Angin Segar Bisnis Parcel Cantik di Musim Lebaran

Angin Segar Bisnis Parcel Cantik di Musim Lebaran

Image dari Medanbisnisdaily.com
Image dari Medanbisnisdaily.com

Momen menjelang hari raya biasanya dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk berbagi berkah kepada sesama. Dengan memberikan parcel kepada para kerabat dan handai taulan, kegembiraan di hari raya akan terasa semakin sempurna. Pada berbagai hari raya seperti Natal, Imlek dan Idul Fitri, parcel biasanya selalu menjadi andalan buah tangan yang mengesankan.

Kebiasaan berbagi parcel di hari raya bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis kreatif untuk merintis bisnis pembuatan parcel lebaran. Peluang bisnis yang menguntungkan ini menjadi salah satu inspirasi bisnis bagi kita yang menggemari bidang seni dan kreativitas.

Ragam Jenis Parcel untuk Hari Raya

Saat ini tren parcel biasanya selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Pada umumnya, jenis parcel bisa dibedakan menjadi 2 yaitu parcel berisi makanan dan parcel non makanan. Untuk jenis parcel makanan, bahan isi parcel akan divariasikan berupa kue kering atau makanan dan minuman dalam kemasan. Apalagi saat ini cukup banyak makanan dan minuman dalam kemasan yang dibuat khusus untuk edisi hari raya. Hal ini sudah pasti membuat tampilan parcel berisi makanan tampak lebih menarik dan sesuai dengan tema hari raya.

Sedangkan untuk parcel non makanan biasanya berisi satu set perlengkapan rumah tangga seperti cangkir, piring atau bahkan peralatan elektronik seperti toaster dan panci serbaguna. Peralatan rumah tangga yang dibingkiskan menjadi parcel harus dikemas sebaik mungkin supaya tidak mudah jatuh dan pecah saat dibawa.

Artikel lain: Peluang Bisnis Musim Mudik Lebaran Yang Patut Anda Coba

Hal Ini Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis Parcel

Sebelum memulai bisnis parcel, ada beberapa hal yang harus kita pahami dan persiapkan terlebih dahulu yaitu :

  • Pasokan isi parcel yang murah dan berkualitas

Isi parcel yang menarik akan membuat siapa saja jadi kagum dan berencana untuk membelinya. Namun jangan lupa juga kalau isi parcel yang menarik harus disertai dengan pasokan produk yang murah dan berkualitas. Pasokan produk yang murah akan membuat keuntungan yang kita peroleh jadi maksimal.

Untuk parcel dengan jenis kue kering, mungkin kita bisa membuat kue kering sendiri untuk menekan biaya produksi parcel. Sedangkan untuk makanan dan minuman dalam kemasan, produk yang harganya lebih murah namun kemasannya berukuran besar bisa digunakan untuk menyiasati parcel agar tampak lebih penuh.

  • Bahan kemasan parcel yang menarik dan harganya terjangkau

Tak harus selalu menggunakan bahan kemasan yang mahal untuk bisa menghasilkan parcel yang tampak menarik dan eksklusif. Karena memanfaatkan bahan kemasan yang ekonomis seperti keranjang rotan atau container plastik bisa menjadi pilihan praktis untuk membuat variasi parcel.

  • Jangan lupa menyiapkan tema parcel

Tema parcel yang disiapkan sangat beragam tergantung dengan tema hari raya yang akan dirayakan. Kita bisa membuat parcel dengan tema umum seperti tema sarapan pagi dengan bahan isian berupa produk margarin, selai, kopi, teh dan kebutuhan sarapan lainya. Sementara untuk parcel dengan tema perayaan hari lebaran, produk biskuit, minuman dan camilan dalam kemasan biasanya menjadi pilihan yang tepat untuk tema parcel tersebut.

Baca juga: 3 Jenis Aplikasi Android Untuk Mudik Lancar dan Makin Asyik

Siapkan Publikasi dan Pemasaran dari Jauh Hari

Tak ada salahnya kalau kita melakukan publikasi dan pemasaran bisnis parcel mulai dari jauh-jauh hari. Sebulan sebelum hari raya tiba, kita bisa mulai memperkenalkan bisnis parcel kita kepada teman dan para kerabat yang sering membeli parcel untuk kebutuhan hari raya. Publikasi dan pemasaran bisnis parcel akan semakin efektif bila kita juga memanfaatkan media sosial sebagai sarananya. Parcel yang selesai dikemas dengan cantik bisa kita foto dan kita posting ke media sosial berbasis foto seperti Instagram.

Disamping itu, membuat tutorial pengemasan parcel di Youtube juga bisa menjadikan bisnis kita menjadi lebih populer di kalangan pengguna internet. Intinya, penggunaan teknologi akan memudahkan kita dalam berbisnis di zaman modern.

Sudah menyiapkan parcel untuk kerabat di hari lebaran? Kalau kita bisa membuat sendiri parcel untuk para kerabat dan keluarga, bukan mustahil di kemudian hari keterampilan tersebut bisa kita gunakan untuk merintis bisnis parcel yang menjanjikan keuntungan berlimpah. Selamat menyambut hari raya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan