Beranda Gadgetery 9 Aksesoris Kamera yang Harus Dimiliki Fotografer Pemula

9 Aksesoris Kamera yang Harus Dimiliki Fotografer Pemula

Aksesoris Kamera

Para penggemar fotografi pada umumnya memiliki beberapa aksesoris kamera untuk menunjang kegiatan mereka. Dengan adanya aksesoris tersebut maka aktivitas mengambil gambar berbagai objek menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Umumnya hasil jepretan kamera dipengaruhi oleh kemampuan fotografer dan juga kamera DSLR yang digunakannya. Selain itu, beberapa aksesoris yang digunakan seorang fotografer ternyata dapat meningkatkan kualitas hasil jepretan kamera DSLR dan juga melindungi kamera dari kerusakan.

Buat kamu yang belum tahu, berikut ini adalah beberapa aksesoris kamera DSLR dan fungsinya yang harus dimiliki oleh fotografer pemula.

Aksesoris Kamera untuk Fotografer Pemula

1. Tas Kamera

Tas kamera berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan kamera dan lensanya ketika kita bepergian. Kamera DSLR akan terlindungi dari kotoran, air, atau benturan dengan adanya tas tersebut.

Tas kamera DSLR tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran. Bagi pemula, sebaiknya gunakan tas kamera yang sederhana dan sesuai dengan kebutuhan, misalnya tipe ikat pinggang, backpack, atau sling-side.

2. Lap Mikrofiber, Blower, dan Kit Pembersih

Lap microfiber, blower, dan kit pembersih merupakan aksesoris kamera ini sangat dibutuhkan oleh seorang fotografer untuk membersihkan kamera DSLR dari kotoran atau air yang menempel pada kamera.

Khususnya pada bagian lensa kamera, pastikan untuk selalu membersihkan bagian ini setiap akan dan setelah menggunakan kamera. Proses pembersihan bisa dilakukan dengan blower khusus agar tidak meninggalkan noda di atasnya.

3. Dry Box

Dry box adalah semacam lemari khusus untuk menyimpan barang-barang elektronik seperti kamera digital dan lensanya agar terhindar dari serangan jamur.

Dengan dry box atau dry cabinet, kamu bisa mengatur tingkat kelembaban dalam ruang penyimpanan sehingga terhindar dari jamur.

4. Memori Card Tambahan dan Card Reader

Biasanya memory card sudah ada dalam satu paket ketika kita membeli kamera DSLR. Namun, seorang fotografer wajib memiliki memory card tambahan untuk mendukung kegiatan fotografi dan back up data ketika diperlukan.

Card reader juga diperlukan ketika kita akan memindahkan file foto dari kamera ke dalam komputer. Meskipun beberapa komputer atau laptop memiliki built-in card reader, sebaiknya kamu juga memiliki card reader untuk memindahkan file foto ke laptop.

5. Baterai Cadangan

Tentunya akan menyebalkan ketika kita tidak bisa mendokumentasikan momen bagus karena baterai kamera tiba-tiba habis tanpa kita sadari. Karena itu, pastikan selalu menyimpan baterai cadangan ketika melakukan kegiatan fotografi, terutama bagi mereka yang sering traveling.

6. Aksesoris Kamera, Tripod

Secara umum, fungsi tripod adalah untuk menopang kamera agar tetap stabil ketika kita memakai lensa berat sehingga kita dapat menghasilkan foto yang tajam.

Aksesoris kamera yang satu ini ada beberapa jenis, misalnya monopod, gorillapod, dimana fungsi utamanya adalah menopang kamera dan lensa.

7. Filter Pelindung Lensa

Filter pelindung lensa merupakan aksesoris kamera DSLR yang cukup penting. Ada banyak jenis filter yang bisa kita temukan di pasaran, namun secara umum fungsi filter adalah untuk melindungi kamera DSLR, mengurangi pantulan cahaya, menghilangkan refleksi di air, mempertajam objek tertentu, dan beberapa fungsi lainnya.

8. Lenshood

Lens hood adalah aksesoris kamera yang berfungsi untuk memblokir cahaya matahari agar tidak masuk langsung ke lensa kamera yang biasanya sensitif.

Selain itu, lens hood juga berfungsi untuk melindungi lensa dari serpihan air, goresan, dan benturan yang dapat merusak lensa kamera.

9. Shutter Release

Shutter release adalah aksesoris kamera yang dapat membantu memencet tombol untuk jepret tanpa menyentuh kamera DSLR itu sendiri sehingga getaran dapat diminimalisir. Aksesoris ini biasanya digunakan oleh para fotografer landscape dan penggunaannya bersamaan dengan tripod.

Itulah beberapa aksesoris kamera DSLR yang wajib dimiliki oleh seorang fotografer pemula. Semua aksesoris tersebut bisa kamu beli di toko kamera atau melalui toko online, misalnya Shopee. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang menekuni profesi sebagai fotografer.

Baca juga: Hobi Anak Muda yang Bisa Jadi Bisnis

3 KOMENTAR

  1. Terus kalau tidak punya aksesori seperti di atas, bagaimana? Apakah berarti tidak boleh memotret? Apakah memotret jadi tidak menyenangkan?

  2. Tas kamera saya hilang mas… Dimana saya harus beli tas kamera yang baru. Tapi kualitas nya oke.?

Tinggalkan Balasan