5 Tips Untuk Menggaet Pelanggan Besar Pertama Anda

Menggaet-Pelanggan-Besar

Bagi seorang pebisnis, memiliki pelanggan atau konsumen kelas “kakap” adalah salah satu kunci keberlangsungan sebuah bisnis. Namun permasalahannya adalah bagaimana kita bisa mendapatkan konsumen yang besar sedangkan bisnis kita masih dalam tahap pengembangan. Sedangkan konsumen kelas kakap akan semakin mempercepat pertumbuhan bisnis Anda.

Apakah Anda termasuk orang yang sedikit takut untuk menghadapi pelanggan besar pertama Anda, atau barangkali Anda belum pernah sama sekali mendapatkan “a big customer”. Ada banyak pelaku bisnis yang ragu dan takut dengan hal ini, dikarenakan kekhawatiran yang berlebihan akan tidak bisa memberikan yang terbaik pada konsumen “besar” nya tersebut.

Kesalahan mendasar inilah yang sedikit menghambat perkembangan bisnis Anda untuk segera mencapai kesuksesan. Untuk bisa menggaet pelanggan besar pertama Anda, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan. Simak ulasan berikut ini.

Artikel lain: Tips Mengenali Pelanggan Potensial di Bisnis Anda

1. Buat Klasifikasi Konsumen

Melakukan hal untuk pertama kali memang agak sedikit sulit, namun bukan hal yang mustahil. Mendapatkan pelanggan kakap pertama kali dan loyal adalah suatu impian bagi setiap pebisnis. Yang harus Anda lakukan untuk pertama kali adalah melakukan klasifikasi terhadap seluruh konsumen atau pasar yang menjadi sasaran bisnis Anda.

Petakan yang mana yang merupakan pelanggan besar dan yang mana yang kecil. Setelah itu pelajari apa yang diinginkan dari pelanggan Anda tersebut, lalu buat strategi secara matang.




2. Lakukan Sekarang atau Tidak Sama Sekali

Kesempatan dalam dunia bisnis kadang tidak akan pernah muncul kedua kali. Jadi jika ada kesempatan untuk mendapatkan tawaran yang menurut kapasitas bisnis Anda besar, sanggupi atau bisnis Anda tidak akan pernah menjadi besar sama sekali. Sebuah lompatan dalam bisnis tidak akan pernah terjadi jika Anda merasa takut dan ragu dengan kemampuan bisnis Anda.

Ketika Anda sudah memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, Anda harus bertanggung jawab sepenuhnya pada pilihan Anda. Jika tidak Anda lakukan sekarang maka lebih baik tidak usah sama sekali Anda ambil kesempatan tersebut, karena akan menghabiskan waktu dan energi Anda secara sia-sia. So, kerjakan saja sebaik mungkin dan lihat apa yang terjadi kemudian.

3. Buat Komitmen Yang Sedikit ‘Gila’

Kedengaran ekstrem memang, namun sebuah komitmen yang sedikit gila kadan g diperlukan untuk mendapatkan tawaran yang besar. Namun yang terpenting dalam membuat komitmen adalah sepanjang komitmen yang Anda buat masih dalam kuasa Anda meskipun memerlukan kerja yang sangat keras.

Sederhananya jika Anda sedang dalam negosiasi dengan customer, kemudian customer Anda menargetkan Anda dengan 100 sedangkan kapasitas Anda masih sekitar 10 – 15, maka akan sangat menguntungkan jika Anda mengambil kesempatan tersebut. Yang pasti harus dibarengi dengan kerja ekstra dalam rangka lompatan bisnis Anda.

4. Buat Lebih Personal

Keadaan bisnis dalam hubungan yang lebih personal akan membuat negosiasi lebih cair dan akrab. Bukalah ruang diskusi dengan pelanggan Anda agar bisa memberikan masukan, saran ataupun keluhan seputar produk Anda.




Dengan hubungan yang personal, ruang diskusi akan mudah terjalin sehingga konsumen Anda lebih nyaman dalam memberikan saran dan kritik. Keadaan seperti ini lebih memungkinkan kelanggenan dan loyalitas kerjasama Anda dengan klien. So, tidak ada ruginya jika Anda lebih personal dalam membina hubungan dengan big customer.

Baca juga: Tips Menjaga Kepercayaan Pelanggan Online di Bisnis Anda

5. Jangan Berlebihan

Perlu juga Anda ingat janga terlalu berlebihan dalam melakukan negosiasi atau mempromosikan bisnis Anda pada pelanggan besar Anda. Jika Anda mengatakan perusahaan Anda bisa melakukan apa saja yang diinginkan klien termasuk sesuatu yang berlebihan.

Jelaskan dengan baik tentang bisnis yang sedang Anda tangani. Jelaskan juga perkembangan dan kemungkian ke depan yang akan di hadapi pada bisnis Anda. Hal ini bisa membuat perusahaan Anda akan mudah kehilangan kredibilitas dengan cepat termasuk juga Anda sendiri.

Jadi, siapkah Anda mendapatkan pelanggan kakap Anda untuk pertama kali. Persiapkan dengan baik dan jangan sampai Anda kehilangan kesempatan dalam mendapatkan big customer Anda untuk pertama kalinya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud