memiliki hal-hal kontroversial seperti dua sosial media besar seperti Facebook dan Twitter. Dari konsepnya saja, Pinterest ini secara alami kurang menarik untuk membahas politik dan hal kontroversi lainnya.

Faktanya pada 2020 lalu perusahaan ini mencatat kalau Pinterest dipilih oleh para pengiklan karena jauh dari hiruk pikuk kontroversi.

Kebanyakan perusahaan tidak suka beriklan di sebuah platform yang memiliki banyak kasus karena hate speech, perdebatan politik dan kasus panas lainnya.

Inilah kenapa beriklan di Twitter jadi kurang menarik. Amannya Pinterest dari kontroversi ini harusnya lebih menarik bagi para pengiklan untuk menghabiskan budget-nya.

4. Masa Depan Pinterest Kemungkinan Lebih Cerah

Di musim pandemi tahun 2020 saja, Pinterest masih mengalami peningkatan dalam hal finansial dan pengguna. Jelas kalau perusahaan ini bakal punya masa depan lebih cerah bila terus melakukan scale up.

Berkebalikan dengan Twitter yang mungkin akan terus mengalami penurunan dalam hal pendapatan iklan.

Bagaimana dengan Anda? Menurut Anda, apakah Pinterest cocok untuk bisnis yang punya target lokal?

Ingin tahu bagaimana cara berikaln di Pinterest? Coba tonton video berikut ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here