4 Bidang Usaha Menjanjikan dan Menguntungkan di Tahun 2017 yang Bisa Anda Jalankan

Apa usaha menjanjikan di tahun 2017 via Bussinessnewsdaily.com

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel membangun bisnis dengan status karyawan. Apa saja usaha menjanjikan dan menguntungkan untuk para pemula? Bagi Anda yang masih belum menemukan bisnis apa yang cocok, artikel ini bisa membantu Anda menemukan pilihan bidang bisnis apa saja yang bisa Anda jadikan peluang usaha.

Bidang-bidang bisnis selalu berkaitan dengan perkembangan zaman. Semakin maju zaman, maka semakin berkembang dan bertambah pula bidang bisnis yang bisa dikerjakan. Dahulu siapa yang menyangka akan ada bisnis internet yang hanya bermodal layar petak saja, alias komputer. Karena perkembangan zaman, kini orang-orang bisa mendapatkan banyak uang walau hanya bekerja melalui komputer dan gadget, dimana pun dan kapan pun.

Hampir selalu ada perubahan peta bisnis setiap tahunnya, dan kita seharusnya bisa menemukan usaha yang menguntungkan saat ini maupun di masa depan. Berikut ulasannya.

Perkembangan Bidang Usaha di Tahun 2017

Dahulu Indonesia merupakan negara yang pendapatan utamanya berasal dari pertanian, di masa ini bidang-bidang bisnis yang muncul berada dalam lingkup pertanian saja.

Kemudian, masuk pada dunia industri, bidang-bidang semakin luas. Mesin mulai dipergunakan, sehingga produksi lebih cepat dan kualitas semakin baik.

Kini, masuk dunia informasi dan teknologi dengan alat canggih seperti komputer dan smartphone adalah barang pokok setiap orang. Beragam bidang bisnis baru muncul dengan adanya teknologi, seperti industri kreatif yang pembagian bidangnya semakin luas.

4 Bidang Usaha Menjanjikan di Tahun 2017

#1. Manufaktur

Manufaktur merupakan bidang bisnis yang berbasis pada produksi produk secara massal untuk dijual di pasaran dengan menggunakan bantuan peralatan mesin. Apakah bisnis manufaktur ini merupakan bisnis yang membutuhkan modal besar? Tentu tidak, industri rumahan yang memproduksi produk bisa dikategorikan manufaktur.




Contohnya, yakni usaha rumahan yang memproduksi makanan khas daerah atau #bisnis kuliner seperti, oleh-oleh, keripik, dodol, kue kering, dan lain-lain, juga #bisnis kerajinan tangan seperti; souvenir khas daerah atau pernikahan, aksesoris cantik, dan lain sebagainya. Usaha  ini terbilang menjanjikan karena keuntungan yang bisa Anda dapatkan cukup besar pula dan pembelian biasanya dalam jumlah yang banyak.

Namun, hampir semua usaha yang menjanjikan di tahun 2017 dan di masa depan akan membutuhkan media promosi yang berbeda. Kehadiran internet telah mengubah banyak hal, termasuk cara pemasaran usaha yang menjanjikan saat ini. Internet marketing membuat proses pemasaran menjadi jauh lebih mudah, bahkan seorang pemula pun bisa melakukannya.

#2. Bisnis Jasa

Bisnis ini merupakan bisnis yang menjual produk berbentuk jasa (service) atau tidak berwujud. Penghasilan Anda dapatkan dari jasa atau layanan yang Anda berikan pada orang yang membeli jasa Anda.

Contoh bisnis berbasis jasa, seperti jasa pangkas rambut, perawatan wajah, desain, antar jemput barang, laundry, penulis artikel, dan lain sebagainya.

Bidang bisnis jasa adalah bidang bisnis yang membutuhkan modal minim sekali. Anda bisa menjalankan bisnis ini sekalipun Anda tak memiliki modal finansial, tentunya Anda harus punya skill yang bisa dijual.




Salah satu jenis bisnis jasa yang bisa dibilang hampir tanpa modal adalah menjual jasa secara online, misalnya menjual jasa menulis artikel, menjual jasa desain logo, dan beberapa jasa lainnya. Walaupun jenis bisnis ini hampir tanpa modal uang, bisnis ini menuntut Anda untuk memiliki kemampuan yang bisa diandalkan oleh calon pembeli.

Tertarik dengan bisnis jasa? Asah kemampuan Anda, dan jadikan skill Anda menjadi usaha yang menguntungkan di tahun 2017 ini.

#3. Menjadi Broker

Menjadi seorang broker merupakan bidang bisnis yang cukup menjanjikan sekaligus minim modal. Kenapa? Karena, Anda tidak perlu memproduksi produk dan menghitung berapa harga produksi produk. Anda hanya bekerja untuk menjual kembali produk tersebut kepada konsumen, lalu, memperoleh keuntungan dari selisih harga dari penjual dengan harga yang Anda berikan pada konsumen.

Caranya agar keuntungan yang Anda dapatkan lebih besar tentu berusaha agar penjualan meningkat dari hari ke hari.

Sistem brokerage yang cukup terkenal ada dua, yakni:

  • Reseller

Anda membeli produk dari produsen, lalu, menjualnya kembali kepada konsumen dengan harga yang lebih tinggi. Biasanya untuk menjadi reseller, Anda harus mendaftarkan diri pada perusahaan retail yang menawarkan produknya dengan sistem reseller.

Anda mutlak harus punya modal untuk membeli produk dari supplier, menyediakan tempat untuk stock barang, dan menyediakan waktu untuk melakukan packing dan delivery kepada pembeli.

  • Dropship

Anda mengontak produsen atau pemilik produk untuk bekerja sama dengan sistem dropship. Anda tak perlu membeli produk, akan tetapi, penjual memberikan hak kepada Anda untuk menjual kembali produk tersebut kepada konsumen dengan mengambil keuntungan dari selisih harga.

Sistem ini juga lebih hemat modal daripada sistem reseller. Karena, Anda tak perlu membeli produk terlebih dahulu, tidak perlu menyiapkan tempat untuk stock barang, dan tidak perlu repot melakukan packing dan pengiriman barang.

#4. Industri Kreatif

Nah, inilah bidang bisnis yang sedang gencar-gencarnya digalakkan di Indonesia dan tak menutup kemungkinan bahwa Anda adalah salah satu calon penguasa industri kreatif di Indonesia.

Industri kreatif tersebut adalah bidang bisnis yang berfokus pada penciptaan barang dan jasa dengan mengandalkan pemikiran, keahlian, dan kreativitas. Selain itu, industri kreatif lebih mengedepankan pada kreasi dan inovasi dari pembuat produk.

Baca juga: Di Balik Melesatnya Industri Kreatif Di Indonesia, Apa Saja itu?

Beragam sub-bidang lain dalam industri kreatif yang dapat Anda masuki, diantaranya:

  • Arsitektur

Industri kreatif yang bergerak pada bidang jasa perancangan, pembuatan gambar bangunan, perencanaan biaya kontruksi, dan sebagainnya. Sangat cocok bagi Anda lulusan Arsitektur dan Teknik Sipil yang punya passion pada perancangan dan pembangunan gedung.

  • Periklanan

Industri yang bergerak di bidang promosi, seperti pemasangan material iklan, riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, dan produksi material iklan untuk berbagai media.

  • Desain

Industri yang berbasis teknologi mulai dari perancangan logo, desain produk, desain grafis, dan sebagainya. Industri kreatif yang satu ini bisa dikerjakan secara mandiri maupun membangun perusahaan kecil bersama tim Anda.

Industri yang menjanjikan pada saat ini, ketika Anda menguasai kemampuan desain, pasarnya adalah seluruh dunia. Pasarkan di internet dan siaplah menerima pesanan dari belahan dunia lain.

  • Penerbitan dan Percetakan

Industri yang mencakup produksi buku, mulai dari penulisan naskah, editing, tata letak, hingga percetakan. Industri ini ternyata bisa juga dijalankan secara online, salah satu bisnis di bidang penerbitan dan percetakan via online adalah Guepedia.com.

  • Piranti Lunak atau Software

Industri ini bergerak dalam penciptaan piranti lunak atau software guna mendukung kegiatan apapun. Jika Anda adalah salah satu programmer yang punya skill menciptakan software, maka ini adalah industri kreatif yang harus Anda gali lebih dalam.

  • Fotografi, Video, dan Film

Suka fotografi? Nah, ini adalah bidang bisnis yang patut Anda coba. Bisnis fotografi adalah industri yang mencakup kegiatan produksi foto, video, atau film, misalnya, penulisan skenario, pengambilan gambar, pemotretan, atau kegiatan fotografi lainnya.

Kesimpulan:

Di atas tadi adalah beberapa bidang usaha yang menjanjikan & menguntungkan di tahun 2017 dan di tahun-tahun mendatang. Pilihlah salah satu bidang bisnis yang Anda sukai dan kuasai. Ketika Anda menyukai, namun, kurang menguasai mulailah belajar untuk menguasai bidang tersebut.

Misalnya, bila Anda menyukai bidang fotografi, namun, kurang menguasai teknik fotografi, mulailah mencari buku dan informasi di internet mengenai fotografi. Kemudian, bukalah bisnis jasa fotografi. Asik, bukan.

Semoga bermanfaat.



6 total comments on this postSubmit yours
  1. terima kasih atas info

  2. Artikel yang sangat bermanfaat sekali Bung Max! Bisa jadi modal bisnis nih untuk anak sekolahan kayak saya! Thanks dude!

  3. Saya sependapat dengan kutipan “Bidang bisnis jasa adalah bidang bisnis yang membutuhkan modal minim sekali”. Hal tersebut ada benarnya.
    Akan tetapi, kita juga tidak menghendaki jika usaha tersebut hanya untuk menutupi kebutuhan sehari hari, karena kita juga dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan yang lain.

    Bisnis Jasa dituntut trampil, cakap dan pelayanan yang memuaskan. Untuk yang hasilnya besar tentunya didorong oleh modal yang besar pula, seperti mendirikan usaha bengkel khusus sedan mercedes misalnya.

    Artikel yang bagus, bung Max.

  4. Artikelnya Mas Marikxon mantap-mantap, berapa penulis mas kalau boleh tau? :-D

  5. Makasih kak marikson artikelnya jadi masukan juga buat saya , mau coba berbisnis mumpung masih muda :D

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud