Alvin Paradiptya ~ Dokter Muda Sukses Jalankan Bisnis Peternakan Online

Alvin Paradiptya Rifkas

Yang muda yang berkarya, inilah yang selalu diyakini oleh seorang entrepreneur muda bernama Alvin Paradiptya Rifkas. Sejak duduk di bangku kuliah, ia sudah mulai mencoba berbagai macam bisnis mulai dari berjualan secara mandiri hingga menjadi mitra #franchise. Dan jika ditanya sudah berapa banyak kegagalan yang ia alami, nampaknya sudah sulit untuk mengingatnya.

Namun dengan semangat bisnis yang terus menyala, meski sempat sangat terpuruk akhirnya Alvin dapat menemukan jalan sukses yang selama ini ia impikan. Mengambil basik pendidikan sebagai seorang dokter hewan, ia membuka usaha online di bidang peternakan dan peralatan di bidang kesehatan hewan.

Siapa sangka, kini satu lagi pengusaha yang sukses lewat ranah online kembali lahir. Dengan omzet usaha hingga Rp 120 juta dalam satu bulan, Alvin bahkan telah mempunyai jaringan bisnis lain yang mulai menggurita. Seperti apa kisah lengkap dokter muda ini membangun bisnis? Simak ulasannya di bawah ini.

Jatuh Bangun Pengalaman Bisnis Alvin Paradiptya

Semua entrepreneur sukses tentu kompak meyakini bahwa sebuah kesuksesan besar dimulai dari kegagalan dan pengorbanan yang besar pula. Ketika kita siap sukses, berarti kita juga wajib siap untuk jatuh dalam kegagalan. Alvin Paradiptya bisa menjadi contoh sempurna untuk hal tersebut.

Sebelum akhirnya bisa mencapai titik kesuksesan seperti saat ini, nyatanya jalan yang harus dilalui Alvin sangatlah panjang. Ini dimulai ketika ia masih menempuh studi kedokteran di Universitas Gajah Mada Jogjakarta. Bisnis pertama yang ia tekuni yakni penjulan bunga saat musim wisuda. Namun karena masih kurangnya pengalaman, bisnis tersebut layu sebelum lama berkembang.




Pindahlah ia mencoba bisnis baru yakni berjualan jus dengan label Alvin juice plus mie ayam di seputaran kampusnya. Setelah belajar dari kegagalan sebelumnya, akhirnya kini ia bisa menata bisnis lebih baik. Hasilnya bisnis kuliner yang dijajakan di sebuah stand tersebut mampu menarik pelanggan yang mayoritas mahasiswa.

Artikel lain: Sandiaga Uno, Pengusaha Muda Sukses Indonesia Yang Lahir Dari Keterpurukan

Namun cobaan bisnis datang kembali, di tengah sempitnya waktu ujian akhir pendidikan, stand tempatnya berjualan mie dan jus terkena angin besar hingga gerobak dagangnya jatuh dan rusak parah. Tak sampai disitu, sang pemilik stand tempatnya berjualan ternyata juga melakukan kecurangan hingga akhirnya memaksa pria muda tersebut menutup lapak niaganya untuk sementara waktu.

Sempat Mencoba Bisnis Waralaba

Setelah usai menamatkan pendidikan, Alvin yang masih memendam hasrat bisnis yang amat kuat lantas mencoba peruntungan dengan menjalin kemitraan dengan sebuah #waralaba populer. Bukan berjualan di Jogjakarta, ia justru memboyong usaha tersebut untuk dikembangkan di tanah kelahirannya di Lamongan, Jawa Timur.

Meski sempat cukup potensial di awal, apa mau dikata bisnis dengan skala cukup besar tersebut akhirnya harus gulung tikar di usia yang belum genap setengah tahun. Lagi, ia mencoba kemitraan franchise lain dari Jakarta. Namun tak jauh beda, 6 bulan menjadi usia paling tua dari usahanya tersebut.




Namun justru di sinilah titik balik jalan kesuksesan Alvin Paradiptya. Ia tersadar untuk memanfaatkan ilmu di bidang kedokteran hewan yang ia miliki. Dan inilah awal ia mengembangkan bisnis peternakan melalui sistem pemasaran online.

Membangun Bisnis Peternakan Dengan Sistem Pemasaran Online

Kala itu pada tahun 2012, Alvin Paradiptya mulai mengumpulkan produk dan sistem untuk bisnis peternakan yang dijalankan dengan sistem online. Sistem penjualan online waktu itu memang sudah mulai populer dan banyak dilirik pengusaha. Dan setelah memperoleh informasi baik dari seminar serta berbagai referensi bacaan, akhirnya ia mantap menjalankan bisnis tersebut secara online.

Awalnya skala usaha peternakan milik Alvin memang masih kecil, ia menjual paket peternakan ayam, peralatan peternakan, obat peternakan untuk unggas serta ada pula obat untuk membasmi serangga. Lewat situs resmi www.dokterunggas.com, nyatanya perlahan usaha tersebut membawa hasil positif. Bahkan setelah lebih dari 3 tahun menekuninya, kini bisnis peternakan dengan sistem online milik Alvin sudah berkembang dengan jaringan konsumen hingga di manca negara.

Baca juga: Harfana Alwi ~ Pengusaha Muda yg Sukses Berbisnis Real Estate

Ke depan, Alvin masih berambisi untuk mengembangkan bisnisnya dengan membuka pabrik RPA (Rumah Potong Ayam). Dengan dukungan dari jaringan bisnis yang sudah ada, ditambah dengan potensi keperluan produk ayam yang terus prospektif, ia yakin usaha tersebut akan sangat menjanjikan.

Dalam sebuah kesempatan Alvin Paradiptya sempat berpesan kepada banyak generasi muda Indonesia saat ini untuk mulai mengubah mindset bahwa usia muda belum bisa mencapai kesuksesan besar. Yang terpenting adalah segera take action, lebih baik kita gagal dalam usaha dari pada gagal sebelum mencoba! Be Inspired



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud