Beranda Blogging Benarkah Blogger Jomblo Lebih Berpeluang Memiliki Blog Sukses?

Benarkah Blogger Jomblo Lebih Berpeluang Memiliki Blog Sukses?

blogger-jomblo
Ilustrasi blogger jomblo

Perbincangan antara saya dan seorang teman blogger yang membahas tentang status (relationship) dan hubungannya dengan profesi seseorang membuat saya ingin menulis artikel mengenai blogger dan jomblo. Menurut teman saya itu, status seseorang (jomblo, punya pacar, punya istri/ suami) akan sangat berhubungan dengan tingkat kesuksesan seseorang. Lebih spesifik dia mengatakan bahwa seorang blogger yang masih berstatus jomblo (belum punya pasangan) akan lebih besar peluangnya memiliki sebuah blog/ website yang sukses. Alasannya simple, karena blogger jomblo bisa fokus membangun blognya sedangkan blogger yang sudah punya pasangan pasti sulit untuk fokus. Agak lucu ya kalau mau dibahas, tapi benarkah blogger jomblo cendrung lebih sukses blognya?

Menjadi seorang blogger itu memang punya tantangan tersendiri. Blogger, selain dianggap bukan sebuah profesi yang ‘bergengsi’, menjadi seorang blogger dituntut untuk menyajikan konten yang bermanfaat dan biasanya membutuhkan ‘riset’ untuk materi tulisannya, udah begitu seringkali karya tulisannya dicopas orang lain tanpa memberikan kredit… miris ya.

Kembali ke topik…

Benarkah blogger jomblo lebih berpeluang memiliki blog/ website yang sukses? Blog yang sukses itu seperti apa sih? Anda dan saya mungkin sedikit berbeda pendapat mengenai ini. Menurut saya blog sukses itu adalah blog yang memenuhi salah satu atau beberapa kriteria berikut;

  • blog yang punya banyak trafik
  • blog yang menghasilkan profit
  • blog yang kontennya menginspirasi dan banyak dishare pembaca
  • blog yang kontennya bermanfaat bagi orang lain

Intinya, blog yang sukses itu adalah blog yang bermanfaat bagi si blogger dan pembacanya.

Nah, kalau blog Anda sudah memenuhi salah satu atau beberapa dari kriteria di atas, berarti blog itu sudah masuk kategori blog sukses, tidak perduli status Anda In a Relationship, Married, ataupun Jomblo. Sekedar contoh saja, saya akan menceritakan sedikit pengalaman saat membangun blog Maxmanroe.com beberapa tahun yang lalu, dimana pada saat itu saya bukanlah seorang jomblo dan bisa membangun blog hingga saat ini yang menurut saya cukup sukses.

Status ‘Blogger Jomblo’ Membuat Anda Lebih Fokus?

Flashback ke awal pembuatan blog Maxmanroe.com pada September 2012 silam. Waktu itu saya masih berpacaran dengan wanita yang sekarang menjadi istri saya. Saat itu saya sudah resign dari pekerjaan di kantor, sedangkan si pacar baru lulus kuliah dan masuk ke dunia kerja. Dengan tantangan yang cukup sulit sebagai blogger pemula, apakah status berpacaran membuat saya tidak bisa fokus membangun blog?

Pada awalnya memang IYA. Tapi pada waktunya saya kembali lagi ke tujuan, harus bisa bikin blog yang keren. Status berpacaran dengan seseorang itu memang bisa menghabiskan waktu karena seringkali si pasangan meminta perhatian lebih. Namun, pada akhirnya kita sendirilah yang akan menentukan apakah terlena dengan situasi atau bisa kembali fokus pada tujuan, yaitu membangun sebuah blog/ website yang ‘kece badai’.

Anda pasti setuju dengan saya bahwa status seseorang (jomblo atau tidak) sama sekali tidak ada hubungannya dengan kesuksesan karena standar sukses bagi masing-masing orang pasti berbeda. Mereka yang sudah punya pasangan (istri/ pacar/ gebetan) biasanya cenderung tidak bisa atau sulit untuk fokus membangun blog/ website mereka. Nah bagi sebagian besar blogger, situasi tidak fokus inilah yang sering membuat mereka tidak bisa membangun konten dengan baik dan sulit untuk konsisten dalam memposting artikel di blognya, padahal kita tahu bahwa konten adalah ‘nafas’ dari sebuah blog. Saya tidak bilang bahwa sulit fokus = gagal, tapi yang pasti tantangan dalam membangun blog/ website akan semakin sulit ketika kita berhadapan dengan situasi sulit fokus. Bener ga?

Inilah tantangan yang saya hadapi selama beberapa tahun. Di saat sulit untuk fokus justru saya dituntut untuk SEGERA berhasil membangun sebuah blog/ website yang sukses dan menghasilkan uang (setidaknya sukses menurut saya) karena saya sudah pengangguran saat itu hehehe. Situasi kepepet memaksa saya untuk bekerja lebih keras, bahkan lebih keras dari yang pernah saya bayangkan. Dan hasilnya, NOT BAD. Jadi, jomblo atau tidak, Anda tetap bisa fokus membangun blog yang sukses.

Apakah Blogger Jomblo Lebih Produktif?

Ada orang bilang “kejar dulu kesuksesan, baru pikirkan punya pasangan atau menikah. Saat kamu sudah sukses maka kamu akan mandiri secara finansial, kalau kamu punya pasangan sebelum sukses maka pasangan mu bisa bikin kamu tidak fokus mengejar impian”. Menurut saya pernyataan ini tidak bisa diberlakukan secara umum, karena situasi dan kondisi masing-masing orang tentunya berbeda. Memang ada orang yang lebih mudah sukses ketika belum punya pasangan, tapi banyak juga orang justru lebih produktif dan sukses setelah menemukan pasangan hidup. Menurut saya ini masalah mindset saja, kalau orang mau sukses dan mau kerja keras ya pasti sukses pada waktunya. Bener kan?

Nah, jika dikaitkan dengan kehidupan seorang blogger, apakah blogger jomblo memang lebih produktif? Bisa iya bisa tidak.

Ada kenalan saya yang bercerita bahwa sejak dia menikah, waktu untuk blogging semakin sedikit dan membuat blognya sulit berkembang dan bahkan mati suri. Memang itu bisa saja terjadi, mungkin karena prioritas hidupnya sudah berubah sejak menikah. Ada juga blogger yang sudah punya pacar merasa sulit membangun blognya, lagi asyik menulis artikel eh tiba-tiba pacarnya nelpon atau sms. Kalau telpon/ sms tidak segera direspon si pacar ngambek, tapi kalau telpon/ sms langsung direspon kemungkinan besar ide menulis artikel akan ‘menguap’ hilang dan tidak jadi posting.

Bagi rekan blogger yang sudah punya pasangan (termasuk saya), memang menjadi tantangan tersendiri untuk tetap bisa konsisten untuk blogging. Seringkali pasangan atau bahkan keluarga kita menganggap kegiatan blogging itu cuma internetan, buang-buang waktu dan kuota internet. Akan lebih baik bila kita menjelaskan dan memberikan informasi lebih detail mengenai profesi seorang blogger. Profesi blogger memang dianggap kurang ‘bergengsi’ tapi soal pola pikir, blogger termasuk kumpulan orang-orang pintar. Bahkan kalau bicara soal penghasilan, banyak blogger yang berpenghasilan fantastis.

Nah bagaimana dengan blogger jomblo?

Tidak bisa dipungkiri bahwa mereka yang masih jomblo cenderung punya waktu lebih banyak, dan biasanya lebih telaten mengurus blognya. Tapi kalau bicara soal blog yang sukses, belum tentu si jomblo juaranya. Sebagai blogger jomblo jangan terlalu asyik blogging di kamar hingga lupa bersosialisasi dengan dunia nyata, bisa-bisa Anda jadi jomblo karatan hehehe. Sekali-sekali ‘kopi darat’ lah dengan kawan blogger lain, siapa tahu ada bloggerwan/ bloggerwati yang kepincut melihat senyum Anda yang ‘katanya’ menawan itu.

Dan sebenarnya banyak lho blogger jomblo yang justru tidak produktif dan tidak bisa membangun blognya menjadi lebih baik. Ternyata si blogger sering GALAU karena tak kunjung punya pasangan, tersenyumlah kalau Anda adalah salah satunya wkwkwk.

Jadi, menurut saya produktivitas seorang blogger tidak bisa diukur dari status relationship-nya. Tidak perduli Anda jomblo atau punya pasangan, tetap bisa produktif membangun blog yang sukses.

Memiliki blog yang sukses itu hak dan kesempatan bagi semua orang, baik itu blogger jomblo ataupun blogger yang sedang kasmaran.

47 KOMENTAR

  1. Semoga suatu saat blog saya bisa menjadi seperti blog ini hehe, makasih ats postingannya mas..

  2. Wwkwkwkkw… artikelnya mantap sangat menghibur kak. Bener nih buat para blogger yang jomblo jangan ke asyikan ngeblog. Sekali – kali memang harus berakivitas di luar sosialisasi denga manusia – manusia heheh.. siapa tau ada yang memberi saat menulis artikel untuk blog

  3. Poin kedua Ini yang saya alami :)

  4. Ya bener juga sih mas, jadi dilema. Saat asyik2nya nuangin ide di dpn layar terus pacar sms gt,konsentrasi jd buyar. Padahal udh cb ksh pngertian, tp ya gt deh.. Di sangka nya kt ada yg lain, dan udh ga perhatian lg. Tp mau gmana pun tetap nggak boleh patah semangat ya..mengejar impian membangun blog yg sukses,berguna buat diri kita,buat pacar kt jg nanti dan tentunya bermanfaat buat pembaca.. Ya siapa tahu bisa menyusul jejak kesuksesan mas Marixson Manurung dalam membangun Maxmanroe. :-D

  5. Ada benarnya juga seh. Mungkin! soalnya saya sendiri ndak pernah sukses toh, padahal pernah jomblo dan sekarang pas sudah menikah pun sama saja. Nggak pernah sukses dalam ngeblog, mungkin bukan taqdirnya kali yah menjadi blogger sukses.. Hehe

  6. Yah namanya juga manusia punya persepsi nya masing masing😁

  7. Haha bener juga min, kalo di pikir” gua ngeblog fokus tanpa mikirin yang laen tapi juga blog gua masih belom sukses haha masih harus banyak belajar.

  8. jomblo ketika berkarya. pasangan men-support lebih baik

  9. Pasang Artikel Gratis

    justru kalo jomblo malah kurang semangat pak, itulah yang saya rasakan sekarang, coba kalo misalkan saya punya pacar, pasti banyak inspirasi yang akan bermunculan dan juga saya yakin bisa berkembang dengan cepat.

  10. Salam kenal. Ini adalah komentar saya yang kedua dalam dunia blogging, karena yang pertama gagal di publish. Saya jomblo, baru nge-blog dan menurut saya hubungan antara dua variabel, kejombloan dan kesuksesan, memiliki hubungan saling mendukung. Koefisien korelasinya sekitar 0,8.. Hidup blogger jomblo! :'(

  11. Salam kenal. Ini adalah komentar pertama saya dalam blogging. Saya jomblo, baru nge-blog dan menurut saya blogging dan kejombloan itu korelasinya kuat dan positif. Mungkin 0,8 cocok.. Hehe..

  12. Saya setuju sekali mas, memang disini yang perlu saya garis bawahi adalah fokus. Saya merasakan sendiri bahwa fokus dan konsisten sangat-sangat sulit.

  13. Artikel ini langsung mengingatkan pada seorang blogger jomblo yang sangat rajin posting di blognya yang bertema wisata, tapi sayangnya sampai sekarang kayaknya dia belum sukses. Salam sukses dari admin Direktori UKM Indonesia

  14. memang google adsense lah penyemangat pencari uang di iternet mas, mungkin tanpa keterima di adsense banayk diantara kita yang prustasi, saya pun begitu memiliki blog yang sampai saat ini belum pernah keterima oleh adsense padahal sudah berumur 1 tahun lebih tapi setelah melihat ulasan para blogging yang sudah kaya dan terkenal itu malah menjadi insfirasi buat saya agar tetap semangat. ini ulasan nya Penghasilan Blogger Terkaya Di Dunia saya harap mas dapat mengasih umpan balik dan semoga banyak dijadikan insfirasi agar tetap semangat dalam hal bloging

  15. Hory Radiansyah

    Jomlo tidak masalah menurut saya , Tapi usahakan jangan Jones akut …
    Tapi Peluang sukses menurut saya hanya untuk orang konsisten kaya Agan Max ini selalu menjadi Page nomer 1 di Google

  16. Wkwkwkk..
    Beneeer bang!!! Memang jomblo biasanya hidupnya lebih tenang dan gak terusik dengan problematika cinta ala sinetron jaman sekarang. Namun itu balik pada individunya juga sih. Nyaman apa nggak dia jadi jomblo?
    Tapi yg jelas blogger jomblo sgt berpotensi menjadi produktif karena mereka memiliki banyak waktu untuk fokus ngembangin blognya.

  17. mas ikron kapan kapan bikin artikel lebih detail tentang jatuh bangun nya blog ini dong…
    soalnya kemaren sempet baca post nya mas sugeng tentang bincang bincang sama sampean agaknya keren tu kalo di bikin posting…
    :D
    kalo perlu ntar tak bikinin post di blog saya karena masuk tu cerita tentang blogger sukses :D hehehehe

  18. wokwkwk Judulnya kampret tapi mang rata2 gitu blogger terlalu fokus sama pengembangan blog nya sendiri dibanding urusan Wanita :v

    • Mas Agus sepertinya salah satu blogger jomblo ya, semoga blognya sukses mas :P

  19. hmmm,,,,judul artikel terunik yang pernah saya baca

  20. kalau dipikir – pikir bener juga .. kalau yg sdh punya pasangan pastilah ia lbih memikirkan pasangannya daripada ngurusin blognya.. :)

  21. om marikxon…mo nanya itu yang di gambar, boneka yang di peluk si jomblo, cewe ato cowo?…klo cowo, dengan tidak mengurangi rasa hormat saya, saya menyimpulkan yang meluk boneka cowo itu abnormal, seperti saya cuucok deh…. :D
    becanda om… yang jelas saya sehati dengan om marikxon..so sweet.
    blogger jomblo itu lebih leluasa waktu ngeblog soal nya kaga ada yang nelpon ngucapin : udah emam blum, udah bobo blum dan bla bla bla bla bla paling yang nelpon tukang teman nagih utang,,,go kill…sukses itu ketawa

  22. pengalaman yang menyedihkan hehe
    tapi jangan menyerah, terus berusaha ntr kalau udah sukses juga pasti memiliki pasangan

  23. yang penting pantang menyerah saja sih min menurut saya,. dikhawatirkan banyak yang termotivasi nantinya untuk bertahan tetap jomblo, hanya untuk sukses nge blog,….. wkwkwkwkwk

  24. Tapi motivasi kerja lebih semangat kalo udah berkeluarga gan,apalagi kalo udah punya anak semangat 45 kerjanya..heeheeee….

  25. Yang nulis blog lagi curcol, hehe tapi lumayan memberi pencerahan, kalau mau sukses kita harus fokus jangan terlalu terlena dengan hal yang tidak bermaafaat..

  26. Kalo yang udah menikah gimana pak?

  27. Artis Indonesia

    Kalau menurut saya tergantung “niat” dari si bloggernya sendiri. :)
    Bener nggak Mas? :D

  28. tempat menarik daerah jakarta

    emang bener kok mas,,,jomblo lebih gampang fokus gak kehalang aktifitas ini itu sama si istri,,,hehehhe

    terus kalo mas sendiri gimana setelah berkeluarga jadi lebih fokus atau lebih kurang fokus…

  29. itu kece banget kalimat yang terakhir :D

    (Ternyata si blogger sering GALAU karena tak kunjung punya pasangan, tersenyumlah kalau Anda adalah salah satunya wkwkwk.)

  30. Hidup Blogger Jomblo berkah, jangan pacaran sebelum Halal :D

  31. jadi intinya blogger jomblo itu lebih banyak waktu buat mengurusi dan membangun blog ketimbang blogger yang sudah punya pasangan kecuali para blogger yang punya pasangan ini bisa bekerja sama dengan pasangannya buat membangun blog bersama – sama pasti juga bisa sama nantinya dengan blogger jomblo hehehe

  32. hidup jomblo…
    benersih jomblo punya banyak waktu untuk ngurusin blog.
    tapi kalo punya pasangan kira-kira mendongkrak semagat ngeblog gak sih bang..
    saya kan jomblo… hehe

    • Pasangan itu bisa seperti pedang bermata dua, bisa mendongkrak semangat tapi bisa juga menjatuhkan semangat. Jadi harus tetap berusaha untuk bijak :)

  33. Menurut pendapat saya, blogger yang ngejomblo alias memilih jomblo emang bs fokus pada blog/website yang dikelola, beda kayak orang yang punya pasangan, suami/isteri & anak, tentu jika dirumah perlu mikirin dan bersosialisasi dengan mereka.

    apalagi blogger sebagai kerjaan fulltime, ga mungkin juga seharian dimeja kerja trus anak istri dibiarin gitu aja, duit emang dapet tapi kebahagiaan ga bisa di tukar dengan duit yang di dapt dari blog.

    Ya ini sih pengalaman pribadi juga

    • Bener banget mas Daniel. Sejak saya menikah beda sekali rasanya dengan saat masih bujangan. Kalau dulu saya bisa 15 jam sehari di depan laptop ngerjain blog, sekarang udah ga bisa. Kalau sekarang saya harus pintar bagi waktu. Jadwal ngurusin blog saat pagi (jam 05.00 wib – 07 wib), kalau malam (21.00 wib – 24.30 wib). Di luar jam itu saya sama istri dan anak, mulai dari bantuin mandiin anak, kasi makan anak, main sama anak, sampai bersihin pup anak hahaha.

  34. artikel ini ngena banget ke saya bang Max, saya juga jomblo karatan sekaligus blogger yang kurang produktif haha… dan hasilnya blog saya mlempem ga tentu arah.

    • Saya turup prihatin mas Aep. Sudah jomblonya karatan, ga produktif pula bloggingnya, apa kata dunia mas hahaha.

  35. Sy kurang setuju dng judulnya. Banyak waktu sih iya tp kalau ngeblog tema tentang”cinta” pasti bingung. Berbeda dengan yg punya pasangan (sudah menikah), pasti banyak suka duka yg perlu di share. Saya sih melihat dr sudut pandangan itu…hehe…
    Salam kenal

    • Tergantung dengan tema blog nya ya… Jomblo juga pasti punya banyak cerita tentang cinta. Misalnya kisah ketika si jomblo di tolak 100 cewe…cewe ke 100 yang menolaknya ternyata ladyboy, ini pasti jadi kisah yang luar biasa hehehe.

Tinggalkan Balasan