Mau Sukses di Tahun 2016? Persiapkan Diri Anda untuk Pesatnya Industri Digital dan Kreatif

Advertisement - Scroll to Continue
industri digital
Image dari rbs-businesssense.co.uk

Tahun 2016 telah hadir menyapa kita dalam beberapa hari ini. Di awal – awal tahun yang sangat menentukan ini, kita sebagai salah satu seorang yang akan menjalani tahun 2016, maka kita tidak boleh terlena dan harus selalu siap sedia. Untuk bisa mencapai kejayaan dan kesuksesan, maka kita harus mengetahui beberapa hal yang menjadi prospek, tren dan peluang besar di tahun 2016 ini.

Lalu bidang apa saja yang menjadi prospek, tren dan peluang besar di tahun 2016 ini? Jawabannya adalah industri digital berbasis kreativitas dan beragam komponen yang ada di dalamnya.

1. Tahun 2016 adalah Tahun Pekerjaan Sampingan

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan di tahun 2016 adalah pekerjaan sampingan. Pekerjaan sampingan ini bukan sekedar sebuah profesi cadangan, namun di tahun 2016 ini side job tersebut sangat bisa Anda andalkan. Sebenarnya pekerjaan sampingan yang bisa diandalkan ini sudah mulai nampak ditahun 2015 kemarin.

Sejak kehadiran transportasi berbasis daring atau online seperti Gojek, Uber, Grabbike dan lainnya memang membuat pekerjaan sampingan ini kembali dilirik dan diseriusi masyarakat. Maka di tahun 2016 ini, pekerjaan sampingan berbasis online ini diprediksi bakal semakin menguat dan meningkat. Apalagi untuk kasus #transportasi online yang telah diberi lampu hijau oleh Presiden Joko Widodo, maka pekerjaan yang bisa dikerjakan di luar waktu pekerjaan pokok ini diprediksi akan semakin marak dan banyak dijalankan.

Artikel lain: 4 Syarat Bangun Jaringan Bisnis Berbasis Digital Kian Kuat

Belum lagi pekerjaan – pekerjaan seperti web designer, writer dan desainer serta pekerjaan yang kini mulai banyak menawarkan pekerjaan paruh waktu. Dari sini maka di tahun 2016 ini pekerjaan sampingan ini akan makin bisa diandalkan.

2. Tahunnya Industri Digital Freelance Online

Industri digital terkhusus terkait #media online semakin tahun memang semakin menjadi-jadi. Di tahun 2016, jejaring online ini diprediski akan semakin menguat dan meningkat. Apalagi saat ini sebuah teknologi internet generasi keempat (4G LTE) telah diresmikan oleh pemerintah. Dari sini akan membuat semua hal yang berkaitan dengan dunia online termasuk pekerjaan online akan semakin marak. Di tahun 2015 sendiri pekerjaan berbasis online ini sudah mulai nampak penggemarnya.

Bahkan berbagai situs pekerjaan online saat itu telah bermunculan. Bahkan pekerjaan online ini banyak juga yang menyediakan pekerjaan paruh waktu (freelance). Beberapa website dan situs yang menyediakan pekerjaan online adalah freelancer.com, fiverr.com, project.co.id dan sribulancer.com. Di tahun 2016 ini diprediksi situs-situs seperti ini akan semakin berkembang dan makin diminati.

Bahkan saking besarnya peluang pekerjaan freelance online ini, beberapa developer sudah banyak mengincar bidang ini untuk membuat #startup (bisnis rintisan berbasis digital). Kesadaran masyarakat akan dunia digital menjadi latar belakang mengapa banyak developer yang kemudian berfokus untuk menggarap bidang startup ini. Hasilnya beberapa pekerjaan dan profesi yang sebelumnya dikerjakan secara offline, saat ini bisa dikerjakan secara online dengan leluasa dan menyenangkan.

3. Tahunnya Toko Online

Selain pekerjaan secara online, #toko online diprediksi juga akan makin menggema di tahun 2016. Meski di tahun 2015 industri digital toko online ini sudah ramai, namun dengan adanya kekuatan jaringan internet yang makin cepat dan perangkat yang mendukung aplikasi, maka fenomena toko online ini diyakini akan makin menguat dan meningkat di tahun ini.

Para pelaku toko online ini sendiri bukan hanya akan datang dari kelompok pemain besar namun juga pemain kecil pun dipercaya akan semakin meningkat.

Baca juga: Indonesia Punya Potensi Technopreneur Cerah Di Masa Mendatang

4. Tahun Kebangkitan Industri Kreatif Indonesia

Terakhir, hal yang perlu Anda persiapkan di tahun 2016 ini adalah kreativitas. Ada apa dengan kreativitas? Apakah hal ini akan benar-benar membantu. Tentu saja jawabnya adalah sangat membantu dan sangat berpengaruh. Uniknya, kreativitas saat ini sudah merasuk ke berbagai bidang. Sebut saja bidang desain, musik, jurnalistik, penerbitan, IT, dan #aplikasi, hingga kuliner semua kini sangat mengandalkan kreativitas untuk bisa menggerakkan bisnisnya.

Salah satu bukti bahwa industri kreatif ini sangat penting adalah munculnya tim kreatif hampir pada setiap bidang tadi. Dengan kreativitas memang sesuatu akan mampu menjadi kuat dan terus berkesinambungan. Nah, di tahun 2016 industri kreatif ini di prediksi akan semakin ramai dan marak dijalankan oleh berbagai pelaku bisnis.

Advertisement
Asep Irwan

Asep Irwan adalah content writer di Maxmanroe.com. Memiliki minat besar di dunia kepenulisan, blogging, dan media online.

Leave a Comment