Beranda Blogging Ngeblog di HP Android dan iOS dengan Aplikasi WordPress

Ngeblog di HP Android dan iOS dengan Aplikasi WordPress

Aplikasi WordPress

Apakah Anda sudah menggunakan aplikasi WordPress di ponsel Android atau iOS untuk kegiatan ngeblog? Kalau belum, maka sekaranglah saatnya Anda mulai menggunakannya.

Ngeblog atau menulis konten pada platform WordPress adalah aktivitas yang sudah tidak asing bagi para blogger ataupun penulis.

Apalagi saat ini sudah tersedia aplikasi WordPress pada smartphone yang membuat Anda lebih mudah untuk ngeblog lewat Android ataupun iOS.

Dengan ngeblog, Anda bisa berbagi informasi, berkarya melalui tulisan, mengasah skill menulis, serta memperluas wawasan.

Selain itu, dengan ngeblog Anda juga bisa mengasah kecerdasan dan menjadi jejak digital Anda sebagai tempat menyimpan kenangan berkesan.

Mengapa Ngeblog Lewat Aplikasi WordPress?

Era digitalisasi yang sangat berkembang pesat seperti saat ini membuat pengguna smartphone Android terus bertambah.

Beberapa aplikasi yang dulunya hanya bisa Anda gunakan melalui PC, kini sudah berpindah ke smartphone. Termasuk aplikasi WordPress.

Lalu, mengapa ngeblog lewat WordPress App?

Apa keunggulan ngeblog lewat aplikasi WordPress di smartphone?

Setidaknya ada tiga alasan utama mengapa Anda harus mempertimbangkan ngeblog lewat WordPress App, yaitu:

#1. Pertama, kita dapat mengelola sekaligus membuat konten pada situs web pada saat sedang bepergian. Sehingga, tidak perlu repot membawa laptop, cukup dengan smartphone Android, kita sudah bisa ngeblog.

#2. Kedua, Anda juga bisa menggunakan WordPress Admin area melalui web browser di smartphone. Aplikasi WP telah mendukung tampilan responsive di halaman web browser smartphone Anda. Sehingga, Anda tidak perlu menggeser ke kiri dan ke kanan ketika sedang menulis.

Aplikasi WP di Android telah menggabungkan format WordPress dengan keyboard asli smartphone. Hal ini akan sangat memudahkan Anda saat membuat konten di smartphone Android karena tampilannya yang lebih sederhana.

#3. Ketiga, aplikasi ini akan membantu kita dalam proses pembuatan konten dan mengelola situs web selama bepergian. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengambil foto, merekam video, dan menulis artikel selama dalam perjalanan.

Singkatnya, dengan aplikasi WP kita seperti membawa situs WordPress ke dalam genggaman sehingga mudah dikelola kapan saja dan dari mana saja.

Fitur Aplikasi WordPress di Android dan iOS

Pada aplikasi WordPress terdapat beberapa fitur yang sangat membantu kita untuk posting artikel baru, melihat statistik, membalas komentar, dan juga push notifikasi perkembangan aktivitas website Anda.

Nah, berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa Anda gunakan pada aplikasi WP:

1. Publish

Ini adalah fitur untuk melihat post blog, halaman, media, serta komentar. Selain itu, Anda juga bisa mengedit, menghapus post, menambahkan, tag, mengunduh berbagai media, dan masih banyak lagi.

2. Configuration

Fitur ini berfungsi untuk mengkonfigurasi pengaturan yang ada di WordPress.com. Namun, hasilnya akan berbeda jika Anda menggunakan WordPress.org.

Misalnya, pada WordPress.org terdapat pengaturan general, writing, dan discussion settings.

3. External

Melalui fitur ini Anda bisa masuk ke Dashboard WordPress atau melihat situs melalui mobile browser. Kemudian, Anda bisa menggunakan aplikasi WordPress persis seperti saat membuka lewat desktop.

4. Additional App Features

Fitur yang satu ini bisa membantu untuk mengatur automated sharing, cross-posting on social media, dan lain-lain. Pada fitur ini Anda juga bisa mengedit profil, dan melakukan pengaturan lainnya.

Persiapan Ngeblog Lewat Smartphone dengan Aplikasi WordPress

Penting untuk diketahui, sebelum menggunakan aplikasi WordPress untuk ngeblog, Anda harus memiliki situs web WordPress terlebih dahulu, baik itu yang gratisan (WordPress.com), ataupun yang berbayar (WordPress.org).

Agar dapat menggunakan aplikasi WordPress untuk membuat konten melalui Android, ada hal-hal yang perlu Anda siapkan, yaitu:

1. Hosting dan Nama Domain

Siapkan hosting dan nama domain terbaik untuk situs web milik Anda. Bila ingin yang gratisan dari WordPress, Anda bisa langsung mendaftar di WordPress.com.

Bagi yang menggunakan layanan gratisan dari WordPress, nama domain Anda nantinya akan seperti ini; lagubaru.wordpress.com.

Anda juga bisa mendapatkan hosting dan domain secara gratis melalui situs web yang ada di google. Namun, biasanya hosting dan domain yang gratis pasti ada pembatasan untuk penggunaan situs website.

Saat ini, Anda bisa menggunakan layanan hosting gratis cPanel dari Niagahoster supaya lebih mudah untuk mengelola file-file Anda.

2. Pengaturan Dasar Situs

Setelah memiliki domain dan hosting, selanjutnya Anda bisa membuat dan melakukan pengaturan dasar pada situs WordPress milik Anda.

Pengaturan tersebut mencakup; memilih tema, membuat judul dan deskripsi situs, membuat menu, mengatur widget, instal plugin yang diperlukan, dan lain-lain.

Nah, setelah situs WordPress Anda sudah siap, Anda bisa mengikuti panduan ngeblog di HP Android dan iOS dengan aplikasi WordPress yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Menggunakan Aplikasi WordPress

Aplikasi WP sudah tersedia untuk ponsel berbasis Android dan iOS. Cara penggunaan Aplikasi WordPres ini sama saja untuk OS Android dan iOS. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Instal WordPress

Cara instalasi WordPress App sama saja seperti aplikasi lainnya. Tergantung sistem operasi perangkat smartphone yang Anda pakai.

Dalam tutorial ini, saya menggunakan smartphone dengan OS Android sehingga instalasi WordPress App dilakukan dari Google Play.

WordPress App Android

Gunakan fitur pencarian pada Google Play dengan mengetikkan “WordPress”. Lalu instal aplikasinya di smartphone Anda.

2. Login Melalui Aplikasi WordPress

Setelah proses instalasi WordPress App berhasil, lalu buka aplikasi WP di ponsel Anda. Langkah selanjutnya adalah login ke aplikasi WP.

Ada tiga pilihan login untuk masuk ke halaman admin WordPress Anda, yaitu:

  • Login dengan alamat email yang digunakan untuk mendaftar situs WordPress.
  • Login dengan menggunakan nama domain dari situs web Anda.
  • Login menggunakan akun Google.

Dalam hal ini, saya menggunakan alamat email akun WordPress untuk login.

Login WordPress

3.  Membuat dan Mengedit Postingan

Aplikasi WP memiliki tampilan laman muka yang intuitif sehingga memudahkan Anda untuk membuat dan mengedit postingan. Anda bisa melihat semua konten di situs web Anda dengan mengetuk menu Blog Posts di Dashboard aplikasi WP.

Pada halaman Blog Posts, Anda bisa melihat Published Content, Drafts, Scheduled, dan Trashed. Dari sini, Anda bisa mengedit artikel yang sudah dipublish maupun artikel draft.

Jika Anda ingin membuat konten baru, Anda bisa mengetuk pilihan Create a post or story yang ada pada bagian bawah kanan di halaman tersebut.

4. Upload File Media

Aplikasi WP juga dapat digunakan untuk mengunggah dan mengelola file media, seperti; foto, video, dan dokumen, dari folder penyimpanan di ponsel Anda. Jadi, Anda bisa mengupload gambar atau video ke dalam konten artikel Anda.

Menu File Image WP

Selain itu, Anda juga melihat file media yang pernah di upload ke situs WordPress Anda dari aplikasi ini. Anda cukup mengetuk menu Media yang ada di Dashboard.

5. Mengelola Komentar

Anda bisa memonitor komentar para pembaca dari aplikasi WP ini. Selain itu, Anda juga bisa langsung membalas komentar pembaca atau menghapus komentar spam.

Caranya, ketuk menu Comments yang ada di dashboard aplikasi WordPress. Pilih komentar yang ingin dibalas, diedit, disetujui, atau ditandai sebagai spam.

Artikel lain: Jenis Iklan yang Ada Pada Blog

Kemudahan Ngeblog Lewat Smartphone

Dari penjelasan di atas, sekarang kita tahu bahwa kegiatan ngeblog lewat smartphone bisa jadi lebih mudah dengan aplikasi WordPress.

Meskipun aplikasi WP belum cukup untuk menjalankan semua fitur di WordPress, aplikasi ini sangat membantu pekerjaan para penulis atau blogger dalam membuat konten.

Kita bisa dapat membuat artikel konten, mengunggah foto, dan mengelola komentar dari perangkat smartphone. Jadi, kita bisa langsung bekerja ketika ada ide tulisan muncul di kepala.

Selain itu, aplikasi ini juga masih dapat digunakan ketika kita sedang berada di tempat yang koneksi internetnya rendah. Aplikasi ini memiliki fitur khusus untuk menyimpan konten sebagai draft saat sedang offline.

Seperti itulah keseruan ngeblog di HP Android dengan aplikasi WP. Semoga dapat memotivasi Anda untuk terus berkarya melalui tulisan di blog WordPress.

Jangan pernah berhenti untuk menyebarkan informasi bermanfaat ke semua orang!

Tinggalkan Balasan