Alex Tew ~ Inspirasi Kesuksesan Pemuda Cerdas Si Raja Pixel

Image dari Cloudfront.net

Image dari Cloudfront.net

Iklan merupakan salah satu sarana untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada orang lain. Melalui pemasangan iklan, kreativitas kita akan dituntut untuk berkembang sehingga bisa menimbulkan rasa tertarik dari orang-orang yang melihat iklan tersebut.

Salah satunya contoh inpiratif dalam perkembangan periklanan digital era modern adalah konsep yang di bawakan #wesbite milliondollarhomepage.com. Meskipun hanya berkonsep halaman situs yang memuat informasi iklan, nyatanya web ini mampu menjadi fenomena dan membawa kesuksesan besar bagi sang kreator. Tapi apakah kita tahu siapa sosok dibalik ide brilian pemasangan iklan dengan konsep tersebut? dia adalah Alexa Tew, sosok pemuda cerdas yang dijuluki raja pixel.

Sosok Cerdas dari Keluarga Sederhana

Alex Tew merupakan pria kelahiran Inggris tahun 1984. Alex tinggal bersama keluarganya yang berasal dari kalangan ekonomi sederhana di kawasan Wiltshire, Inggris. Karena kesederhanaannya, keluarga Alex bahkan harus meminjam uang untuk membiayai kuliahnya di Universitas Nottingham jurusan manajemen bisnis. Di tahun ketiga perjalanan studinya, Alex pun sempat dibayangi ketakutan harus bekerja bertahun-tahun demi melunasi utang untuk biaya kuliahnya.

Akhirnya pada Agustus 2005, Alex tergerak untuk membeli sebuah domain seharga US$ 80. Berbekal domain tersebut, Alex akhirnya mendapatkan ide untuk membuat situs khusus iklan. Situs dengan kapasitas 1 juta pixel tersebut kemudian diberi nama milliondollarhomepage.com.

Tentu tidak ada yang menyangka kalau ide sederhana ini mampu mendulang kesuksesan besar sebagai cikal bakal situs iklan modern di masa kini. Kalau tidak ada ide yang tercetus dari Alex Tew, mungkin saat ini kita tidak mengenal konsep situs khusus iklan yang sangat bermanfaat bagi proses bisnis di berbagai bidang.




Artikel lain: Anne Ahira – Pendiri Asian Brain Internet Marketing Indonesia

Beragam Ide untuk Melengkapi Konsep Situs Iklan

Alex berencana menjual pixel demi pixel situsnya sebagai sarana untuk meletakkan iklan. Dari ide tersebut, Alex juga memikirkan tentang mata uang yang tepat untuk mendukung bisnisnya. Akan jauh lebih baik kalau ia menggunakan mata uang dollar Amerika yang sudah dikenal secara umum oleh sebagian besar masyarakat dunia. Itulah sebabnya mengapa Alex Tew tak menggunakan mata uang Poundsterling kendati ia berasal dan menetap di Inggris.

Alex sempat meminjam uang sebanyak beberapa ribu dollar dari ibunya untuk mengiklankan milliondollarhomepage.com. Upaya mengiklankan situs untuk iklan tersebut berjalan dengan lancar. Bahkan bantuan iklan gratis dari sejumlah media juga turut membantu meningkatkan popularitas milliondollarhomepage.com.

Konsep Pemasangan Iklan yang Sangat Unik

Alex menjual setiap pixel situsnya seharga US$ 1. Karena nilai tersebut terbilang sangat kecil, maka Alex juga menyiapkan paket 10 x 10 pixel seharga US$ 100 bagi pihak-pihak yang ingin memasang iklan secara online. Setiap pixel yang sudah disewa di milliondollarhomepage.com akan terhubung dengan link menuju ke situs tujuan yang dimaksud oleh sang penyewa pixel.

Dalam waktu 3 hari setelah diluncurkan, situs milik Alex berhasil mendapatkan pelanggan pertamanya yang merupakan salah seorang teman Alex. Teman Alex ingin mempopulerkan situs musik online yang ia miliki. Dengan penyewaan 400 pixel pada situs milliondollarhomepage.com., Alex mendapatkan penghasilan pertamanya sebesar US$ 400.




Hanya 1 bulan berselang setelah diluncurkan, Alex berhasil memperoleh pendapatan sebesar US$ 1.000. Nilai tersebut terus bertambah seiring dengan meningkatnya popularitas milliondollarhomepage.com. sebagai salah satu media iklan baru di #internet. Bahkan pada September 2005, sebuah situs teknologi bernama The Register memuat 2 artikel mengenai Alex Tew dan ide mengembangkan milliondollarhomepage.com. Secara tak langsung hal ini membantu Alex untuk mempromosikan milliondollarhomepage.com secara gratis.

Baca juga: Martin Hartono, Pengusaha Muda Penguasa Bisnis Digital Indonesia

Situs milliondollarhomepage.com. tampak seperti halnya kanvas besar yang memuat beragam karya seni berukuran mikro di dalamnya. Semua penyewa pixel pada situs tersebut akan berlomba-lomba untuk membuat ajakan atau ilustrasi yang menarik agar iklannya jadi lebih banyak di klik. Terobosan baru yang dilakukan oleh Alex sudah mengubah iklan yang tampak monoton menjadi sesuatu yang lebih hidup dan digemari oleh para pengguna internet.

Siapa sangka niat awal untuk membayar utang kuliah malah berakhir menjadi sebuah kesuksesan yang gemilang. Sesuatu yang patut dicontoh dari sosok Alex Tew adalah inovasi yang dimulai dari sebuah ide sederhana harus segera diwujudkan. Kalau Alex Tew berhasil mewujudkannya di usia yang belia tentu saja kita juga bisa, kan?




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud