Beranda Pemasaran 4 Alat Pemasaran Instagram Terbaik untuk Bisnis Kuliner

4 Alat Pemasaran Instagram Terbaik untuk Bisnis Kuliner

Alat Pemasaran Instagram

Apa saja alat pemasaran Instagram yang efektif digunakan untuk sebuah bisnis kuliner? Yuk, simak pembahasannya di artikel ini.

Instagram telah menjadi tool bisnis yang sangat powerful. Terlebih lagi di dunia kuliner. Menurut Martech Series, ada lebih dari 327 juta postingan yang memiliki tagar #food di Instagram.

Menurut situs The Independent, generasi milenial sendiri menghabiskan rata-rata lima hari setiap tahunnya browsing tentang makanan di platform ini. Dan 30% pengguna tidak akan mengunjungi restoran yang tampilannya jelek di Instagram.

Artinya, Instagram telah menjadi aset yang berharga untuk bisnis makanan.

Nah, demi menaikkan performa bisnis Anda, pastinya Anda ingin tampilan produk terlihat lebih menarik. Perlu sekali menggunakan tool khusus, seperti yang kami rangkumkan di bawah ini.

1. BeFunky Foto Editor

Anda bisa menjaga kontinuitas brand dengan mengedit foto atau image yang akan diposting di Instagram dengan menggunakan BeFunky.

Befunky

Semua bisnis pastinya ingin memposting foto berkualitas, seperti; lokasi, hashtag, captions, dan lain sebagainya. Meski demikian, pemilik bisnis atau sosial media manager harus konsisten dengan tema dan aspek lainnya.

Mereka harus konsisten dengan semua tema postingan yang cocok dengan brand mereka. Ada banyak sekali aplikasi yang fokus pada edit gambar dan grafik.

BeFunky merupakan salah satu aplikasi online yang dapat digunakan untuk mengedit gambar. Ini merupakan tool untuk edit foto dengan berbagai fitur seperti crop, resize, soften, tilt sharpen dsb.

2. Menjadwalkan Postingan Pakai Aplikasi Later

Hal yang paling penting yang wajib dilakukan supaya akun Anda tumbuh dengan baik yaitu dengan memposting konten secara teratur.

Meskipun hal ini bisa dilakukan secara manual, akan lebih baik bila Anda menginvestasikan usaha dan waktu menggunakan aplikasi scheduler.

Aplikasi Later merupakan aplikasi yang cocok untuk membantu Anda menjadwalkan postingan di waktu yang optimal, bahkan auto publish.

via The Later App

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memberikan sumber yang valuable dalam dunia Instagram marketing. Banyak sekali tips yang bisa berguna untuk membangun strategi marketing.

3. Membuat Konten Dengan Canva

Anda bisa menggunakan aplikasi Canva yang bisa juga digunakan versi webnya untuk membantu membuat postingan yang berkualitas.

Membuat Konten Dengan Canva

Ingat, pengguna Instagram suka gambar yang cantik, resolusi tinggi, dan diposting secara konsisten!

Sebuah study dilakukan oleh Curalate yang menguji 8 juta gambar di Instagram untuk mengetahui komponen yang paling banyak mendapatkan like dan komentar.

Curalate menemukan sebanyak 24% pengguna lebih suka gambar yang jelas. Tidak hanya itu, background space, dan warna dominan juga mendapatkan like yang lebih banyak.

Jika Anda mengkombinasikan elemen ini, ini bisa menaikkan pertumbuhan akun Instagram Anda.

Inilah kenapa pemilik bisnis kerap membuat konten yang sesuai dengan brand mereka. Kuncinya yaitu mempertahankan estetika, dan style dengan profile.

4. Reposting dengan Regrann

Menurut IPSOS (Independent Polling System Of Society), sebuah perusahaan riset global, mengatakan 50% pengguna Instagram lebih suka user-generated content, dan 86% milenial mengatakan sebuah brand dikatakan berkualitas melalui User Generate Content (UGC).

Dengan melakukan repost, bisnis berarti membangun koneksi dengan konsumen dan menghargai apa yang ditawarkan oleh komunitas.

Regrann merupakan aplikasi Android yang bisa digunakan untuk repost postingan Instagram. Ada beberapa mode yang bisa dipilih, antara lain; Quick Save Mode, StandbyMode, Selection Pop-up Mode, Quick Post-Later Mode, dan Quick Respost Mode.

Selain tool di atas, pastikan Anda juga mulai memoperhatikan Analitik di akun Instagram Anda untuk mengetahui kebiasaan dan perilaku pengikut dan pengunjung profile akun bisnis.

Memperhatikan engagement, dan berbagai perubahan akan membantu Anda mengetahui apa yang diperlukan oleh calon pelanggan Anda.

Selain itu, pastikan Anda membuat konten secara konsisten dan terus berusaha berinteraksi dengan para pengikut.

Semoga informasi di atas membantu kampanye pemasaran bisnis Anda di Instagram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here