Benarkah Blogger Jomblo Lebih Berpeluang Memiliki Blog Sukses?

blogger-jomblo

Ilustrasi blogger jomblo

Perbincangan antara saya dan seorang teman blogger yang membahas tentang status (relationship) dan hubungannya dengan profesi seseorang membuat saya ingin menulis artikel mengenai blogger dan jomblo. Menurut teman saya itu, status seseorang (jomblo, punya pacar, punya istri/ suami) akan sangat berhubungan dengan tingkat kesuksesan seseorang. Lebih spesifik dia mengatakan bahwa seorang blogger yang masih berstatus jomblo (belum punya pasangan) akan lebih besar peluangnya memiliki sebuah blog/ website yang sukses. Alasannya simple, karena blogger jomblo bisa fokus membangun blognya sedangkan blogger yang sudah punya pasangan pasti sulit untuk fokus. Agak lucu ya kalau mau dibahas, tapi benarkah blogger jomblo cendrung lebih sukses blognya?

Menjadi seorang blogger itu memang punya tantangan tersendiri. Blogger, selain dianggap bukan sebuah profesi yang ‘bergengsi’, menjadi seorang blogger dituntut untuk menyajikan konten yang bermanfaat dan biasanya membutuhkan ‘riset’ untuk materi tulisannya, udah begitu seringkali karya tulisannya dicopas orang lain tanpa memberikan kredit… miris ya.

Kembali ke topik…




Benarkah blogger jomblo lebih berpeluang memiliki blog/ website yang sukses? Blog yang sukses itu seperti apa sih? Anda dan saya mungkin sedikit berbeda pendapat mengenai ini. Menurut saya blog sukses itu adalah blog yang memenuhi salah satu atau beberapa kriteria berikut;

  • blog yang punya banyak trafik
  • blog yang menghasilkan profit
  • blog yang kontennya menginspirasi dan banyak dishare pembaca
  • blog yang kontennya bermanfaat bagi orang lain

Intinya, blog yang sukses itu adalah blog yang bermanfaat bagi si blogger dan pembacanya.

Nah, kalau blog Anda sudah memenuhi salah satu atau beberapa dari kriteria di atas, berarti blog itu sudah masuk kategori blog sukses, tidak perduli status Anda In a Relationship, Married, ataupun Jomblo. Sekedar contoh saja, saya akan menceritakan sedikit pengalaman saat membangun blog Maxmanroe.com beberapa tahun yang lalu, dimana pada saat itu saya bukanlah seorang jomblo dan bisa membangun blog hingga saat ini yang menurut saya cukup sukses.

Status ‘Blogger Jomblo’ Membuat Anda Lebih Fokus?

Flashback ke awal pembuatan blog Maxmanroe.com pada September 2012 silam. Waktu itu saya masih berpacaran dengan wanita yang sekarang menjadi istri saya. Saat itu saya sudah resign dari pekerjaan di kantor, sedangkan si pacar baru lulus kuliah dan masuk ke dunia kerja. Dengan tantangan yang cukup sulit sebagai blogger pemula, apakah status berpacaran membuat saya tidak bisa fokus membangun blog?

Pada awalnya memang IYA. Tapi pada waktunya saya kembali lagi ke tujuan, harus bisa bikin blog yang keren. Status berpacaran dengan seseorang itu memang bisa menghabiskan waktu karena seringkali si pasangan meminta perhatian lebih. Namun, pada akhirnya kita sendirilah yang akan menentukan apakah terlena dengan situasi atau bisa kembali fokus pada tujuan, yaitu membangun sebuah blog/ website yang ‘kece badai’.

Anda pasti setuju dengan saya bahwa status seseorang (jomblo atau tidak) sama sekali tidak ada hubungannya dengan kesuksesan karena standar sukses bagi masing-masing orang pasti berbeda. Mereka yang sudah punya pasangan (istri/ pacar/ gebetan) biasanya cenderung tidak bisa atau sulit untuk fokus membangun blog/ website mereka. Nah bagi sebagian besar blogger, situasi tidak fokus inilah yang sering membuat mereka tidak bisa membangun konten dengan baik dan sulit untuk konsisten dalam memposting artikel di blognya, padahal kita tahu bahwa konten adalah ‘nafas’ dari sebuah blog. Saya tidak bilang bahwa sulit fokus = gagal, tapi yang pasti tantangan dalam membangun blog/ website akan semakin sulit ketika kita berhadapan dengan situasi sulit fokus. Bener ga?

Inilah tantangan yang saya hadapi selama beberapa tahun. Di saat sulit untuk fokus justru saya dituntut untuk SEGERA berhasil membangun sebuah blog/ website yang sukses dan menghasilkan uang (setidaknya sukses menurut saya) karena saya sudah pengangguran saat itu hehehe. Situasi kepepet memaksa saya untuk bekerja lebih keras, bahkan lebih keras dari yang pernah saya bayangkan. Dan hasilnya, NOT BAD. Jadi, jomblo atau tidak, Anda tetap bisa fokus membangun blog yang sukses.

Apakah Blogger Jomblo Lebih Produktif?

Ada orang bilang “kejar dulu kesuksesan, baru pikirkan punya pasangan atau menikah. Saat kamu sudah sukses maka kamu akan mandiri secara finansial, kalau kamu punya pasangan sebelum sukses maka pasangan mu bisa bikin kamu tidak fokus mengejar impian”. Menurut saya pernyataan ini tidak bisa diberlakukan secara umum, karena situasi dan kondisi masing-masing orang tentunya berbeda. Memang ada orang yang lebih mudah sukses ketika belum punya pasangan, tapi banyak juga orang justru lebih produktif dan sukses setelah menemukan pasangan hidup. Menurut saya ini masalah mindset saja, kalau orang mau sukses dan mau kerja keras ya pasti sukses pada waktunya. Bener kan?

Nah, jika dikaitkan dengan kehidupan seorang blogger, apakah blogger jomblo memang lebih produktif? Bisa iya bisa tidak.

Ada kenalan saya yang bercerita bahwa sejak dia menikah, waktu untuk blogging semakin sedikit dan membuat blognya sulit berkembang dan bahkan mati suri. Memang itu bisa saja terjadi, mungkin karena prioritas hidupnya sudah berubah sejak menikah. Ada juga blogger yang sudah punya pacar merasa sulit membangun blognya, lagi asyik menulis artikel eh tiba-tiba pacarnya nelpon atau sms. Kalau telpon/ sms tidak segera direspon si pacar ngambek, tapi kalau telpon/ sms langsung direspon kemungkinan besar ide menulis artikel akan ‘menguap’ hilang dan tidak jadi posting.

Bagi rekan blogger yang sudah punya pasangan (termasuk saya), memang menjadi tantangan tersendiri untuk tetap bisa konsisten untuk blogging. Seringkali pasangan atau bahkan keluarga kita menganggap kegiatan blogging itu cuma internetan, buang-buang waktu dan kuota internet. Akan lebih baik bila kita menjelaskan dan memberikan informasi lebih detail mengenai profesi seorang blogger. Profesi blogger memang dianggap kurang ‘bergengsi’ tapi soal pola pikir, blogger termasuk kumpulan orang-orang pintar. Bahkan kalau bicara soal penghasilan, banyak blogger yang berpenghasilan fantastis.

Nah bagaimana dengan blogger jomblo?

Tidak bisa dipungkiri bahwa mereka yang masih jomblo cenderung punya waktu lebih banyak, dan biasanya lebih telaten mengurus blognya. Tapi kalau bicara soal blog yang sukses, belum tentu si jomblo juaranya. Sebagai blogger jomblo jangan terlalu asyik blogging di kamar hingga lupa bersosialisasi dengan dunia nyata, bisa-bisa Anda jadi jomblo karatan hehehe. Sekali-sekali ‘kopi darat’ lah dengan kawan blogger lain, siapa tahu ada bloggerwan/ bloggerwati yang kepincut melihat senyum Anda yang ‘katanya’ menawan itu.

Dan sebenarnya banyak lho blogger jomblo yang justru tidak produktif dan tidak bisa membangun blognya menjadi lebih baik. Ternyata si blogger sering GALAU karena tak kunjung punya pasangan, tersenyumlah kalau Anda adalah salah satunya wkwkwk.

Jadi, menurut saya produktivitas seorang blogger tidak bisa diukur dari status relationship-nya. Tidak perduli Anda jomblo atau punya pasangan, tetap bisa produktif membangun blog yang sukses.

Memiliki blog yang sukses itu hak dan kesempatan bagi semua orang, baik itu blogger jomblo ataupun blogger yang sedang kasmaran.



42 total comments on this postSubmit yours
  1. Yah namanya juga manusia punya persepsi nya masing masing😁

  2. Haha bener juga min, kalo di pikir” gua ngeblog fokus tanpa mikirin yang laen tapi juga blog gua masih belom sukses haha masih harus banyak belajar.

  3. jomblo ketika berkarya. pasangan men-support lebih baik

  4. justru kalo jomblo malah kurang semangat pak, itulah yang saya rasakan sekarang, coba kalo misalkan saya punya pacar, pasti banyak inspirasi yang akan bermunculan dan juga saya yakin bisa berkembang dengan cepat.

  5. Salam kenal. Ini adalah komentar saya yang kedua dalam dunia blogging, karena yang pertama gagal di publish. Saya jomblo, baru nge-blog dan menurut saya hubungan antara dua variabel, kejombloan dan kesuksesan, memiliki hubungan saling mendukung. Koefisien korelasinya sekitar 0,8.. Hidup blogger jomblo! :'(

  6. Salam kenal. Ini adalah komentar pertama saya dalam blogging. Saya jomblo, baru nge-blog dan menurut saya blogging dan kejombloan itu korelasinya kuat dan positif. Mungkin 0,8 cocok.. Hehe..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud