4 Tips Cerdas Atur Keuangan Saat Mudik

keuangan saat mudik

Lebaran adalah saat-saat yang paling ditunggu oleh umat islam. Momen-momen spesial di hari lebaran tidak akan pernah bisa tergantikan oleh apapun. Berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat saat Idul Fitri adalah kebahagiaan yang penuh dengan kehangatan.

Hal itulah yang tampaknya menjadi latar belakang munculnya budaya mudik. Banyak pekerja dari luar kota, luar provinsi, luar pulau bahkan yang luar negeri pun berbondong-bondong pulang demi untuk merayakan hari raya bersama keluarga.

Jika Anda termasuk yang rutin tiap tahun menjalani mudik, maka Anda harus pandai mengatur #keuangan Anda untuk menghadapi even pulang kampung tersebut. Karena jika tidak, maka keuangan Anda akan kacau dan hasil kerja keras Anda selama ini akan habis begitu saja. Ada beberapa tips cerdas yang bisa Anda terapkan dalam mengelola keuangan saat mudik, simak selengkapnya di bawah ini.

Artikel lain: Cara Jitu Menjaga Produktifitas Kerja Saat Berpuasa

1. Catat Pos Pengeluaran

Sebelum mudik tiba, sebaiknya Anda segera membuat catatan pemetaan alur pengeluaran uang Anda. Tentu ada banyak sekali kebutuhan yang akan mengeluarkan banyak uang Anda. Untuk membantu Anda, ada beberapa pos penting yang harus Anda catat untuk memudahkan pengelolaan keuangan Anda selama mudik Lebaran. Kategori pengeluaran bisa Anda bagi menjadi :

  • Pos Untuk Biaya Transportasi

Anda harus menyiapkan dana ini, jangan hanya untuk pulang saja, namun persiapkan juga untuk biaya kembali. Meskipun mungkin Anda mudik menggunakan kendaraan pribadi, namun anggaran biaya transportasi harus Anda persiapkan sejak dini. Bukan hanya bahan bakar yang Anda masukkan, biaya untuk sekedar makan dalam perjalanan ketika istirahat juga harus Anda perhatikan.

  • Pos Untuk Biaya Akomodasi

Biaya akomodasi sangat penting direncanakan bagi Anda yang mungkin ketika mudik harus menginap di hotel atau tempat yang lain. Karena mungkin keterbatasan tempat tinggal Anda mengharuskan Anda untuk menginap di tempat lain. Maka jangan lupakan itu.

  • Pos Untuk Biaya Rekreasi

Biasanya biaya untuk rekreasi selalu lebih besar dari pos biaya yang lain. Untuk rekreasi, Anda harus mampu mengkalkulasikan paling tidak gambaran kasar seberapa besar biaya yang Anda butuhkan. Siapa saja anggota keluarga yang ikut serta dalam rekreasi, seberapa jauh tempat rekreasi, bisa menjadi pertimbangan Anda untuk membuat patokan.

  • Pos Untuk Biaya Angpao

Pos ini bisa menjadi membengkak jika Anda tidak menatanya dengan baik. Buat daftar siapa saja yang harus diberi angpao, jangan asal memberi saja. Buat prioritas utama, siapa yang paling pantas dan membutuhkan untuk diberi angpao. Mungkin Anda ingin memberi semuanya, namun percayalah, memberi angpao akan jauh lebih berguna jika diberikan pada yang lebih membutuhkan.

2. Pakai THR Untuk Biaya Mudik

Jika Anda mampu melakukan ini, maka keseimbangan keuangan Anda akan sangat terbantu sekali. Usahakan jangan memakai uang gaji bulanan untuk mudik Anda. Sebisa mungkin gunakan uang THR untuk memenuhi kebutuhan mudik Lebaran Anda. Karena, dengan memakai uang THR maka kebutuhan bulanan Anda ke depan tetap aman dengan gaji bulanan yang Anda peroleh. Maka dari itu, membuat catatn pos seperti pada poin satu sangatlah penting.




3. Jangan Membawa Uang Tunai Dalam Jumlah Besar

Ini juga sangat membantu Anda dalam mengelola keuangan ketika mudik Lebaran. Pada umumnya kita akan tergoda untuk membeli sesuatu ketika ada uang dalam dompet. Sebaliknya, ketika di dalam dompet tidak ada uang, yang ada hanya kartu ATM, atau kartu debet misalnya, maka itu bisa sedikit mengurangi keinginan Anda pada hal-hal yang tidak perlu. Meskipun tidak membawa uang dalam jumlah besar, namun kartu ATM, kartu kredit, kartu debet juga perlu Anda siapkan untuk keperluan yang tidak terduga.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Yang Cemerlang di Bulan Ramadhan

4. Jangan Lupakan Juga Anggaran Setelah Mudik

Mudik Lebaran jangan sampai membuat Anda terlena sehingga lupa akan kebutuhan setelah Lebaran. Sangat penting Anda perhatikan juga, untuk menghindari Anda utang. Sebaiknya Anda sisihkan biaya tersendiri, bisa dari gaji bulanan Anda untuk biaya setelah mudik Lebaran. Simpan dengan benar biaya ini, jangan sampai Anda ambil meskipun sedikit.

Nah, yang paling penting dari tips di atas adalah bagaimana Anda mampu melakukannya dengan disiplin. Tanpa kedisiplinan untuk mematuhi perencanaan keuangan yang telah Anda buat, maka sangat sulit untuk bisa menyeimbangkan finansial Anda.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud