Beli Pulsa Telkomsel via ATM Kini Ada Tambahan Biaya Rp1.500, Pelanggan Kecewa

beli pulsa di atm

Image dari Intisari-online.com

Kemarin hari Senin (11/4/2016) saya benar-benar dibuat kaget saat membeli pulsa via ATM (Automated Teller Machine) BCA. Pasalnya bila biasanya saya tidak mendapatkan tambahan harga saat membeli pulsa ini, namun kemarin hari saya harus mau menanggung tambahan harga untuk pembelian pulsa ini. Beban biaya yang harus saya tanggung tersebut adalah Rp1500. Beban ini tentu saja membuat saya berpikir ulang untuk membeli pulsa lagi via ATM BCA.

Dari Tak Ada Biaya Hingga Ada Tambahan Biaya

Sebelum hal ini terjadi saya memang selalu berlangganan membeli pulsa via Anjungan Tunai Mandiri ini. Hal ini dikarenakan dulu tidak ada tanggungan atau beban biaya tambahan saat membeli pulsa ini. Misalnya yang sering yang beli adalah pulsa Rp25.000, maka saat transaksi selesai saldo saya hanya terpotong Rp25.000, dan tak lebih.

Tapi sekarang jika saya membeli pulsa Rp25.000, via ATM ini maka saya harus legowo saldo rekening saya harus  terpangkas Rp26.500. Ini karena sejak Minggu lalu ada tambahan biaya yang harus dibayar para nasabah bank BCA dan Mandiri sebesar Rp1500.

Artikel lain: Daftar Kode Telepon Internasional

Sejurus saya pun penasaran kenapa hal ini bisa terjadi. Usut punya usut ketika saya membaca portal berita online ternyata saya baru tahu bahwa hal ini adalah kebijakan dari pihak Telkomsel. Lalu seperti apakah kebijakan dan alasan Telkomsel mengubah kebijakan tambahan harga untuk pembelian via ATM  Bank ini? Berikut ulasannya.




Kebijakan Telkomsel, BCA dan Mandiri

Dalam portal berita online yang saya baca ini memang tidak membahas operator lain selain Telkomsel dan bank lain selain bank BCA dan bank Mandiri. Dan dalam portal online tersebut juga saya dapati informasi bahwa tidak hanya pembelian via ATM yang terkena kebijakan ini namun untuk pembelian pulsa dari layanan internet/ mobile banking dari bank Mandiri dan BCA juga akan terkena kebijakan ini.

Dan saat dikonfirmasi pihak Telkomsel sendiri memang membenarkan hal ini yaitu kebijakan tambahan biaya yang dikatakan inisiatifnya berasal dari pihak operator seluler yang bersangkutan. Saat ditanya apa alasan Telkomsel melakukan perubahan kebijakan penambahan biaya pembelian pulsa ini, VP Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati menyatakan bahwa pihaknya sedang mengupayakan untuk tetap menjaga kualitas dan ketersediaan layanan yang prima bagi para pelanggannya. Dan cara untuk mewujudkan hal ini maka Telkomsel melakukan perubahan biaya transaksi untuk pembelian pulsa melalui channel bank.

Ramai Diperbincangkan Pelanggan di Media Sosial

Meski pihak Telkomsel mengaku meminta persetujuan terlebih dahulu pada pelanggan atas biaya administrasi (surcharge) yang ada sebelum transaksi dilakukan, namun tetap saja banyak pelanggan yang mengeluhkan. Hal ini tentu saja memang akan makin memberatkan para pelanggan Telkomsel, termasuk saya yang ingin membeli pulsa via Bank Mandiri atau BCA.

Dan beberapa kicauan para pelanggan di media sosial tentang keluhan penambahan tarif ini diantaranya seperti apa yang disampaikan oleh pemilik akun Twitter @ijoli yang merasa kecewa sekali saat membeli pulsa Telkomsel via atm/internet banking/m-banking BCA & Mandiri karena dirinya kena biaya admin Rp 1.500. Dan beberapa pelanggan yang lainnya, seperti saya juga menyampaikan kebingungannya mengenai siapa yang mengenakan tambahan biaya administrasi.  Apakah pihak bank atau pihak Telkomsel yang berada di balik semua ini.

Baca juga: Operator dan Outlet Tak Patuh Aturan Registrasi Kartu SIM Prabayar? Awas, Inilah Sanksinya!




Kerjasama Aturan Re-arrangement Telkomsel

Menurut Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja sendiri penambahan biaya pada pembelian pulsa via bank ini dinyatakan sebagai imbas dari kerja sama aturan re-arrangement dari Telkomsel. Beberapa saat setelah perubahan kebijakan ini sendiri Telkomsel melalui akun #Twitter resmi yang dimiliki sempat memberikan keterangan bahwa biaya administrasi sebesar Rp1.500 ini telah mencapai deal atau kesepakatan dengan bank rekanan bahkan jauh sebelum hari –H pemberlakuan perubahan pada Minggu kemarin.

Sebagai konsumen dan pengguna sekaligus pelanggan kartu Telkomsel sejak lama, saya sendiri berharap agar perubahan penambahan biaya pembelian pulsa via bank ini tak berlangsung lama. Artinya semoga saja pihak Telkomsel mau mempertimbangkan banyak keluhan para pelanggannya termasuk saya agar pembelian pulsa via bank ini tidak lagi ditambahi dengan penambahan biaya lain seperti dulu kala.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud