5 Alasan Mengapa Harus Menggunakan VPN (Virtual Private Network)

Mengapa Harus Menggunakan VPN

Saat menjelajahi internet, Anda pasti pernah menemukan beberapa situs yang tidak bisa dibuka karena diblokir.

Apa yang bisa dilakukan jika situs favorit Anda diblokir? Jawabannya sederhana, gunakan layanan VPN agar situs tersebut bisa dibuka di browser Anda.

Selain dapat membuka situs website yang diblokir, ada beberapa alasan lain mengapa Anda harus menggunakan VPN ketika berselancar di internet.

Tapi sebelum membahas beberapa alasan tersebut, mari kita kenali dulu apa itu VPN.

Apa Itu VPN?

Bagi Anda yang belum tahu, VPN (virtual private network) adalah suatu layanan yang memungkinkan Anda membuat koneksi yang aman dan pribadi dari perangkat ke jaringan internet.

Dengan VPN, Anda bisa menyembunyikan jejak digital di internet. Misalnya menutupi alamat IP asli perangkat Anda dan mengenkripsi trafik internet yang Anda lakukan.

Sekarang ini, Anda perlu melindungi atau menutup informasi pribadi di internet. Misalnya alamat IP komputer, username, password, informasi keuangan, dan informasi sensitif lainnya.

Mengapa? Karena ada banyak aktivitas kejahatan cyber yang mengintai kita setiap hari. Mulai dari hacker hingga penipu yang memanfaatkan informasi yang dicuri dari pengguna internet.

Penggunaan VPN dapat memberikan keamanan dan anonimitas ketika Anda berselancar di internet, bahkan jika Anda sedang menggunakan Wifi publik.

Virtual private network juga dapat membantu menjaga keamanan akun Anda ketika berbelanja online. Jadi, Anda akan terhindar dari tindakan ilegal, seperti pencurian data kartu kredit, serta pencurian username dan password.

Alasan Mengapa Anda Harus Memakai VPN

Ada banyak fungsi dan manfaat VPN saat berselancar di internet. Menurut saya, setidaknya ada enam alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan memakai VPN.

1. VPN Melindungi Data dan Privasi

Virtual private network berfungsi untuk mengenkripsi koneksi internet Anda. Dengan begitu, maka data-data dan aktivitas Anda di internet tidak dapat dimata-matai oleh orang lain.

Pada praktiknya, VPN mengenkripsi koneksi internet Anda dengan teknologi enkripsi seperti; IPSec (keamanan IP), SSL (secure sockets layer), TLS (transport layer security), dan lainnya.

Jadi, siapapun yang ingin memata-matai koneksi Anda, mereka tidak dapat melihat data dan aktivitas yang Anda lakukan.

2. VPN Dapat Membuka Website yang Diblokir

Pernah mengalami situs favorit Anda diblokir oleh pemerintah? Tentunya ini hal yang sangat menjengkelkan bukan.

Memang pemerintah punya alasan untuk melakukan sensor terhadap suatu layanan di internet. Biasanya ini berkaitan dengan lisensi, hak cipta, pajak, dan lain sebagainya.

Nah, jika pemblokiran ini terjadi pada situs kesayangan Anda, maka VPN dapat membuka blokir tersebut.

3. VPN Bisa Memotong Bandwidth Throttling

Apakah koneksi internet Anda pernah mengalami penurunan kecepatan secara tiba-tiba? Saya pernah mengalaminya ketika sedang mendownload atau menonton video di YouTube.

Hal ini terjadi karena Internet Service Provider (ISP) yang Anda pakai melihat bahwa konsumen menggunakan banyak data. Sehingga mereka memperlambat bandwidth internet agar konsumen membeli paket data yang lebih besar.

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan VPN. Fitur enkripsi pada VPN membuat ISP tidak bisa melihat aktivitas internet Anda.

Jadi, pihak ISP tidak bisa membatasi bandwidth internet Anda karena tidak memiliki informasi tentang aktivitas Anda di internet.

4. Meningkatkan Pengalaman Bermain Game

Bermain game online sering juga berhadapan dengan geo-block atau pembatasan IP. Hal ini tentu sangat menjengkelkan bagi para gamers yang sering bermain game online.

Fitur VPN yang dapat mengganti alamat IP dan mengenkripsi trafik Anda akan mengatasi masalah pembatasan geografis.

Selain itu, VPN juga mencegah perlambatan bandwidth saat bermain game, mengurangi waktu ping, dan masalah lainnya saat bermain game.

5. Menghapus Batasan Geografis

Anda mungkin memiliki program serial TV favorit dari luar negeri yang keren. Sayangnya Anda tidak bisa menontonnya karena hanya tersedia di platform streaming yang tidak dapat digunakan di Indonesia.

Pembatasan geografis ini bisa dilakukan oleh setiap negara. Tentunya ini berhubungan dengan kepentingan bisnis dan pajak di suatu negara.

Dengan virtual private network, Anda bisa menutup alamat IP asli Anda. Bahkan, Anda juga bisa menentukan alamat IP dari negara tertentu sebagai alamat IP Anda. Misalnya menggunakan IP Amerika Serikat.

Dengan begitu maka Anda bisa mengakses konten yang diblokir atau dibatasi secara geografis.

Memilih Layanan VPN yang Tepat

Ada ratusan atau bahkan ribuan penyedia layanan VPN yang bisa kita temukan di internet. Memilih layanan yang paling tepat seperti mencoba mencari jarum di dalam tumpukan jerami.

Sangat sulit untuk menemukan layanan VPN yang sempurna. Namun, ada standar yang bisa Anda jadikan sebagai acuan dalam memilih layanan VPN.

Sebelum Anda memilih layanan VPN, pastikan layanan tersebut memiliki fitur-fitur penting berikut ini:

  • Memiliki enkripsi yang kuat.
  • Adanya fitur Kill Switch.
  • Memiliki server yang cepat.
  • Adanya dukungan Peer-to-peer (P2P).
  • Menerapkan kebijakan larangan masuk.
  • Aplikasi yang kompatibel lintas platform.

Tentu saja ada banyak layanan VPN yang mengklaim dapat memberikan fitur-fitur di atas. Tapi saya akan memberikan ulasan mengenai satu aplikasi terbaik untuk keamanan online Anda, yaitu Switcherry VPN.

Apa Itu Switcherry VPN?

Switcherry VPN

Switcherry VPN adalah salah satu layanan VPN terbaik dengan kualitas koneksi yang bagus dan berkecepatan tinggi. Anda bisa melihat konten apapun tanpa perlu khawatir tentang keamanan Anda di jaringan.

Setiap aplikasi VPN memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam hal ini, pengembang aplikasi Switcherry VPN tampaknya telah menganalisis para pesaingnya dan menyadari kekurangan yang perlu dihilangkan pada aplikasi VPN.

Berikut beberapa fitur utama Switcherry VPN:

  • Tidak ada iklan sama sekali.
  • Pemblokiran iklan pre-installed yang membantu Anda memblokir gangguan iklan sembulan saat browsing.
  • Switcherry VPN tidak menyimpan alamat IP Anda, dan menyembunyikan seluruh sesi penjelajahan dari gangguan dari luar.
  • Switcherry VPN dapat menyingkirkan telepon spam atau spoofing yang mengganggu.
  • Tidak ada batasan lalu lintas harian atau bulanan.
  • Switcherry VPN memiliki ribuan server operasi yang selalu diperbarui di negara-negara lain.
  • Dapat membuka blokir video Netflix, Hulu, Amazon Prime, atau situs streaming lainnya.
  • Aplikasi VPN ini tersedia di lintas platform, seperti; iOS, MacOS, Windows, dan Android.
  • Fitur Ekstensi Google Chrome yang gratis untuk membantu menjaga keamanan Anda selama berselancar di internet.
  • Satu akun Switcherry dapat digunakan untuk tujuh perangkat.
  • Anda tidak perlu memberikan data pribadi apa pun, Switcherry hanya meminta username dan kata sandi untuk pendaftaran.

Dengan Switcherry, Anda akan menikmati kecepatan tambahan yang dicapai dengan menggabungkan semua koneksi internet yang tersedia.

Saat ini, ada lebih dari 100 juta orang pengguna layanan VPN dari Switcherry. Dengan basis pengguna sebesar itu, tentunya kualitas layanannya tidak perlu diragukan lagi.

Ingin tahu apa saja layanan yang ditawarkan oleh Switcherry? Lihat semua produk VPN Switcherry di halaman situsnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa penggunaan VPN sangat penting untuk menjaga keamanan dan privasi saat berselancar di internet.

Oleh karena itu, pastikan menggunakan layanan VPN yang menawarkan keamanan tingkat tinggi, ramah pengguna, dan dapat digunakan di beberapa perangkat.

Switcherry VPN merupakan salah satu layanan VPN yang dapat menawarkan layanan VPN paling ideal. Satu aplikasi VPN ini dapat menyelesaikan banyak masalah yang selama ini mengganggu Anda.

Sebagai penutup, saya ingin mengingatkan kembali bahwa VPN akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Dengan VPN, Anda dapat membuka situs favorit yang diblokir, dan mengatasi masalah geo-block.

Rio Brian

Rio Brian adalah content writer, editor, dan sekaligus co-admin di Maxmanroe.com. Memiliki minat besar pada bisnis online, social media, dan blogging.

Tinggalkan Balasan

) -->